Bau Mulut

Bau mulut adalah aroma tidak sedap yang dikeluarkan dari mulut dan tenggorokan seseorang. Bau mulut bisa disebabkan oleh penyakit mulut dan gigi. Ada juga bau mulut yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan tertentu dengan aroma tertentu. Bau mulut sangat menganggu kepercayaan diri seseorang. Hal itu disebabkan oleh aroma yang dikeluarkan dari mulutnya bisa mengganggu orang lain disekitarnya.

Jenis Bau Mulut

Bau mulut tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, namun bau mulut terdiri dari berbagai macam jenis. Banyak jenis bau mulut yang tidak diketahui oleh banyak orang. Mereka mengira bahwa bau mulut hanya ada satu macam saja. Berikut ini jenis bau mulut yang patut diketahui oleh banyak orang :

  1. Morning Breath

Bau mulut jenis ini adalah bau mulut yang terjadi saat pagi hari. Bau mulut ini merupakan bau mulut yang normal. Saat pagi hari orang memiliki bau mulut yang tidak sedap dikarenakan sekresi air liur berkurang dan sedikit di malam hari. Akibatnya pagi harinya mulut akan berbau. Bau mulut jenis ini bisa dihilangkan dengan menggosok gigi.

  1. Bau Mulut Kronis

Bau mulut jenis ini sulit diatasi dan tidak normal. Penyakit, infeksi, gaya hiudp yang salah dan kebersihan mulut dan gigi merupakan penyebab terjadinya bau mulut kronis. Bau mulut kronis membutuhkan pengobatan dan penanganan tepat agar tidak merusak percaya diri seseorang.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari penyakit sampai dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Yang harus diwaspadai adalah bau mulut yang disebabkan oleh penyakit. Berikut ini hal-hal yang menyebabkan seseorang bisa terkena bau mulut :

  1. Masalah Pada Bagian Gigi Dan Mulut

Bau mulut disebabkan oleh masalah pada gigi dan mulut. Orang yang memiliki masalah pada mulut dan giginya biasanya akan memiliki bau mulut. Bahkan masalah yang ada dalam gigi dan mulut menjadi penyebab utama seseorang terkena bau mulut. Penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

  • Mulut kering bisa membuat seseorang terkena bau mulut. Hal itu dikarenakan mulut memproduksi sedikir air liur. Air liur berperan penting pada pencernaan makanan dan pemecahan partikel makanan. Masalah mulut karena air liur kurang dikenal dengan xerostomia.
  • Menggunakan gigi palsu juga bisa menyebabkan orang memiliki bau mulut yang tidak sedap. Penyebabnya gigi palsu memiliki aroma tidak sedap. Bahan pembuatan gigi palsu membuat seseorang terkena bau mulut.
  • Gigi berlubang dan mengandung plak.
  • Infeksi gusi.
  1. Memiliki Maag

Orang dengan penderita asam lambung akan terkena bau mulut. Saat maag, orang akan malas untuk makan. Akibatnya mulut menjadi kering,saat mulut kering akan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Obat maag juga bisa menimbulkan bau mulut karena obat tersebut berpengaruh pada produksi air liur.

  1. Infeksi Sinus

Penyakit yang bisa menyebabkan seseroang terkena bau mulut adalah infeksi sinus. Orang yang menderita sinus memiliki dahak yang bisa mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Hal itulah yang menjadi penyebab bau mulut pada penderita infeksi sinus.

  1. Bronkitis

Orang yang memiliki bronkitis biasanya akan memiliki bau mulut. Penyebabnya adalah orang bronkitis memiliki nafas berbau dan bau mulut diakibatkan oleh paru-paru kotor dan terinfeksi.

