Sponsors Link

70 Makanan Pantangan Asam Urat

ads

Pantangan asam urat harus benar-benar diperhatikan oleh penderita asam urat agar tidak bertambah parah. Hal itu dikarenakan jika penderita tidak menghindari pantangan-pantangan tersebut akibatnya penderita asam urat akan mengalami kekambuhan. Banyak yang mengeluh jika asam urat kambuh, badan akan terasa tidak nyaman dan tidak enak. Contohnya saja adalah telapak kaki dan telapak tangan yang tidak bisa digerakkan.

Asam urat tidak boleh disepelekan, sebab bisa menimbulkan asam urat kronis. Jika sudah kronis tingkat kesembuhannya memakan waktu yang lama.

Pengertian Asam Urat

Banyak orang yang tidak tahu apa itu penyakit asam urat. Meski familiar di telinga masyarakat, nyatanya banyak masyarakat yang tidak tahu secara pasti apa itu penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit akibat dari zat purin hasil metabolisme tubuh. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan asam urat/zat purin:

  1. Zat purin biasanya akan dilarutkan oleh ginjal kemudian dikeluarkan melalui sekresi urin.
  2. Jika kondisi normal, zat purin tersebut mampu dikeluarkan oleh urin. Namun dalam kondisi yang tidak normal, ginjal tidak bisa menjalankan fungsi dengan baik sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan zat purin itu. Akibatnya adalah zat purin atau asam urat jumlahnya berlebihan di dalam darah.
  3. Kelebihan kadar asam urat inilah yang menyebabkan zat purin menumpuk pada tubuh, tidak hanya menumpuk saja namun juga diendapkan di persendian tubuh manusia.
  4. Zat purin juga bisa diendapkan di ginjal sampai bentuknya bisa berubah menjadi kristal sehingga membentuk batu ginjal.

Jangan Sepelekan Asam Urat

Jangan pernah menyepelekan penyakit asam urat, meskipun penyakit ini bisa menimbulkan nyeri dan menghilang dengan sendirinya. Asam urat bisa membahayakan kesehatan sesorang. Karena rasa nyeri yang sebentar membuat banyak orang menganggap asam urat tidak perlu diobati. Yang namanya penyakit kalau tidak segera diobati tentu bisa berakibat fatal. Bahaya asam urat tinggi jika tidak segera diobati adalah sebagai berikut ini :

  1. Asam urat bisa menyebabkan batu ginjal dikarenakan zat purin yang mengendap di ginjal. Semakin lama fungsi ginjal akan terganggu.
  2. Selain batu ginjal, asam urat bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Tentu Anda tahu bagaimana resiko seseorang yang telah terkena gagal ginjal?. Angka hidupnya sangat tergantung dengan cuci darah yang dia lakukan. Menyebabkan gagal ginjal dikarenakan kerja ginjal akan terbebani saat dia harus mengeluarkan zat purin dalam batas tidak normal.
  3. Asam urat juga bisa mempengaruhi jantung. Asam urat bisa membuat seseorang terkena hiperurikemia. Hiperurikemia merupakan penyakit yang membuat angka kematian penderitanya tinggi. Hal itu dikarenakan kadar asam urat menyumbat pembuluh darah ke jantung.

Gejala Asam Urat

Asam urat erat kaitannya dengan kolesterol. Jika kolesterol tinggi maka asam urat pun dipastikan tinggi. Sebelum membahas apa saja yang menjadi pantangan asam urat ada baiknya kita tahu apa saja gejala yang menjadi indikasi jika asam urat telah meninggi :

  1. Sendi terasa ngilu dikarenakan kadar asam urat yang menumpuk pada persendian. Yang sering ngilu adalah sendi pada kaki dan sendi tangan. Sendi tangan akan merasakan ngilu pada pergelangan tangan dan jari-jari tangan.
  2. Sendi terasa nyeri terutama jika digerakkan atau dibuat gerakan memutar. Cobalah Anda menggerakkan dan memutar telapak tangan Anda. Apakah Anda merasakan nyeri?, Cobalah goyang-goyangkan telapak kaki Anda, apakah terasa nyeri?. Jika iya hal itu bisa menjadi indikasi Anda terkena asam urat.
  3. Penderita merasakan kesemutan terutama di telapak kaki dan telapak tangan. Kesemutan akan terjadi pada menjelang pagi hari.
  4. Telapak kaki dan telapak tangan menjadi bengkak. Hal ini bisa terjadi pada asam urat yang sudah kronis dimana asam urat telah mengeras menjadi endapan kristal.
  5. Ruam kemerahan pada telapak tangan dan kaki hal itu dikarenakan asam urat sudah mulai meradang.
  6. Penderita kesulitan berjalan dan menggenggam sesuatu dikarenakan sendi-sendi kaki dan tangan nyeri dan ngilu.

