Sponsors Link
     Sponsors Link

87 Ciri Ciri Diabetes Melitus Kering – Basah – Tipe 1 & 2 Dengan Mudah

ads

Ciri ciri diabetes tidak banyak diketahui oleh masyarakat yang ada di Indonesia, padahal diabetes merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang tidak bisa disembuhkan. Manusia memang hanya bisa mengontrol gula darah agar keluhan diabetes tidak muncul namun bukan berarti keluhan yang hilang menandai diabetes yang ada di dalam tubuhnya hilang atau sembuh. Oleh sebab itu bagi anda yang belum terkena diabetes berhati-hatilah dalam menjaga kesehatan terutama pola makan dan juga pola hidup. Pola makan yang tidak baik dan pola hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami diabetes. Kenali tubuh dengan baik, ketika anda merasakan tubuh tidak nyaman dibandingkan dengan sebelumnya segeralah memeriksakan diri terutama orang yang di dalam riwayat keluarga ada yang mengalami diabetes.

Macam-Macam Diabetes

Selama ini mungkin masyarakat hanya mengetahui kalau diabetes hanya berjenis satu saja, namun siapa sangka jika diabetes ada beberapa jenisnya. Berikut ini adalah macam-macam diabetes yang harus diketahui :

  1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1Sekitar 10 persen sampai dengan 15 persen penderita diabetes tipe satu. Hal itu dikarenakan diabetes tipe satu banyak disebabkan oleh sel pankreas yang mengalami kerusakan. Akibatnya adalah sel pankreas itu tidak bisa memproduksi insulin sehingga insulin yang dihasilkan oleh pankreas sedikit.

Semakin rusaknya organ pankreas akan membuat pankreas itu tidak akan bisa memproduksi insulin sama sekali. Diabetes ini banyak diderita oleh anak-anak dan remaja sehingga diabetes ini disebut dengan diabetesnya anak remaja atau diabetesnya anak-anak.

Tidak heran bahwa saat ini banyak anak anak dan remaja yang masih berusia < 30 tahun sudah banyak terkena diabetes. Dan umumnya tipe diabetes yang dimaksud adalah tipe 1 ini.

  1. Diabetes Tipe 2

diabetes tipe 2Diabetes dengan jenis ini sangat berbeda dengan diabetes tipe satu. Diabetes 2 ini disebut dengan penyakit diabetes yang ketergantungan dengan insulin. Sehingga tanpa insulin kehidupan orang yang mengalami diabetes itu akan terganggu bahkan orang itu akan merasakan lemas dan juga pingsan. Kondisi diabetes ini membutuhkan suntikan insulin setiap harinya. Diabetes ini merupakan kondisi diabetes yang paling umum, banyak menyerang kaum dewasa bahkan kaum tua.

Tidak hanya itu saja diabetes ini juga banyak disebabkan oleh faktor genetik. Sekitar 90 persen orang dewasa atau orang tua yang memiliki penyakit diabetes merupakan penyakit diabetes dengan tipe dua. Diabetes ini disebabkan oleh reaksi tubuh yang tidak mampu melakukan respons terhadap insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Penyebab lainnya dari diabetes ini adalah tubuh yang kelebihan kadar gula di dalam darah dan tidak aktif sehingga kadar gula darah akan menumpuk di dalam tubuh. Diabetes ini juga disebabkan oleh kegemukan. Orang gemuk aka memiliki banyak lemak di dalam tubuhnya sehingga gula darah tidak mampu larut bersamaan dengan aliran darah karena tertutupi dengan lemak.

  1. Diabetes Gestasional

Diabetes GestasionalPada diabetes jenis ini kondisinya mirip dengan diabetes tipe 2 namun diabetes jenis ini sering terjadi pada wanita yang hamil. Diabetes pada saat hamil disebut dengan intoleransi karbohidrat. Penyebabnya adalah perubahan hormon saat hamil dan juga kurangnya insulin saat hamil. Pada umumnya kadar gula darah yang normal bisa terjadi ketika menjelang kelahiran.

