Sponsors Link

25 Makanan untuk Orang Demam Tinggi dan Panas

ads

Demam merupakan reaksi tubuh ketika terkena infeksi dari virus, bakteri, jamur atau sumber penyakit lain. Semua orang pernah mengalami demam termasuk bayi yang masih berumur beberapa hari atau bulan. Ada berbagai jenis penyebab demam yang berhubungan dengan kondisi atau gejala penyakit tertentu. Salah satunya adalah penyakit flu yang memang ditunjukkan dengan gejala demam pada awal setelah virus masuk ke dalam tubuh. Suhu badan ketika demam sangat bervariasi, namun umumnya lebih dari 39 derajat Celcius.

Minum obat ketika demam biasanya hanya dilakukan dalam kondisi yang sangat terpaksa atau berhubungan dengan jenis penyakit yang sudah diketahui. Memang ada beberapa jenis obat demam yang bisa ditemukan dengan mudah tanpa memerlukan resep dokter. Namun sebenarnya ada obat alami untuk demam yaitu makanan. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan demam :

1. Bubur

Bubur nasi memang sangat baik untuk membantu menurunkan demam dengan cepat. Bubur nasi untuk mengatasi demam sebaiknya memang terbuat dari nasi murni dengan sedikit tambahan seperti bawang putih, bawang merah dan sedikit garam. Hindari menambahkan santan karena santan akan membuat organ pencernaan menjadi tidak nyaman. Mengapa Anda harus makan bubur ketika demam? Bubur memang sangat lunak dan membantu pencernaan menyerap kebutuhan nutrisi manusia dengan cepat. Ketika bubur bisa dicerna dengan mudah maka bisa membantu tubuh untuk mendapatkan sumber energi dan tubuh pulih dengan cepat.

2. Sayuran Kukus

Berbagai jenis sayuran bisa Anda makan ketika sedang demam. Beberapa jenis sayuran yang sangat disarankan adalah seperti brokoli, kembang kol, kubis, sawi, dan jenis sayur persilangan lain. Semua jenis sayuran ini mengandung sulforaphane yang akan membantu tubuh melawan penyebab demam termasuk bakteri atau virus. Sayuran ini merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam melawan sumber peradangan atau infeksi.

Mengapa sayuran harus dikukus? Sayuran yang dimasak dengan di kukus membantu nutrisi sayuran sama sekali tidak hilang atau jika hilang hanya sedikit saja. Jadi juga membantu tubuh mendapatkan nutrisi lengkap untuk mengatasi demam dengan cepat.

3. Telur Rebus

Jika tidak bisa makan bubur atau sayuran kukus, maka anda masih bisa makan telur rebus. Telur rebus memang sangat lezat, lunak dan sama sekali tidak mengandung minyak. Anda bisa mengkreasikan telur rebus dengan sedikit garam atau kecap di atasnya. Mengapa telur rebus bisa membantu menurunkan demam? Telur rebus adalah makanan sumber makanan yang mengandung protein dan energi yang sangat luar biasa.

Telur akan membantu tubuh Anda memiliki tenaga super untuk melawan penyakit atau infeksi. Selain itu, telur rebus juga mudah diterima oleh saluran pencernaan. Tapi jangan makan telur rebus jika memang memiliki alergi. Ganti dengan makanan untuk demam lainnya.

4. Yoghurt

Yogurt adalah sumber makanan yang penuh dengan bakteri sehat. Olahan susu yang mengandung banyak zat probiotik ini juga bisa membantu menurunkan demam dengan cepat. Yogurt bisa mengatasi flu dan batuk dengan cepat untuk anak-anak maupun orang dewasa. Namun sebaiknya jenis yogurt yang digunakan untuk orang yang terkena demam tidak mengandung gula tambahan atau susu tinggi lemak.

