Sponsors Link

Bahaya Mie Instan bagi Penderita Diabetes

Sponsors Link

Mie instan adalah makanan yang sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia. Bahkan mie instan menjadi teman setia orang-orang Indonesia, terutama bagi para anak muda yang hidup secara mandiri terpisah dari orang tua. Mengkonsumsi mie instan seringkali dijadikan alternatif untuk menghemat pengeluaran. Namun, pengeluaran yang dianggap lebih hemat tersebut justru harus dibayar mahal dengan tingginya resiko akibat terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

ads

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan bagi Penderita Diabetes

Mie instan tergolong sebagai makanan yang mudah dibuat sekaligus menawarkan cita rasa yang menggugah selera makan. Namun, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam mie instan hampir tidak ada. Mie instan justru mengandung berbagai jenis senyawa yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai jenis penyakit. (baca juga: bahaya makan nasi dengan mie instan)

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Gejala diabetes merupakan gangguan kesehatan di mana terjadi resistensi insulin di dalam tubuh. Akibatnya, darah memiliki kadar gula berlebih karena jumlah insulin dalam tubuh tidak mampu mengontrol jumlah gula dalam darah tersebut. Lalu mengapa mengkonsumsi mie instan bisa menimbulkan dampak negatif bagi penderita diabetes? Berikut penjelasan selengkapnya. (baca juga: makanan penyebab diabetes)

1. Komponen Utama Mie Instan

Komponen utama yang terkandung di dalam mie instan adalah karbohidrat sederhana, lemak, dan juga monosodium glutamat (MSG). Sayangnya, ketiga komponen tersebut menawarkan cita rasa yang menggugah selera bagi siapapun yang ingin memanjakan lidahnya. Padahal ketiga komponen utama di dalam mie instan tersebut adalah sumber dari berbagai jenis penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan juga obesitas. Jadi mengkonsumsi mie instan terlalu sering bisa menjadi malapetaka bagi kesehatan Anda. (baca juga: bahaya makan nie dengan nasi)

2. Kandungan Karbohidrat Sederhana

Penderita diabetes diwajibkan untuk selalu menjaga asupan makanan hariannya. Penderita diabetes juga dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks sebagai sumber energinya. Sayangnya, kandungan karbohidrat di dalam mie instan bukanlah jenis karbohidrat kompleks, melainkan jenis karbohidrat sederhana. Kandungan karbohidrat sederhana tersebut jika dikonsumsi akan membuat kadar gula dalam darah meningkat secara drastis sehingga membuat kondisi penderita diabetes semakin memburuk.

Bukan hanya bagi penderita diabetes saja. Seseorang yang memiliki tubuh relatif sehat juga bisa beresiko terkena diabetes ketika terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Apalagi orang Indonesia sangat gemar mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Kandungan karbohidrat sederhana dalam mie instan dan juga nasi sangat mudah diubah menjadi gula ketika masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut secara bersamaan akan meningkatkan kadar gula dalam darah secara signifikan. (baca juga: 23 efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan)

Sponsors Link

3. Kandungan Lemak dan Juga MSG

Selain karbohidrat sederhana, mie instan juga kaya akan kandungan lemak trans dan MSG. Kedua jenis senyawa tersebut akan meningkatkan tekanan darah dan juga meningkatkan resiko obesitas. Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu faktor pemicu munculnya diabetes. Meningkatnya kadar lemak dalam tubuh kita secara drastis akan menyebabkan resistensi insulin. Padahal insulin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol jumlah gula dalam darah. Jika produksi insulin terhambat tentu jumlah gula dalam darah juga tidak akan terkontrol dengan baik dan menyebabkan ciri-ciri diabetes lebih mudah muncul. (baca juga: 60 bahaya penyedap rasa makanan dan MSG bagi kesehatan)

Itulah beberapa bahaya mengkonsumsi mie instan bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi mie instan tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes saja. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari mie instan dan mengganti jenis asupan makanan yang lebih menyehatkan tubuh.

Dampak Negatif Lain Akibat Mengkonsumsi Mie Instan

Mengkonsmsi mie instan tidak hanya berdampak negatif bagi penderita diabetes. Bahkan bagi orang yang sehat sekalipun, mie instan bisa memberikan dampak negatif dan meningkatkan resiko untuk memunculkan berbagai jenis penyakit. Adapun beberapa dampak negatif akibat mengkonsumsi mie instan adalah:

  • Mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi. Karena itu, usahakan Anda mengontrol asupan mie instan setiap harinya. Usahakan pula agar anak di bawah 5 tahun tidak mengkonsumsi mie instan karena asupan mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi. (baca juga: 20 bahaya makan mie instan sangat mematikan)
  • Mie instan dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Kandungan zat pewarna dan juga zat pengawet di dalam mie instan merupakan zat yang bersifat racun dan berdampak negatif bagi kesehatan. Kandungan zat racun tersebut juga dapat merusak sistem metabolisme. (baca juga: bahaya keracunan aflatoksin)
Sponsors Link

  • Mie instan juga mengandung propylene glycol, yaitu sejenis bahan anti beku yang dapat mencegah mie instan menjadi kering. Mengkonsumsi mie instan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan propylene glycol tersebut di dalam organ-oragan dalam, seperti pada hati dan ginjal. Akibatnya, hati dan ginjal akan lebih rentan mengalami kerusakan. Selain itu, zat anti beku tersebut juga berpotensi menurunkan sistem kekebalan tubuh. (baca juga: makanan penghancur batu ginjal)
  • Mie instan tidak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Mie instan juga tidak memiliki kandungan serat sama sekali. Akibatnya, mengkonsumsi mie instan terlalu sering dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti rasa begah dan juga sembelit. (baca juga: bahaya buah nangka bagi penderita maag)
  • Selain menyebabkan penyakit diabetes, kandungan MSG, lemak, dan juga karbohidrat  sederhana di dalam mie instan juga akan menyebabkan hipertensi dan juga obesitas. Kandungan MSG di dalam mie instan juga dapat menyebabkan seseorang merasa haus berlebih, sakit kepala, dan juga sesak napas.

Demikian beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan. Ternyata asupan mie instan tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes saja. Karena itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi mie instan berapapun jumlahnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 06:43 Oleh :
Kategori : Diabetes