Sponsors Link

31 Cara Mencegah Darah Tinggi Secara Alami

Sponsors Link

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang bisa menyebabkan kondisi kronis lain, seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi mengacu kepada dua kondisi yaitu jumlah darah yang dipompa oleh jantung dan jumlah aliran darah yang terdapat pada pembuluh darah. Ketika jantung memompa banyak darah dan arteri mulai menyempit, maka tekanan darah akan menjadi semakin tinggi. Penyakit ini awalnya memang tidak memberikan gejala apapun, namun ketika sudah tidak terkontrol maka tekanan darah tinggi bisa menjadi lebih parah.

ads

Penyebab penyakit tekanan darah tinggi tidak hanya karena ada riwayat dalam keluarga, tapi juga gaya hidup. Penyakit ini akan berkembang selama beberapa tahun dan meningkatkan resiko komplikasi. Cara terbaik untuk menghindari tekanan darah tinggi adalah mulai mencegahnya sejak awal. Berikut ini beberapa langkah untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Sering Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu aktifitas yang sangat ringan dan banyak orang yang melupakan jalan kaki. Sebenarnya ketika Anda berjalan kaki maka memaksa jantung untuk bisa bekerja lebih baik. Kemampuan jantung dalam memompa darah juga semakin efisien. Akibatnya maka pembukuh darah bisa menyalurkan darah ke semua bagian tubuh. Tidak lupa juga kandungan oksigen dalam darah. Efeknya adalah tekanan darah menjadi lebih stabil, jantung bisa bekerja lebih baik dan menguragi penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah. Karena itulah berjalan kaki akan membuat tekanan darah normal dan stabil.

  1. Gantikan Nasi dengan Kentang

Nasi memang makanan pokok untuk semua masyarakat Indonesia. Namun ketika Anda terlalu sering mengkonsumsi nasi maka terjadi penumpukan karbohidrat padat dalam tubuh. Sesekali Anda bisa mencoba untuk menggantikan nasi dengan kentang. Kentang merupakan sayuran ringan yang mengandung nilai indeks glikemik yang rendah sekaligus kaya dengan kalium. Kalium sangat baik untuk terutama untuk memelihara detak jantung. Detak jantung yang sehat bisa membuat tekanan darah juga semakin normal. Sumber kalium seperti kentang juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Lakukan Meditasi

Melakukan meditasi tidak hanya mengolah fisik dan jiwa Anda. Bahkan dengan cara melakukan meditasi yang benar juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Ketika Anda sedang meditasi maka akan mendorong saluran pernafasan bekerja lebih baik. Ada jumlah oksigen yang cukup dalam tubuh. Bahkan efeknya juga bisa membuat kerja jantung menjadi lebih baik. Bahkan ketika Anda mencoba untuk membuang nafas dan menarik nafas dalam hitungan yang lebih lama maka kondisi jantung Anda akan mengikutinya. Selain itu meditasi juga bisa membantu melepaskan tekanan pikiran yang sering menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Cobalah untuk Yoga

Saat ini, yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang paling banyak disukai. Banyak orang mulai tertarik dengan yoga karena berbagai kombinasi gerakan yang indah. Namun yoga tidak hanya mengandalkan kelenturan tubuh dan fisik yang kuat, tapi juga pernafasan. Tehnik pernafasan inilah yang akan membantu tubuh menjaga tekanan darah yang lebih stabil. Yoga akan membantu melepaskan tingkatan stress yang sering menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi mulai sekarang Anda bisa mulai belajar yoga setidaknya 15 menist per hari.

  1. Kurangi Garam dalam Masakan Anda

Memasak tanpa garam mungkin akan membuat hasil masakan Anda menjadi kurang sempurna. Namun garam ternyata sangat berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Anda bisa mulai mengurangi asupan garam secara perlahan, karena tubuh juga masih butuh garam untuk mendukung metabolisme tiroid. Usahakan untuk menambahkan sedikit garam saat masakan akan diangkat. Banyak orang yang memasukkan garam ke dalam masakan ketika baru dimasak dengan alasan agar rasanya lebih merata. Jadi konsumsi garam dengan cara yang lebih modern.