Namun ada juga ibu hamil yang tetap mengalami diabetes meski sudah melahirkan. Ibu hamil yang tetap mengalami diabetes ketika melahirkan besar kemungkinannya dia akan mengalami diabetes tipe dua pada kehidupan yang berikunya.

Pada dasarnya untuk melakukan pencegahan, wajib bagi ibu hamil memeriksa kadar gula dan mengetahui faktor risiko jika mereka terkena diabetes.

  1. Diabetes Insipidus

Diabetes InsipidusJenis diabetes lainnya adalah diabetes insipidus. Diabetes ini merupakan jenis diabetes yang jarang terjadi. Diabetes insipidus adalah kelainan yang terjadi pada tubuh akibat dari hormon bernama antidiuretik. Kekurangan hormon ini akan menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Sehingga jika ada yang merasakan haus berlebihan bisa jadi hal itu adalah gejala dari diabetes. Tidak hanya rasa haus yang berlebihan, pengeluaran air kemih secara berlebihan juga merupakan tanda dari diabetes ini. Sehingga jika anda sering berkemih atau sering buang air kecil saat malam hari bisa menjadi pertanda bahwa anda mengalami penyakit diabetes. Hormon antidiuretik yang terganggu akan menyebbakann air kemih bervolume banyak sebab tugas hormon itu adalah untuk mengatur agar air kemih tidak terlalu banyak.

Ciri Ciri Diabetes Tipe 1

Ada baiknya anda yang belum terkena diabetes mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri dari diabetes, hal itu dikarenakan siapa saja bisa terkena diabetes baik yang memiliki faktor genetik maupun tidak. Pola makan yang tidak teratur dan tidak menjaga pola makan bisa menjadi penyebab munculnya diabetes ini. Berikut ini adalah gejala dan ciri-ciri diabetes yang perlu diketahui :

  1. Mudah Haus

Salah satu tanda diabetes tipe satu adalah dia akan mudah merasakan haus. Haus yang dimaksud di sini adalah dia ingin selalu minum yang berasa manis. Hal itu dikarenakan hormon yang ada di dalam tubuhnya menginginkan minuman manis. Rasa haus itu akan muncul dan terus memperparah kondisi diabetes orang tersebut.

  1. Mudah Lelah

Salah satu ciri diabetes tipe satu adalah dia akan merasakan sering kelelahan meskipun dia tidak beraktivitas berat. Hal itu dikarenakan orang yang menderita diabetes dia akan memiliki kadar gula di dalam darah yang tidak stabil sehingga membuat pemecahan energi di dalam tubuh menjadi tidak sempurna.

Baca : Cepat lelah dan jantung berdebar

  1. Sering Buang Air Kecil

Salah satu tanda diabetes tipe satu adalah dia akan sering merasakan buang air kecil. Alasannya adalah hormon diuretik pada penderita diabetes tipe satu juga tidak stabil sehingga hormon itu tidak bisa mengendalikan produksi dari air seni yang ada di kandung kemih.

  1. Masa Otot Berkurang

Pada diabetes tipe satu kekuatan otot akan menjadi berkurang. Alasannya adalah masa otot yang berkurang itu dipengaruhi oleh peredaran darah di dalam tubuh yang menjadi tidak lancar juga dehidrasi. Tubuh yang kurang memiliki volume darah bisa menyebabkan massa otot di bagian tubuh tersebut menjadi berkurang.

  1. Berat Badan Turun

Orang yang mengalami diabetes tipe satu dia memang memiliki nafsu makan yang bertambah, namun tubuhnya akan kurus?, mengapa hal itu terjadi?. Hal itu dikarenakan orang yang mengalami diabetes mengalami pemecahan energi yang tidak sempurna. Makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan diserap oleh tubuh. Selain itu makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sering dikeluarkan bersama urin. Hal tersebutlah yang bisa menyebabkan mengapa tubuh orang yang mengalami diabetes tipe satu akan cenderung menurun.

