Sponsors Link

6 Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat Tinggi

ads

Asam urat bukanlah nama dari suatu penyakit, asam urat sebenarnya merupakan salah satu zat alami yang dibutuhkan manusia sebagai antioksidan yang baik untuk mengindarkan orang tersebut dari berbagai macam penyakit, selain itu asam urat juga berfungsi sebagai zat yang meregenerasi sel sel dalam tubuh manusia.

Penyakit asam urat atau yang biasa dikenal sebagai gout merupakan jenis penyakit arthritis. Asam urat bisa menyebabkan rasa sakit yang membakar, rasa kaku dan menyebabkan bengkak pada bagian sendi sendi seperti lutut, sikut dan pergelangan tangan. Hal ini bisa terjadi terus menerus selama kurang dari 12 jam. Kecuali jika asam urat ditindak secara medis. Berangsur angsur, asam urat bisa merusak sendi, tendon dan jaringan tisu lainnya. Asam urat umumnya terjadi pada pria dan salah satu gejala utamanya adalah sendi jempol kaki yang membesar.  Asam urat dapat menyebabkan batu ginjal dan beberapa komplikasi lain.

Sejarah asam urat

Asam urat sudah ada dari zaman dahulu, anggapan awal mengenai penyebab asam urat adalah karena     terlalu banyak daging, seafood, dan alcohol. Asam urat dianggap sebagai penyakit yang dialami oleh orang orang kaya kelas atas saja, karena hanya mereka yang mampu memenuhi gaya hidup dengan makanan dan minuman mahal tersebut. Lama sebelum penyebab asam urat diketahui, dokter dokter pada masa itu menemukan beberapa keuntungan melakukan diet khusus asam urat.

Bertahun tahun, pengobatan asam urat berfokus pada penghapusan makanan yang memiliki tingkat purine yang tinggi. Daftar makanan yang menyebabkan gejala asam urat tinggi sangat panjang, namun dalam artikel ini kami hanya akan membahas mengenai sayuran yang menyebabkan asam urat. (baca juga: 30 makanan penyebab asam urat)

Purine

Merupakan salah satu senyawa yang ditemukan di dalam sel makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, kebanyakan dimiliki oleh sayuran. Purin yang anda konsumsi akan diproses menjadi asam urat, seperti yang disebutkan diatas bahwa kita membutuhkan asam urat sebagai anti oksidan alami bagi tubuh. Namun, dalam tingkat asam urat yang terlalu banyak, dapat menjadi masalah bagi tubuh anda. (baca juga: makanan yang mengandung zat purin tinggi)

Meskipun asam urat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, faktor makanan dapat menjadi faktor terbesar penyebab asam urat. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai berbagai sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat :

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran favorit semua orang. Dengan harga yang ekonomis dan kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, bayam seringkali menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk menjadi sayuran utama dalam menu makanan sehari hari.

Sponsors Link

Namun sayangnya, bayam mengandung tingkat purine yang cukup tinggi sehingga bayam dapat membuat anda terkena gangguan asam urat atau bagi anda yang sudah memiliki asam urat, bayam dapat memperburuk keadaan asam urat anda. (baca juga: bahaya  sayur bayam yang dihangatkan)

  1. Kembang kol

Dengan rasa yang cukup unik, kandungan gizi yang baik dan fleksibilitasnya untuk menjadi berbagai masakan, kembang kol seringkali menjadi pilihan untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun seperti bayam, kandungan purine yang tinggi dalam kembang kol menyebabkan kembang kol dianggap sebagai salah satu sayuran yang menyebabkan asam urat. (baca juga: sayur kangkung bagi penderita asam urat)

  1. Asparagus

Asparagus dianggap sebagai salah satu sayuran yang memiliki cita rasa premium dan terkesan mewah, harga sayuran asparagus pun memang tidak murah. Asparagus seringkali menjadi pilihan bagi kaum kelas atas untuk menjadi sayuran pelengkap protein seperti steak. Sayangnya, asparagus juga dianggap memiliki kandungan purine yang tinggi sehingga tidak baik untuk anda yang menderita asam urat. (baca juga: madu untuk penderita asam urat)

