6 Cara Mencegah Gula Darah Naik – Faktor Resiko, Gejala dan Obat Herbal

Gula darah meningkat adakah biang keladi munculnya penyakit diabetes yaitu penyakit yang disebabkan karena  organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon yang mengatur dan mengontrol keseimbangan kadar gula didalam darah.

Penyakit gula darah yang meningkat dapat menjadi pemicu munculnya keluhan kesehatan lain yang juga meresahkan diantaranya Jantung koroner, masalah impoten pada pria usia prodsuktif, serangan stroke dan ancaman kebutaan. Berikut ini adalah cara mencegah gula darah naik tinggi yang bisa anda lakukan:

  1. Memeriksakan Diri ke Dokter

Tidak ada salahnya jika setiap 6 bulan sekali kita cek kadar gula darah kedokter yang terkait , agar kita dapat melakukan antisipasi yang tepat jika mengetahui kadar gula darah ternyata meningkat atau stabil.

Baca : Cara memastikan terkena diabetes atau tidak

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan adalah jaln termudah untuk menjaga gula dalam darah agar senantiasa stabil yaitu dengan cara melakukan diet sehat dan seimbang . untyk melakukan diet sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi aatu pihak kesehatan yang mengerti tentang diet sehat.

  1. Aktif Berolahraga

Melakukan olahrga tidak harus setiap hari seminggu 2 kali saja itu sudah cukup asalkan dilakukan dengan teratur dan konsisten, olahraga yang dapat dipilih adalah jaln cepat, lari pagi, bersepeda dengan kecepatan sedang, berlari ditempat dengan menggunakn tali lain lain. olahraga dapat mempercepat proses pembakaran lemak dan pengurangna gula dalam darah yang akan terbuang lewat urin dan keringat.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak perah olahraga

  1. Mengurangi Makanan Manis Dan Berlemak

Mengurangi makanan yang bercita rasa manis dan berminyak sangat baik untuk mempertahankan  keseimbangan kadar gula dalam darah. pilihlah makanan yang mengandung gula alami yang tidak mempengaruhi kadar gula seperti sayuran dan buah buahan. hindari nasi putih yang mengandung banyak kadar gula , gantilah dengan karbohidrat lain yang lebih sehat misalnya gandum, beras merah, oat, sereal , kentang, jagung dan sebagainya.

Berikut ini adalah ara mengurangi atau menghindari rasa manis agar gula darah tidak tinggi :

  • Bagi yang menyukai makanan yang manis sebaiknya mengganti gula tebu dengan gula yang aman bagi keseimbanaagn gula darah anda misanya dengan menggunakan gula aren atau gula jagung.
  • Jika membuat jus buah tidak perlu menambahkan gula.
  • Memasak sayuran, pembuatan kue kering  dan membuat roti dalam bentuk apapun biasakan menggunakan perpaduan antara gula aren atau gula jagung agar siapapun yang memakana tidsak terancam peningkatan gula dalam darahnya.
  • Susu krim atu susu kental mengandung banyak gula , untuk penggunaannya jangan lagi menambahkan madu atau gula apasir yang hanya memperburuk kualitas kesehatn pada susu itu sendiri. Protein dan kalsium yang ada didalamnya tidak akan berdampak baik lagi baik tubuh jika kadar gulanya lebih banyak.
  1. Menghindari Merokok

Jangankan harus  merokok, hanya dengan menghisap asap yang dihasilkan dari perokok aktif saja anda telah memberikan polusi radikal bebas pada organ dalam tubuh anda. Kondisi ini dapat menghambat  kerja hormon pengatur gula untuk dapat mengahancurkan kadar gula berlebih dalam aliran darah.

