Sponsors Link

14 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami Paling Cepat

ads

Asam lambung baru akan terasa lebih seriusnya ketika kita sudah terlalu lama membiarkannya. Sebagian orang ketika asam lambung naik tak akan begitu menyadarinya atau tak langsung menanganinya dan inilah yang menyebabkan asam lambung kambuh-kambuhan. Asam lambung saat naik bisa benar-benar menimbulkan rasa nyeri di bagian perut atas, apalagi kalau asam lambung mencapai tenggorokan.

Penderita asam lambung pun pasti ada yang enggan untuk membawanya ke dokter dan memilih untuk mengobatinya dengan bahan-bahan alami. Lalu, cara mengobati asam lambung secara alami seperti apa yang ampuh dan sudah terbukti efektif? Di bawah ini adalah sejumlah cara yang dapat dipertimbangkan dan dicoba saat asam lambung muncul.

(Baca juga: ciri asam lambung dan obatnya)

1. Menggunakan Kunyit

Selain menjadi cara mengatasi alergi obat alami, kunyit juga memiliki kemampuan dalam mengobati asam lambung. Kunyit dengan segala kandungan baiknya akan mampu meredakan naiknya asam lambung.

  • Caranya: Sediakan kunyit secukupnya saja yang kemudian dicincang-cincang kecil, dan rebuslah bersama air sebanyak 1,5 gelas. Tunggu hingga masak dan mendidih hingga 15 menit kurang lebihnya. 15 menit berlalu, air bisa diangkat dan saringlah. Supaya lebih lezat untuk dikonsumsi, tambahkan saja madu murni sedikit atau gula aren juga boleh agar rasanya lebih manis.

2. Mengunyah Permen Karet

Asam lambung juga bisa diobati dengan cara mengunyah permen karet. Jadi bagi Anda yang gemar makan permen karet, hal ini ternyata bisa menolong agar potensi asam lambung dapat menurun. Di dalam permen karet ini ada kandungan yang mampu membuat penyakit asam lambung lebih ringan melalui peningkatan produksi air liur. Asam lambung akan menjadi lebih netral dengan sifat alkali dari air liur kita.

(Baca juga: gejala asam lambung)

3. Makan Pisang

Buah pisang sangat bagus untuk mendukung program diet karena dapat memberikan efek kenyang dan mampu menahan rasa lapar lebih lama. Tapi ada juga bahaya efek terlalu banyak makan buah pisang yang perlu dihindari karena segala yang berlebihan pun tak akan baik bagi kesehatan. Pisang adalah buah tepat untuk mengobati asam lambung karena diketahui di dalamnya ada kandungan antasida yang tugasnya meredam hasil produksi zat HCI berlebih. Dengan tugasnya tersebut, pisang dapat menjadi obat yang manjur, tapi hentikan cara ini bila pisang malah membuat asam lambung lebih parah.

4. Posisi Berdiri Tegap sesudah Makan

sponsored links

Tak hanya ramuan alami nan tradisional saja yang bisa menyelamatkan Anda dari bahaya asam lambung. Postur tubuh pun juga dapat diperbaiki demi mengatasi penyakit asam lambung secara efektif. Ada sebagian dari Anda yang pasti memiliki kebiasaan berbaring tepat sesudah makan karena kekenyanyan akan membuat cepat mengantuk.

Ternyata berbaring atau tidur-tiduran sesudah makan itu tidak disarankan, ketahui bahaya tidur setelah makan selain dari asam lambung yang naik. Sesudah makan, upayakan agar tubuh diposisikan berdiri tegap selama beberapa menit. Atau jalan-jalan sedikit lebih dulu sebelum akhirnya duduk atau berbaring.

(Baca juga: ciri-ciri luka lambung)

5. Menggunakan Jahe

Rempah jahe terkenal menjadi obat batuk yang luar biasa efektif terlepas dari adanya sejumlah efek samping jahe yang bisa berbahaya bila dikonsumsi berlebih. Kali ini kita justru akan menggunakannya sebagai obat asam lambung yang alami.

  • Caranya: Ambil dan siapkan jahe sebanyak 2-4 gram saja dan tidak boleh lebih dari itu. Dibikin wedang juga bisa karena air jahelah yang biasanya menjadi ramuan ampuh bagi penderita asam lambung. Hanya saja sebaiknya dosis jahe tidaklah terlalu besar karena asam lambung bakal makin parah setelahnya.

6. Tidur dengan Posisi Menyamping

Untuk mengobati asam lambung apalagi yang sudah cukup tinggi, bahkan posisi tidur pun harus diatur sedemikian rupa. Asam lambung yang tinggi tidak hanya perlu diobati dengan ramuan tradisional, tapi juga membenarkan posisi tidur agar asam lambung bisa sembuh. Posisi tidur menyamping adalah yang paling disarankan.

Tidur dengan posisi ke kanan maupun kiri rupanya dapat membuat rasa nyeri dari naiknya asam lambung tertekan. Yang perlu dihindari di sini supaya asam lambung tidak makin serius adalah posisi tidur tengkurap. Berbaring dengan posisi tengkurap malah akan menjadikan kondisi asam lambung lebih buruk dan makin tinggi.

(Baca juga: pantangan asam lambung)

7. Memakai Baking Soda

Baking soda memang adalah salah satu bahan pembuat kue atau roti, tapi efeknya dalam mengobati asam lambung cukup efektif. Karena sifatnya basa, otomatis zat basa inilah yang kemudian bakal membantu supaya asam lambung ternetralisir dengan baik.

  • Caranya: Cukup sediakan saja baking soda sebanyak 1 sendok teh. Siapkan juga air 1 gelas saja dan tuang baking soda tadi ke dalam segelas air ini. Untuk mengobati asam lambung, Anda hanya perlu meminum ramuan sederhana ini, dan meminumnya sehari 1-2 kali setiap hari secara rutin lebih dianjurkan bila ingin cepat merasakan efek baiknya.