  1. Mulut Dan Gigi Kotor

Bau mulut bisa muncul akibat mulut dan gigi dalam keadaan kotor. Berikut ini penyebabnya :

  • Banyak orang yang malas menyikat giginya meskipun gigi dan mulut dalam keadaan kotor.
  • Mulut dan gigi menyimpan berbagai macam sisa makanan.
  • Sisa makanan yang telah dibusukkan di celah gigi bisa menyebabkan bau mulut pada diri seseorang.
  • Selain bau mulut orang itu akan mengalami berbagai macam masalah kesehatan gigi, misalnya saja gigi berlubang, karang gigi dan masih banyak lagi lainnya.
  1. Merokok

Merokok adalah salah satu faktor penyebab bau mulut. Merokok merupakan gaya hidup yang salah karena bahaya merokok sudah tidak terhingga lagi. Penyebabnya adalah sebagai berikut :

  • Asap rokok yang mengandung nikotin mengendap di dalam lidah, gigi dan gusi, ini lah salah satu bahaya asap rokok bagi penghisapnya yang dapat menyebabkan kanker tengorokan.
  • Banyak yang sehabis merokok tidak membersihkan mulut dan giginya. Sehingga zat nikotin itu akan menumpuk pada mulut.
  • Zat itulah yang menyebabkan bau mulut pada seorang perokok. Bau mulutnya pun tidak akan jauh dari bau zat nikotin.
  1. Berpuasa

Orang yang berpuasa akan memiliki bau mulut, hal itu dikarenakan selama berjam-jam mulut dalam keadaan kosong. Tidak ada cairan yang masuk ke dalam mulut. Cairan yang kurang bisa menyebabkan produksi air liur kurang. Jika air liur kurang timbullah bau mulut.

  1. Diet

Diet juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Diet rendah karbohidrat bisa membuat lapisan lemak menjadi rusak. Lemak yang rusak bisa membentuk senyawa kimia bernama zat keton. Zat keton itu bisa membuat nafas seseorang kurang sedap.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berbau Tajam

Bau mulut bisa disebabkan oleh mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan yang berbau tajam bisa membuat bau mulut seseorang bisa berbau. Berikut ini daftar makanan yang bisa menimbulkan bau mulut :

  • Petai.
  • Jengkol
  • Bawang Putih.
  • Rempah-rempah.
  • Makanan yang kaya kolin. Makanan dengan kaya kolin bisa menimbulkan bau mulut. Contoh makanan kaya kolin adalah telur, ikan, hati dan kacang-kacangan.
  1. Mengkonsumsi Minuman Tertentu

Ada jenis minuman yang dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut. Berikut ini adalah daftar minuman yang bisa menimbulkan bau mulut :

  • Alkohol bisa menyebabkan bau mulut, bahaya alkohol juga berdampak pada kesehatan..
  • Minuman berkafein ( kopi, soda, cokelat, teh ), bahaya kafein bagi tubuh juga berdampak pada kesehatan.
  • Susu bisa menyebabkan bau mulut. Penyebabnya adalah susu berprotein ketika dipecah di dalam tubuh menyebabkan hidrogen sulfida dan metil. Hidrogen sulfida dan metil bisa menimbulkan bau busuk.
  1. Oral Sex

Bau mulut juga disebabkan oleh oral sex. Melakukan oral sex bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam mulut dan menyebabkan bau mulut.

Gejala

Bau mulut akan menimbulkan ciri dan gejala. Bagi anda yang merasakan ciri dan gejala di bawah ini sebaiknya segera mengkonsultasikannya kepada dokter dan segera mengatasinya :

  1. Nafas Bau

Anda tidak bisa begitu saja tahu jika nafas anda bau, anda baru bisa tahu jika nafas anda bau dengan tindakan berikut ini :

  • Jilat punggung tangan.
  • Ciumlah punggung tangan.
  • Jika punggung tangan anda bau, maka mulut anda pun bau.
  • Cara tersebut lebih efektif dibandingkan menciumkan bau mulut ke hidung.
  1. Orang Lain Tidak Mau Kontak Langsung Dengan Anda

Ciri ini bisa anda lihat dan perhatikan. Ketika orang yang menjadi lawan bicara anda mengalihkan hidungnya dari nafas anda, bisa jadi mulut anda bau.