  1. Buncis

Buncis merupakan salah satu makanan favorit dunia, dengan tekstur yang renyah dan cita rasa yang unik, buncis seringkali melengkapi menu makan kita untuk dijadikan lalap ataupun ditumis. Kandungan gizi buncis sangatlah lengkap, dengan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, C, dan dilengkapi dengan banyak serat, buncis sangat baik bagi kesehatan. Namun kabar buruk untuk anda penderita asam urat, buncis juga memiliki kadar purine yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat.

(baca juga: buncis bagi penderita asam urat)

sponsored links
  1. Jamur kuping

Dari berbagai jenis jamur yang bisa dikonsumsi, jamur kuping merupakan salah satu yang difavoritkan karena memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang mewah. Jamur kuping sangat baik untuk mencegah iritasi, mencegah anemia dan dapat pula menurunkan tingkat kolestrol. Namun bagi penderita asam urat, konsumsi jamur kuping tidak dianjurkan karena jamur kuping dapat memperburuk kondisi asam urat anda.

(baca juga: kadar asam urat > 7, 8, 9 10)

  1. Kangkung

Sebagai salah satu sayuran favorit orang Indonesia, kangkung seringkali dipilih menjadi menu utama pengisi sayur mayor dalam konsumsi sehari hari. Dengan harga yang sangat ekonomis dan rasa yang sangat enak, kangkung menjadi pilihan tepat bagi masyarakat menengah kebawah untuk melengkapi konsumsi nutrisi vitamin sehari hari. Kangkung memang dianggap memiliki beberapa pengaruh buruk seperti menyebabkan kantuk, selain itu, kangkung juga dianggap buruk bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purine yang tinggi.

baca juga :

Penyebab Asam Urat Lainnya

Asam urat disebabkan oleh terlalu banyaknya asam uric di dalam darah penderita. Seringkali, memiliki banyak asam uric tidaklah berbahaya. Banyak orang dengan asam uric yang tinggi di dalam darah mereka tidak menderita asam urat. Namun jika asam uric yang anda miliki terlalu banyak, asam uric tersebut akan mengkristal di dalam sendi sendi anda. Banyak sedikitnya asam uric yang anda miliki dapat dipengaruhi oleh faktor faktor berikut:

  1. Lifestyle

Jika anda memiliki masalah berat badan berlebihan, kemungkinan anda terkena asam urat akan semakin meningkat, mengkonsumsi terlalu banyak alcohol, daging, dan ikan juga dapat menyebabkan asam urat. Beberapa obat yang mengandung purine juga dapat menyebabkan asam urat. Konsumsi makanan menyumbangkan 12% dari keseluruhan faktor penyebab asam urat. (baca juga: brokoli untuk penderita asam urat)

  1. Genetis

Sebagian faktor penyebab asam urat juga didominasi oleh faktor genetis,    Menyumbangkan angka yang cukup mencengangkan yaitu 60% dari keseluruhan penyebab asam urat.  Gen yang paling banyak terkena asam urat adalah gen yang biasa dikenal sebagai SLC2A9, gen SLC22A12, dan gen ABCG2. (baca juga: bayam bagi penderita asam urat)

  1. Kondisi medis

Asam urat seringkali berasal dari kondisi medis atau komplikasi dari penyakit lain yang dialami penderita. Asam urat sering terjadi sebagai komplikasi dari hipertensi, obesitas, resisten insulin, dan tingkat lipid abnormal. Kondisi lain yang biasanya merupakan komplikasi dari asam urat antara lain polycythemia, gangguan ginjal, anemia, psoriasis dan transplantasi organ tubuh. Indeks berat tubuh yang lebih besar atau sama dengan 35 meningkatkan kemungkinan seseorang terkena gejala asam urat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 28th, April 2016 / 03:27 Oleh :
Kategori : Asam Urat