  1. Hindari Alkohol

Alkohol memang bukan minuman yang dikonsumsi oleh semua masyarakat di Indonesia. Hanya sebagian masyarakat saja yang memiliki kebiasan minum alkohol. Namun ternyata sebaiknya kebiasaan ini memang harus dihindari. Alkohol berpotensi menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Kadar alkohol akan masuk ke dalam aliran darah secara langsung. Hal ini berarti bahwa alkohol juga bisa masuk ke dalam jantung dan semua bagian organ. Bahkan arteri juga menjadi lebih tipis dan sempit sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Karena itu lebih baik jika sebaiknya alkohol dihindari saja. (baca juga : efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)

  1. Kurangi Kopi Anda

Jika Anda memiliki kebiasan minum kopi berlebihan, maka mulai sekarang sebaiknya harus dikurangi. Minum kopi lebih dari lima cangkir per hari bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi sangat rentan. Kopi mengandung kafein yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih keras. Ketika pembuluh darah bekerja lebih keras dan terus menyempit maka bisa menyebabkan pengaruh untuk kerja jantung. Kafein juga dipercaya mendorong hormon stress yang menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. (baca juga : akibat kebanyakan minum kopi untuk kesehatan)

  1. Kurangi Waktu Kerja Anda

Apakah Anda memiliki pekerjaan yang mapan dan membutuhkan banyak waktu? Jika kondisi ini terjadi pada Anda, maka Anda harus segera mengurangi waktu kerja sedikit demi sedikit. Tujuannya memang tidak untuk mengurangi waktu kerja sepenuhnya, tapi membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Bekerja terlalu lama bisa menyebabkan efek yang sangat serius untuk pembuluh darah. Bahkan jika Anda menerima berbagai jenis tekanan maka bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Jadi gunakan sebagian waktu untuk istirahat dan bersantai demi jantung dan pembuluh darah yang sehat.

ads
  1. Usahakan untuk Bisa Tidur dengan Nyaman

Banyak orang yang memang tidak bisa tidur dengan nyaman. Ada berbagai alasan yang muncul, mulai dari tubuh yang kelelahan, masalah tidur dan lingkungan yang tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba cara untuk mencari penyebabnya. Hilangkan kebiasan kafein sebelum tidur dan gantikan dengan mandi air hangat. Jika Anda memiliki masalah gangguan tidur maka cobalah untuk mencari spesialis. Bahkan jika Anda memiliki ruang tidur yang kurang nyaman, maka rubah desainnya sesuai selera Anda. Dengan cara seperti ini maka Anda bisa tidur dengan nyaman.

  1. Minum Teh Hijau

Untuk membantu menurunkan tekanan darah atau mengatasi tekanan darah tinggi, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau mengandung berbagai jenis antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan fitokimia dalam teh hijau juga membantu menjaga agar tubuh Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jadi Anda bisa mencoba untuk minum teh hijau pada malam hari atau pagi hari.

  1. Dengarkan Musik

Apakah Anda mengalami tekanan pekerjaan dan aktifitas yang sangat padat? Banyak orang yang mengalami hal ini dan mereka akhirnya terkena penyakit tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya Anda mulai mendengarkan musik. Musik santai atau Jazz bisa membantu tekanan darah menjadi lebih santai. Anda bisa menikmati musik saat pagi hari sebelum bekerja atau ketika menjelang tidur malam. Musik akan membuat Anda merasa sangat nyaman dan kemampuannya sangat bagus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

  1. Minum Susu Kedelai

Makanan dan minuman yang berasal dari kedelai juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Kedelai merupakan sumber kacang yang mengandung protein sangat tinggi. Protein akan membantu menjaga agar tekanan darah tetap normal. Bahkan jika Anda memiliki kebiasaan untuk minum susu kedelai setiap hari maka kesehatan jantung juga akan terpelihara. Karena itu lebih baik gantikan susu Anda dengan susu kedelai.

  1. Minum Jus Jeruk Setiap Pagi

Jus jeruk tidak hanya segar namun juga sangat menyehatkan. Anda bisa mencoba untuk minum jus jeruk setiap pagi. Jus jeruk mengandung bahan-bahan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C dalam jus jeruk mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan otot jantung. Jadi secara umum jus jeruk akan membantu mengendalikan tekanan darah. Pastikan untuk minum jus jeruk organik buatan sendiri. Sebab jika Anda minum jus jeruk buatan biasanya menggunakan bahan pengawet dan gula buatan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes.

  1. Makan Blueberry Setiap Hari

Apakah Anda memiliki buah favorit? Mulai sekarang Anda bisa membiasakan diri untuk makan paling tidak 100 gram blueberry setiap hari. Buah ini mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan kandungan senyawa seperti antosianin bisa membantu tubuh menjaga sistem pembuluh darah yang sehat. Jika Anda tidak menemukan blueberry, maka Anda juga bisa makan golongan lain buah berry seperti strobery dan raspberry. Buah berry sangat baik untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan jantung.

