Sponsors Link

18 Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masalah batuk berdahak perlu diketahui dikarenakan batuk berdahak adalah batuk yang menyiksa. Batuk tersebut mampu membuat dada terasa sakit dan saluran pernafasan menjadi sulit. Alasanya adalah dahak tersebut mampu menyumbat saluran nafas. Sebenarnya batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Jika tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda bahwa paru-paru sedang mengalami masalah.

ads

Batuk berdahak akan membuat tenggorokan menjadi seperti ada lemnya dan menyebabkan suara menjadi parau. Hal itu dikarenakan letak pita suara ada di dekat tenggorokan yang memiliki banyak dahak. Batuk berdahak pun akan lebih menyakitkan jika malam hari sebab frekuensi batuk saat malam hari akan semakin sering. Dahak yang menempel di tenggorokan akan sulit dikeluarkan jika masih kental dan belum encer. Berikut ini adalah penyebab batuk berdahak yang harus kita ketahui :

  1. Alergi

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena batuk adalah alergi terutama alergi dingin. Alergi dingin bisa menyebabkan seseorang menjadi flu dan juga batuk saat bersamaan terutama saat pagi hari dan juga malam hari. Hal itu dikarenakan cuaca saat pagi hari dan saat malam hari sagat dingin sehingga beresiko menyebabkan flu dan juga batuk. Bagi anda yang memiliki alergi dingin dan sering mengalami flu maupun batuk sebaiknya anda tahu cara mengatasi alergi dingin secara cepat dan tepat agar alergi itu tidak mengganggu aktivitas anda. Jika anda belum tahu alergi apa yang bisa menyebabkan anda batuk berdahak dan juga flu saat bersamaan sebaiknya anda melakukan cara tes alergi  secara alami maupun menggunakan bantuan dokter. Mendeteksi alergi secara dini bermanfaat untuk mengetahui jenis alergi lebih dini di dalam tubuh anda.

Baca juga : Cara mengatasi alergi pada anak  –  Cara mencegah alergi dingin

  1. Terkena Debu

Penyebab lainnya dari batuk berdahak adalah terkena debu. Hal ini akan langsung menyebabkan batuk berdahak terutama pada orang yang menderita alergi debu. Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan debu itu akan menyebabkan batuk berdahak.

  1. Asap Kimia

Penyebab dari batuk berdahak lainnya adalah asap kimia, asap kimia itu masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan kinerja paru-paru menjadi terganggu. Kantung paru-paru yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan asap sehingga batuk berdahak pun akan muncul.

  1. Pneumonia

Salah satu yang menyebabkan batuk berdahak pada orang dewasa dan khususnya pada bayi adalah pneumonia. Pneumonia merupakan peradangan yang terjadi di salah satu paru-paru atau di kedua paru-paru. Orang yang mengalami pneumonia akan mengalami batuk berdahak dan juga sesak nafas alasannya adalah saluran pernafasan yang ada di dalam paru-paru yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan cairan yang justru akan membuat sesak nafas dan juga batuk berdahak.

  1. Virus

Penyebab batuk berdahak yang paling umum adalah virus. Virus itu menyebabkan batuk disertai dengan pilek. Dahak yang mengisi tenggorokan biasanya adalah lendir yang asalnya di dalam hidung manusia. Kadang manusia tanpa sadar menghisap dan menyerap lendirnya sendiri dan lendir itu masuk ke dalam tenggorokan.

  1. Asam lambung Tinggi
ads

Hal yang menyebabkan batuk berdahak lainnya adalah naiknya dan tingginya kondisi asam lambung sehingga memicu terjadinya refluks asam. Refluks asam ini berupa naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan da merangsang timbulnya batuk berdahak. Refluks asam ini akan terjadi saat pagi hari dan juga malam hari. Bagi anda yang menderita asam lambung sebaiknya mengetahui apa saja yang menjadi bahaya asam lambung naik  dan cara mengobati asam lambung naik . Asam lambung naik tidak hanya menyebabkan batuk berdahak saja namun juga menimbulkan rasa perih di bagian lambung. Agar tidak terkena kedua hal tersebut penderita asam lambung menghindari makanan penyebab asam lambung  dan menghindari pantangan asam lambung.

