Sponsors Link

Manfaat Madu Bagi Penderita DBD Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang paling sering membunuh umat manusia adalah penyakit demam berdarah dengue atau biasa orang menyebutnya demam berdarah atau DB. Mungkin hampir semua orang sudah tahu apa itu penyakit demam berdarah dan kenapa penyakit itu bisa muncul.

ads

Apa itu Demam Berdarah Dengue?

Demam berdarah Dengue atau yang biasa di sebut DBD adalah sebuah penyakit mematikan yang terjadi akibat virus dengue yang disebarkan oleh beberapa jenis nyamuk. Salah satu yang paling dikenal sebagai “pengirim” penyakit ini adalah nyamuk Aides Aigepty. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan penyakit DBD :

  • Wabah DBD. Penyakit ini pertama kali mewabah pada tahun 1780an secara bersamaan di Asia, Afrika dan juga Amerika Utara. Meskipun pada tahun-tahun berikutnya, penyakit ini hilang timbul. Akan tetapi, penyakit yang disebabkan oleh virus ini menjadi perhatian WHO karena penyakit ini cukup banyak merenggut nyawa manusia.
  • Angka kematian DBD. Setiap tahunnya, minimal terjadi 12.500 sampai 25.000 kematian di dunia akibat dari penyakit demam berdarah ini. Penyakit ini memang belum ditemukan obatnya. Akan tetapi, beberapa ilmuwan mencoba meneliti penyakit ini dan memperhatikan bagaimana cara penyakit ini berkembang. Sekarang telah ditemukan beberapa vaksin dan prosedur yang mampu mencegah munculnya penyakit ini.
  • Penularan. Penyakit ini menular dengan beberapa cara. Pertama adalah dari sang pembawa penyakit itu sendiri yakni nyamuk Aedes tersebut. Nyamuk Aedes yang menggigit manusia bisa menularkan virus dengue dan menyebabkan manusia terserang virus tersebut.
  • Donor darah dan virus DBD. Penularan juga bisa terjadi ketika donor darah. Hal ini mungkin ketika salah satu yang mendonorkan darah sudah terinfeksi virus maka ia bisa menularkannya melalui darah yang didonorkan tersebut. Ibu hamil pun memiliki resiko menularkan virus itu pada bayinya. Bahkan, nyamuk yang tidak terinfeksi virus, kemudian menggigit dan menghisap darah manusia yang terkena virus, maka ia akan bisa terinfeksi virus tersebut dan membawa virus itu dan menyebarkannya dengan cara menghisap darah orang lain.

Akan tetapi, pada artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai penyebab demam berdarah sebelum nantinya akan membahas mengenai manfaat madu bagi penderita demam berdarah, bermanfaatkah atau tidak. Berikut ini adalah manfaat madu bagi penderita DBD :

  1. Mencegah DBD

Memang tidak ada sama sekali literatur medis atau pun pembuktian medis dan penelitian secara klinis yang mengatakan bahwa madu berkhasiat untuk menyembuhkan demam berdarah. Akan tetapi, menurut beberapa kalangan, madu bisa menjadi salah satu pencegah dari penyakit demam berdarah ini. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa madu bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan diantaranya adalah:

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Sistem Imun Penderita DBD

Pada dasarnya madu memang memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Utamanya dalam membangun imun tubuh untuk menghadapi penyakit-penyakit yang menyerang. Dengan cara meminum dua sendok makan madu dan dua sampai tiga sendok makan sari kurma selama dua sampai tiga jam sekali, bisa membuat imun dalam tubuh pasien DBD menjadi lebih kuat untuk menghadapi virus akibat gigitan nyamuk penyebab DBD. Sehingga jika sistem imun kuat maka tubuh semakin bisa menangkal virus dengue penyebab penyakit DBD tersebut.

Baca : Cara membedakan madu asli dan palsuBahaya demam berdarahGejala demam berdarah pada anak  – Fase demam berdarah

Pencegahan DBD

DBD bisa disembuhkan asalkan sistem imun semakin baik dan stabil. Lebih baik mencegah penyakit ini dibandingkan mengobati. Berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah virus dengue :

  1. Pengendalian Populasi Nyamuk

Seperti yang sering dipromosikan di media massa, anda pun bisa menggunakannya untuk mencegah diri anda atau keluarga terserang virus tersebut.

  • Pertama jelas dengan menghilangkan tempat-tempat yang bisa menjadi genangan air. Genangan air tersebut bisa menjadi salah satu tempat nyamuk aedes berkembang biak. Menimbun genangan air atau menghilangkan genangan air di daerah sekitar rumah anda bisa mengurangi populasi nyamuk aedes di sekitar lingkungan anda.
  • Kedua adalah dengan rajin-rajin menguras bak mandi. Bak mandi pun bisa menjadi salah satu tempat perkembang biakan dari nyamuk tersebut. membuatnya tetap bersih menjaga diri anda dari dengue.
  • Ketiga anda bisa memakai lotion untuk membantu agar nyamuk tidak menggigit anda. ( Baca : Bahaya obat nyamuk elektrikCara sederhana mengusir nyamukBahaya obat nyamuk )
  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda menurut beberapa penelitian yang valid mengatakan bahwa ia memiliki banyak sekali kandungan zat eletrolit yang sangat baik khasiatnya bagi tubuh dan ketahanan tubuh. Air kelapa muda ini memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia, antara lain ada mineral kalium, sodium, dan klorida dan juga magnesium. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi tidak gampang terkena virus.

Baca : Akibat kelebihan air kelapaBahaya air kelapa

  1. Jus Buah
Sponsors Link

Jus Buah adalah minuman yang sangat manjur untuk mengendalikan dan mencegah munculnya kehadiran penyakit demam berdarah ini. Demam berdarah biasanya muncul akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Meminum jus yang memilki banyak kandungan cairan bisa membantu untuk menormalkan kembali kadar cairan dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian pun mengatakan bahwa mengkonsumsi jus membuat zat-zat baik dalam buah lebih mudah diserap oleh tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

  1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi, sehingga bisa menguatkan dan menstabilkan sistem imun penderita DBD. Memang belum ada bukti secara klinis bahwa jambu biji ini mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit demam berdarah. Akan tetapi tidak sedikit orang yang merasa lebih baik setelah mereka mengkonsumsi jambu biji, utamanya yang diolah menjadi jus buah yang kental. Pada dasarnya sama dengan jus. Bahwa jambu biji ini meningkatan kadar trombosit penderita DBD yang rendah akibat serangan virus.

Baca : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

Madu bisa meringankan gejala demam beradarah sebab madu memiliki banyak kandungan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun. Pada dasarnya virus dengue memang tidak bisa disembuhkan namun virus itu bisa dilemahkan oleh zat antibodi sistem imun tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi madu maka sistem imun menjadi baik dan stabil sehingga virus itu bisa dengan mudah dilemahkan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 16th, April 2016 / 16:23 Oleh :
Kategori : Demam Berdarah