Sponsors Link

18 Cara Mengobati Batu Empedu secara Medis dan Alami

ads

Batu empedu merupakan salah satu jenis penyakit yang muncul dikarenakan oleh beberapa faktor, termasuk juga tidak larutnya kolesterol di dalam tubuh. Bahkan bagi Anda yang memiliki kebiasaan diet yang tidak benar pun mampu memicu timbulnya batu empedu. Diet yang kurang sehat akan memunculkan kristal yang menimbun pada kantong empedu sehingga menjadi batu empedu.

Batu empedu dapat juga berasal dari penyerapan kolesterol oleh cairan empedu yang tidak sempurna. Ada banyak cara mengobati batu empedu, baik secara medis maupun secara alami tergantung dari pilihan penderita batu empedu sendiri. Pengobatan pun disesuaikan dengan tahapan dari batu empedu yang dialami agar hasilnya lebih maksimal.

(Baca juga: perbedaan sakit maag dan batu empedu)

1. Obat Pereda Sakit

Jenis obat analgesik memang adalah obat yang perlu dikonsumsi ketika seseorang mengalami rasa nyeri atau sakit. Apabila karena batu empedu kemudian Anda mengalami gejala batu empedu seperti sakit perut ringan yang cukup jarang namun tetap muncul, obat pereda sakit atau analgesik adalah yang Anda butuhkan. Sambil menjaga pola makan, gejala pun akan dapat dikendalikan.

2. Mengubah Pola Makan

Pola diet yang kurang sehat dapat menjadi pemicu batu empedu, jadi mulailah untuk mencari seperti apa tips diet sehat yang benar. Hanya saja, perlu diketahui bahwa batu empedu tak bisa disembuhkan hanya dengan Anda mengonsumsi makanan-makanan yang berkandungan lemak rendah saja. Anda perlu menyeimbangkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga rasa sakit akibat batu empedu dapat berkurang dan kesehatan pun bisa dijaga dengan baik.

(Baca juga: gejala ada batu di empedu)

3. Asam Ursodeoksikolat

Untuk batu empedu yang ukurannya kecil dan tak mengandung kalsium, salah satu cara mengobatinya adalah dengan menggunakan asam ursodeoksikolat. Alasan mengapa obat ini cukup dianjurkan adalah karena obat ini menawarkan kemampuan dalam membuat batu empedu larut dengan lebih mudah. Hanya saja ada beberapa hal mengapa obat ini tak begitu sering terdengar atau direkomendasikan dalam mengobati batu empedu, yakni:

  • Penderita batu empedu perlu mengonsumsi obat ini dalam jangka panjang, yaitu bisa lebih dari 1 tahun.
  • Efektivitasnya rendah.
  • Apabila konsumsi berhenti, ada potensi untuk batu empedu bisa kembali lagi.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa wanita hamil maupun menyusui tak disarankan untuk mengonsumsi obat ini. Bahkan efektivitas dari pil KB pun dapat dipengaruhi oleh obat ini, jadi para wanita yang menggunakan pil KB dianjurkan untuk menggunakan kondom apabila mengonsumsi obat ini.

4. ERCP

Nama lainnya adalah Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography atau kalau dalam Bahasa Indonesianya adalah Kolangiopankreatografi Retrograd Endoskopik. Prosedur pengobatan ini dibutuhkan ketika penyumbatan di saluran empedu akibat batu terjadi. Tak usah khawatir karena proses ini bukanlah untuk mengangkat kantong empedu, namun ini artinya batu tetap ada di dalam kantong empedu walau penyumbatan sudah diatasi.

(Baca juga: makanan yang baik untuk empedu)

5. Kolesistektomi Sayatan Terbuka

Cara mengobati batu empedu secara medis berikutnya adalah dengan operasi kolesistektomi yang bermetode sayatan terbuka. Namun biasanya, metode pengobatan ini merupakan alternatif apabila batu empedu gagal dikeluarkan melalui operasi lubang kunci, baik itu karena tubuh pasien yang kegemukan, sedang hamil tua dan hampir melahirkan, atau posisi kantong empedu yang memang tak mudah dijangkau.

sponsored links

6. Operasi Lubang Kunci

Operasi ini merupakan salah satu cara untuk mengobati batu empedu yang paling umum dan paling banyak dokter sarankan. Nama lain dari metode pengobatan ini adalah kolesistektomi laparoskopik, yakni proses operasi dengan sayatan kecil dengan penerapan bius total sebelumnya. Masa pemulihan setelah dioperasi pun tak lama, yaitu kira-kira 1 sampai 2 minggu saja sehingga Anda bisa mulai beraktivitas seperti biasa lagi.

(Baca juga: efek jika empedu diangkat)

7. Cuka Sari Apel

Selain menjadi bagian dari pengobatan batu ginjal secara alami, cuka sari apel pun berguna untuk mengatasi masalah batu empedu. Dengan kandungan asam alaminya, bahan satu ini bakal sangat berguna dalam menyetop organ hati dari menghasilkan kolesterol. Karena kolesterol yang tak mudah larut dapat memicu batu empedu, tentunya cuka sari apel ini bakal sangat menolong dalam mencegah serta mengobati kondisi kesehatan tersebut.

