Sponsors Link

13 Bahaya Diabetes Bagi Tubuh

Sponsors Link

Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena tingginya tingkat kadar gula dalam darah. Gula dalam tubuh diperoleh dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi secara rutin. Sebenarnya tubuh bisa menjalankan sistem yang akan membuat tubuh bisa mengatur kadar gula dalam darah. Sistem ini tidak lepas dari insulin sebagai sebuah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas.

ads

Namun beberapa orang memiliki ketidakmampuan menghasilkan insulin sehingga tingkat kadar gula dalam darah terus meningkat. Salah satu langkah yang paling penting dilakukan oleh penderita diabetes adalah menjaga agar kadar gula dalam darah normal.


Hubungan Diabetes dan Tubuh

Penyakit diabetes bisa menyebabkan pengaruh yang sangat besar untuk tubuh. Hal ini ditandai dengan berbagai penyakit lain yang timbul pada penderita diabetes yang tidak mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Akibatnya maka tubuh bisa mengalami komplikasi karena gangguan yang terjadi pada beberapa organ penting tubuh. Kadar gula yang berlebihan dalam darah bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas secara normal.


Gejala Diabetes

Ada beberapa jenis diabetes yang dikenal dalam dunia medis seperti diabetes tipe I, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional (jenis diabetes pada ibu hamil). Berikut ini adalah beberapa gejala diabetes yang harus dikenal sejak awal :

  • Selalu merasa haus dalam waktu yang sering atau haus terus menerus
  • Sering buang air kecil baik pada waktu malam maupun siang hari
  • Tubuh menjadi lebih mudah lelah meskipun tidak banyak melakukan aktifitas
  • Pandangan mata menjadi kabur meskipun sebelumnya tidak menderita rabun
  • Sering kesemutan pada bagian tangan dan kaki
  • Sering merasa lapar dan sulit untuk dikendalikan.

Meskipun sudah mengalami beberapa gejala seperti diatas namun kondisi ini belum tentu disebut dengan diabetes. Untuk mengecek diabetes maka anda harus menjalani pemeriksaan gula darah.


Apakah diabetes berbahaya untuk hidup? Ya, efek panjang dari diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan darah tinggi dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Diabetes bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang dalam hidup sehingga banyak penderita diabetes yang merasa frustasi. Berikut ini adalah beberapa macam bahaya diabetes dari berbagai penyakit komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes :

1. Penyakit Jantung

Jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol dengan baik maka ancaman penyakit jantung akan selalu mengincar penderita diabetes. Penyakit ini akan menjadi penyebab dada sakit yang biasanya memang dirasakan oleh penderita diabetes. Beberapa jenis penyakit jantung yang sering terjadi adalah penyempitan pembuluh darah, stroke, serangan jantung, penyakit arteri dan kondisi lain. Stroke dan serangan jantung menjadi kasus yang paling sering terjadi.

2. Kerusakan Sistem Syaraf

Akibat tingginya kadar gula dalam darah maka dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah yang berfungsi untuk menyehatkan saraf tubuh terutama untuk bagian kaki. Jika kondisi kerusakan sudah terjadi maka biasanya penderita akan sering merasa kesemutan, mati rasa, rasa terbakar, dan sakit pada bagian ujung jari kaki. Gangguan kerusakan saraf akan ditandai dengan diare, muntah, mual, sembelit dan gangguan disfungsi ereksi pada pria.

Sponsors Link

3. Kerusakan Mata

Kebutaan menjadi salah satu komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Hal ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi telah mengganggu sistem saraf pusat. Bahkan kadar gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan pada kornea dan lensa mata. Penyakit yang paling sering terjadi adalah glaukoma dan katarak.

4. Kerusakan Ginjal

Ginjal dalam manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Ginjal mengandung jutaan pembuluh darah yang akan menyaring darah dalam tubuh manusia. Ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi maka bisa menyebabkan kerusakan jaringan yang berfungsi sebagai saringan kecil. Jika kondisi diabetes sudah parah maka bisa menjadi penyebab gagal ginjal yang membutuhkan transplantasi atau cuci darah secara berkala.