  1. Bagian Dalam Mulut Terasa Asam, Pahit Dan Sepat

Untuk orang yang bau mulut akan merasakan rasa asam di dalam mulutnya. Rasa asam itu disebabkan ph air liur yang tidak seimbang.

  1. Pagi Hari Kesulitan Menelan

Orang yang bau mulut saat pagi hari tenggorokan terasa serak dan merasakan kesulitan menelan. Hal itu diakibatkan oleh orang itu kekurangan saliva. Saliva yang sedikit tidak bisa melancarkan atau melicinkan tenggorokan. Tenggorokan yang serak akan kesulitan untuk menelan.

  1. Merasakan Mulut Kering Dan Sulit Berbicara

Penderita bau mulut sering merasakan mulut kering. Mulut bisa mudah menjadi kering dalam satu jam saja. Selain itu mulut yang kering bisa menyebabkan orang tersebut kesulitan dalam berbicara.

  1. Bibir Pecah-Pecah

Bau mulut juga bsia ditandai dengan gejala bibir pecah-pecah. Akibat cairan saliva yang kurang, bibir menjadi pecah-pecah dan kering.

Diagnosis

Secara medis, tidak ada diagnosis yang bisa dilakukan untuk menunjukkan seseorang terkena bau mulut atau tidak. Dokter hanya akan memberikan berbagai pertanyaan yang diduga sebagai penyebab bau mulut. Beberapa pertanyaan dan hal yang akan dilakukan oleh dokter adalah sebagai berikut ini :

  1. Dokter akan mengajukan pertanyaan tentang kebersihan gigi dan mulut?, seberapa sering menggosok gigi?
  2. Dokter akan menanyakan apakah menderita penyakit tertentu, maag misalnya. Seberapa sering mengambil obat maag untuk mengatasi maag.
  3. Dokter akan menanyakan gaya hidup, misalnya saja peminum, perokok dan masih banyak lagi lainnya.
  4. Dokter akan menanyakan kebiasaan pasien. Apakah suka mengkonsumsi makanan yang berbau tajam.
  5. Dokter akan memberikan saran dan masukan kepada pasien.
  6. Jika bau mulut mengarah pada penyakit tertentu misalnya bronkitis, infeksi sinus dan lain sebagainya. Dokter gigi dan mulut akan merujuk pasien ke poli yang bersangkutan.
  7. Pengobatan lebih lanjut untuk pasien sangat diperlukan agar penyakit tidak semakin parah. Kadang bau mulut menjadi indikasi dari gejala penyakit tertentu.

Pengobatan

Mengobati bau mulut bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab-penyebabnya. Anda harus tahu apa yang menyebabkan mulut anda berbau, barulah bisa mencari pengobatan yang tepat. Berikut ini cara mengobati bau mulut secara umum :

  1. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Jika penyebabnya adalah faktor kebersihan gigi dan mulut anda yang bermasalah, maka anda harus mengubah kebersihan gigi dan mulut anda. Caranya adalah dengan menggosok gigi rutin selama dua kali sehari. Saat mau tidur sebaiknya anda juga menggosok gigi, habis memakan makanan yang berbau tajam langsunglah menggosok gigi agar bau makanan tersebut tidak langsung menempel pada langit-langit mulut, lidah dan gigi.

  1. Hindari Makanan Dan Minuman Berbau Tajam

Bagi yang ingin sembuh dari bau mulut, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas untuk menghilangkan bau mulut anda.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup juga bisa mengobati bau mulut. Hindarilah merokok dan meminum minuman keras. Jika anda merokok maka langsung sikat gigi agar zat nikotin tidak diendapkan di dalam mulut.

  1. Pemeriksaan Mulut Dan Gigi Secara Rutin

Pengobatan ini bisa anda lakukan jika penyebab dari masalah bau mulut tersebut karena adanya gangguan pada mulut dan gigi. Misalnya gigi yang berlubang, mengandung plak dan infeksi gusi. Selain itu anda bisa bertanya apakah ada tanda xerostomia pada mulut anda.