8. Minyak Zaitun

Untuk kesembuhan batu empedu secara total, Anda juga bisa menggunakan cara alami lainnya, yaitu penggunaan minyak zaitun. Buatlah secangkir teh yang sudah Anda tambahkan dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Lalu masukkan pula sesendok makan minyak zaitun dan minumlah ramuan teh tersebut secara rutin supaya batu empedu dapat dengan mudah ditangani.

(Baca juga: bahaya batu empedu)

9. Apel

Buah apel memang kaya akan nutrisi dan kebaikan karena buah ini sanggup menjauhkan kita dari banyak penyakit. Sudah diteliti bahwa makan apel setiap hari bagi penderita batu empedu sangat luar biasa baiknya karena mampu mengeluarkannya lewat pencernaan. Jenis buah apel pun terserah Anda sesuai dengan selera, tapi pastikan tidak dengan kulitnya; boleh juga dibuat minuman jus.

10. Garam Inggris

Untuk pengobatan batu empedu secara alami lainnya yang bisa Anda andalkan adalah dengan menggunakan garam Inggris. Caranya adalah dengan menyeduh garam tersebut di dalam segelas air panas sebelum kemudian dikonsumsi setiap hari. Konsumsi rutin jelas akan memberikan hasil memuaskan dan kesembuhan total.

(Baca juga: akibat kelebihan cairan empedu)

11. Dandelion

Pengobatan alami lainnya lagi untuk batu empedu adalah dengan menggunakan dandelion karena di dalamnya ada kandungan taraxacin yang siap membantu proses ekskresi empedu dari hati. Dandelion ini juga merupakan bahan alami ampuh yang bisa mendetoksifikasi tubuh serta memperlancar proses metabolisme lemak yang tertimbun di dalam hati.

Kantong empedu akan berfungsi dengan sempurna apabila organ hati juga bekerja dengan baik. Masukkan ke dalam sebuah cangkir sesendok teh dandelion kering untuk diseduh dengan air panas. Tunggulah selama 5 menit sebelum kemudian Anda saring serta menambahkan sedikit madu murni sebagai penambah rasa. Meminumnya sehari 2-3 kali dijamin lebih manjur.

12. Peppermint

Bahan ini adalah bahan yang tepat untuk Anda jadikan sebagai pelancar aliran empedu sehingga gangguan pencernaan kembali normal dan lancar. Senyawa terpene di dalam peppermint juga siap melarutkan batu empedu. Jadi, seduhlah sesendok teh peppermint kering selama kira-kira 5 menit untuk kemudian Anda saring dan minum setelah ditambah dengan sesendok teh madu.

(Baca juga: obat batu empedu)

13. Jus Sayuran

Karena sayuran itu sehat dan bernutrisi, tak ada salahnya untuk membenahi pola makan dengan cara salah satunya mengonsumsi jus sayuran. Jus sayuran dari kombinasi antara mentimun, akar bit, serta wortel adalah yang paling direkomendasikan. Meminumnya sehari 2 kali serutin mungkin akan menambah juga sistem daya tahan tubuh dan menyembuhkan batu empedu secara efektif.

14. Jus Lemon

Lemon diketahui termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C super tinggi, dan ini akan membuat organ hati tak begitu gencar dalam memroduksi kolesterol dalam tubuh. Senyawa pektinnya juga akan membuat rasa sakit berkurang. Pemulihan tubuh dijamin bakal lebih cepat dengan mengonsumsi jus lemon segar setiap pagi saat perut dalam kondisi kosong belum sarapan apapun.

(Baca juga: bahaya tidak ada empedu)

Sponsors Link

15. Minyak Jarak

Jenis minyak satu ini mampu mengurangi jumlah batu empedu yang mengganggu kesehatan tubuh. Sifat anti inflamasinya yang tinggi juga sanggup menurunkan risiko peradangan serta menghilangkan rasa sakit. Bahan ini dapat Anda hangatkan lebih dulu untuk kemudian diteteskan ke kain tipis yang bisa Anda kompres ke bagian perut sisi kanan, yaitu area di mana kandung empedu berada.

16. Buah Pir

Rasa sakit akibat batu empedu dapat berkurang juga dengan mengonsumsi buah pir secara rutin. Di dalam buah pir, ada kandungan pektin yang merupakan senyawa untuk melarutkan batu empedu yang penuh kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh secara lebih mudah. Baik dimakan langsung atau dibuat jus, Anda bisa mengonsumsinya sesuai selera. Namun akan jauh lebih efektif jika Anda minum jus buah pir hangat yang sudah ditambah juga dengan madu.

(Baca juga: operasi batu empedu)

17. Berolahraga

Cara mengobati serta cara mencegah batu empedu secara alami adalah dengan olahraga teratur. Kurang olahraga tak hanya membuat otot menjadi kaku dan melemahkan sistem daya tahan tubuh. Berolahraga tujuannya adalah untuk membakar kalori serta mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh lewat keringat.

18. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih sehari sebanyak 8 gelas atau lebih adalah baik untuk kesehatan Anda. Bahkan cara ini juga dipercaya mampu mengobati batu empedu tanpa penderita harus menjalani operasi sama sekali. Air putih tak hanya akan menjauhkan Anda dari bahaya dehidrasi, tapi juga mampu melancarkan metabolisme tubuh sehingga racun-racun bakal keluar, termasuk juga batu empedu.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan kandung empedu)

Dari serangkaian cara mengobatu batu empedu tersebut, Anda dapat memilih untuk menempuh jalur medis atau alami yang jelas aman.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 15:52 Oleh :
Kategori : Batu Empedu