Batas Normal Kadar Asam Urat Di Dalam Tubuh

Sama halnya dengan kolesterol, asam urat pun memiliki batas normal. Saat ingin memakan makanan, lihatlah terlebih dahulu zat purin yang ada di dalam makanan itu apakah melebihi batas normal asam urat atau tidak. Batas normalnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Untuk laki-laki batas normalnya adalah 3,5-7 mg.
  2. Untuk wanita batasnya adalah 2,6-6 mg.

Untuk mengetahui kadar asam urat di dalam tubuh hanya bisa dilakukan menggunakan tes darah di lab. Anda bisa melakukannya ketika Anda merasakan gejala-gejala dari penyakit asam urat.

Pantangan Asam Urat Dari Segi Makanan

pantangan asam uratSama halnya dengan kolesterol, asam urat banyak disebabkan oleh makanan. Sehingga agar asam urat tidak kambuh, penderita asam urat harus menghindari apa saja yang menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat. Makanan yang memiliki zat purin tinggi sebaiknya jangan dikonsumsi agar tidak menyebabkan asam urat. Makanan di bawah ini dilarang dikonsumsi karena batas purinnya melebihi batas normal bagi laki-laki maupun wanita.

Waspadailah makanan-makanan di bawah ini jika asam urat Anda tidak ingin kambuh :

  1. Kerang

Kerang adalah makanan yang dipantang bagi penderita asam urat. Hal itu dikarenakan kerang selain salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kerang juga mengandung zat purin tinggi, zat purin pada kerang sebanyak 136 mg/ gram.

  1. Makanan Laut

Makanan laut selain kerang sebaiknya juga jangan dikonsumsi terlalu sering karena merupakan jenis makanan penyebab asam urat yang mematikan. Makanan laut seperti udang, kepiting, cumi dan masih banyak lagi lainnya kaya akan purin sehingga bisa menyebabkan ginjal kesulitan dalam mengeluarkannya. Berikut ini kadar asam urat dari makanan laut yang harus dihindari :

sponsored links
  • Udang memiliki kadar purin sebanyak 234 mg/100 gramnya.
  • Ikan sarden memiliki kadar asam urat sebanyak 480 mg/100 gram.
  • Lobster zat purinnya sebanyak 118 mg/100 gram.
  1. Daging Berlemak

Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal itu dikarenakan dengan mengkonsumsi daging terutama daging yang kaya akan lemak menyebabkan kadar asam urat bisa cepat meninggi. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam daging berlemak juga memicu kadar purin juga tinggi. Batas normal konsumsi daging adalah maksimal 6 ons per hari. Lemak jahat tidak mampu diuraikan oleh jantung, begitu pula oleh ginjal.

  1. Ikan Yang Diasinkan

Baik ikan teri dan ikan asing tidak boleh masuk ke dalam perut. Hal itu dilarang karena ikan tersebut mengandung garam yang tinggi. Garam bisa menyebabkan hipertensi, orang yang terkena hipertensi asam urat dan kolesterolnya akan mudah naik dengan cepat. Dalam ikan teri maupun ikan yang diasinkan, zat purinnya sebanyak 239 mg/100 gram.

  1. Makanan Dengan Bahan Kedelai

Makanan dengan bahan kdelai tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sam urat. Hal itu dikarenakan kedelai memiliki zat purin tinggi terutama dengan kedelai yang telah diproses fermentasi/ragi. Kacang kedelai sendiri memiliki zat purin sebanyak 190 mg/100 gram. Sedangkan olahan dari kacang kedelai memiliki zat purin lebih tinggi.

  • Tahu memiliki zat purin 208 mg/100 gram.
  • Tempe zat purinnya 241 mg/gram.
  1. Ikan Kakap

Ikan memiliki kadar protein yang tinggi, namun bagi penderita asam urat ikan kakap menjadi pantangan. Hal itu dikarenakan kandungan purin di dalam ikan kakap sebanyak 160 mg/100gram.