Ciri Diabetes Tipe 2

Bagi anda yang memiliki riwayat genetik, tidak suka berolahraga dan mengalami obesitas ada baiknya anda memahami apa saja yang menjadi gejala dari diabetes tipe 2. Hal itu dikarenakan diabetes tipe 2 merupakan penyakit umum dari diabetes dan banyak menyerang orang. Sayangnya orang yang memiliki fator risiko tersbeut sering mengabaikan sinyal tubuh yang menandakan bahwa tubuhnya sedang tidak baik dan bisa jadi sinyal itu merupakan ciri dari penyakit diabetes. Oleh sebab itu mengenali tubuh dengan baik bisa membantu anda mengetahui berbagai macam gejala dari penyakit diabetes. Berikut ini adalah ciri dan gejala penyakit diabetes tipe 2 yang harus diketahui :

  1. Peningkatan Jumlah Urin

Ciri diabetes yang pertama adalah urin akan meningkat. Sebenarnya urin yang normal memiliki volume 1,5 liter sampai 2,5 liter per hari namun bagi orang yang memiliki penyakit diabetes akan memiliki volume urin lebih dari 2,5 liter per harinya. Jika anda mengalami hal seperti itu sebaiknya anda harus memeriksakan diri ke dokter.

  1. Nafas Berbau

Orang yang mengalami penyakit diabetes akan memiliki nafas yang berbau. Hal itu dikarenakan orang yang mengalami diabetes akan mengalami dehidrasi sehingga dia akan mengalami haus yang terus menerus. Jika hal itu terjadi maka kerongkongan akan cepat kering. Saat kerongkongan kering, kerongkongan akan memiliki bau yang menyengat sehingga saat berbicara, nafas akan menjadi bau.

  1. Pegal-Pegal

Ciri dari orang yang mengalami diabetes tipe 2 adalah dia akan mengalami pegal-pegal. Pegal-pegal itu merupakan reaksi dari massa otot atau kekuatan otot yang berkurang. Masa otot itu berkurang akibat dehidrasi yang dialaminya.

  1. Sensitif

Percaya atau tidak penyakit juga bisa membuat kondisi psikis seseorang menjadi terganggu. Orang yang mengalami diabetes tipe 2 dia akan lebih sensitif terhadap suasana di sekitarnya. Saat gula darah naik dia akan merasa tersinggung dengan perkataan orang lan meskipun menurut orang lain perkataan itu adalah perkataan yang biasa-biasa saja.

Sponsors Link
  1. Lesu Dan Lemas

Orang yang mengalami diabetes tipe 2 dia akan sering merasakan lesu dan lemas. Hal itu akibat dehidrasi yang dialami oleh orang yang memiliki diabetes. Orang yang mengalami diabetes akan terkena dehidrasi akibat dia mengeluarkan banyak cairan setiap harinya, dehidrasi itu membuat aliran darah dan aliran oksigen tidak lancar ke seluruh tubuh. Aliran oksigen dan darah yang kurang tersebutlah akan membuat tubuh menjadi kurang bersemangat, lesu dan juga lemas.

Baca : Penyebab sering mengantuk dan lemas

  1. Penglihatan Kabur

Syaraf mata juga akan menjadi terganggu sebab airan darah dan oksigen ke otak yang kurang. Jika syaraf pusat terganggu maka syaraf-syaraf yang ada di bawahnya atau yang berpusat pada otak akan mengalami gangguan. Salah sau gangguan yang terjadi adalah masalah penglihatan. Orang yang terkena diabetes dia akan memiliki penglihatan yang kabur seperti orang yang mengalami mata minus.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Orang yang terkena diabetes akan memiliki ciri-ciri berupa tekanan darah yang menjadi tinggi. Aliran darah yang kurang akan membuat tubuh berusaha meningkatkan tekanannya agar darah tersebut bisa mengalir ke seluruh tubuh. Tekanan darah yang ditingkatkan akan menyebabkan orang tersebut mengalami sakit darah tinggi.

