Sponsors Link

40 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung Akut

Sponsors Link

Asam lambung merupakan sebuah kondisi yang masih termasuk di dalam golongan gangguan pencernaan. Asam lambung terjadi dikarenakan kenaikan asam lambung yang diproduksi pada bagian lambung. Makanan yang kita santap akan masuk melalu kerongkongan menuju lambung, namun lambung tak akan mampu menoleransi makanan dengan kadar lemak dan asam tinggi.

ads

Lambung hanya bisa menorelansi keasaman dengan kadar pH sampai 2.0 dan bila di bawah angka tersebut maka enzim khusus untuk mencerna protein tak akan mampu dihasilkan oleh asam lambung. Dinding lambung pun akhirnya akan penuh dengan cairan di mana cairan ini dinamakan asam lambung. Ketika asam lambung tak turun juga, Anda patut memerhatikan makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung akut supaya tak makin serius.

(Baca juga: bahaya asam lambung naik – madu bagi penderita asam lambung)

Makanan dengan Rasa Asam

Penting untuk diketahui bahwa makanan dengan rasa asam di dalamnya terkandung acid reflux yang mampu membuat kadar asam lambung bisa meningkat di dalam perut. Makanan dengan rasa asam dapat membuat refluks asam timbul sehingga akhirnya kondisi lambung menjadi lebih buruk. Lambung tidak selalu bisa menoleransi kadar keasaman berapapun, jadi lebih baik hindarilah makanan-makanan asam seperti berikut ini:

  1. Acar
  2. Asinan
  3. Cuka
  4. Mangga muda
  5. Belimbing
  6. Kedondong
  7. Belimbing wuluh
  8. Nanas
  9. Jeruk

Makanan Berkandungan Alkohol

Makanan yang berkadar alkohol tinggi tidaklah baik untuk kesehatan lambung, apalagi yang asam lambungnya sudah sering naik. Ingat bahwa makanan dengan alkohol tinggi mempunyai gas tinggi juga sehingga akan lebih meningkatkan asam lambung secara lebih cepat. Makanan dengan alkohol tinggi merupakan makanan yang melewati proses fermentasi dan untuk penderita asam lambung, makanan-makanan beralkohol yang perlu dihindari antara lain:

  1. Manisan sayur
  2. Tape ketan
  3. Manisan buah
  4. Tape singkong

(Baca juga: cara mengobati asam lambung naik)

Kue yang Sulit Dicerna Lambung

Ada sejumlah jenis kue yang tak aman untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung, Ini karena ada jenis-jenis kue yang memang tak mudah dicerna oleh lambung kita. Alhasil, lambung akan menjadi terlambat dalam proses pengosongan isinya. Asam lambung kemudian bisa naik akibat terjadinya peregangan yang juga meningkat akibat terlambatnya pengosongan lambung.

Ketika asam lambung naik dengan cepat, Anda perlu memerhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam perut atau lambung. Untuk jenis kue yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama sakit lambung adalah:

  1. Kue pisang
  2. Kue keju
  3. Kue tar (karena kue tar biasanya memiliki banyak krem)
  4. Kue coklat

Makanan Berkandungan Gas

Makanan selanjutnya yang juga termasuk di dalam pantangan para penderita asam lambung jelas adalah makanan yang mengandung gas tinggi. Ingat bahwa makanan dengan gas tinggi bakal memicu kenaikan asam lambung. Daftar makanan apa sajakah yang termasuk bergas tinggi?

  1. Pisang ambon
  2. Nangka
  3. Kol
  4. Sawi
Sponsors Link

Jenis sayuran seperti kol dan sawi adalah jenis sayur yang bisa menjadikan perut orang yang dalam keadaan sehat dan normal menjadi begah. Kol serta sawi akan memberikan efek atau rasa penuh di dalam perut yang sebetulnya disebabkan oleh gas yang dikeluarkan oleh kol serta sawi ketika sudah masuk ke dalam perut. Jika sebelumnya seseorang sudah punya riwayat asam lambung lalu memakan sayur kol dan sawi, otomatis asam lambung naik pun bisa terjadi dengan mudah dan lebih gampang kambuh.

