Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Cara Menyembuhkan Cacar Air Secara Alami

ads

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang manusia. Kebanyakan cacar air muncul pada manusia akibat proses penularan, dimana aada seseorang yang tertular virus cacar air dari terinfeksi cacar air. Kebanyakan ciri-ciri cacar air menyerang manusia yang masih berusia anak-anak hingga remaja, namun tidak menutup kemungkinan bahwa cacar air dapat menyerang mereka yang sudah masuk ke dalam usia dewasa. Pada dasarnya cacar air merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya, namun sangat merepotkan. Merepotkan, karena gejala utama dari penyebab cacar air, yaitu gatal-gatal akan sangat mengganggu aktivitas dari penderita cacar air. Selain gatal-gatal, ada beberapa ciri – ciri dari kemunculan cacar air pada manusia :

  • Suhu badan naik (demam) dan tubuh terasa panas, biasanya orang hanya akan menganggap ini demam naik turun atau meriang biasa saja
  • Tubuh menjadi lemas dan juga lemah (karena daya tahan tubuh berkurang dan menurun)
  • Muncul bintik – bintik merah pada bagian dada, perut, lengan, leher dan juga wajah (kepala)
  • Bintik – bintik tersebut lama kelamaan akan membesar dan di dalamnya terdapat nanah yang sangat membuat kulit sekitarnya terasa gatal
  • Bintik tidak hanya muncul pada satu titik, ketka gejala cacar air mulai menyebar dan bertambah parah, akan muncul bintik cacar air di berbagai anggota tubuh

Itulah beberapa hal yang menjadi ciri-ciri dari kemunculan cacar air. Namun demikian, meski terdengar menyebalkan, dan juga merepotkan,namun cacar air adalah jenis penyakit yang paling mudah untuk sembuh. Ya, cacar air biasanya menyerang dalam siklus 2 hingga 4 minggu saja, dan lambat laun, virus tersebut akan mati dan hilang dengan sendirinya ketika tubuh manusia sudah mendapatkan level yang optimal.

Cara terbaik untuk mengobati dan mempercepat penyembuhan dari cacar air in iadalah menggunakan beberapa jenis obat, dan juga dibantu tambahan konsumsi makanan bergizi, dan beberapa jenis tanaman herbal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan cacar air, dan juga untuk mempercepat penyembuhannya :

  1. Menggunakan obat salep (diperoleh dari dokter)

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk cara menyembuhkan cacar air adlah dengan cara menggunakan obat salep. Ya, obat salep ini merupakan salah satu jenis obat yang sering dianjurkan di dalam resep dokter bagi penderita cacar air. Cara penggunaan obat ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan salep tersebut pada tiap – tiap bintik cacar yang ada di tubuh anda secara rutin dan juga teratur. Salep ini nantinya akan membantu mempercepat proses pengeringan pada cacar air, dan mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa barang-barang herbal dan alami sangat baik, namun demikian, obat salep ini merupakan salah satu jenis obat yang aman dan dijamin jauh lebih manjur daripada anda hanya menggunakan bahan herbal semata. Meski demikian, obat ini merupakan jenis obat khusus, yang tentu saja hanya bisa diperoleh sesuai dengan resep dokter. (baca juga: cara mencegah cacar air)

  1. Obat antibiotic (ketika cacar sudah menimbulkan gejala sekunder)

Gejala utama dari cacar adalah munculnya bintik – bintik yang berisi air pada bagian kulit, seperti bagian wajah, lengan, dan juga bagian perut serta dada dan juga bagian lainnya. Namun demikian, terkadang penanganan yang terlambat dan tanpa mengandalkan obat – obatan, menyebabkan gejala cacar air mampu menimbulkan gejala sekunder. Gejala sekunder ini misalnya adalah muncul cacar pada bagian rongga mulut dan sekitar rongga tenggorokan.

Sponsors Link

Apabila hal ini terjadi, maka pasien diharuskan untuk menggunakan obat antibiotic, agar penyebaran virus cacar ini menjadi berkurang, dan tidak menginfeksi lebih lambat dan juga lebih jauh lagi. (baca juga: perawatan cacar air)

  1. Menggunakan salep anti gatal

Salep anti gatal juga sangat penting untuk dimiliki oleh mereka yang mengalami cacar air. Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang menyiksa, karena dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat menyebalkan. Apabila rasa gatal tersebut digaruk, maka hal tersebut malah akan memperparah penyebaran penyakit cacar air. Karena itu, salep anti gatal juga wajib untuk dimiliki oleh penderita cacar air. Apavbila salep anti gatal sudah bekerja, maka anda tidak akan perlu repot menggaruk bagian tubuh anda yang terkena cacar air, dan tentu saja dengan hal ini, akan membantu anda dalam mempercepat penyembuhan dari cacar air tersebut. (baca juga: obat alergi gatal)

  1. Mengkonsumsi banyak vitamin dan juga mineral

Vitamin dan juga mineral, serta makanan lainny ayang kaya akan gizi juga harus masuk ke dalam tubuh. cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, karena itu penyebarannya menjadi sangat mudah dan juga rentan terjadi pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, serta tubuh yang lemah. Karena itu, ketika anda terserang penyakit cacar air, anda wajib mengkonsumsi makanan bergizi, sehingga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anda menjadi terkontrol, dan anda tidak mengalami kekurangan gizi.

