Sponsors Link

13 Makanan Penyebab Asma Kambuh untuk Dihindari

ads

Untuk para penderita penyakit asma, penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu tanpa penderitanya bisa siap. Ketika sesak nafas terjadi, rasanya pasti akan begitu tidak nyaman karena serasa seperti dicekik. Demi mencegah agar asma tak mudah kembali menyerang, hindarilah makanan penyebab asma kambuh. Untuk dapat menghindarinya, Anda perlu mengetahui lebih dulu daftar makanannya.

(Baca juga: cara mencegah asma – cara mengobati asma kambuh)

1. Kerang

Jika Anda menderita penyakit asma, sebaiknya hindarilah makanan laut seperti kerang sekalipun Anda benar-benar menggemarinya. Mengonsumsi kerang bisa cukup berbahaya dan membuat asma mudah kambuh. Ini karena ada sejumlah senyawa yang terkandung di dalam kerang yang rupanya memberikan efek buruk bagi yang menderita asma.

Ketika mengonsumsi makanan ini terlalu sering padahal Anda mempunyai riwayat penyakit asma, waspadalah. Senyawa di dalam kerang mampu menyebabkan asma kambuh cukup sering, jadi hindarilah konsumsi makanan laut ini untuk sementara waktu. Pilihlah makanan yang benar-benar aman selama sakit asma dan bijaklah dalam menentukan menu makanan sehari-hari supaya asma tak gampang kambuh.

2. Telur

Karena kandungan proteinnya yang super tinggi, telur dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Meski termasuk di dalam makanan yang mengandung protein tinggi, telur adalah makanan yang bisa memicu reaksi alergi. Bagi yang sudah punya riwayat penyakit asma atau alergi, telur merupakan makanan yang dianjurkan untuk dihindari.

Telur dapat berbahaya bagi penderita asma karena mampu memicu alergi. Diketahui pula bahwa bagian telur yang mampu membuat kondisi tubuh lebih parah adalah bagian putihnya. Kalau bagian putihnya sangat aman untuk penderita kolesterol tinggi, ini tidak berlaku bagi penderita asma. Justru asma bisa makin buruk dan lebih gampang kambuh karena mengonsumsi bagian putihnya.

(Baca juga: penanganan asma pada anak)

3. Kedelai

Tanaman leguminose adalah nama lain dari kedelai dan memang diketahui sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, kedelai adalah salah satu makanan yang bisa menyebabkan asma kambuh sehingga tak bagus untuk penderita asma. Kedelai juga dapat menjadikan kondisi penderita asma lebih buruk sehingga sebaiknya hindarilah konsumsi kedelai.

Ini semua karena adanya kandungan protein tinggi di dalam kedelai yang bisa membuat alergi muncul. Reaksi alergi tak hanya gatal-gatal atau ruam pada kulit, tapi juga ada kalanya reaksi alergi menimbulkan masalah pernasapan. Sesak nafas adalah salah satunya dan hal ini bisa cukup buruk bagi yang mempunyai penyakit asma.

4. Makanan Bersantan

Percaya atau tidak, makanan bersantan tak hanya menyebabkan kolesterol tinggi atau darah tinggi saja, tapi juga menyebabkan asma lebih buruk atau sering kambuh. Makanan bersantan contohnya ada begitu banyak dan Anda perlu mewaspadainya.

  • Gulai ayam.
  • Soto betawi.
  • Laksa
  • Kari

Kalaupun ingin menikmatinya sesekali, pastikan bahwa Anda tak mengonsumsi secara berlebihan karena lemak jenuhnyalah yang berpengaruh terhadap kondisi asma Anda. Atau, gantilah santan dengan susu apabila Anda ingin masak sendiri supaya lebih aman untuk kondisi Anda. Bila membelinya di restoran, jelas santan dan lemaknya akan begitu tinggi tidak seperti ketika Anda membuat sendiri di rumah.

(Baca juga: pertolongan pertama pada asma)

5. Durian

Baunya yang aneh sebetulnya sangat wangi dan sedap bagi sebagian orang. Walaupun tak banyak penggemarnya, durian merupakan jenis buah yang cukup populer dan dikenal pula sebagai buah pencetus darah tinggi. Tak hanya harus dihindari oleh penderita darah tinggi, durian juga perlu dijauhi oleh penderita penyakit asma.