Gula dan lemak akan membuat pencernaan menjadi lebih berat jadi sama saja tidak akan memberikan hasil. Lebih baik untuk memilih jenis yogurt yang diproduksi industri rumahan dan bukan pabrik. Yogurt alami tanpa pengawet juga sangat disarankan.

5. Kaldu Sayuran

Cairan yang terbuat dari kaldu sayuran juga bisa membantu mengatasi demam yang buruk. Kaldu alami ini bisa Anda buat sendiri dengan bahan beberapa jenis sayuran. Anda juga bisa menambahkan jahe yang akan membuat aroma kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran mengandung semua jenis mineral dan vitamin yang akan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Sementara jahe mengandung kaemferol yang bisa mengatasi sumber peradangan sehingga bisa melawan penyebab demam.

6. Sup Ayam

sponsored links

Sup ayam memang makanan yang lezat ketika terkena demam. Sup ayam bisa menyumbang beberapa nutrisi sekaligus seperti cairan yang melimpah, vitamin, mineral, protein dan lemak sehat. Untuk itu pastikan menggunakan daging ayam tanpa lemak, sebab lemak hanya menghambat pencernaan dan tidak menurunkan demam. Sup ayam bisa diberikan untuk penderita demam yang menghadapi gejala flu pada tahap awal.

Sup yang dicampur dengan beberapa rempah seperti lada dan kayu manis akan membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu sumber protein yang didapatkan dari ayam juga membuat tubuh mendapatkan energi sehingga bisa pulih lebih cepat.

7. Pisang

Pisang juga bisa menjadi buah yang sangat menyehatkan ketika tubuh sedang demam. Pisang adalah buah super yang mengandung mineral sangat tinggi. Pisang bisa membantu menurunkan demam karena mengandung vitamin B6 yang bisa membantu tubuh melawan infeksi, mengatasi rasa lelah yang berlebihan, membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan mengatasi tekanan.

Selain itu buah pisang juga mengandung kalium yang bisa membantu mengatur detak jantung lebih baik dan mengurangi tekanan pada jantung dan sistem pembuluh darah. Jadi makan pisang memang baik untuk membantu tubuh mendapatkan energi selama demam. (baca juga : bahaya kekurangan kalium)

8. Jeruk Bali

Jika terkena demam saat sedang musim jeruk bali, maka bisa mencoba untuk makan jeruk bali. Ini adalah buah yang dipenuhi dengan vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi. Jeruk bali mengandung sebuah senyawa alami yang disebut dengan limonoid. Limonoid bisa membantu melawan lemak dalam tubuh dan menyebabkan penurunan resiko peradangan. Jeruk bali bisa dimakan untuk anak-anak maupun orang dewasa yang terkena demam karena flu atau penyakit infeksi virus dan bakteri lainnya. Namun perhatikan untuk tidak makan terlalu banyak jika Anda memiliki keluhan asam lambung tinggi dan maag.

9. Cranberry

Cranberry adalah  buah yang penuh dengan khasiat penting untuk mengatasi demam. Buah yang banyak mengandung bahan antioksidan ini mampu melawan demam dan menurunkan potensi demam yang tinggi. Anak-anak yang terkena flu pada tahap awal bisa makan cranberry untuk membuat tubuh kuat melawan infeksi. Bahan antioksidan di dalamnya bisa membantu meningkatkan perlawanan tubuh terhadap bakteri dan melindungi semua kelelahan karena demam. Selain itu, buah ini juga sangat baik untuk melawan efek peradangan pada tubuh.

10. Apel

Banyak orang yang tidak mau makan apel ketika demam karena meninggalkan rasa masam yang tidak nyaman di dalam mulut. Tapi ternyata justru apel sangat disarankan untuk dimakan ketika demam. Apel akan membantu meningkatkan efek terhadap perlawanan radikal bebas. Apel mengandung bahan antioksidan berupa makanan yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, apel juga mengandung flavonoid yang bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi karena penyakit tertentu. Bahkan apel akan membantu Anda memiliki detak jantung yang sehat dan melawan efek peradangan karena demam. Makan buah apel saat demam harus dilakukan secara modern, yaitu dengan jumlah yang tidak berlebihan dan bijak.

