Sponsors Link

11 Ciri Ciri Penyakit Antraks Pada Manusia

ads

Ciri ciri penyakit antraks merupakan gejala awal munculnya tanda tanda umum dari pergerakan bakteri bacillus anthracis berupa perubahan pada kulit. Penyakit antraks adalah penyakit menular yang muncul akibat serangan bakteri bacillus yang menjangkiti tubuh hewan dan menulari tubuh manusia. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Terasa Panas Dan Perih , Penyebab Kulit Bergaris)

Jenis Jenis Penyakit Antraks dan Cara Penularannya

Penularan bakteri bacillus penyebab munculnya ciri ciri penyakit antraks hanya terjadi pada hewan kemanusia tetapi tidak bisa terjadi antara manusia dengan manusia. Penularan penyakit antraks dari hewan kemanusia tersebut dapat terjadi dengan berbagai cara, Diantaranya:

  1. Inhalational anthrax

(Antraks paru paru) Yaitu jenis antraks yang menyerang sistem pernafasan dan organ paru paru.

Penularannya:

  • Melalui sistem pernafasan yaitu melalui paru paru (ketika manusia bernafas) yang menyebabkan bakteri bacillus masuk kedalam paru paru dan merusak jaringan paru. Keadaan ini berlaku pada seseorang yang berinteraksi langsung dengan hewan ternak yang terinfeksi bakteri bacillus melalui kulit dan bulunya atau dari bercak cairan dari bersin bersin hewan.
  • Karena menghirup spora diproduk hewan yang telah dikeringkan tetapi sebenarnya produk tersebut awalnya telah terkontiminasi dengan bakteri bacillus arthracis, Misalnya kulit dan bulu ternak yang telah dijadikan bahan bermutu tinggi sebagai hiasan dinding. Menghirup dapat mengakibatkan spora masuk kerongga hidung dan turun kejaringan paru paru lalu mengganggu sistem pernafasan.

(Baca Juga: Obat Flek Paru-paru , Bahaya Merokok bagi Alat Pernafasan)

  1. Cutaneous anthrax

(Antraks kulit) , yaitu jenis antraks yang menyerang kulit.

Penularannya:

Melalui jaringan kulit yaitu bakteri bacillus dapat berpindah kemanusia melalui permukaan kulit yang sedang mengalami luka lalu berkembang membentuk jumlah yang lebih banyak lalu menimbulkan keluhan kesehatan kulit yang lebih serius misalnya munculnya perubahan kulit menjadi lebih hitam, Benjolan kemnerahan, Kulit mengeras , Timbul koreng, Borok seperti eksim dan radang kulit yang tidak kunjung sembuh. (Baca Juga: Penyakit Yang disebabkan Oleh Virus , Penyebab Kulit Gatal)

  1. Gastrointestinal anthrax

(Antraks saluran pencernaan), Yaitu jenis antraks yang menyerang sistem pencernaan.

Penularannya:

Melalui organ pencernaan yaitu ketika seseorang mengkonsumsi daging kerbau atau sapi, karena bahaya daging sapi bagi kesehatan yang telah terinfeksi bakteri bacillus anthracis dimana bakteri tersebut ketika bermukim dan tumbuh pada area organ pencernaan dapat menyebabkan peradangan. (Baca Juga: Gangguan Pencernaan pada Lambung , Gangguan Pencernaan )

Sponsors Link

  1. Antraks meningitis

Yaitu jenis antraks yang menyerang selaput otak.

Penularaannya:

Dimana bakteri bacillus telah berkembang dan meluas mencapai jaringan selaput otak lalu menimbulkan peradangan yang jika tidak segera diatasi secara medis maka akan menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan meningitis. (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Meningitis , Gejala Meningitis Pada Anak)

  1. Oropharyngeal anthrax

Antrax tenggorokan yaitu jenis antraks yang mrnyerang tenggorokan.

Penularannya:

Bakteri bacillus arthricis dapat menyerang dan menyebabkan peradangan parah pada dinding tenggorokan hingga menyebabkan penyakit tenggorokan yang menimbulkan banyak komplikasi dan harus mendapatkan perawatan intensif karena jika terlambat dapat menyebabkan kematian. (Baca Juga: Tenggorokan Serak Berdahak , Obat Tenggorokan Gatal)

