Sponsors Link

Pengaruh Asam Urat terhadap Ginjal dan Fungsinya

Sponsors Link

Mungkin kita hanya tahu tentang pengaruh asam urat terhadap jantung, padahal pengaruh asam urat terhadap ginjal juga cukup besar. Bahkan antara asam urat dengan gagal ginjal, keduanya benar-benar berhubungan erat dan menjadi salah satu isu penting yang kita semua perlu tahu. Asam urat merupakan sebuah keadaan dan gangguan kesehatan di mana ada kristal asam urat yang menumpuk pada area sendi.

ads

Tingginya kadar asam urat di dalam darahlah yang membuat kristal menumpuk. Protein purin juga turut berpartisipasi dalam meningkatnya kadar asam urat ini. Sebetulnya, bagi pria kadar normal asam urat itu adalah 4-7, sedangkan wanita adalah 3,6-6. Kadar asam urat sendiri ada di dalam setiap manusia.

Konsumsi purin yang berlebihan bisa terjadi bila terjadi gangguan metabolisme. Inilah yang kemudian membuat kadar asam urat bertumpuk dan sendi-sendi mengalami pengkristalan. Pembengkakan pun akhirnya juga muncul di sekitar sendi-sendi kita di mana rasanya tak hanya sakit tapi juga panas. Kesemutan pun tak terelakkan kalau sudah begini.

Gejala serius dari asam urat tidaklah terjadi di tahap awal, namun ini bakal dirasakan pada tahap lanjutan. Di tahap lanjutan inilah penyakit lain akan muncul dan bisa berada dalam tahap serius, yakni gagal ginjal. Lalu, sebenarnya apa hubungan kedua kondisi kesehatan tersebut? Bagaimana bisa asam urat memengaruhi ginjal kita?

(Baca juga: bahaya asam urat tinggi bagi tubuh – sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam uratcara menurunkan kadar asam urat)

Asam Urat Berpengaruh pada Ginjal

Asam urat adalah suatu penyakit yang tak bisa kita remehkan sama sekali. Efek yang penyakit ini timbulkan bukan hanya pada jantung saja, kadar kolesterol tinggi pun menjadi masalah. Bahkan diketahui pula bahwa asam urat dan penyakit ginjal memiliki hubungan erat.

Salah satu penyakit yang menyerang ginjal akibat pengaruh asam urat adalah gagal ginjal. Dan keduanya berhubungan dekat dikarenakan keduanya mempunyai mekanisme pathophysiological yang terbilang sama. Bahkan hal ini sudah ada buktinya oleh penelitian ilmiah dari The American Journal of Kidney Disease. Dengan adanya bukti ini tentu diharapkan setiap kita lebih waspada terhadap asam urat.

Sponsors Link

Dalam penelitian ilmiah tersebut telah dianalisis adanya kaitan antara penyakit ginjal dan asam urat. Ditunjukkan oleh hasil penelitian tersebut bahwa penderita penyakit ginjal (termasuk penyakit gagal ginjal) sudah memiliki asam urat tinggi sebelumnya. Asam urat yang sudah bertahun-tahun dapat memengaruhi kinerja ginjal, jadi bukan hanya jenis-jenis penyakit jantung saja yang perlu diwaspadai.

Bahkan ada pula penjelasan lain mengenai hubungan kedua kondisi tersebut. Dari hasil penelitian jugalah disebutkan bahwa penderita asam urat yang termasuk di dalam 13 persen dari sampel populasi yang diteliti sudah pernah menderita gagal ginjal. Itulah mengapa sangat penting untuk mencegah supaya asam urat dan penyakit ginjal memburuk di saat yang bersamaan.

(Baca juga: jenis penyakit ginjal)

Cara Mencegah Pengaruh Asam Urat terhadap Ginjal Memburuk

Jika sudah diketahui jelas bahwa kita mengidap asam urat, tentu langkah berikutnya adalah mencegah gejala menjadi lebih buruk. Asam urat bisa memengaruhi organ-organ vital kita, jadi lihat beberapa langkah yang kiranya bisa menjadi penyelamat kita:

Sponsors Link

  1. Cobalah untuk pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi dengan dokter akan pengobatan apa yang paling efektif untuk asam urat. Tindakan pengobatan medis biasanya boleh dicoba lebih dulu.
  2. Menghindari makanan berprotein atau berzat purin tinggi juga merupakan salah satu kunci dalam mencegah semakin parahnya asam urat. Makanan yang mengandung zat purin tinggi antara lain meliputi bayam, telur, ikan laut, serta tak ketinggalan sejumlah jenis buah dan sayur.
  3. Bagi yang memiliki kebiasaan meminum minuman beralkohol, hal ini juga sebaiknya dihindari sama sekali.
  4. Beralihlah ke obat herbal apabila obat medis belum tentu efektif. Obat tradisional seperti halnya air rebusan dari daun salam atau air rebusan dari beras ketan hitam tak ada salahnya dicoba.

(Baca juga: cara mencegah penyakit ginjalmakanan yang rendah purinpantangan asam urat)

Asam urat dapat menjadi semakin serius bila kita membiarkannya tanpa penanganan yang benar. Menanganinya sebelum berlanjut memengaruhi jantung dan ginjal adalah keputusan yang bijak. Maka mulailah memeriksakan diri ke dokter secara lebih rutin, serta ubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, July 2016 / 18:40 Oleh :
Kategori : Asam Urat