11. Pepaya

Papaya juga bisa menjadi makanan yang paling super untuk mengatasi demam. Pepaya mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk melawan demam seperti vitamin C dan vitamin E. vitamin C akan membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengatasi sumber penyakit seperti infeksi karena virus atau bakteri. Sementara vitamin E akan membantu tubuh untuk memulihkan kondisi tubuh karena mengalami efek dari peradangan yang terjadi dalam atau organ tubuh. Namun perhatikan untuk tidak diberikan kepada demam yang disertai dengan diare. Papaya mengandung makanan kaya serat larut yang bisa membuat diare memburuk.

12. Bawang Putih

Memasukkan bawang putih untuk beberapa masakan ketika sedang demam memang sangat disarankan. Bawang putih mengandung bahan antioksidan tinggi berupa sulfur yang bisa membantu meredakan demam. Selain itu, bawang putih juga mengandung bahan antioksidan yang bisa memerangi radikal bebas termasuk sumber penyakit. Anda bisa menambahkan beberapa siung bawang putih ke dalam masakan seperti sup atau bubur. Anda juga bisa membuat minuman bawang putih yaitu menambahkan sekitar dua siung bawang putih ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian minum airnya selama beberapa kali saat demam tinggi. (baca juga : efek samping bawang putih)

13. Basil

Ya, olahan basil juga bisa membantu mengatasi demam yang tinggi. Basil atau kemangi bisa membantu menurunkan demam. Daun herbal ini mengandung beberapa senyawa yang bisa membuat infeksi cepat mereda. Bahkan basil juga bisa membantu membunuh virus penyebab flu. Anda juga bisa membuat teh basil untuk meredakan demam dengan cepat. Caranya adalah dengan membuat satu gelas air hangat kemudian tambahkan basil segar dan madu. Tunggu beberapa saat dan kemudiam minum airnya. Rasanya memang tajam dan hangat sehingga sangat membantu melegakan pernafasan.

14. Kismis

Kismis atau buah kering sangat baik untuk membantu tubuh melawan demam. Kismis merupakan buah kering yang banyak mengandung vitamin C dan bahan antioksidan lain. Bahkan kismis juga mengandung vitamin E yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan peradangan. Semua jenis nutrisi ini bisa membantu tubuh dalam melawan sumber penyakit yang menyebabkan demam. Camilan berupa kismis juga bisa membantu memulihkan tenaga ketika sedang demam sehingga tubuh Anda tidak terlalu lemah.

15. Anggur

Anggur adalah buah penuh nutrisi penting untuk mengatasi demam. Dalam setiap butir anggur mengandung beberapa senyawa dan nutrisi penting yang bisa membantu melawan demam seperti reservatrol, antosianin, quercetin, myricetin, dan kaemferol. Semua senyawa ini akan membantu melawan infeksi karena penyakit yang bisa membuat tubuh demam. Selain itu anggur juga makanan yang penuh dengan sumber vitamin seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6.

Anggur juga penuh dengan mineral dalam jumlah yang sangat tinggi seperti kalium dan tembaga. Semua nutrisi ini penting untuk mendukung sistem kerja organ dan mengatasi sumber penyakit.

16. Buah Aprikot

Buah aprikot memang salah satu jenis buah yang dipenuhi dengan keajaiban. Hal ini terbukti ketika buah aprikot juga sangat baik untuk membantu tubuh melawan demam karena berbagai sebab termasuk kelelahan, depresi atau infeksi penyakit. Aprikot menjadi buah yang bisa mendinginkan suhu tubuh sehingga sumber penyakit juga cepat diatasi. Untuk mendapatkan khasiat buah aprikot maka campurkan aprikot segar dengan satu sendok madu. Aprikot juga akan membantu memelihara kesehatan dengan cara yang sangat alami.