(Baca juga: perbedaan sakit maag dan asam lambung)

Makanan Berkarbohidrat

Cukup mengejutkan memang bahwa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ternyata juga malah tak sehat untuk lambung. Makanan dengan karbohidrat yang tinggi memang amat mengenyangkan dan memudahkan lambung untuk terisi secara cepat dan lambung pun menjadi lambat dalam proses pengosongan isi. Itulah mengapa beberapa makanan berkarbohidrat bakal dilarang untuk dimakan oleh yang memang menderita asam lambung. Berikut adalah makanan yang dimaksud:

  1. Mie
  2. Pasta
  3. Jagung (ini karena jagung dikenal dengan teksturnya yang cukup kasar sehingga akan sulit untuk lambung dalam proses mencernanya).
  4. Nasi
  5. Roti putih (karena roti putih terbuat dari lemak yang berasal dari mentega, tentu ini menjadi kurang baik bagi yang kondisi asam lambungnya sedang naik dan tidak baik).

Makanan Keras

Makanan dengan tekstur keras juga dilarang untuk yang sedang menderita penyakit asam lambung. Jenis makanan tersebut bakal secara lebih mudah dalam membuat lambung terluka dan memicu kenaikan asam lambung. Dapat dibayangkan bahwa lambung yang tengah bermasalah malah justru ditambah dengan makanan bertekstur kasar di mana akhirnya nanti luka lambung akan tersentuh.

Bila luka tersebut tersentuh oleh makanan bertekstur kasar yang mengisi perut, maka akan ada rasa sakit yang ditimbulkan. Jadi, lebih bijaklah dalam memilih makanan untuk dikonsumsi dan mana jenis yang sebaiknya dihindari. Jenis makanan keras yang bisa dihindari lebih dulu antara lain adalah:

  1. Dodol (tekstur boleh halus tapi dodol adalah makanan yang cukup alot sehingga lambung tak akan mampu mencernanya dengan cepat).
  2. Talas (tekstur talas bisa dibilang kasar akibat kandungan serat yang tinggi, maka hal ini otomatis menjadi penghambat kinerja lambung).
  3. Beras ketan (lambung jelas akan kesulitan untuk mengonsumsinya dan ketika sudah menderita asam lambung, memakan beras ketan hanya akan menimbulkan rasa perih di lambung).

(Baca juga: ciri asam lambung dan obatnya)

Sponsors Link

Makanan Berlemak sekaligus Berminyak

Makanan dengan kandungan lemak dan minyak yang tinggi juga tak baik untuk lambung penderita asam lambung. Lambung akan dengan mudah teriritasi apabila diisi dengan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi serta makanan yang terlalu berminyak. Jenis makanan yang dimaksud dan perlu untuk dijauhi adalah:

  1. Sayur tumis
  2. Gorengan
  3. Jeroan hewan (makanan ini juga termasuk di dalam kategori makanan yang susah untuk dicerna).
  4. Kuning telur (karena kuning telur diketahui mengandung lemak cukup tinggi)

Daging Merah

Menurut UMMC, daging merah merupakan salah satu makanan yang tak dianjurkan untuk para penderita asam lambung. Larangan konsumsi ini dikemukakan karena memang daging merah sendiri mengandung lemak trans. Itulah mengapa daging merah sementara tak boleh mengisi perut Anda, terutama saat asam lambung sedang naik-naiknya.

Beberapa orang akan bertanya apakah daging merah yang tidak digoreng tapi diolah dengan cara lain seperti dipanggang akan lebih baik. Sayangnya, daging merah panggang pun tak dianjurkan untuk mengisi lambung Anda. Iritasi bisa dipicu oleh daging merah panggang akibat efek panas yang berasal dari daging itu sendiri.

Makanan Pedas

Makanan dengan rasa pedas adalah yang juga perlu dihindari oleh penderita-penderita asam lambung apabila tak ingin lambungnya semakin teriritasi. Selain dapat membuat lambung iritasi, makanan pedas biasanya juga akan menyebabkan lambung tak nyaman. Jadi, sebaiknya Anda mulai menghindari makanan-makanan seperti:

  1. Makanan dengan merica berlebih
  2. Saus panas
  3. Saus cabai
  4. Sambal
  5. Cabai
  6. Saus panas

(Baca juga: penyebab luka di lambung dan cara mengatasinyatanda-tanda asam lambung)

Daripada mengonsumsi makanan-makanan tersebut, alangkah baiknya Anda mulai memilih makanan yang aman bagi lambung. Lidah buaya, apel, kentang, semangka, pisang (asal bukan pisang ambon), brokoli, wortel, daging rendah lemak, melon, gandum, ikan dan putih telur adalah makanan-makanan yang lebih dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, January 2017 / 02:25 Oleh :
Kategori : Asam Lambung