Sponsors Link

7 Bahaya Asam Urat Tinggi Bagi Tubuh

Sponsors Link

Asam urat merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian-bagian persendian pada tubuh. Asam urat dapat terjadi karena konsumsi zat yang bernama purin secara berlebihan dan membuat zat purin tersebut gagal dicerna dan di keluarkan oleh ginjal. Ketika zat purin tersebut tidak mampu dicerna dan dikeluarkan oleh ginjal, maka zat purin tersebut akan mengkristal dan menempel serta menumpuk pada bagian-bagian persendian, sehingga menghambat kerja persendian dan menjadikan penyakit asam urat.

ads

Penyebab Asam Urat

bahaya asam uratAda beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita asam urat yang tinggi pada tubuhnya, antara lain :

  • Gaya Hidup – Gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi, juga akan mempengaruhi tingginya resiko seseorang dalam mengidap penyakit asam urat.
  • Genetik – Penyakit asam urat ini juga sering dikaitkan dengan faktor keturunan, dimana seseorang akan mudah terkena asam urat apabila memiliki garis keturunan asam urat di keluarganya.
  • Jenis Kelamin – Pria ternyata memiliki resiko mengalami penyakit asam urat lebih tinggi dibandingkan wanita.

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan asam urat yang tinggi, maka anda juga harus mengetahui, apa saja bahaya dari jenis penyakit asam urat tinggi ini. Berikut ini bahaya asam urat tinggi :

1. Nyeri dan Sakit Parah pada Persendian

Asam urat yang tinggi, yang gagal di cerna seharusnya dikeluarkan oleh ginjal. Jika tidak, akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing dan menempel pada bagian persendian. Kristal-kristal ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang berlebihan ketika menggerakkan bagian tubuh yang ditempeli kristal tersebut.

2. Menghambat Aktivitas

Rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian akan sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan ketika tubuh harus bergerak, namun merasakan sakit yang luar biasa pada bagian persendian, pastinya akan sulit untuk bergerak dan pada akhirnya aktivitas menjadi terbengkalai dan terhambat.

3. Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik merupakan suatu kondisi dimana ginjal sulit melakukan pembuangan kandungan asam urat dalam tubuh, sehingga akhirnya asam urat tersebut akan mengkristal dan menempel pada persendian tubuh. Kondisi asidosis metabolik ini akan meningkatkan frekuensi dari pengambilan nafas, yang nantinya akan membuat keadaan :

Sponsors Link

  • nafas anda menjadi tersengal-sengal
  • merasa pusing
  • lemas
  • hilangnya kesadaran yang akan berujun pada kematian

Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin yang terlalu tinggi dan meningkatkan kandungan asam urat melebihi standar, yaitu 7 mg / dl.

4. Batu Ginjal

Bahaya asam urat yang tinggi dan kelebihan asam urat pada urine akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kondisi asam urat yang kemudian mengkristal dan pada akhirnya akan menjadi batu ginjal, yang akan menyumbat bagian saluran urin seseorang. Hal ini akan berakibat anda akan merasakan nyeri ketika akan membang air kecil.

5. Gagal Ginjal

Asam urat yang tinggi, akan membentuk kristal-kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu ketidak mampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, yaitu salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi anda yang menderita asam urat tinggi.

6. Pirai

Pirai merupakan kondisi dimana seseorang mengalami nyeri yang sangat mengganggu dan luar biasa pada bagian sendi-sendi kecil dan bagian telapak kaki. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, maka tubuh akan memproduksi asam urat yang banyak pula, hal ini memicu terjadinya pengkristalan dan mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan.

7. Penyakit Jantung Koroner

Asam urat tinggi atau Hiperurkemia memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki suatu sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin, dimana dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung coroner.

Sponsors Link

Dengan berbagai bahaya yang ditimbulkan, maka anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul dari asam urat yang tinggi ini.

Tips Mengurangi Kadar Asam Urat Tubuh

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi kadar asam urat yang terkandung di dalam tubuh anda :

bahaya asam urat1. Kurangi Rasa Sakit dengan Obat Asam Urat – Obat-obaant yang diproduksi untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat sudah bayak beredar di pasaran. Anda bisa mengkonsumsi obat-obat tersebut dengan resep dokter, untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat asam urat yang tinggi.

2. Banyak Minum Air Putih – Air putih akan sangat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Air putih juga sangat berguna untuk memperlancar pembuangan urine dan dapat mencegah terjadinya gejala batu ginjal.

3. Konsumsi Makanan Potasium Tinggi – Makanan yang mengandung potasium tinggi dapat membantu mengurangi kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Makanlah pisang, yoghurt kentang untuk mencegah asam urat.

4. Hindari Bahan Makanan Pemicu Asam Urat Tinggi – Ini adalah suatu pantangan yang tidak boleh dilanggar apabila sudah merasakan gejala dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang wajib dihindari, apabila kadar asam urat sudah tinggi :

  • Jeroan
  • Coklat
  • Kafein
  • Melinjo
  • Emping
  • Kedelai
  • Makanan Hasil Laut

Kadar asam urat ini memiliki standar tersendiri di dalam tubuh manusia. Kandungannya diwajibkan jangan sampai lebih dari 7 mg / dl di dalam tubuh. Apabila kandungan asam uratnya melebihi standar tersebut, maka akan menimbulkan bahaya asam urat dengan rasa sakit pada bagian persendian. Hal ini, sebagai akibat dari menumpuknya asam urat pada bagian persendian ini.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 03rd, March 2015 / 10:05 Oleh :
Kategori : Asam Urat