Sponsors Link

18 Cara Mencegah Penyakit Kencing Manis Untuk Pria dan Wanita     

ads

Penyakit kencing manis adalah istilah awam untuk penyakit diabetes. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat dan faktor warisan dari keluarga. hingga sekarang penyakit diabetes masih menjadi penyakit yang banyak menyerang warga di Indonesia. Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak hingga orang lanjut usia. Meskipun ini penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun sebenarnya bisa dicegah sejak awal. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit kencing manis.

  1. Cobalah Mengontrol Berat Badan

Kelebihan berat badan memicu kondisi obesitas yang meningkatkan resiko penyakit kencing manis. Diabetes tipe 2 paling sering terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebihan. Berat badan yang berlebihan menyebabkan tubuh mengandung banyak lemak yang kurang sehat seperti kolesterol tinggi. Semua ini menyebabkan produksi insulin bermasalah akibat pankreas yang tidak bisa bekerja seperti biasanya. Jadi mengatur berat badan sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit kencing manis. Ada banyak cara untuk mengatur berat badan, seperti diet, olahraga, gaya hidup sehat dan mengendalikan porsi makan.(baca juga:  penyebab obesitas tubuh –  cara mencegah obesitas secara alami dan ampuh –  bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker)

  1. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Untuk mengatasi resiko penyakit kencing manis maka asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi harus dikurangi. Ada banyak alternatif makanan lain yang menjadi sumber energi tubuh seperti beras merah, beras coklat dan biji-bijian. Biji-bijian seperti gandum dan dedak sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Serat ini membantu tubuh mencegah kelebihan kadar gula dan mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Cara ini juga bisa melindungi tubuh dari akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh. (Baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat sangat cepat – makanan kaya serat alami dan produk olahan)

  1. Gunakan Remote untuk Memindah Stasiun Televisi

Kebiasaan menggunakan remote saat menonton televisi memang awalnya hanya untuk membuat langkah penonton menjadi lebih praktis. Namun kebiasaan ini menjadi sangat buruk dijaman modern karena membuat gerakan tubuh berkurang banyak. Kebiasaan menonton televisi setelah makan dan tanpa gerakan tubuh karena ada remote juga bisa menjadi pemicu obesitas. Alat yang praktis ini sudah mengurangi banyak gerakan tubuh dan menyebabkan tubuh kurang sehat. (baca juga: bahaya inframerah bagi tubuh – bahaya kecanduan nonton televisi – bahaya gelombang elektromagnetik)

  1. Hindari Lemak Trans dan Pilih Lemak Sehat

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber lemak, maka pilihlah jenis lemak yang sehat. Lemak trans mengandung banyak jenis lemak jahat yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan obesitas. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans dan harus dihindari seperti makanan cepat saji, makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng dan penggunaan margarin. Lemak sehat bisa Anda temukan dalam ikan salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak sayuran (canola, zaitun, kelapa). Jenis lemak yang sehat juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Baca juga: makanan yang menurunkan lemak jahat untuk tubuh – akibat kelebihan lemak dalam tubuh – penyakit penumpukan lemak di hati paling berbahaya.

  1. Hindari Konsumsi Daging Olahan

Berbagai jenis daging olahan dan daging merah bisa menyebabkan penyakit kencing manis. Beberapa daging merah yang dikonsumsi dalam jumlah terbatas adalah seperti daging sapi, daging babi, dan daging kambing. Sementara daging olahan bisa Anda temukan dari burger, daging asap, dan daging potong. Pada dasarnya daging merah dan daging olahan mengandung zat besi yang sangat tinggi dan bisa mengurangi cara kerja insulin dalam tubuh. Akibatnya bisa merusak sel-sel beta pada pankreas yang memproduksi insulin. Selain itu daging olahan mengandung natrium yang cukup tinggi sehingga menyebabkan tubuh mengandung banyak garam. Ada berbagai macam bahaya konsumsi daging merah berlebihan yang mengancam kesehatan. (baca juga: bahaya daging sapi bagi kesehatan – bahaya daging asap bagi kesehatan)