5. Cacat Kaki

Kerusakan saraf akibat diabetes yang terjadi pada kaki akan menyebabkan komplikasi kerusakan pada bagian kaki. Bahkan pada kondisi tertentu banyak penderita diabetes yang harus melakukan amputasi untuk menyematkan jaringan lainnya. Jadi kerusakan kaki menjadi akibat yang sangat umum dari bahaya diabetes.

6. Infeksi Kulit

Infeksi kulit menjadi kasus yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Infeksi ini disebabkan oleh jamur, parasit atau virus yang hidup pada luka di kaki. Penderita diabetes akan mudah terkena luka dan luka tersebut sulit untuk disembuhkan dengan cepat, sehingga terkadang infeksi menjadi ancaman yang sangat serius.

7. Gangguan Pendengaran

ads

Penderita diabetes memang sering mengalami gangguan pendengaran. Tingkat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi telah menyebabkan kerusakan sistem pendengaran. Hal ini membuktikan bahwa bahaya diabetes memang sangat mempengaruhi sistem kerja anggota tubuh terutama indra penting untuk tubuh.

8. Pikun

Penyebab diabetes terutama diabetes tipe 2 juga memiliki ancaman serius terkena penyakit yang menganggu sistem memori. Hingga saat ini hubungan antara kadar gula dalam darah dan sistem memori masih dikembangkan.

Bahaya Diabates Gestasional

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang terjadi pada wanita hamil. Kondisi diabetes ini tetap bisa membuat ibu hamil melahirkan bayi yang sehat. Tapi kondisi tingginya kadar gula dalam darah memang perlu membutuhkan perawatan yang serius. Berikut ini adalah beberapa resiko bahaya yang biasanya terjadi pada bayi :

1. Bayi tumbuh besar di dalam rahim – Hal ini terjadi karena kadar gula tinggi ibu hamil tetap akan diserap oleh bayi lewat plasenta. Saat di dalam rahim maka pankreas bayi sudah bisa menghasilkan insulin. Hal inilah yang menyebabkan bayi tumbuh besar di dalam rahim.

2. Hipoglikemia atau gula darah yang terlalu rendah – Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional juga akan menyebabkan kadar gula bayi menjadi lebih rendah karena produksi insulin dalam tubuh bayi sudah sangat tinggi. Namun kondisi ini bisa disembuhkan dengan memberikan air susu ibu.

3. Anak mengalami resiko diabetes tipe 2 – Anak-anak yang lahir dari ibu yang menderita diabetes gestasional juga rentan terkena diabetes tipe 2 karena sudah memiliki kadar insulin tinggi sejak dalam kandungan.

4. Anak akan mengalami resiko obesitas – Anak-anak yang lahir dalam kondisi berat badan berlebih dan tidak sesuai dengan standar akan memiliki bakat obesitas.

5. Kematian bayi menjadi resiko paling besar – Kematian bisa terjadi baik di dalam atau di luar kandungan. Resiko ini terjadi karena ibu tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah dan tidak menjalani perawatan diabetes selama hamil.

Bahaya Diabetes Gestasional untuk Ibu Hamil

Selain anak-anak yang menerima akibat dari diabetes gestasional, maka ibu hamil juga bisa mengalami resiko tingi seperti kondisi preklamsia selama kehamilan. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan darah ibu hamil menjadi lebih tinggi, kandungan protein dalam urin juga sangat tinggi dan bengkak pada kaki. Kondisi ini bisa menjadi sangat serius apabila tidak segera ditangani, termasuk resiko kematian mendadak ibu dan bayi.

Jadi, penyakit diabetes memang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang. Namun penderita diabetes bisa mengatasi hal ini dengan mengatur kadar gula dalam darah dan menjaga pola makan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 19th, August 2015 / 09:44 Oleh :
Kategori : Diabetes