Sponsors Link

Bahaya Bayam bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Salah satu penyebab terbesar dari kemunculan penyakit ini adalah kurangnya memperhatikan asupan makanan. Penyakit asam urat muncul ketika terjadi pemecahan zat purin yang berlebihan di dalam tubuh. Kondisi tersebut biasanya akan menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri, terutama pada bagian jempol kaki. Karena itulah, penderita asam urat sering disarankan untuk menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung banyak purin.  (baca juga: makanan yang mengandung zat purin tinggi)

ads

Bahaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penderita asam urat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan purin. Lalu bagaimana dengan sayur bayam? Sayur bayam selama ini dianggap sebagai salah satu sayuran hijau yang menyehatkan tubuh. Kandungan zat besi yang sangat tinggi di dalam bayam dipercaya dapat mencegah anemia dan juga meningkatkan pembentukan jumlah sel darah merah dalam tubuh. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan zat besi)

Akan tetapi, bagi Anda yang menderita penyakit asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan purin. Berdasarkan tabel makanan AcuMedico, dalam 100 gram bayam terkandung purin sebanyak 57 gram purin. Jumlah yang sangat besar bukan? Karena itu tidak heran jika seseorang yang menderita penyakit asam urat sering mengeluhkan rasa nyeri yang melebihi biasanya setelah mengkonsumsi bayam.

Hal tersebut terjadi karena pemecahan purin di dalam tubuh terjadi lebih banyak dan menimbulkan rasa sakit di bagian persendian. Bahkan pada beberapa kasus penyakit asam urat yang serius, asupan purin berlebih bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian persendian dan menimbulkan rasa nyeri luar biasa. (baca juga: bahaya sayur bayam yang dihangatkan)

Makanan yang Mengandung Banyak Purin

Penderita asam urat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Mengkonsumsi banyak purin sekaligus akan menimbulkan pengapuran di bagian persendian akibat dari penumpukan limbah alami dari dalam tubuh.

Beberapa jenis asupan seperti vitamin C, makanan kaya serat, makanan yang kaya akan potassium, serta makanan sumber karbohidrat kompleks adalah beberapa jenis asupan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. beberapa jenis asupan tersebut menurunkan resiko pengapuran di bagian persendian. Selain itu, memperbanyak asupan air putih juga bisa menurunkan kadar purin dalam tubuh. (baca juga: bayam untuk penderita asam urat)

Sponsors Link

Sebagai tambahan informasi bagi Anda yang menderita asam urat, berikut beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi dan sebaiknya Anda hindari :

  • Daging merah umumnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, bagian hewan yang lain yaitu jeroan seperti hati, ginjal, dan juga otak adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Selain itu, jeroan biasanya memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi sehingga jenis makanan tersebut sebaiknya Anda hindari. (baca juga: bahaya daging merah)
  • Seafood seperti ikan sarden, makarel, tuna, lobster, dan juga kerang adalah beberapa jenis makanan yang juga mengandung banyak purin dan sebaiknya Anda hindari. (baca juga: khasiat teripang laut)
  • Anggur juga mengandung banyak purin. Meskipun anggur tergolong jenis buah yang menyehatkan, namun bagi Anda yang menderita asam urat sebaiknya menghindari jenis buah yang satu ini. (baca juga: cara mengobati gagal jantung)
  • Tape adalah salah satu jenis makanan tradisional yang sebaiknya Anda hindari jika Anda menderita asam urat. Bahan baku tape yaitu singkong sebenarnya tidak mengandung banyak purin, namun ragi yang digunakan sebagai bahan fermentasi mengandung banyak purin yang tidak baik bagi penderita asam urat. (baca juga: buncis bagi penderita asam urat)
  • Asparagus juga menjadi sayuran yang sebaiknya Anda hindari ketika menderita asam urat. Dalam 100 gram asparagus, terkandung purin sebanyak 23 gram. Kandungan purin tersebut memang lebih rendah dibandingkan kandungan purin dalam bayam. Namun, jenis sayuran tersebut sebaiknya juga Anda hindari jika tidak ingin penyakit asam urat Anda memburuk. (baca juga: sayur kangkung bagi penderita asam urat)
Sponsors Link

  • Kembang kol juga menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak purin. Dalam 100 gram bunga kol terkandung 51 gram purin. Kandungan tersebut relatif besar apalagi bunga kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam jumlah besar. (baca juga: madu untuk penderita asam urat)
  • Jamur adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan purin paling tinggi jikuka dibandingkan jenis sayuran yang lain. Dalam 100 gram jamur terkandung 92 gram purin. (baca juga: kadar asam urat normal)
  • Daging unggas juga mengandung banyak kandungan purin. Daging unggas masih boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat namun dalam jumlah yang terbatas yakni tidak lebih dari 75 gram per harinya. (baca juga: sayur yang dilarang untuk asam urat)
  • Alkohol adalah jenis minuman yang tidak boleh Anda konsumsi jika Anda menderita asam urat. Kandungan purin di dalam minuman beralkohol adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan kandungan purin dalam jenis minuman yang lainnya. (baca juga: kopi bagi penderita asam urat)

Demikian beberapa jenis asupan makanan yang sebaiknya Anda hindari jika Anda memiliki penyakit asam urat. Kandungan purin yang terlalu tinggi dalam beberapa jenis makanan tersebut akan meningkatkan pengapuran dalam persendian Anda. Untuk mempercepat penyembuhan sekaligus mencegah asam urat, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan potassium, serat, vitamin C, dan juga karbohidrat kompleks.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 07:14 Oleh :
Kategori : Asam Urat