18 Makanan untuk Penderita Cacar Air Dan Minumannya

Penderita cacar air pun memerlukan perawatan yang benar, termasuk sejumlah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Demi pemulihan yang lebih cepat, memang ada baiknya mengonsumsi makanan yang direkomendasikan. Walaupun kesembuhan setiap penderita cacar air bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lain, mengonsumsi makanan di bawah ini akan mempercepat pemulihan.

Memilih makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh akan jauh lebih baik lagi. Ketika penderita mengalami peningkatan dalam daya tahan tubuhnya, kesembuhan pun otomatis menjadi lebih cepat. Di bawah ini merupakan sejumlah daftar makanan untuk penderita cacar air yang kiranya bisa dipertimbangkan ketika sedang menderita penyakit tersebut.

(Baca juga: cara menyembuhkan cacar air)

1. Yogurt

Karena penderita cacar air tidak boleh makan yang keras-keras, tentu mengonsumsi yogurt akan jelas lebih baik. Ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun banyak dari makanan tersebut bertekstur keras sehingga tidaklah dianjurkan.  Yogurt juga adalah jenis makanan baik yang mengandung bakteri baik sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan.

2. Teh Herbal

Bila ingin cepat pulih, cobalah untuk mengonsumsi teh herbal. Penderita cacar air justru sangat disarankan untuk memilih teh herbal untuk dikonsumsi selama masa pemuluhan. Teh herbal yang terbuat dari campuran kayu manis, kemangi dan chamomile. Kebanyakan orang dengan penyakit cacar air bakal mengalami hilangnya selera makan.

Demi mengatasi kehilangan selera makan tersebut, akan lebih baik kalau teh herbal turut dikonsumsi. Kehilangan nafsu makan akan memicu dehidrasi karena cairan di dalam tubuh akan cepat berkurang. Teh herbal juga akan memberikan efek tenang bagi penderita dan ini pun akan mengurangi rasa stres dan mempercepat pemulihan.

(Baca juga: cara menghilangkan parut kudis)

3. Bawang Putih

Alasan mengapa bumpu dapur ini dianjurkan adalah karena memanga bahan ini adalah salah satu makanan yang bisa menaikkan daya tahan tubuh. Terlepas dari bahaya bawang putih mentah dan juga efek samping bawang putih. Karena kandungan allcin-lah bawang putih ini lebih terpercaya dalam membasmi segala infeksi dan bakteri yang menginvasi tubuh.

Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh secara cepat dan memulihkan cacar air, ada manfaat lain dari bawang putih yang mengesankan. Tak hanya baik sebagai obat hipertensi yang bisa melancarkan peredarah darah yang tersumbat. Hormon yang terganggu pun dapat teregulasi secara sempurna oleh bantuan kandungan bawang putih yang dikonsumsi setiap hari.

4. Jahe

Bila tak dimakan, jahe bisa juga diminum alias dijadikan sebagai wedang. Tak hanya ampuh menjadi obat batuk alami dan aman, jahe pun mampu meningkatkan daya  tahan tubuh penderita cacar air. Antimikroba diketahui terkandung di dalam jahe dan kandungan inilah yang begitu ampuh melawan berbagai jenis bakteri dan infeksi.

Jahe pun juga bersifat antioksidan yang siap melawan radikal bebas dan membuat tubuh senantiasa sehat. Kandungan di dalamnya juga ada mineral yang akan memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh penderita. Meski terkenal baik, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara benar supaya efek samping jahe tidak dialami oleh tubuh. Ada sejumlah efek samping yang juga patut diwaspadai.


(Baca juga: perawatan cacar air)

5. Lemon

Bagi penderita cacar air, untuk kesembuhan lebih cepat, justru dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk. Dan itu artinya lemon pun bisa jadi pilihan karena buah segar satu ini bisa menaikkan sistem imun tubuh penderita cacar air dengan cepat. Memakan bagian dagingnya akan memenuhi asupan vitamin C sehingga segala penyakit lain yang mencoba menyerang dapat dicegah.

6. Telur

Telur tak hanya menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa membantu membentuk otot. Telur pun termasuk di dalam makanan baik untuk para penderita cacar air karena mampu meningkatkan sistem imun. Tak hanya protein, ada segudang vitamin juga di dalam telur.

Yang paling utama adalah vitamin D di mana segala penyakit dapat dibasmi oleh telur ini. Baiknya lagi, telur adalah makanan yang bisa membuat sirkulasi darah lebih lancar. Asalkan konsumsi dalam takaran yang wajar dan tidak berlebihan, segala efek baik akan dapat diberikan kepada tubuh penderita cacar air.

