12 Gejala Asam Urat pada Kaki untuk Diwaspadai

Asam urat juga diketahui sebagai sebuah penyakit yang bernama gout di mana penderitanya akan merasakan adanya rasa nyeri, bengkak serta sensasi panas yang tak tertahankan di bagian sendi. Walaupun asam urat dapat dialami di bagian sendi manapun, tapi bagian kaki adalah yang paling sering dan umum, yakni di bagian jari kaki, pergelangan, serta lutut.

Sebelum Anda mulai mencari cara mengatasi asam urat, Anda perlu tahu gejala asam urat pada kaki apa saja. Ketika gejala muncul dan Anda tak menyadarinya, akan sulit untuk kemudian mengatasinya. Banyak orang yang bahkan tak menyadari bahwa rasa nyeri yang timbul di kaki bisa menjadi tanda awal dari penyakit asam urat, maka dari itu simak gejala di bawah ini.

(Baca juga: makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat – sayur yang dilarang untuk asam urat)

1. Sendi Kaki Tak Nyaman

Ketika sendi kaki Anda terasa tak nyaman, termasuk juga nyeri sendi lutut, ini bisa jadi memang kondisi biasa, tapi juga dapat menandakan asam urat. Ketidaknyamanan pada sendi ini berpotensi terjadi dan dirasakan di malam dan siang hari. Ketika Anda merasakan bahwa sendi kaki tak seperti biasanya Anda perlu memeriksakannya.

Biasanya, hal yang dirasakan adalah pergelangan maupun lutut kaki yang sulit digerakkan di mana inilah yang menjadikan Anda sama sekali tidak nyaman. Dalam sekali serangan, diketahui bahwa lamanya ketidaknyamanan ini bertahan selama 3 hari lebih. Tapi setelah itu rasa sakit akan hilang seperti tidak pernah ada.

2. Sendi Kaki Terasa Nyeri

Pada gejala awal, ada rasa nyeri atau sakit di bagian sendi kaki dan memang biasanya keluhan semacam ini lebih sering dialami oleh para orang tua. Rasa sakit ini lebih umum timbul ketika malam hari yaitu ketika Anda sedang tidur.

Rasa nyeri pun terbilang cukup beragam dan nyeri ini justru lebih sering dianggap sebagai rematik. Banyak orang tua yang tak tahu bahwa nyeri tersebut merupakan sebuah awal dari penyakit asam urat. Itulah mengapa banyak orang sering menyamakan antara asam urat dan rematik karena rasa nyeri sendi tersebut.

(Baca juga: bayam bagi penderita asam urat)

3. Sendi Kaki Kesemutan

Selain rasa nyeri pada sendi kaki, rasa kesemutan pun juga turut muncul. Kalau biasanya kesemutan terjadi dikarenakan berada pada posisi yang sama dalam waktu cukup lama sehingga menyebabkan peredaran darah tak lancar, kali ini kesemutan disebabkan oleh kadar asam urat yang sudah cukup tinggi. Bahkan bahaya kesemutan pada sendi juga menandakan bahwa asam urat telah meradang.

4. Sensasi Terbakar pada Kaki

Selain rasa nyeri, pada kaki Anda akan ada rasa atau sensasi terbakar atau kaki tiba-tiba terasa begitu panas. Hal ini bisa saja dipicu oleh adanya kadar asam urat yang cukup tinggi pada darah Anda sehingga rasa panas ini kemudian timbul dan menjalar.

Jempol kaki adalah bagian yang paling awal terkena sensasi panas ini yang kemudian menyebar ke seluruh bagian. Cukup banyak kasus di mana penderita akan kekurangan waktu istirahat alias terkena insomnia dan sulit tidur akibat rasa panas dan nyeri di kaki. Hanya saja, rasa sakit biasanya cuma timbul beberapa saat tapi juga bisa terlalu sering.

5. Sakit pada Jempol Kaki

Apakah Anda merasakan sakit di bagian jempol kaki? Ini adalah tanda awal dari adanya kondisi asam urat tinggi di dalam tubuh Anda. Terjadi di malam hari, ini merupakan kondisi yang akan membuat Anda kesulitan untuk terlelap. Bahkan rasa sakit ini akan memicu perubahan emosi juga.

Penderita gejala sakit di bagian jempol kaki akan mengalami kurang tidur, sulit menggerakkan jempol kakinya, cepat emosi, serta merasakan bahwa tubuh mulai melemah. Ketika dalam beberapa hari Anda merasakan gejala seperti ini, jangan ragu untuk memeriksakan segera kadar asam urat dalam darah Anda supaya jelas.