  1. Asma 

Asma itu gejalanya mirip dengan alergi dingin dan alergi debu. Perbedaannya selain menyebabkan flu dan batuk, asma akan menyebabkan gangguan saluran nafas atau penyempitan saluran nafas. Sesak nafas yang dialami akan diperburuk dengan hidung mampet dan tenggorokan yang berdahak. Orang yang asma tidak akan bisa tidur nyenyak sebab di dalam dadanya terasa berat serta tenggorokannya terasa lengket. Untuk meringankan saluran nafas yang dialami oleh penderita asma, orang yang menderita asma bisa mengeluarkan lendir yang menyebabkan saluran nafas menjadi berat dan menyempit.

Baca juga : Pertolongan pertama pada asma 

  1. Batuk Rejan

Batuk rejan adalah kondisi batuk yang terburuk. Batuk ini bisa menyerang anak-anak dan menyebabkan gangguan saluran pernafasan anak-anak. Penyakit tersebut sering menimpa anak-anak balita terutama balita yang tidak dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya batuk rejan. Vaksin yang akan diberikan oleh bayi agar nantinya terhindar dari batuk rejan adalah imunisasi DPT.

  1. Sakit Flek

Penyebab dari batuk berdahak pada anak-anak atau bayi adalah sakit flek. Anda harus mewaspadai jika anak anda atau bayi anda sering terkena pilek dan batuk dalam waktu yang lama. Bisa jadi anak anda terkena flek. Flek ini bisa juga ditandai dengan berat badan bayi atau anak yang tidak bertambah selama tiga bulan. Flek merupakan gejala TBC pada anak, oleh sebab itu untuk mengatasinya harus dengan pengobatan rutin dan dengan rontgen paru-paru. Dengan rontgen paru-paru itu akan terlihat apakah flek masih tersisa di dalam paru-paru anak ataukah tidak.

  1. TBC

Orang dewasa yang sistem imunnya sudah stabil pun bisa mengalami batuk berdahak yang diakibatkan oleh TBC. TBC merupakan penyakit radang paru-paru dan digolongkan dalam 3 tahap yaitu tahap ringan sampai dengan tahap berat. TBC ini sangat menular sehingga orang yang mengalami TBC harus dirawat dalam ruang perawatan khusus.  Gejala TBC  yang sering terjadi pada orang dewasa adalah batuk disertai dengan pilek. Pada TBC yang sudah berat batuk itu akan disertai dengan darah. Darah yang menyertai dahak orang yang terkena TBC menandakan bahwa di dalam paru-paru telah terjadi pendarahan karena infeksi dan sudah sangat berbahaya. Bagi anda yang belum terinfeksi dengan TBC sebaiknya anda tahu bagaimana cara mencegah TBC   dan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab TBC. Dengan mengetahui penyebab TBC  anda akan mudah menghindari penyakit itu.

  1. ISPA

Infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA akan membuat seseorang terkena batuk berdahak. Dahak pada orang yang mengalami ISPA akan diteliti untuk mengetahui seberapa parah infeksi yang ada di dalam tubuh orang tersebut. Infekski itu dinamakan infeksi akut dikarenakan infeksi itu ada di beberapa organ tubuh misalnya saja sinus, tenggorokan, saluran pernafasan dan juga infeksi di saluran paru-paru. ISPA tidak boleh disepelekan sebab ada berbagai macam bahaya ISPA bagi kesehatan. ISPA ini jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kematian. ISPA ini dulunya banyak dialami oleh warga Indonesia di daerah Riau yang sedang mengalami kabut asap. Anda harus tahu ciri-ciri ISPA  agar ketika ada orang di sekitar anda mengalami ciri-ciri itu bisa segera mendapatkan penanganan dengan segera.

Baca juga : Penyebab ISPA 

  1. Penyakit Jantung 

Batuk berdahak yang sangat buruk bisa diakibatkan oleh penyakit jantung. Kadang jantung tidak mampu memompa darah bersama oksigen ke seluruh tubuh terutama di bagian paru-paru. Paru-paru membutuhkan oksigen untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika paru-paru tidak bisa bekerja dengan baik akibatnya adalah penumpukan lendir di bagian paru-paru akan terjadi sehingga bisa menyebabkan batuk berdahak. Gejala penyakit jantung  yang harus anda waspadai salah satunya adalah nyeri dada kiri, nyeri dada kanan, jantung berdebar-debar dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Rokok