(Baca juga: cara mencegah cacar air)

7. Buah Beri

Makanan sehat selanjutnya yang dapat membantu pemulihan penderita cacar air lebih baik dan cepat adalah buah beri. Raspberry dan juga blueberry adalah pilihan buah beri paling oke untuk dikonsumsi selama caca air belum hilang. Ini dikarenakan di dalam buah tersebut ada kandungan antioksidan.

Sifat antioksidan di dalam buah ini adalah yang akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat secara sempurna dan alami. Tanpa efek samping, kedua buah beri tersebut akan memulihkan kondisi penderita  cacar air dalam waktu yang singkat. Kadar gula di dalam blueberry pun termasuk rendah sehingga tak perlu takut akan peningkatan kadar gula darah.

8. Alpukat

Alpukat disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin B6 selain dari kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin B1. Buah ini bisa dijadikan jus bila tak ingin memakannya langsung. Namun ingat bahwa penderita cacar air tidak boleh mengonsumsi produk susu sehingga tidak perlu menambahkan susu kental manis.

Menambahkan sedikit gula agar terasa lebih manis adalah pilihan yang lebih baik ketimbang menambahkan susu. Alpukat pada dasarnya berlemak baik, jadi tak perlu khawatir karena lemak trans tidak boleh dikonsumsi untuk cacar air. Buah ini pun kaya akan mineral sehingga selain mempercepat pemulihan, usus kita pun akan dibersihkan dengan alami.

(Baca juga: cacar air pada anak)

9. Kubis

Penderita cacar air dianjurkan untuk memakan segala jenis sayuran hijau, maka kubis pun tidak boleh terlupakan. Kandungan tinggi akan glutamin membuat kubis ini terpercaya dalam menaikkan daya tahan tubuh yang kemarin sempat turun. Asam amino esensial tersebut dibutuhkan karena tubuh kita tidak memroduksinya.

10. Wortel

Jenis sayuran berikutnya yang bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan penderita cacar air adalah wortel. Dibuat sup akan jauh lebih baik dan pastikan bahwa wortel sudah cukup empuk untuk dimakan. Ini karena penderita tak boleh makan makanan yang bertekstur terlalu keras di mana terkadang kita bisa saja memasak wortel yang masih keras.

(Baca juga: obat cacar air)

11. Kelapa

Baik itu buah kelapa maupun minyak kelapa, semuanya sangat baik untuk dikonsumsi para penderita cacar air. Kandungan di dalamnya ada asam lauric yang akan dapat mengalami proses perubahan menjadi monolaurin. Monolaurin sendiri mungkin masih agak kurang familiar bagi kita; ini adalah komponen yang biasanya ada pada air susu sehingga dapat menjaga serta menambah kekebalan tubuh bayi.

12. Jamur

Jamur merupakan makanan aman selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh yang sedang menderita cacar air. Jamur tak sekadar termasuk di dalam makanan yang membakar lemak karena jamur juga adalah makanan yang memperbanyak sel darah putih. Ini artinya sel di dalam tubuh yang mampu melawan penyakit bakal diperbanyak.

Sistem imun otomatis akan meningkat sehingga penyakit-penyakit lain tak mudah menyerang tubuh. Kaya akan zinc, jamur bakal memberikan segudang keuntungan kesehatan lainnya yang tak akan kita sesali. Bagi yang mengalami infeksi, mengonsumsi jamur adalah pilihan yang tepat, khususnya jamur reishi, maitake dan shiitake. Kadar ¼ ons hingga 1 ons beberapa kali sehari sangat dianjurkan.

(Baca juga: cara menghilangkan cacar air)

13. Ubi Jalar

Sistem kekebalan tubuh yang menurun dan menderita cacar air, ubi jalar bisa masuk ke dalam daftar makanan harian kita. Membentengi tubuh kita dari serangan berbagai virus dan bakteri, tentu ubi jalar yang direbus akan sangat baik. Sebaiknya tidak digoreng maupun dijadikan kolak.

Membuat kolak sama artinya dengan mengandung banyak lemak yang tidak bagus untuk penderita cacar air. Merebusnya dengan menambah gula jawa dan jahe dapat menjadi menu terbaik untuk memulihkan cacar air secara alami. Di dalam ubi jalar pun juga ada kandungan vitamin A serta beta karoten yang pas untuk diet.