17. Oat

Oat juga bisa menjadi makanan yang tepat ketika sedang demam. Oat mengandung  nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh meskipun sedang sakit seperti protein, lemak, kalori, karbohidrat, serat dan memiliki nilai gula yang sangat rendah. Anda juga bisa merasakan khasiat dari mineral dan vitamin seperti magnesium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, seng, niacin, tiamin, riboflavin, folat, vitamin K dan vitamin E.

Serat yang terkandung dalam oat bisa membuat tubuh memiliki sistem kekebalan yang sangat aktif dan bisa membantu meningkatkan kerja sel darah putih untuk melawan sumber infeksi dalam tubuh. Bahkan oat juga sangat baik untuk melawan serangan bakteri untuk tubuh.

18. Ikan Laut

Ikan laut juga bisa tetap dimakan saat demam. Ikan laut mengandung banyak sumber nutrisi yang bisa menurunkan suhu tubuh. Salah satunya adalah mineral selenium yang ditemukan pada ikan salmon, udang dan tiram. Selain itu ikan laut juga mengandung seng, zat besi dan vitamin B. semua mineral dan vitamin ini penting untuk melawan infeksi, menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh yang lemah kembali bertenaga.

Selain itu, sumber ikan laut seperti ikan salmon akan membantu tubuh untuk bisa mendapatkan asam lemak omega 3. Ini termasuk jenis lemak sehat yang membantu tubuh mendapatkan energi ketika sedang lemah dan kurang sehat. (baca juga : bahaya makanan laut)

19. Jamur

Satu mangkuk sup jamur sangat baik untuk membantu orang yang sedang terkena demam agar cepat pulih. Jamur sudah lama digunakan sebagai makanan khusus untuk mengobati demam. Kebiasaan ini banyak dilakukan di China, Jepang dan India. Jamur memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh tetap nyaman, membantu produksi sel darah putih dan membuat energi tubuh pulih kembali. Karena itulah jamur sangat baik untuk membantu tubuh ketika sedang demam.

Beberapa jenis jamur yang sebaiknya dikonsumsi adalah seperti jamur shiitake. Jamur kecil asli dari Jepang ini bisa membantu tubuh ketika melawan infeksi dan mengaktifkan sel-sel darah putih. Tambahkan bawang putih untuk sup jamur untuk mendapatkan manfaat terbaik. (baca juga : bahaya kelebihan sel darah putih)

20. Wortel

Ketika demam maka bisa makan semangkuk sup ayam yang dicampur dengan wortel. Wortel adalah sayuran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa beta karoten pada wortel akan membantu tubuh untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang sebenarnya. Selain itu, beta karoten juga membantu tubuh untuk melawan sumber infeksi dan mendorong produksi sel darah putih. Jadi sangat disarankan untuk makan sup atau minum jus wortel untuk membantu menurunkan demam.

21. Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis bisa menjadi salah satu obat untuk menurunkan demam. Anda bisa mencobanya sendiri ketika terkena demam akibat flu atau kelelahan. Lemon mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar daya tahan tubuh tidak jatuh akibat serangan virus. Kandungan zat yang ditemukan dalam perasan lemon adalah seperti liminen yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat satu gelas air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk lemon.

22. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi pengganti makanan padat ketika sedang demam. Ubi jalar mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting seperti vitamin B6 yang bisa berfungsi untuk mengurangi kadar homosistein kimia di dalam tubuh. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mencegah perkembangan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin ini juga membantu pencernaan lebih baik sehingga mempercepat penyembuhan demam akibat infeksi atau peradangan.

Sponsors Link

Selain itu, ubi jalar juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik. Vitamin ini akan meningkatkan sistem tubuh untuk melawan beberapa sumber penyakit agar tidak berkembang. Untuk menyembuhkan demam maka Anda bisa makan ubi jalar yang direbus, dikukus atau dipanggang.