Baca : Cara mencegah darah tinggi – Makanan untuk darah tinggi  – Pantangan darah tinggi – Ciri ciri darah tinggi – Penyebab darah tinggi

  1. Jantung Berdebar-Debar

Salah sau ciri orang yang terkena diabetes adalah jantungnya akan selalu merasakan berdebar-debar. Alasannya adalah aliran darah yang berkurang dan oksigen yang berkurang akan membuat jantung bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, penurunan fungsi jantung pun akan terjadi. Sehingga tidak mengherankan jika orang yang memiliki penyakit diabetes dia akan mengalami berbagai macam komplikasi misalnya saja adalah penyakit jantung, gagal jantung dan juga penyakit ginjal.

  1. Sakit Kepala

Orang yang terkena diabetes tipe 2 akan sering mengeluhkan kepalanya yang sakit. Sakit kepala yang diderita oleh penderita diabetes diakibatkan oleh aliran oksigen ke otak yang sedikit sehingga aliran darah ke otak pun menjadi tidak lancar. Oleh sebab itulah orang yang terkena diabetes akan mudah terkena sakit kepala.

Baca : Penyebab sakit kepala – Mata kunang kunang kepala pusing – Kepala sering pusing

  1. Mudah Mengantuk

Orang yang mudah mengantuk meski sudah tidur selama 8 jam setiap malamnya bisa jadi menandakan dirinya terkena diabetes. Orang yang terkena diabetes akan mengalami mudah mengantuk sebab pemecahan energi di dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Hal itu bisa menyebabkan orang yang diabetes akan mudah mengantuk entah itu pagi, siang maupun malam. Jika anda mengalami mudah mengantuk bisa jadi anda sedang terkena diabetes.

Baca : Penyebab sering mengantuk – Penyebab mengantuk saat olahraga

  1. Sering Kesemutan

Orang yang terkena diabetes tipe 2 ini dia akan mudah sekali merasakan kesemutan terutama di bagian persendian. Orang yang terkena diabetes dia akan mudah merasakan kesemutan di bagian tangan dan juga di bagian kaki. Hal itu dikarenakan sirkulasi darah yang tidak lancar ke seluruh tubuh membuat persendian akan merasakan kesemutan. Kesemutan itu sering terjadi meski lamanya berbeda-beda.

Baca : Bahaya kesemutan di tangan dan kaki – Lidah kesemutan – Muka kesemutan – Kaki sering kesemutan

  1. Badan Seperti Tertusuk Jarum

Jika anda pernah merasakan bagian tubuh seperti tertusuk jarum secara tiba-tiba bisa jadi itu merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa gejala diabetes ada di dalam tubuh anda. Ketika anda diam, anda merasakan bagian tengkuk seperti tertusuk jarum kemudian menghilang. Meski sebentar tusukan itu terasa menyakitkan. Tubuh seperti tertusuk jarum merupakan adanya kelainan pada bagian otot di seluruh tubuh.

  1. Bagian Tubuh Tertentu Terasa Panas

Jika anda merasakan bagian tengkuk, bagian perut, bagian tangan merasakan panas kemudian menghilang dan pada kemudian hari merasakan panas kembali bisa jadi anda terkena diabetes. Suhu tubuh yang meningkat secara tiba-tiba bisa jadi tanda bahwa anda sedang mengalami gejala diabetes.

  1. Mulut Mudah Kering

Saat anda terkena diabetes, mulut anda akan mudah sekali kering. Rasa kering itu disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi pada orang yang terkena diabetes. Meskipun anda basahi dengan air liur, belum sampai satu menit mulut anda akan kering kembali.

Ciri Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang sering muncul saat kehamilan. Orang yang hamil sebaiknya memperhatikan tanda atau ciri tubuh yang terkena gejala diabetes. Memang saat hamil muda kadar gula darah akan meningkat drastis namun saat hamil tua dan menjelang melahirkan kadar gula akan normal kembali.

sponsored links

Berikut ini adalah ciri-ciri diabetes gestasional yang perlu diwaspadai bagi ibu hamil :

  1. Mati Rasa

Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional adalah dia akan mengalami mati rasa terutama pada bagian persendian. Misalnya saja adalah bagian tangan, bagian kaki dan bagian lainnya yang mengalami hal tersebut. Mati rasa itu pada awalnya hanya berupa rasa kesemutan namun lama kelamaan mati rasa itu menyebabkan anggota tubuh tidak bisa merasakan rangsangan yang diterimanya misalnya saja adalah rangsangan cubitan dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Susah Tidur