14. Barley dan Oat

Alasan mengapa barley dan oat menjadi makanan yang dianjurkan adalah karena kandungan antioksidannya yang baik. Barley dan oat akan membantu menambah daya tahan tubuh yang sempat turun semasa sakit cacar air. Pemulihan akan menjadi lebih cepat masanya apabila kita mengonsumsi barley dan oat setiap hari.

Serat potensial pun ada di dalam gandum ini, seperti beta-glucan di mana memang efeknya sangat sempurna dalam melawan bakteri. Antimikroba ada di dalam gandum ini sehingga makanan ini sangat baik untuk menyembuhkan tubuh penderita cacar air. Satu kali dalam sehari mengonsumsi gandum lebih dianjurkan.

(Baca juga: penyebab cacar air)

15. Sup Ayam

Bila ingin cepat sehat, menu sup ayam bisa dimasukkan ke dalam makanan yang dikonsumsi penderita cacar air. Sup ayam hangat adalah menu tepat bahkan untuk yang menderita flu serta demam. Semangkuk sup ayam setiap hari selama mengalami cacar air bakal sangat membantu dalam menormalkan kembali daya tahan tubuh yang sempat turun.

16. Tomat

Sepertinya sudah tak diragukan lagi akan kandungan gizi tomat yang begitu baik untuk tubuh kita. Berbagai nutrisi, seperti halnya lemak, kalsium, mineral, karbohidrat dan vitamin terkandung di dalam vitamin. Meski menjadi salah satu pantangan rematik, tomat sangat diyakini mampu mengembalikan kekebalan tubuh yang sempat rendah.

Ini adalah jenis sayur yang dianjurkan untuk memulihkan cacar air lebih cepat. Selain itu, tomat juga adalah sayur yang mengandung banyak air sehingga sangat bagus dalam menambah asupan cairan tubuh. Ketika asupan cairan dipenuhi, otomatis penderita cacar air juga akan merasa lebih baik. Konsumsi dengan menjadikannya sup atau memakannya langsung bisa dilakukan.

(Baca juga: ciri-ciri cacar air)

17. Semangka

Menjadi salah satu makanan penghancur lemak perut, semangka memang tidak diperbolehkan dikonsumsi banyak-banyak oleh penderita diabetes. Hanya saja khusus untuk memulihkan keadaan selama menderita cacar air, semangka perlu dikonsumsi rutin. Penderita cacar air perlu mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air supaya asupan cairan meningkat. Semangka dapat dijus atau dimakan langsung sesuai dengan keinginan.

18. Air Putih

Selain dari berbagai buah dan sayur serta makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas, air putih juga tak boleh ketinggalan. Bahaya akibat kurang minum air putih cukup berisiko bagi kesehatan. Salah satunya adalah kondisi tubuh yang menurun, seperti kekurangan daya imun tubuh dan stamina yang menurun.

Maka menambah asupan cairan lewat banyak-banyak minum air putih bakal menyehatkan dan memulihkan tubuh dari cacar air secara lebih alami. 8-10 gelas air putih sudah termasuk cukup asalkan diminum setiap hari dengan takaran yang sama seperti itu.

Makanan Pantangan Cacar Air

Kita semua sudah melihat apa saja makanan untuk penderita cacar air beserta minuman yang disarankan. Kini kita pun perlu mengintip sedikit akan apa saja yang perlu dipantang untuk menyembuhkan cacar air lebih cepat. Makanan dan minuman di bawah ini berisiko memicu inflamasi sehingga perlu kita hindari:

  • Makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh tinggi.
  • Makanan dengan kandungan arginin tinggi, seperti biji-bijian, cokelat, dan kacang tanah.
  • Makanan yang rasanya pedas.
  • Makanan yang rasanya asam.
  • Junk food.
  • Makanan dan minuman produk olahan susu.
  • Roti dan segala makanan yang proses mencernanya berat.
  • Daging
  • Makanan dengan kandungan sodium tinggi.
  • Makanan cepat saji.
  • Makanan bertekstur keras.

(Baca juga: penyebab herpes)

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang direkomendasikan tersebut, pantangan pun juga perlu diikuti dengan baik. Agar cacar air cepat sembuh, ada baiknya juga bintil air yang ada pada permukaan kulit Anda tidak digaruk-garuk. Selamat mencoba makanan-makanan bermanfaat yang disebutkan di atas dan semoga cepat pulih.

, ,
Post Date: Sunday 10th, July 2016 / 17:58 Oleh :
Kategori : Cacar Air