  1. Membersihkan Sela-Sela Gigi

Banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut karena tidak tahu manfaatnya. Membersihkan sela-sela gigi bisa dilakukan menggunakan benang. Biasanya banyak kotoran dan sisa makanan menempel pada sela-sela gigi. Jika sisa makanan itu banyak akan menghasilkan bau mulut.

  1. Berkumur

Berkumur bisa mengobati bau mulut. Jika bau mulut anda tidak hilang, anda bisa berkumur menggunakan obat kumur. Hindari menggunakan obat kumur yang memberikan efek panas setelah pemakaian.

  1. Membersihkan Lidah

Lidah juga merupakan penyebab bau mulut. Saat gosok gigi usahakan untuk menggosok dan membersihkan lidah anda juga. Membersihkan lidah bisa menggunakan sikat lidah atau pembersih lidah yang lembut.

  1. Minum Air Putih Cukup

Jika anda mengalami bau mulut, minimalisirlah konsumsi minuman berkafein. Gantilah minuman tersebut menggunakan air putih sebanyak 8 gelas sehari.

  1. Pertolongan Dokter

Jika langkah di atas tidak berhasil, anda harus meminta pertolongan dari dokter gigi dan mulut. Biasanya dokter gigi dan mulut akan memeriksa kerongkongan anda. Jika kerongkongan tidak masalah, dokter akan merujuk anda ke poli umum. Poli umum akan memeriksa apakah ada kelainan di tubuh anda.

  1. Memperhatikan Kebersihan Kawat Gigi

Bagi yang menggunakan behel, sebaiknya anda mulai memperhatikan kebersihan dari behel anda. Rutinlah membersihkan behel anda ke dokter gigi dan melakukan kontrol secara teratur.

  1. Mengkonsumsi Buah-Buahan Penghilang Bau Mulut

Konsumsi buah secara teratur bisa membuat bau mulut menjadi hilang. Kandungan vitamin, mineral dan kalsiumnya sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut anda. Buah yang baik untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini :

  • Apel merupakan buah kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan dan vitamin C mampu menghilangkan bau mulut.
  • Stroberi memiliki rasa asam. Kandungan vitamin C di dalam mulut mampu bersifat sebagai antiseptik bagi bakteri dan kuman di dalam mulut anda.
  • Lemon memiliki aroma yang segar. Rasa segar pada lemon bisa membuat nafas anda menjadi segar.
  • Pir bisa berfungsi sebagai buah yang bisa memberantas sisa makanan yang ada di celah-celah gigi.
  • Jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin c dan zat besi. Kandungan di dalamnya bisa bermanfaat untuk mengusir bau mulut.
  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau sangat berkhasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk kesehatan teh hijau bisa menghilangkan bau mulut. Cara teh hijau mengobati bau mulut :

  • Teh hijau bisa melindungi gigi dari kerusakan dan bisa menghindarkan gigi dari karang gigi.
  • Teh hijau juga bisa menghilangkan bakteri yang ada di gigi dan mulut.
  • Senyawa dalam teh hijau yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut adalah senyawa catechin.
  • Mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2-3 cangkir per hari bisa menghilangkan bau mulut anda.
  1. Banyak Mengkonsumsi Vitamin C

Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan banyak mengkonsumsi vitamin C yang ada di dalam buah-buahan. Bagi penderita maag sebaiknya mengkonsumsinya sehabis makan agar asam lambung tidak naik karena memakan makanan yang asam.