Orang yang sedang hamil dan mengalami diabetes dia akan mengalami susah tidur sebab dia akan sering buang air kecil saat malam hari tidak hanya itu saja, rasa tidak nyaman pada tubuhnya juga menjadikan orang hamil menjadi susah tidur. Susah tidur itu menyebabkan tidur bagi ibu hamil menjadi tidak berkualitas padahal tidur yang berkualitas diperlukan untuk menjaga kebugaran dan juga kesehatan si ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Baca : Cara mengatasi susah tidur – Bahaya tidak tidur di malam hari – Bahaya tidur pagi

  1. Cepat Emosi

Ibu yang sedang hamil muda mungkin akan cepat emosi karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuhnya. Namun jika ibu hamil pada trimester kedua sering mengalami emosi bisa jadi ibu hamil tersebut terkena diabetes. Cepat emosi itu juga merupakan efek dari kurangnya tidur yang berkualitas pada ibu hamil. Sehingga ibu yang hamil akan mudah uring-uringan saat pagi harinya.

  1. Masalah Gusi

Orang yang mengalami diabetes saat hamil sering mengalami masalah gusi. Masalah gusi itu misalnya saja adalah pembengkakan, gusi berdarah dan masih banyak lagi lainnya. Masalah gusi itu akan hilang ketika melahirkan.

  1. Banyaknya Infeksi Jamur

Ibu yang mengalami infeksi jamur pada saat kehamilan bisa menjadi pertanda bahwa ibu tersebut mengalami diabetes. Diabetes tersebut bisa berpengaruh terhadap sistem imun tubuh ibu hamil. Sehingga saat hamil ibu yang sedag hamil rentan untuk terkena serangan penyakit yang berasal dari luar tubuh.Tidak hanya itu saja, sistem imun yang lemah itu bisa membuat berbagai macam jenis bakteri, jamur dan kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Semakin banyaknya jamur, bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh membuat sistem imun tidak mampu untuk menangkisnya. Sehingga ibu hamil akan mudah terkena penyakit, tidak hanya itu saja jamur itu membuat ibu hamil rentan untuk terkena infeksi. Ibu hamil yang terkena diabetes akan mengalami keputihan patologis sehingga penyebab keputihan itu harus diketahui secara pasti apakah karena diabetes atau jamur non diabetes.

  1. Mengalami Berbagai Macam Masalah Kulit

Salah satu tanda yang harus diwaspadai yang merupakan ciri dari diabetes gestasional adalah masalah kulit yang sering terjadi saat kehamilan. Masalah kulit yang terjadi pada ibu hamil jangan hanya dicurigai sebagai hormon saja namun ada gejala diabetes di balik itu semua. Misalnya saja adalah masalah kulit kering, kulit sering terasa gatal, kulit mengalami sisik yang tidak normal dan kulit mudah iritasi bisa menjadi salah satu ciri atau tanda adanya penyakit diabetes.

  1. Berat Badan Janin Berlebihan

Salah satu tanda ibu hamil yang mengalami diabetes adalah janin yang ada di dalam kandungannya mengalami kelebihan berat badan. Berat badan bayi yang dikatakan berlebihan jika berat badan bayi mencapai berat lebih dari 4 kg. Diabetes dan juga obesitas yang dimiliki oleh ibu hamil akan berpengaruh terhadap janin yang ada di dalam kandungan sehingga ibu yang memiliki penyakit diabetes dan ibu yang obesitaas akan memiliki janin yang besar pula.

  1. Mual Dan Muntah Berkelanjutan

Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional akan mengalami mual dan muntah setiap hari. Perlu dicurigai apabila ibu yang sedang hamil mengalami mual dan muntah berkelanjutan sampai ke trimester kedua bisa jadi ibu hamil itu mengalami diabetes.