23. Buncis

Sayuran buncis memang sangat efektif untuk mencegah demam lebih buruk dan membantu menurunkan demam dengan cepat. Buncis tidak mengandung lemak dan memiliki nutrisi berupa serat yang sangat tinggi. Selain itu buncis juga mengandung beberapa unsur vitamin yang sangat penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan makanan yang mengandung vitamin K.

Mineral seperti mangan, zat besi, kalium, silicon dan tembaga juga sangat baik untuk membantu tubuh melawan infeksi saat demam. Bahan antioksidan dalam buncis sangat baik untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi yang bisa menyebabkan demam. Anda bisa makan buncis dengan beberapa jenis masakan termasuk sup dan sayuran kukus.

24. Bayam

Bayam memang menjadi makanan yang sangat penting ketika sedang demam. Bayam mengandung beberapa jenis nutrisi yang sangat penting seperti folat, niasin, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, beta karoten, klorofilin, lutein dan mineral lain. Bayam bisa membantu menurunkan demam dengan cara mendorong sistem metabolisme berjalan dengan baik. Dengan metabolisme yang baik maka tubuh akan terasa lebih baik. Sumber energi dari beberapa nutrisi yang lain akan mudah diterima oleh tubuh. Selain itu, bayam juga bisa meningkatkan nafsu makan yang sering dialami oleh penderita demam. (baca juga : bahaya bayam yang dihangatkan)

25. Mangga

Mangga bisa menjadi buah yang sangat aman untuk dikonsumsi ketika sedang demam. Mangga mengandung nutrisi yang sangat kuat seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu mangga juga tidak mengandung lemak, sodium maupun kolesterol. Mangga mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, tembaga, dan magnesium. Bahkan dalam mangga juga ditemukan beta karoten dan astragalin yang memang sesuai untuk menurunkan demam tubuh.

Namun jangan terlalu banyak makan mangga saat demam, jika disertai dengan keluhan lain seperti gejala diare. Mangga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung beta karoten yang sangat tinggi. Mangga akan membantu tubuh mendapatkan kekuatan sehingga tidak terlalu lemah.

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Demam

Ada beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh dimakan ketika sedang demam. Berikut ini beberapa contoh jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dimakan saat demam :

  1. Susu yang tidak dipasteurisasi atau susu segar. Jenis susu seperti ini mungkin masih mengandung bakteri yang bisa membuat potensi demam tidak turun atau tubuh justru terkena infeksi dari jenis bakteri lain.
  2. Daging merah dan kerang. Jangan makan daging merah dan kerang karena mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol sulit untuk masuk ke saluran pencernaan dan sering menyebabkan tubuh tidak kuat terlebih saat demam.
  3. Semua jenis minuman yang mengandung soda dan bahaya kafein karena akan membuat suhu tubuh semakin tinggi. Semua jenis minuman ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan produksi sel darah putih juga menurun drastis.
  4. Semua jenis makanan yang digoreng sebaiknya memang tidak dikonsumsi saat demam karena bisa menyebabkan infeksi menjadi lebih buruk. Bahaya mengkonsumsi gorengan banyak mengandung lemak jenuh yang sulit untuk diterima oleh tubuh.
  5. Kue kering sebaiknya tidak dimakan saat demam karena bisa membuat tubuh tidak kebal saat melawan infeksi. Selain itu, kue kering banyak mengandung mentega, tepung padat, minyak, coklat atau susu yang bisa menyebabkan pencernaan tidak berjalan dengan baik.

Jadi berbagai jenis makanan bisa dipilih untuk dikonsumsi saat tubuh demam. Jenis makanan yang baik untuk demam adalah makanan yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu perhatikan untuk menerapkan cara mengkonsumsi yang benar agar manfaatnya semakin terasa.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 06:15 Oleh :
Kategori : Demam