  1. Menghindari Minuman Beralkohol

Sedapat mungkin hindari alkohol dalam jumlah berapapun karena alkohol dapat mengikat gula dalam tubuh menjadi menggumpal dan menghalangi aliran darah. jika aliran terhambat maka organ pankreas tergnggu dan tidak mampu lagi menghasilkan hormon pengatur kadar gula :


Faktor Resiko atau Penyebab Gula Darah Tinggi

Berikut ini adalah penyebab gula darah menjadi tinggi :

  1. Genetik

Jika ada salah satu orangtua atau bahkan keduanya menderita diabetes sudah bisa dipastikan keturunannya akan mewarisi sifat penyakit tersebut 6 x lebih berbahaya daripada seseorang yang tidak memiliki garis keturunan diabetes.

Baca : Cara mudah mencegah diabetes sejak dini

  1. Kehamilan

Ketika sedang hamil biasanya ibu akan mengalami pelonjakan nafsu makan dan cenderung menyukai makanan yang banyak mengandung gula atau yang manis manis, kondisi ini dapat membuat berat badan meningkat dan menyebabkan gula darah naik.

Baca : Ciri ciri gula darah tinggiGejala kencing manis

  1. Kebiasaan Merokok

Racun yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan terganggunya jumlah insulin alami yang ada didalam tubuh , sedangkan nikotin dan tar pada rokok dapat menghambat oksigen yang masuk dalam pembuluh arteri menuju jantung dan mengikat gula dalam tubuh menjadi sebuah gumpalan dalam darah. penyumbatan ini dapat mengakibatkan gula darah menjadi naik karen atidak mammpumenyebar keseluruh darah secara normal.

Baca : Bahaya rokok terhadap otakBahaya rokok bagi jantung manusiaBahaya tembakau rokok

  1. Makanan dan Minuman Manis

Kegemaran mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula juga dapat memicu gula dalam darah menjadi meningkat dan ketika seseorang mals untuk berolaharaga maka gula yang menggumpal tidak mampu dipecah oleh organ pankreas karena tidak tersedia hormon pengatur kadar gula yang aktif. Banyaknya kandungan gula dalam tubuh dapat mengganggu. menyumbat , menghambat  dan menonaktifkan  hormon pengatur kadar gula, sehingga penumpukan gula da;am darah tak dapat dihindari.

Baca : Bahaya madu untuk diabetes

  1. Minuman Beralkohol

Alkohol bersifat panas dan dapat melukai dimding lambung atau organ tubuh ;ain dan sanggup mengikat nutriusi yang ada didalam pencernaan sehingg tidak dapat menyebar pada seluruh jaringan tubuh.begitu juga dengan gula yng berlebihan didlam tubuh dapat dikendalikan alkohol agar tetap membentuk gumpalan atau kristalisasi darahyang akhirnyaa menyumbat pembuluh darah atau aliran darh yang menimbulkan peningkatan gula secara berkala tetapi pasti.

Baca : Bahaya minum alkohol 70 persenBahaya alkohol bagi kesehatan

  1. Obesitas

Tubuh yang memiliki berat tubuh yang berlebihan dan tidk ideal dapat meningktkan kadar gula dalam darah karena penumpukan lemak dalam tubuh mampu menghambat dan memblokir laju jalan gula kealiran darah seluruh tubuh. aliran darah yang tersumbat dan tidak mammpu menyebarkan gula darah secara normal maka aakan menyebabkan penumpukan gula yang nanntinya dapat menyebabkan diabetes.

Baca : Penyebab obesitas

Gejala Umum Gula Darah Tinggi

Berikut ini adalah gejala umum oran terkena diabetes :

  • Penglihatan berkurang dan pandangan tidak jelas
  • Luka kecil atau besar yang sulit untuk mengering
  • Mudah dan sering terserang kesemutan
  • Hampir seluruh permukaan kulit terserang rasa gatal
  • Terlalu sering buang air kecil
  • Sering dan mudah mengantuk
  • Berat badan semakin berkurang
  • Perut meras cepat lapar
  • Tubuh merasa lemas dan mudah lelah
  • Tubuh terserang obesitas

Bahan Herbal untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Berikut ini adalah ramuan yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah yang tinggi dan pemicu gejala diabetes :