Bahaya merokok  sangat banyak sekali dan berhubungan dengan pernafasan manusia. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa rokok merupakan penyebab seseorang mengalami penyakit paru-paru dan penyakit di saluran pernafasannya. Rokok terdapat zat-zat yang berbahaya dimana zat berbahaya itu mampu menginfeksi paru-paru. Tidak hanya itu saja bahaya asap rokok  bagi paru-paru adalah bisa menyebabkan paru-paru terisi dengan asap sehingga menimbulkan sesak nafas. Bahaya rokok tidak hanya dirasakan oleh perokok aktif namun juga menimbulkan bahaya perokok pasif  . Sebisa mungkin bagi kita yang bukan perokok aktif  harus melakukan berbagai macam cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif.

  1. Kanker Paru-Paru

Penyebab  batuk berdahak paling parah dikarenakan kanker paru-paru. Kanker paru-paru ditandai dengan rusaknya fungsi paru-paru dikarenakan munculnya sel abnormal di dalam paru-paru sehingga menghambat kinerja dan fungsi paru-paru. Ciri dan gejala paru-paru yang bisa dikenali adalah batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, mengalami nyeri di bagian dada, mengalami sesak nafas dan tubuh menjadi semakin kurus. Jika sudah mengalami kanker paru-paru, penderita harus mendapatkan perawatan intensif di rumahsakit sesuai dengan stadium dari kanker paru-paru tersebut.  Pola hidup sehat dengan menjauhi asap rokok dan asap berbahaya bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, kita harus tahu bagaimana cara menghindari stres  sebab stres diyakini bisa memicu timbulnya sel abnormal di dalam tubuh manusia.

  1. Infeksi Paru-Paru  dan Radang Paru-Paru

Yang menyebabkan batuk berdahak dan tidak kunjung sembuh adalah munculnya radang dan infeksi di paru-paru. Radang dan infeksi itu bisa diakibatkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke dalam paru-paru. Virus dan bakteri itu menginfeksi paru-paru dan menyebabkan paru-paru tidak bisa bekerja secara maksimal. Infeksi itu akan menyebabkan paru-paru penuh dengan lendir. Lendir itulah yang nantinya akan dikeluarkan ketika anda mengalami batuk berdahak. Infeksi paru-paru yang bisa menyebabkan batuk berdahak adalah bronkitis.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Sponsors Link

Mengatasi batuk berdahak tidak boleh sembarangan dikarenakan cara yang tepat mengatasi batuk akan mempercepat penyembuhannya. Jika batuk tidak diatasi dengan cara tepat maka penyembuhannya pun akan lama. Berkut ini adalah cara mengatasi batuk berdahak yang bisa dilakukan :

  1. Mencari Tahu Penyebabnya

Salah satu cara mengatasi batuk berdahak yang bisa anda lakukan adalah mencari tahu penyebab batuk berdahak yang terjadi pada anda terlebih dahulu. Dengan begitu pengobatan yang dilakukan tepat sasaran. Jika anda sakit batuk berdahak dikarenakan alergi maka carilah cara supaya alergi yang ada pada diri anda tidak akan kambuh kembali. Jika anda sakit batuk berdahak dikarenakan TBC maka periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter khusus paru-paru, agar anda bisa berobat secara maksimal.

  1. Menghindari Asap Rokok dan Polusi Udara

Cara tepat untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan menghindari asap rokok dan polusi udara. Asap rokok dan polusi udara terdapat zat kimia berbahaya didalamnya dan bisa menyebabkan paru-paru menjadi terinfeksi.

  1. Hindari Makanan Digoreng

Agar batuk anda tidak bertambah parah sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng akan membuat batuk anda semakin parah, membuat dada anda semakin sakit ketika batuk dan tentunya akan membuat lambat penyembuhan batuk berdahak anda.

Itulah hal-hal yang bisa menyebabkan batuk berdahak dan cara mengatasi batuk berdahak secara tepat. Bagi anda yang sedang mengalami batuk berdahak selalu jaga jarak dengan orang yang sedang tidak batuk dengan menggunakan masker atau menutup mulut anda menggunakan sapu tangan ketika anda sedang batuk, begitupula dengan orang yang belum batuk. Menjaga jarak dengan sumber batuk akan menghindarkan anda dari batuk berdahak.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 14th, February 2016 / 16:17 Oleh :
Kategori : Batuk