Ciri Diabetes Insipidus

Yang harus dicurigai selanjutnya adalah ciri dari diabetes insipidus. Meskipun diabetes ini jarang terjadi namun ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi ciri dari diabetes insipidus ini. Berikut ini adalah ciri dari penyakit diabetes insipidus yang patut diwaspadai :

  1. Air Kencing Berwarna Keruh

Salah satu ciri dari penyakit diabetes insipidus ini adalah air seninya berwarna keruh. Air seni yang keruh itu merupakan tanda bahwa di dalam tubuh terdapat penumpukan glukosa yang berlebihan. Glukosa itu juga ada di dalam darah manusia sehingga menyebabkan warma air seninya menjadi keruh.

  1. Air Seni Dikerubuti Semut

Ciri dari diabetes insipidus lainnya adalah air seni yang dikerubutin oleh semut. Diabetes insipidus itu bisa menyebabkan semut mengerubuti air seninya dikarenakan di dalam air seni memgandung banyak glukosa sedangkan glukosa itu memiliki rasa yang manis. Sehingga air seni yang mengandung glukosa itu setelah dikeluarkan dari tubuh akan memancing semut untuk menghampirinya. Jika hal ini terjadi pada anda bisa jadi anda sedang mengalami diabetes insipidus.

  1. Mual, Muntah Dan Diare

Ciri orang yang terkena diabetes insipidus adalah dia akan mengalami mual, muntah bahkan juga diare. Penyebabnya adalah orang tersebut memiliki sistem imun yang buruk sehingga bakteri, kuman dan penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh pasien. Sehingga bakteri dan kuman itu akan menyebabkan berbagai macam masalah usus.

Ciri Diabetes Berdasarkan Sifatnya

Diabetes tidak hanya terlihat dari jenisnya saja namun diabetes juga dibedakan dari sifatnya. Sifat diabetes itu yang membedakan antara penderita satu dengan penderita lainnya. Berikut ini adalah sifat diabetes yang harus diketahui :

  1. Diabetes Kering

Sifat diabetes yang pertama adalah diabetes kering. Banyak orang yang tidak tahu apa itu diabetes kering. Banyak penderita yang tidak tahu bahwa dia mengalami penyakit diabetes yang kering, sehingga pengobatan dilakukan terlambat. Memang diabetes kering sulit dikenali dibandingkan dengan diabetes basah. Alasannya adalah diabetes basah memiliki ciri khusus yuang khas dibandingkan dengan diabetes kering. Berikut ini adalah ciri orang yang terkena diabetes kering :

  • Badan yang kurus dan kering. Ketika anda mendapati diri anda tiba-tiba menjadi kurus dan kering bisa jadi anda mengalami diabetes kering. Jangan pernah menganggap bahwa anda kurus kering karena kekurangan gizi. Badan yang kurus kering itu disebabkan oleh tubuh yang selalu dehidrasi sehingga menyebabkan masalah kulit.
  • Luka tidak cepat sembuh. Orang yang terkena diabetes kering dia akan memiliki luka yang tidak kunjung sembuh. Yang membedakan adalah meski tidak sembuh luka itu tidak akan mengalami pembusukan seperti yang dialami oleh penderita diabetes basah.
  1. Diabetes Basah

Diabetes basah akan mudah dikenali dibandingkan dengan diabetes kering. Alasannya adalah diabetes basah memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah untuk dikenali. Ciri ciri diabetes basah adalah :

  • Luka membusuk. Jika diabetes basah dia akan memiliki luka yang mudah busuk sehingga orang dengan diabetes basah sebisa mungkin harus menghindari luka. Luka itu akan tetap basah dan sulit untuk mengering dalam jangka waktu yang dekat karena kadar glukosa yang tinggi.
  • Infeksi. Yang lebih berat lagi adalah diabetes yang basah akan mudah terkena infeksi. Infeksi itu bisa memmbuat luka semakin meluas dan berbau busuk sebab banyak kuman dan bakteri yang ada di dalam luka tersebut. Sehingga abses akan mudah muncul di luka orang yang mengalami diabetes basah.

Ciri ciri diabetes melitus memang harus dideteksi secara dini karena dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan akibat diabetes.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, December 2015 / 05:42 Oleh :
Kategori : Diabetes