  1. Minum Jus Buah Bit

Buah bit merupakan salah satu jenis buah yang bisa membantu menjaga tekanan darah. Buah bit mengandung sebuah asam nitrat bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah bit juga mengandung bahan antioksidan yang sangat alami untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat jus buah bit yang dicampur dengan buah jambu merah atau wortel. Tapi jangan menambahkan jus buah bit dengan gula karena akan merusak kandungan nutrisinya. Secara alami buah bit akan membantu kerja jantung untuk memompa darah dengan baik. Efeknya tentu saja akan mempengaruhi sistem tekanan darah.

  1. Minum Susu Rendah Lemak

Tubuh kita memang membutuhkan asupan gizi yang lengkap termasuk segelas susu. Banyak jenis susu yang bisa langsung diminum. Namun untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem pembuluh darah Anda bisa mencoba untuk minum susu rendah lemak. Susu yang memiliki kadar lemak yang sedikit bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan susu yang rendah lemak juga akan membantu menurunkan kolesterol sehingga akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Kolesterol juga bisa membuat penyakit tekanan darah tinggi muncul, karena kolesterol menyebabkan pengerasan pada arteri dan tekanan yang lebih kuat.

  1. Makan Coklat

Apakah Anda suka makan coklat? Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu tubuh agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi. Coklat akan membantu tubuh untuk mengelola tekanan darah yang sehat.   Coklat mengandung senyawa flavonoid yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu flavonoid juga membantu tubuh untuk memelihara kesehatan jantung yang lebih baik. Karena itu Anda bisa makan coklat untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Makan Buah Pisang

Pisang adalah jenis buah yang mudah didapatkan dan bisa membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Buah pisang akan membantu Anda untuk mendapatkan tekanan darah yang lebih seimbang. Banyak orang yang tidak mau makan pisang karena takut gemuk. Ternyata buah pisang adalah sumber kalium yang sangat penting untuk jantung. Pisang akan membantu menyehatkan jantung dan menurunkan kolesterol dalam pembuluh darah. Anda bisa mencoba untuk makan satu atau dua buah pisang setiap hari.

  1. Gunakan Minyak Zaitun untuk Memasak

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang bisa digunakan sebagai campuran memasak atau menggoreng makanan. Minyak zaitun akan membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit tekanan darah tinggi. Minyak zaitun akan membantu agar tubuh Anda menjadi lebih sehat. Minyak ini mengandung senyawa polifenol yang bbisa membantu menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung. Bahkan bagi penderita tekanan darah tinggi, kandungan minyak zaitun bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

  1. Makan Ikan Salmon

Kebiasaan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan cara mencegah darah tinggi paling aman. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang akan membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Jika Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon selama tiga kali dalam seminggu maka sudah bisa menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Bahkan ikan salmon juga bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat karena membantu mengatur tekanan darah yang lebih stabil.

  1. Minum Jus Delima

Buah delima merupakan jenis buah yang sangat menyehatkan tubuh. Anda bisa mencoba untuk minum segelas jus delima setiap hari. Jus delima memiliki efek untuk membantu mengatur tekanan darah yang lebih stabil dan menurunkan kolesterol. Bahkan orang yang lebih rajin minum jus delima juga mendapatkan keuntungan lain seperti terlindungi dari kanker payudara dan resiko penyakit jantung.

  1. Jangan Merokok

Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? Rokok merupakan salah satu benda yang bisa menyebabkan tubuh Anda terkena penyakit tekanan darah tinggi. Rokok mengandung nikotin yang bisa membuat dinding arteri mengalami pengerasan. Nikotin dalam rokok memang tidak hanya akan tertinggal di paru-paru tapi juga di dalam pembuluh darah. Ketika jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan benar maka bisa menyebabkan pembuluh darah mendapatkan tekanan yang sangat kuat. Dalam waktu tertentu maka kondisi ini akan menjadi penyakit tekanan darah tinggi. (baca juga : bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan)