  1. Menghilaangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

Bahan alami lebih aman dan tanpa efek samping dibandingkan dengan bahan kimia . Alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang bsia digunakan untuk manusia. Berikut ini berbagai macam tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati bau mulut :

  • Menggunakan Ketumbar. Cara ini bisa anda lakukan dengan merebus ketumbar menggunakan air, setelah dingin minum air rebusannya.
  • Jeruk nipis dicampurkan dengan madu. Ramuan ini bisa menghilangkan bau mulut karena vitamin C pada jeruk nipis sangat baik dan berfungsi sebagai antiseptik. Sedangkan madu bisa menghilangkan dahak di tenggorokan sehinga bau mulut berkurang.
  • Daun sirih. Daun sirih tidak hanya bermanfaat untuk kewanitaan saja namun daun sirih bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan merebusnya bersama lengkuas dan meminum air rebusannya.
  • Menggunakan kayu manis. Kayu manis bermanfaat untuk penyedap kue dan masakan. Di balik itu semua kayu manis bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan mencampurkannya bersama teh panas. Minum sebanyak dua kali sehari.
  • Kencur. Caranya adalah dengan mengupas kencur, mencucinya dan merebusnya. Ditambahkan dengan pinang, adas dan daun sirih akan lebih manjur. Minumlah saat akan tidur malam. Lakukan maksimal sebanyak tiga kali seminggu.

Bahaya Bau Mulut

Bahaya bau mulut banyak ke sisi psikis orang tersebut, misalnya saja menimbulkan rasa tidak percaya diri, minder dalam pergaulan dan tidak mau berkomunikasi dengan orang lain karena bau mulutnya. Namun penelitian menemukan bahwa bau mulut yang disebabkan oleh penyakit tertentu bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang. Bahaya bau mulut bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. Gusi Berdarah

Bau mulut karena infeksi gusi bisa menyebabkan seseorang terkena gusi berdarah. Gusi yang berdarah juga bisa menandakan bahwa mulut tidak sehat. Gusi berdarah jika tidak segera ditangani, pembuluh darah yang ada di gusi akan rusak dan koyak. Tidak hanya itu saja, kanker mulut pun bisa mengintai anda. Penelitian di Universitas Havard menemukan fakta bahwa pria dengan gusi berdarah rentan terkena kanker pankreas dan kanker mulut.

  1. Kanker

Bau mulut bisa menyebabkan kanker, terutama bagi pemilik bau mulut dengan gaya hidup tidak sehat misalnya saja merokok dan peminum. Kanker mulut, tenggorokan dan paru-paru pun bisa mengintai anda.

  1. Jantung

Bau mulut yang disebabkan oleh karang gigi dan gigi berlubang bisa berdampak ke jantung. Hal itu dikarenakan syaraf gigi terhubung ke jantung. Jika kuman yang ada di gigi berlubang dan di plak bisa sampai ke jantung, maka jantung bisa terkena kuman dan penyakit.

  1. Herpes

Herpes bisa menjangikiti orang yang memiliki bau mulut karena hobi oral sex. Oral sex yang tidak sehat dan hiegienis bisa menyebabkan seseorang terkena panyakit herpes.

Cara Mencegah

Cara mencegah bau mulut bisa dilakukan dengan 3 cara. Berikut ini adalah cara mencegah bau mulut yang efektif :

  1. Mengkonsumsi Keju

Tidak boleh sembarang keju yang dikonsumsi, yang harus dikonsumsi adalah keju dengan rendah karbohidrat namun kaya akan kalsium. Keju dengan jenis tersebut bisa membuat produksi air liur anda bertambah dan mulut tidak akan kekurangan saliva.

  1. Yogurt

Yogurt tidak hanya baik untuk pencernaan, namun yogurt juga baik untuk mencegah bau mulut. Yogurt dengan rasa tawar bisa berguna untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut. Hasil fermentasi dari susu ini juga bisa membuat karang gigi berkurang. Jika karang gigi berkurang, anda bisa terhindar dari bau mulut.

  1. Permen Mint

Bagi anda yang tidak sempat menggosok gigi karena mobilitas yang tinggi, anda bisa menyediakan permen mint di dalam tas atau kantong saku anda. Permen mint bisa memberikan nafas segar terutama pada perokok, peminum dan juga pemakai gigi palsu.

Artikel Dalam Kategori Bau Mulut