(Baca juga: pantangan asam urat)


6. Sendi Kaki Gatal-gatal

Agak aneh memang, apakah sendi bisa merasakan gatal? Sendi yang mengalami sensasi panas bisa saja merasakan adanya gatal-gatal, yang lebih tepatnya mungkin terjadi pada jaringan permukaan kulit. Gejala awal semacam ini biasanya tidaklah terlalu diperhatikan dan cenderung diabaikan karena menganggapnya sebagai reaksi alergi atau gatal-gatal biasa saja.

Karena sering tak diperhatikan, justru tanda awal seperti ini justru malah bisa membawa kondisi makin parah. Kulit yang gatal ini akan berkembang dan menjadikan kulit sendi mengeras di mana ini adalah petunjuk bagi Anda untuk mengendalikan kadar asam urat. Saat kadarnya tak terkendali, jelas gejala bakal lebih buruk dan akhirnya malah tersebar ke area sendi di sekelilingnya.

7. Sendi Kaki Kaku

Setelah nyeri sendi dan ketidaknyamanan, sendi kaki pun akan merasakan kekakuan sehingga Anda tak akan mampu menggerakkannya seperti pada normalnya. Karena tidak bebas ini maka ada hubungannya juga dengan kaki yang terasa tak nyaman. Dari gejala awal inilah Anda perlu mulai mengontrol kadar asam urat.

Penanganan yang terlambat atau memang Anda sengaja mengabaikannya karena mengira bahwa kondisi akan membaik dengan sendirinya justru hanya akan memperburuk kondisi asam urat. Sendi yang tadinya masih bisa digerakkan walaupun kaku pada akhirnya tak bisa digerakkan sama sekali. Risiko atau bahayanya adalah kelumpuhan ketika penanganan juga tidak tepat.

(Baca juga: obat herbal nyeri sendi)

8. Permukaan Kulit Bersisik

Kulit yang bersisik juga bisa menjadi tanda atau gejala dari asam urat pada kaki Anda. Tak sekadar rasa nyeri dan panas saja, biasanya permukaan atau jaringan kulit yang bersisik ini disertai dengan gatal-gatal seperti yang sudah disebutkan. Bersisiknya kulit merupakan tanda kadar asam urat Anda terlalu tinggi.

9. Sendi Kemerahan

Sensasi panas dan gatal dapat menjadi gejala dari penyakit asam urat, namun sendi yang kemerahan pun juga perlu diwaspadai sebagai kondisi asam urat. Merahnya sendi kaki Anda bisa saja terjadi dikarenakan adanya sensasi terbakar tadi. Tanda seperti ini menunjukkan bahwa gejala sudah serius.


10. Sendi Membengkak

Penumpukan asam urat dan dengan kadarnya yang tinggi di bagian sendi akan memicu pembengkakan pada sendi. Ini karena asam urat diketahui telah menimbun di peredaran darah sehingga akhirnya terkirimlah ke area sendi. Hanya saja, pembengkakan sendi ini bukanlah gejala awal karena sendi hanya akan mulai membengkak setelah penderita terkena serangan asam urat cukup sering.

(Baca juga: sayur kangkung bagi penderita asam urat)

11. Demam

Gejala seperti munculnya demam juga terjadi dan ini biasanya lebih sering terjadi atau dialami oleh mereka yang usianya sekitar 30 tahun ke bawah. Asam urat tak hanya diderita oleh para lansia saja, tapi juga orang-orang yang masih cukup mudah. Ketika demam ini disertai dengan gejala lainnya, Anda sudah sepatutnya memeriksakan diri ke dokter.

12. Detak Jantung Cepat

Selain demam, gejala lainnya yang bisa dirasakan adalah detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Ciri-ciri asam urat satu ini sebaiknya Anda perhatikan apakah memang disertai pula dengan ciri yang lain. Gejala seperti ini bisa juga terjadi pada orang-orang yang sudah setengah baya, bahkan risiko jauh lebih besar terjadi pada para wanita yang telah menopause.

(Baca juga: buncis bagi penderita asam urat – penyebab radang sendi)

Itulah sejumlah informasi mengenai gejala asam urat pada kaki yang kiranya bisa membuat Anda lebih waspada dan dapat segera menanganinya.

, , ,
Post Date: Sunday 13th, November 2016 / 08:00 Oleh :
Kategori : Asam Urat