Sponsors Link

  1. Hindari Makanan Kaleng

Semua jenis makanan kaleng memang sangat praktis. Makanan ini mudah disajikan dan Anda tidak perlu banyak membuang waktu untuk memasak. Namun tanpa Anda sadari makanan kaleng jika dikonsumsi terlalu sering juga tidak sehat. Makanan ini bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Biasanya makanan kaleng mengandung garam yang yang tinggi sehingga lebih banyak memicu penyakit tekanan darah tinggi. Bahkan makanan kaleng juga sebenarnya memiliki kadar nutrisi yang kurang karena banyak bahan yang sudah rusak selama pengawetan dan pengolahan. Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan dalam kaleng, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Apakah Anda sering merasa malas untuk memasak dan lebih banyak mengkonsumsi makanan jadi. Makanan siap saji paling banyak diminati karena lebih mudah, praktis dan tidak perlu banyak waktu. Namun semua jenis makanan cepat saji umumnya dimasak dengan cara digoreng dan mengandung tingkat garam yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung garam yang tinggi berarti juga akan meningkatkan peluang terkena penyakit tekanan darah tinggi. Karena itu lebih baik jika mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan masak sendiri makanan Anda. Baca : Bahaya makanan cepat saji

  1. Makan Sayur Bayam Lebih Sering

Jika Anda suka dengan sayur bayam, maka Anda bisa mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Sayur bayam membantu tubuh mendapatkan jumlah zat besi yang lebih besar. Zat besi akan membantu tubuh untuk mendapatkan jumlah sel darah yang lebih baik. Sel darah merah yang cukup akan membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem pembuluh darah. Jadi Anda bisa mencoba untuk makan sayur bayam dengan berbagai jenis menu yang berbeda.

  1. Makan Oat

Oat merupakan salah satu jenis produk sereal yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat. Oat mengandung sejumlah nutrisi yang sangat penting seperti kalsium, vitamin B kompleks, seng, tembaga, magnesium dan serat. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Selain itu oat juga akan membantu menjaga keseimbangan kerja jantung dan mempertahankan sistem tekanan darah yang sehat. Manfaat oat untuk menjaga tekanan darah yang lebih stabil adalah mencapur oat dengan pisang, stroberi atau susu rendah lemak

  1. Jaga Berat Badan

Salah satu cara lain untuk menjaga agar tidak terkan penyakit tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga agar berat badan seimbang dan tidak berlebihan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan. Beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan adalah seperti melakukan olahraga secara rutin, menjaga asupan gula, lemak dan garam, tidak mengkonsumsi minuman manis berlebihan, dan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Bahkan jika Anda memiliki kebiasaan merokok atau minum alkohol, maka sebaiknya segera berhenti dari kebiasan ini.

Langkah untuk menurunkan berat badan

  1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi memang minuman yang menyegarkan. Namun minuman ini jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Minuman berkarbonasi banyak mengandung gula buatan yang membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Kalori dalam minuman berkarbonasi juga sangat tinggi. Jika terlalu sering mengkonsumsi minuman yang berkarbonasi juga bisa menyebabkan beberapa penyakit lain seperti diabetes, jantung dan kanker. ( baca juga : dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh dan ibu hamil)

  1. Makan Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi makanan yang sangat menyehatkan untuk mengelola jantung dan sistem pembuluh darah. Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan. Jika Anda makan ubi jalar maka perut menjadi lebih tenang dan Anda tidak perlu mencari camilan lain. Ubi jalar mengandung senyawa anti peradangan yang bisa membuat pembuluh darah bisa menjadi lebih sehat. Bahkan kandungan senyawa antioksidan seperti vitamin C dan tembaga dalam ubi jalar bisa membantu menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Jangan Terlalu Sering Makan Snack

Snack yang terdiri dari makanan olahan maupun keripik memang menyenangkan untuk dijadikan camilan. Banyak orang yang tidak bisa menghentikan kebiasaan makan camilan dan akhirnya terkena penyakit tekanan darah tinggi. Snack dan berbagai jenis keripik mengandung banyak garam dan bahan pengawet lain. Karena kandungan garam inilah yang bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Jadi Anda bisa mengurangi untuk tidak makan snack agar tidak terkan penyakit tekanan darah tinggi. (baca juga : bahaya makanan ringan snack)

  1. Makan Tomat Setiap Hari

Jika And asuka dengan buah tomat, maka juga bisa mengkonsumsi tomat setiap hari. Tomat mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tomat diperkaya dengan vitamin C, vitamin B, lycopene dan beberapa senyawa antioksidan lain. Semua jenis nutrisi ini sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung yang bisa memberikan efek menyehatkan untuk pembuluh darah. Jadi konsumsi tomat masak setiap hari akan membantu mendorong Anda tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga tentang penyakit tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi sebenarnya penyakit yang bisa dicegah dan dikondisikan sesuai keadaan tubuh. Umumnya penyakit ini banyak muncul karena gaya hidup dan kebisaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Jadi langkah untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga agar tubuh sehat dari perubahan gaya hidup maupun pola makan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 07th, December 2015 / 03:15 Oleh :
Kategori : Darah Tinggi