  1. Kayu manis

Kayu manis adala salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan pada pembuatan menu masakan namun manfaat lainnya adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mempertahankan kadar gula dalam darah yang telah seimbang. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Ambilah beberapa buah kayu manis lalu rebuslah hingga mendidih dan mengeluarkan aroma yang harum
  • Dinginkan rebusan kayu manis tersebut lalu saringlah hingga airnya tidk bercampur dengan berbagai macam partikel benda yang kasar lagi.
  • Jika memungkinkan atau suka bisa ditambahkan dengan air jeruk lemon dan madu secukupnya, lalu minumlah setiap hari saatu kali.
  1. Telur Rebus

Telur mengandung vitamin, protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan pankreas , dimana pankreas akan selalu sehat dan dapat meningkatkan kinerja pankreas dalam memproduksi hormon pengatur kadar gula dalam darah. Caranya adalah :

  • Ambilah dua buah telur ukuran sedang kemudian rebuslah hingga benar benar matang
  • Telur yang sudah matang bisa langsung dimakan tetapi jika anda menyukainya bisa juga dengan cara buang kulitnya lalu potonglah menjadi 2 lapisan, kemudian oleskan air jeruk lemon diatasnya, setelah itu makanlah. ( Baca : Bahaya telur bagi penderita diabetes )
  1. Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki aroma yang tajam dan rasa yang getir dan banyak orang tidak menyukainya, namun bawang putih sangat efektif dalam penurunann kadar gula dalam tubuh dan dapat mencegah agar gula darah tidak naik . Bawang putih memiliki zat anti radang, anti iflamasi kuat, anti bakteri, anti virus , antobiotik alami yang dapat melancarkan pembuluh dan aliran  darah dari serangan bakteri ataupun dari penyumbatan akibat penumpukan gula dalam aliran darah.

Baca : Bahaya bawag putih mentah

  1. Penggunaan Cuka Apel

Makanan  yang diolesi atau dibei tetesan cuka apel dapat memperbaiki kelancaran pankreas dalam memproduksi hormon pengatur kadar gula dalam darah. Cuka apel memiliki kemampuan dalam menghadang penumpukan kadar gula berlebih dalam tubuh Cuka apel dapat bertindak sebagai pembakaran bagi gula berebih dalam tubuh yang akhinya akan dihancurkan kemudian secepatbnya dibuang lewat urin dan keringat.

Baca : Bahaya cuka makan

  1. Penggunaan Kacang Almond

Rajinlah mengkonsumsi kacang almond setidaknya seminggu 3 kali sebagaiu camilan wajib agar kondisi tubuh terbebas dari peningkatan gula darah. Kacang almond mempunyai nutrisi yang baik yaitu serat yang tinggi, magnesium yang kuat dan kaya protein yang mampu menyehatkan pankreas. kacang almond mempunyai zat kromium yang memiliki kemampuan menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

  1. Penggunaan Alpukat

Alpukat memiliki banyak nutrisi terbaik berupa Vitamin E, lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk kesehatan pankreas yaitu organ tubuh yang berperan besar daalaam pembentukan hormon pengontrol kadar gula dalam darah Masih banyak  orang yang beranggapan bahwa jus Alpukat memiliki tinggi lemak yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang, pada kenyataannya lemaknya termasuk lemak tidak jenuh ganda yang dapat menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Kandungan vitaminn E tinggi bertindak sebagai antioksidan aktif yang mampu memperbaiki jaringan kolagen yang rusak dan menurunkan resiko terserang diabetes pada seseorang yang kadar gulanya meningkat. Mengkonsumsi alpukat tua sangat baik untuk pencegahan penyakit diabetes dan jika ingin digabungkan dengan madu, cuka apel didalam pembuatan jus maka khasiat gandanya dalam upaya pencegahan peningkatan kadar gula dalam darah akan cepat terpenuhi.

Itulah berbagai macam cara mencegah gula darah naik yang bisa dilakukan oleh pasien diabet atau orang yang tidak ingin terkena diabet. Mencegah tentunya lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

,
Post Date: Friday 08th, April 2016 / 13:59 Oleh :
Kategori : Diabetes