Sponsors Link

  1. Hindari Sering Mengkonsumsi Minuman Manis

Semua jenis minuman manis bisa menyebabkan resiko penyaki kencing manis. Minuman yang manis pada dasarnya bisa meningkatkan berat badan.  Beberapa sumber minuman manis adalah seperti minuman bersoda, minuman kemasan, dan berbagai minuman mengandung kafein yang ditambahkan dengan gula atau pemanis buatan. Minuman manis kemudian akan merusak insulin dalam tubuh dan memicu penyakit kencing manis. Selain itu minuman manis juga bisa meningkatkan resiko kolesterol tinggi dalam tubuh. (baca juga: bahaya es teh manis bagi kesehatan – dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamil)

  1. Hindari Minum Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis. Minuman ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan merusak keseimbangan insulin dalam tubuh. Selain itu alkohol juga bisa menyebabkan resiko lain seperti obesitas, kecanduan berat, kerusakan sistem syaraf dan kerusakan organ dalam (hati dan ginjal). Jadi semua minuman alkohol yang mengandung kadar berapapun memang harus dihindari.

  1. Mengurangi Porsi Makan

Ada banyak cara ringan untuk menurunkan resiko penyakit kencing manis seperti mengurangi porsi makan. Porsi makan yang menggunakan piring besar diganti dengan piring yang kecil. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan cara yang lebih modern. Jika Anda melakukan langkah ini maka semua nutrisi bisa terpenuhi untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tentu saja sangat aman untuk tubuh karena semua dimakan dalam porsi yang lebih kecil. Selain itu pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan jika mengalami obesitas.

  1. Melakukan Aktifitas Gerak Tubuh

Memicu gerakan tubuh juga bisa mencegah penyakit kencing manis. Ada banyak cara untuk membuat tubuh bisa bergerak secara aktif. Misalnya jika Anda menjadi ibu rumah tangga maka melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga sudah bisa membantu tubuh menjadi lebih aktif. Cara ini juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. Beberapa gerakan yang ringan tapi bisa membuat tubuh aktif seperti mengepel lantai, mencuci baju, menyapu lantai dan menata ulang berbagai perabot. Cara aktif untuk bergerak akan mengurangi resiko akibat kurang olahraga pada tubuh dan kesehatan dan dampak negatif tidak pernah berolahraga bagi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jiwa dan Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan jiwa sangat penting untuk menjaga agar tubuh Anda tidak terkena penyakit kencing manis dari pengaruh stres. Kesehatan jiwa akan memiliki efek yang langsung ke dalam tubuh. Mekanisme ini bekerja secara alami sehingga membuat Anda selalu berpikir positif dan bisa menjalani gaya hidup sehat. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jiwa seperti melakukan rekreasi,melakukan perjalanan panjang, dan melakukan yoga secara rutin.

  1. Hindari Stres

Ada banyak orang yang mengalami stres karena masalah yang cukup berat atau hanya ringan saja. Stres pada dasarnya bisa meningkatkan hormon kortisol. Peningkatkan hormon ini bisa merusak waktu tidur dan menyebabkan keinginan makan berlebihan. Tentu saja makan berlebihan akan meningkatkan resiko diabetes. Jadi jika Anda merasa stres maka lakukan berbagai cara yang bisa mengurangi stres seperti bersantai atau mendengarkan musik.

  1. Istirahat Cukup / Tidur Cukup

Tidur adalah waktu yang paling baik untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Tidur akan membantu melepaskan berbagai hormon yang kurang seimbang setelah aktifitas yang padat. Namun untuk mencegah penyakit diabetes tidur malam menjadi hal yang paling disarankan. Ketika tubuh Anda bisa mendapatkan tidur malam yang berkualitas maka pagi harinya tubuh Anda menjadi lebih segar. Cara ini juga bisa mencegah gangguan tidur seperti insomnia. Namun banyak orang tidak tidur karena ada beberapa penyebab tidak bisa tidur malam.