  1. Berbagai Macam Jenis Daging

Daging dari berbagai jenis hewan menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hal itu dikarenakan purin dan juga kandungan kolesterol yang tinggi. Berikut ini berbagai jenis daging yang tidak boleh dikonsumsi dan menjadi pantangan :

  • Daging sapi memiliki zat purin lebih tinggi dari ayam yaitu sekitar 340 mg/100 gram.
  • Daging ayam memiliki zat purin sekitar 169 mg/100 gram.
  • Dada ayam merupakan bagian dari daging ayam. Dada ayam memiliki zat purin tinggi yaitu sekitar 175 mg/100 gram.
  • Daging kalkun memiliki kandungan purin seperti dengan daging ayam.
  • Daging kuda zat purinnya sebanyak 200 mg/100 gram.
  1. Biji Melinjo Dan Kacang Tanah

Biji melinjo dan kacang tanah memiliki zat purin yang tinggi yaitu sekitar 222 mg/100 gram. Hindari emping dan berbagai olahan dari biji melinjo maupun kacang tanah.

  1. Daun Melinjo

Tidak hanya bijinya saja yang menjadi pantangan, namun daunnya juga. Daun melinjo kadar purinnya sangat tinggi yaitu 366 mg/100 gram.

Sponsors Link

  1. Kulit Ayam

Selain mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi, kulit ayam juga memiliki kadar purin yang tinggi yaitu 190 mg/ 100 gram.

  1. Bayam Dan Kangkung

Untuk orang normal, kangkung dan bayam sangat bergizi. Namun untuk penderita asam urat kedua sayur itu menjadi pantangan karena kadar purinnya yang tinggi. Kadar purinnya sebanyak 290 mg/100 gram.

  1. Jeroan

Jeroan adalah salah satu makanan yang sangat-sangat menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Jeroan adalah semua organ yang ada di hewan. Semua jeroan tidak boleh dikonsumsi baik bagi penderita asam urat maupun orang normal. Untuk orang normal jika sering mengkonsumi jeroan, dia akan rentan terkena kolesterol dan asam urat. Berbagai macam jeroan dan zat purinnya :

  • Limpa kambing memiliki zat purin 773 mg/100 gram.
  • Hati ayam dengan zat purin 243 mg/100gram.
  • Jantung sapi dengan zat purin 256 mg/ 100 gram.
  • Ginjal sapi zat purin sebanyak 269 mg/ 100 gram.
  • Paru sapi zat purinnya sebanyak 329 mg/ 100 gram.
  • Lidah sapi dengan kandungan purin 160 mg/ 100 gram.
  • Hati sapi dengan zat purin 554 mg/ 100 gram.
  • Jantung kambing sebanyak 241 mg/ 100 gram.

Minuman Yang Menjadi Pantangan

Tidak hanya makanan saja yang menjadi pantangan namun juga dari segi minuman pun ada yang menjadi pantangan. Yang menjadi pantangan adalah berikut ini :

  1. Soda Dan Bir. Hal ini tidak boleh dikonsumsi karena tinggi akan zat fruktosa. Zat itu ada pada sirup pembuat soda. Pemanis buatan yang ada pada soda ditambahkan dengan zat fruktosa membuat kadar asam urat terpacu dengan cepat dan bisa memproduksi lebih banyak kadar asam urat. Bahaya minuman bersoda juga wajib anda hindari karena dapat menyebabkan osteoporosis.
  2. Alkohol, bahaya alkohol tidak hanya untuk asam urat, melainkan juga berbahaya bagi kesehatan lainnya
  3. Kopi. Bahaya kopi dilarang bagi penderita asam urat. Kadar pada kopi sebanyak 2200 mg.
  4. Minuman Cokelat Hangat. Cokelat hangat memiliki kadar purin sebanyak 2300 mg/ 100 gram sehingga tidak boleh diminum.

Kegiatan Yang Tidak Disadari Bisa Menyebabkan Asam Urat

Kebiasaan buruk juga akan menyebabkan kadar asam urat meninggi. Namun kegiatan itu sering tidak disadari oleh banyak orang. Penyebab asam urat adalah mandi malam hari, bahaya mandi malam ini dilakukan lebih dari pukul 6 malam. Oleh sebab itu mandi malam hari dijadikan kegiatan yang menjadi pantangan asam urat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Sunday 22nd, March 2015 / 13:57 Oleh :
Kategori : Asam Urat