Sponsors Link

Bila Anda berpenyakit asma dan sekaligus penggemar buah durian, perlu diketahui bahwa durian dapat membuat asma kambuh dengan cepat. Mengonsumsi durian yang sudah lebih dari 4 hari sejak jatuh dari pohon juga bisa lebih parah karena telah mengalami proses alkoholisasi. Kalau ingin tetap mengonsumsinya, makanlah buah duren yang baru jatuh dari pohon (tidak lebih dari 1 hari) supaya tak memperburuk asma.

6. Wine

Banyak yang kiranya tak menyangka bahwa wine juga termasuk penyebab kambuhnya asma. Penting diketahui bahwa wine bisa menyebabkan bersin dan batuk dan ketika kedua kondisi ini semakin buruk, asma pada tubuh penderita menjadi kambuh. Cukup jarang memang orang yang menyukai dan mengonsumsi wine, tapi bila Anda salah satunya, harap membatasi konsumsinya.

Wine merah pun rupanya memiliki potensi besar dalam menyebabkan reaksi alergi pada sebagian pengonsumsinya. Jika Anda menyukai wine dan di saat yang sama mempunyai penyakit asma, sebaiknya urungkan niat untuk minum banyak-banyak. Batasilah atau kalau bisa hindari supaya asma tak gampang menjadi kambuh dan memburuk.

(Baca juga: obat asma)

7. Kacang

Perhatikan pantangan asma di mana salah satunya adalah makanan berupa kacang. Banyak orang yang menyukai makanan ini, tapi ada sebagian orang yang menderita asma dan bisa mengalami dampak buruk ketika mengonsumsinya. Kacang telah dibuktikan lewat sebuah penelitian bahwa mampu membuat asma menjadi gampang kambuh.

Hanya jenis kacang tertentu saja sebenarnya yang berbahaya bila dikonsumsi oleh penderita asma. Tak semua jenis kacang harus dihindari, tapi memang ada sebagian yang harus masuk ke dalam daftar pantangan. Kacang kenari dan kacang tanah mengandung protein tinggi sehingga perlu dihindari karena lebih besar risikonya dalam menyebabkan asma kambuh sewaktu-waktu.

8. Susu

Sebelumnya memang sudah disebutkan bahwa susu bisa menjadi pengganti santan dalam memasak, lalu bagaimana susu bisa berbahaya bagi penderita asma? Susu asalkan tak berlebihan tak masalah, tapi penting juga untuk Anda tahu bahwa susu berprotein dan berkalsium tinggi. Asma dapat kambuh karena asupan protein tersebut yang masuk ke dalam tubuh.

Sponsors Link

Kalau Anda merupakan seorang penderita asma dan ingin menghindari kekambuhan asma, konsumsi susu perlu dibatasi ketat. Bila takut nutrisi tak terpenuhi, terutama protein dan kalsium, silakan gantikan susu dengan minuman berkalsium lainnya. Atau supaya lebih jelas dan aman, tanyakan pada dokter agar tidak salah dalam mengonsumsi makanan.

(Baca juga: ciri-ciri asma)

9. Coklat

Coklat yang berbahaya dan bisa menyebabkan asma kambuh adalah coklat yang terbuat dari cream cheese dan cream butter. Lebih berakibat buruk bila Anda mengonsumsi coklat yang bahan cream butter-nya diganti dengan butter atau mentega, lalu cream cheese digantikan dengan susu dan telur. Lemak tinggi di dalam coklat itulah yang cukup mengancam.

Pengidap asma masih bisa menikmati coklat, tapi pilihlah coklat masak dan berupa dark chocolate yang memang murni. Mengonsumsi coklat hitam murni 100 persen adalah yang paling disarankan, tapi bila pun masih ada yang mengandung kadar kecil cream butter juga tak masalah. Asalkan tak terlalu banyak mengonsumsi, tak akan menjadi masalah besar bagi asma Anda.

10. Pepaya

Sebagai solusi sembelit, buah pepaya adalah yang paling efektif, tapi rupanya cukup berbahaya untuk penderita asma. Getah yang ada pada pepayalah yang bisa memicu pernapasan sering gatal dan kerap membuat asma kambuh. Kalaupun Anda memiliki masalah konstipasi dan asma di saat yang sama, tak perlu terlalu bergantung pada buah pepaya bila takut asma kambuh. Carilah obat alami lain untuk sembelit yang aman untuk asma.

(Baca juga: madu untuk penderita asma – penyebab dada sesak)

Demikianlah daftar 10 makanan penyebab asma kambuh paling umum dan paling perlu diwaspadai. Dengan mengenali makanan apa saja yang berbahaya dan memicu asma kambuh, Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi setiap hari.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 19:14 Oleh :
Kategori : Penyakit Asma