Pengetahuan Mengenai Bakteri Bacillus Arthricis

  • Didalam sel bakteri bacillus arthricis terdapat 3 komponen eksotoksin kompleks berbahaya karena menjadi penyebab utama terbentuknya penyakit antraks yang cepat menulari manusia, Meliputi Protective Ag (PA), Lethal factor (LF) dan Oedema factor (EF). (Baca Juga: Infeksi Kulit Karena Bakteri)
  • Spora dari bakteri bacilus arthricis penyebab kerusakan pada sistem pernafasan dan organ paru paru paling mudah terjadi ketika spora berada dipermukaan tanah dan pada ternak atau hewan yang mati tetapi terinfeksi bakteri bacillus arthricis. Karena kondisi itulah spora lebih mudah terhirup lalu masuk kerongga hidung dan mulut kemudian masuk kesistemn pernafasan. (Baca Juga: Cara Mencegah Kurap di Kepala)
  • Bakteri bacillus arthricis memiliki bentuk yang sangat kecil, Halus, Seperti batang yang lurus dengan susunan yang konsisten yaitu dua dua , Dimana menyerupai rantai rantai dengan intensitas pertumbuhan yang relatif cepat.
  • Dinding pada sel bakteri bacillus arthricis terbentuk dari polisakarida somatik yang didalmnya meliputi N-Asetil glukosamin dan D-Galaktosa yang bergerak dinamis. (Baca Juga: Cara Pencegahan Artritis)

Ciri-ciri Penyakit Antraks

  1. Mual mual dan perut melilit
  2. Kepala pusing yang timbul tenggelam
  3. Muntah muntah dan terkadang muncul bercampur darah
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Mengalami demam ringan sampai berat
  6. Feses (kotoran) berwarna kehitaman
  7. Permukaan kulit kering, muncul borok seperti eksim
  8. Muncul pembengkakan pada area getah bening
  9. Otot terasa sakit dan mengencang
  10. Muncul benjolan merah kecoklatan yang membesar pada permukaan kulit
  11. Kulit mengalami lepuhan dan meneras seperti kapalan tetapi mudah pecah dan mengeluarkan cairan ketika tersentuh dengan intensitas gerakan yang kuat.

(Baca Juga: Cara Menyembuhkan Mual , Minuman Penambah Massa Otot )

Sponsors Link

Pencegahan

  • Pada orang orang yang bekerja pada peternakan hewan atau yang memiliki hewan ternak sebaiknya menjaga kebersihan badan dengan seksama, Misalnya mandi dua kali sehari, Mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh, Membiasakan mencuci tangan setelah selesai berinteraksi langsung dengan hewan ternak dan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi seimbang (4 sehat 5 sempurna) agar dapat mencegah munculnya ciri ciri penyakit antraks pada tubuh anda. (Baca juga: Bahaya Kelebihan Vitamin C)
  • Munculnya ciri ciri penyakit antraks dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan kandang ternak dan mengganti air untuk minumnya setiap hari untuk pencegahan pertumbuhan dan perkembangan bakteri atau virus penyakit lain yang biasanya setelah muncul akan mendukung percepatan perkembangan dari virus bacillus anthracis.
  • Memberikan vaksin SC pada ternak dengan aturan yang diberlakukan dinas kesehatan contohnya pada hewan yng besar takaran adalah 1 ml sedangkan hewan kecil hanya 0,5 ml terutama pada sapi dan kambing, Karena kedua hewan ini paling mudah dijangkiti oleh bakteri bacillus anthracis. Cara ini sangat efektif mencegah munculnya ciri ciri penyakit antraks pada hewan ternak. (Baca Juga: Efek Vaksin Palsu)
  • Hindari kontak langsung pada hewan ternak yang telah memnpunyai ciri ciri penyakit antraks atau telah terjangkit antraks. Sebisa mungkin hindari hewan hewan ternak lain disekitarnya yang kemungkinan telah terinfeksi bakteri bacillus arthricis.
  • Jika anda memiliki hewan yang sakit dengan ciri ciri penyakit antraks sebaiknya tidak menyentuh cairan antraks dari luka yang ada pada hewan apapun alasannya kendati anda telah memakai sarung tangan. Yang boleh menangani hewan tersebut hanya para ahli dibidangnya termasuk tim kesehatan khusus hewan ternak.
  • Membiasakan diri untuk membeli daging berkualitas terbaik dari rumah pemotongan hewan resmi yang berstandar nasional dari dinas kesehatan setempat. (Baca Juga: Jenis-Jenis Antibiotik dan Manfaatnya)

Pengobatan

  • Pengobatan kulit yang terserang bakteri bacillus arthricis dapat diobati dengan penggunaan suntikan penisillin ataupun eritromisin per-oral dimana cara tersebut adalah rekomendasi dokter yang terkait.
  • Pengobatan radang paru paru dan antraks meningitis yang disebabkan oleh serangan bakteri bacillus arthricis dapat disembuhkan secara berkala dengan pemberian penisillin intravena .
  • Pengobatan untuk seseorang yang memiliki ciri ciri penyakit antraks yang menyerang bagian tenggorokan maka segera mungkin dapat diberikan jenis jenis antibiotik terbaik contohnya penicillin, Doksisiklin dan Siprofloksosin . Bahkan antibiotik ini dapat menyembuhakan semua jenis antrak.

(Baca Juga: Penyakit Paling Mematikan di Dunia , Cara Mencegah Osteoarthritis)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 20th, April 2017 / 04:47 Oleh :
Kategori : Antraks