Apabila gizi anda terkontrol, maka hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh, kekebalan, serta imunitas tubuh anda. dengan meningkatnya daya tahan, dan juga imunitas, maka akan membuat virus cacar terhambat perkembagnannya, dan tidak dapat menyebar lebih jauh, yang tentu saja nantinya akan sangat membantu anda dalam mempercepat penyembuhan dari penyakit cacar air tersebut. (baca juga: kandungan vitamin B6 pada makanan)

  1. Jangan sampai cacar yang masih basah digaruk

Menggaruk bagian tubuh yang mengalami cacar air adalah sesuatu yang sangat tidak dianjurkan dan juga diperbolehkan. Mengapa? Hal ini terjadi karena pada dasarnya, virus cacar berdiam di dalam bintiK=bintik cacar yang muncul di sekujur tubuh anda. ketika anda menggaruk cacar air anda, dan pecah, maka hal ini otomatis akan menyebabkan virus cacar tersebut akan menyebar dan juga menempel pada bagian tubuh anda yang lain, dan juga dapat menempel pada orang lain. karena itu, menggaruk cacar adalah salah satu hal yang dapat menggangu, dan malah akan memperlambat proses penyembuhan dari penyakit cacar air yang anda alami.

sponsored links

Cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan cacar air selain menggunakan obat – obatan adalah dengan menahan diri agar tidak menggaruk bagian tubuh yang menyebabkan cacar air. (baca juga: 17 cara menghilangkan cacar air alami dengan cepat)

  1. Hindari keluar rumah

Ketika anda sedang mengalami penyakit cacar air, maka hal yang paling terasa pada awalnya adalah kondisi kesehatan tubuh dan juga imunitas tubuh anda akan menurun cukup drastic. Anda akan merasa lemas, apalagi ketika tidak dibarengi dengan kondisi asupan gizi yang baik.

Karena itu, anda disarankan untuk tetap tinggal di dalam rumah, dan jangan dulu keluar dari rumah anda. ketika anda keluar rumah, maka dikhawatirkan kondisi daya tahan tubuh anda kan menjadi menurun, dan hal ini dapat menyebabkan cacar air menjadi semakin parah dan semakin lama sembuhnya. (baca juga: bahaya antibiotik tanpa resep dokter)

  1. Istirahat yang cukup

Isitrahat yang cukup juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dari cacar air. Isitrahat yang cukup akan mengoptimalkan proses penyerapan gizi dan juga mampu meningkatkan metabolism tubuh kita. ketika metabolism tubuh kita semakin baik, maka hal ini secara tidak langsung juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Ketika daya tahan tubuh semakin meningkat, maka kita pun akan dapat lebih cepat sembuh dari cacar air. Karena itu, beristirahat juga merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk melakukan penyembuhan dan mempercepat proses penyembuhan dari penyakit cacar air yang mengganggu diri anda. (baca juga: bahaya tidur tanpa alas)

Ciri-ciri penyakit cacar air yang sudah sembuh

Untuk memastikan bahwa penyakit cacar air anda sudah sembuh benar, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan, dan bisa anda observasi secara mandiri, yaitu :

  • Bintik – bintik yang berisi nanah sudah mulai mengering dan mengeras
  • Badan sudah terasa segar dan sehat, sehingga sudah mampu untuk melakukan banyak aktivitas
  • Rasa gatal semakin bertambah pada bagian yang mulai mengering

Ketika cacar air anda sudah mengering, yang harus dilakukan adalah jangan menggaruknya. Cacar yang mengering memang sudah masuk ke dalam tahap penyembuhan, namun demikian, cacar yang mengering masih memiliki kandungan virus yang siap menyebar apabila terkelupas bagian luka keringnya. Ada baiknya anda membiarkan luka kering tersebut hilang dengan sendirinya.

Bekas dari luka cacar air pun pada dasarnya dapat pulih dan menyatu kembali degnan warna kulit dalam beberapa waktu. Untuk membantu mepercepat penghilangan bekas cacar, anda dapat mengoleskan beberapa bahan alami ini pada bekas luka cacar anda, yaitu :

Apa yang harus dilakukan ketika terserang cacar air?

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan ketika anda terserang virus cacar air. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika anda terserang cacar air :

  • Langsung konsultasi ke dokter untuk penanganan secara medis
  • Tingkatkan daya tahan tubuh anda. (baca juga: 12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya)
  • Jangan berpergian keluar rumah, karena dapat menularkan virus
  • Hindari menggunakan baju atau pakaian yang sama selama 24 jam
  • Ganti sprei, kasur, dan peralatan lain yang terdiri dari kain, yang berpotensi menjadi lokasi menempelnya virus cacar
  • Mandi dengan menggunakan antiseptic
  • Jangan menggaruk cacar air.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 17th, April 2016 / 03:42 Oleh :
Kategori : Cacar Air