Baca juga: penyebab tidak bisa tidur malam nyenyak setiap hari – bahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan – efek tidak tidur 3 hari paling mematikan

  1. Hindari Merokok

Merokok memang menjadi kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh semua orang. Sekarang kesadaran untuk tidak merokok memang harus didukung dan perokok aktif harus mendapatkan bantuan yang penuh. Merokok juga bisa menyebabkan penyakit kencing manis. Pada awalnya efek rokok memang tidak disadari, karena umumnya rokok memberikan efek jangka panjang. Asap rokok yang mengandung nikotin bisa meningkatkan resiko kesehatan pembuluh darah. Akibatnya tubuh kekurangan oksigen dan bisa menghambat kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Jika masih merokok maka lakukan cara mengatasi kecanduan rokok paling berhasil.

sponsored links
  1. Sering Berjalan Kaki

Sering berjalan kaki juga akan membantu mencegah penyakit kencing manis. Berjalan kaki paling tidak selama 5 jam dalam 1 minggu sudah bisa menurunkan berat badan dan mengurangi resiko kencing manis hingga 70%. Berjalan kaki memang sangat ringan dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Tapi efek berjalan kaki sangat baik untuk menjaga agar tubuh bugar, tubuh berkeringat dan menjaga bentuk tubuh yang ideal. Bahkan salah satu rahasia umur panjang adalah sering berjalan kaki. Orang yang sering berjalan kaki bisa memanfaat insulin lebih baik dan meningkatkan kesehatan sel yang bekerja untuk menghasilkan insulin. Selain bisa menurunkan berat badan, maka jalan kaki juga bisa menjadi cara mengecilkan betis kaki.

  1. Hindari Pemanis Buatan

Pemanis buatan bisa menjadi bahan yang bisa ditemukan pada berbagai makanan olahan dan minuman kemasan. Pemanis buatan ini bisa ditemukan dalam label dengan berbagai istilah seperti fruktosa, gula jagung, maltosa, malt, molases dan sukrosa. Banyak orang yang belum mengenal istilah ini adalah nama lain dari gula buatan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula buatan bisa meningkatkan resiko penyakit kencing manis. Untuk menghindari pemanis buatan maka selalu baca label pada kemasan minuman atau makanan. Pemanis buatan memang termasuk salah satu zat aditif pada makanan yang harus dibatasi jumlahnya. (baca juga: bahaya aspartam bagi kesehatan – bahaya sakarin untuk kesehatan)

  1. Kurangi Kopi Anda

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi, maka sekarang mulailah mengurangi kebiasaan minum kopi. Anda tetap bisa minum kopi namun hanya jumlahnya yang dibatasi. Minum kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari bisa meningkatkan resiko penyakit kencing manis. Kopi mengandung kafein, magnesium dan kalium. Jika berbagai bahan ini ditemukan dalam jumlah yang cukup tinggi maka bisa menyebabkan tubuh menyerap gula berlebihan. Efeknya adalah kenaikan kadar gula berlebihan. Jadi mulai sekarang batasi asupan kopi untuk tubuh Anda dan bahkan ada dampak  kopi bagi penderita diabetes.

  1. Sering Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran adalah sumber makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Sayuran mengandung serat yang cukup tinggi. Sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat sehat untuk tubuh Anda. Ketika tubuh menyerap banyak serat maka bisa membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan insulin. Serat bisa membantu penyerapan lemak menjadi sumber energi tubuh sehingga bisa membuat tubuh menggunakan banyak tenaga. Pilih berbagai jenis sayuran sehat untuk mencegah penyakit kencing manis seperti brokoli, kembang kol, wortel, bayam dan ubi. Bagi orang yang sudah menderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi sayuran untuk diabetes yang sangat menyehatkan.

  1. Periksa Darah Secara Teratur

Penyakit kencing manis hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan kadar gula darah. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel darah dan kemudian diuji di laboratorium. Pemeriksaan darah memang tidak bisa mencegah penyakit kencing manis secara langsung, tapi bisa mengatasi terjadinya kencing manis. Jika dalam pemeriksaan darah maka bisa ditentukan, apakah level kadar gula masih normal, pra diabetes atau diabetes. Jika seseorang sudah masuk fase pra diabetes maka lakukan beberapa pencegahan diabetes secara alami.

Penyakit kencing manis  bisa dicegah dengan peningkatkan gaya hidup yang sehat dan menjaga kondisi tubuh. Berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan kencing manis sebaiknya memang tidak dilakukan. Jadi jaga kesehatan tubuh Anda dengan melakukan berbagai cara mencegah penyakit kencing manis secara alami.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 04th, July 2016 / 23:59 Oleh :
Kategori : Diabetes