8. Makan dengan Porsi Sedikit

Makan yang terlalu banyak ketika asam lambung sedang naik-naiknya malah akan memperparah keadaan tersebut. Porsi makan yang benar ketika asam lambung muncul adalah sedikit-sedikit tapi sering. Penting juga untuk menghindari jajan atau membeli makanan di luar, khususnya menikmati makanan dari restoran cepat saji. Porsi yang sedikit tak hanya meleaspkan Anda dari penyakit ini tapi juga menurunkan berat badan secara alami.

(Baca juga: pengaruh asam lambung terhadap jantung)

9. Menggunakan Lidah Buaya

Bila kita sudah banyak mengetahui tentang khasiat lidah buaya untuk kulit, rupanya bahan alami ini juga berfungsi mengobati asam lambung. Bahan ini diyakini efektif karena memang inflamasi yang terjadi pada lambung mampu untuk diredam dengan baik. Hanya dengan membuat jus dari lidah buaya dan meminumnya rutin, penyakit asam lambung hilang, buang air besar dapat juga menjadi lebih lancar.

10. Memakai Kemangi Hutan

Daun kemangi yang biasanya Anda nikmati sebagai lalapan ternyata menyimpan manfaat baik untuk penyakit asam lambung. Tanaman kemangi hutan yang tergolong sebagai tanaman perdu bercabang ini mempunyai tinggi kurang lebih 0,3-1,5 meter. Tanaman ini juga cukup mudah kita jumpai, apalagi di area dataran rendah di Pulau Jawa. Untuk mengobati asam lambung, langsung dimakan saja sebagai lalap setiap hari demi hasil maksimal.

(Baca juga: cara mengobati asam lambung naik)

11. Meminum Air Lemon Hangat

Lemon sebagai buah yang mengandung vitamin C ternyata malah bagus untuk mengobati asam lambung walau banyak orang yang takut mencobanya. Lemon karena rasanya yang asam dianggap cukup berbahaya bila dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun selain menjadi salah satu bahan pendetoksifikasi tubuh, bahan ini pun bakal secara alami menetralkan asam lambung dan menyembuhkan penyakit ini.

Sponsors Link

  • Caranya: Sediakan buah lemon segar 3 buah saja atau kalau tidak langsung siapkan jusnya sebanyak 1-2 sendok makan bersama dengan segelas air. Peraslah 3 irisan lemon segar ke dalam air tersebut, campur dengan mengaduknya lalu minumlah ketika baru saja bangun tidur di pagi hari. Akan lebih berkhasiat ketika Anda mengonsumsinya saat perut kosong, tapi mungkin tak semua penderita asam lambung cocok dengan cara ini.

12. Mengunyah Makanan Sampai Lembut

Banyak juga orang yang terbiasa makan cepat, yaitu tidak banyak mengunyah dan langsung menelannya. Penyakit asam lambung cukup sulit untuk sembuh bila cara makan yang seperti itu dipertahankan. Untuk mengobati asam lambung, Anda perlu mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut secara pelan dan agak lebih lama hingga lembut.

Dengan demikian, lembutnya tekstur makanan yang masuk ke lambung akan diproses atau dicerna secara lebih mudah. Cara ini bakal meringankan beban dari sistem pencernaan Anda ketika bekerja. Tak usah terburu-buru dan nikmatilah makanan yang Anda tengah makan.

(Baca juga: pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung)

13. Menikmati Teh Chamomile

Banyak dari kita yang tahu bahwa teh mengandung kafein dan teh bukanlah yang seharusnya dikonsumsi saat memiliki penyakit asam lambung. Namun pada kenyataannya, teh chamomile malah menjadi obat asam lambung alami yang patut dicoba. Di dalam teh ini, sifat anti inflamasinya cukup tinggi sehingga akan menenangkan dan menetralkan asam lambung.

  • Caranya: Sediakan saja sekantong teh chamomile dan juga air sebanyak 1 cangkir saja. Air tersebut perlu direbus dulu dan tuangkan ke kantong teh yang sudah ada di cangkir. Tutuplah cangkir tersebut untuk mendiamkan hingga 10-15 menit kemudian. Tambahkan lemon dan madu sedikit saja jika Anda menyukainya, tapi jangan tambahkan susu. Meminumnya rutin akan membawa kondisi asam lambung membaik dengan cepat.

14. Menggunakan Cuka Sari Apel

Bahan satu ini mungkin lebih dikenal sebagai obat hipertensi atau penurun gejala kolesterol, tapi lebih dari itu cuka sari apel pun bagus untuk asam lambung. Terlepas dari rasanya yang asam, cuka sari apel ini akan menyediakan perut kita dengan cairan yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh.

  • Caranya: Untuk pengobatan yang efektif, sediakan cuka sari apel 1 sendok makan saja dan dicampurkan langsung ke secangkir air. Bila tak ingin merasakan rasa asamnya, tambahkan madu sesendok teh. Mengonsumsi setiap hari 3 kali sehari bakal mampu mengurangi efek asam lambung yang kurang nyaman bagi perut Anda.

(Baca juga: bahaya asam lambung naik)

Ternyata cara mengobati asam lambung secara alami tidaklah begitu sulit bila Anda perhatikan dengan baik. Cara-cara tersebut termasuk ampuh dan efektif dalam menyembuhkan penyakit asam lambung. Jadi, silakan coba bila sewaktu-waktu Anda terkena asam lambung atau asam lambung yang tiba-tiba kambuh dan naik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, July 2016 / 05:58 Oleh :
Kategori : Asam Lambung