50 Makanan Sehat untuk Anemia Ringan dan Berat

Anemia merupakan salah satu jenis kondisi tubuh yang menandakan jumlah sel darah merah berkurang. Itu sama artinya dengan hemoglobin yang terkandung di dalam darah mengalami pengurangan; hemoglobin atau HB sendiri diketahui sebagai sebuah senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah. Ada makanan-makanan sehat untuk anemia yang bisa Anda konsumsi supaya tetap sehat.

(Baca juga: penyebab anemia)

1. Selai Kacang

Jika sudah ada tanda-tanda anemia berat, Anda bisa memanfaatkan atau mengonsumsi selai kacang untuk melawannya. Selai kacang dapat dinikmati bersama dengan kue atau roti karena selai kacang pada dasarnya mempunyai kandungan zat besi tinggi (kurang lebih 0.7 mg). Dengan mengonsumsinya, sel darah merah akan terproduksi lebih banyak.

2. Kacang Pistachio

 Makanan yang mengandung zat besi tinggi lainnya adalah kacang pistachio di mana kadarnya adalah sekitar 15 mg per 100 gramnya. Penderita anemia jelas membutuhkan zat besi supaya tak menjadi lebih lemah. Supaya manfaatnya dirasakan, nikmatilah kacang pistachio setiap hari secangkir kecil dan kesehatan tubuh pasti meningkat.

3. Ikan Salmon

Jenis ikan satu ini seperti kita tahu mengandung banyak omega-3, tapi rupanya juga kaya akan zat besi. Tak hanya sebagai pencegah kanker, ikan salmon pun dapat membantu agar tubuh lebih berenergi. Segala sumber penyakit juga dapat dilawan dengan baik, termasuk anemia; konsumsilah seminggu 2 kali dengan memanggang atau menjadikannya sup.

(Baca juga: bahaya anemia bagi ibu hamil)

4. Ikan Tuna

Anemia yang pada kondisi buruk dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan tuna. Ini karena ikan tuna memberikan asupan riboflavin, kalium, zat besi, fosfor serta magnesium bagi tubuh. Ikan ini mampu membuat tubuh bertenaga kembali dan terhindari dari efek buruk anemia sehingga Anda tak perlu khawatir saat beraktivitas.

5. Oatmeal

Penderita jenis-jenis penyakit jantung biasanya akan mengonsumsi oatmeal, tapi memang makanan ini adalah pengganti nasi yang baik. Kandungan serat, karbohidrat, vitamin E, folat, magnesium, vitamin K, kalsium dan fosfor di dalamnya sangatlah besar sehingga dapat menolong penderita anemia. Anemia yang buruk sekalipun dapat disembuhkan dengan makanan ini.

6. Kale

Jenis sayuran hijau ini ternyata juga mengandung vitamin C tinggi sehingga mendukung penyerapan zat besi secara sempurna di dalam tubuh. Karena itulah, kale dapat meningkatkan tenaga pada tubuh penderita anemia yang lemah, lesu dan letih. Kesehatan Anda secara menyeluruh pun dapat meningkat dengan membiasakan mengonsumsi kale.

(Baca juga: akibat kurang darah)

7. Hati Sapi

Tak semua orang memang menyukai hati sapi, tapi penderita anemia sah-sah saja mengonsumsinya. Per 100 gramnya ada terkandung 5.9 mg zat besi, disertai juga kandungan vitamin C, vitamin A dan protein serta mineral lainnya. Campurlah dengan sayuran supaya lebih sehat karena kalau tidak, asam urat dan kolesterol tinggi bisa menjadi ancaman kesehatan.

8. Tiram

Jenis makanan laut ini bernutrisi tinggi karena mengandung protein, vitamin B12, dan tak ketinggalan zat besi juga. Nutrisi-nutrisi tersebut diperlukan oleh para penderita anemia karena mampu mendukung peningkatan sel darah merah. Anda bisa mengonsumsinya seminggu 2 kali setidaknya untuk memperoleh manfaatnya.

9. Telur

Sudah tak diragukan lagi bahwa telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Tapi tak hanya itu, kandungan zat besi pada setiap butir mencapai 1.02 mg sehingga bila Anda mengonsumsinya setiap hari bakal mampu membuat gejala anemia berkurang. Konsumsilah telur rebus dan sebaiknya jangan telur goreng atau telur mentah.

(Baca juga: cara mencegah anemia)

10. Kedelai

Jenis kacang ini pun diketahui bagus untuk penderita anemia di mana ada kandungan-kandungan nutrisi yang siap untuk mendukung penyerapan zat besi. Asam filtrat alami di dalamnya juga bakal menolong supaya produksi sel darah merah meningkat. Jika ingin mengonsumsinya, konsumsilah kedelai dalam bentuk tahu, tempe dan susu kedelai.

11. Daging Merah

Bagi penderita darah tinggi, daging merah perlu dijauhi, tapi penderita anemia sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Daging merah tak terdapat lemak dan akan membantu produksi sel darah merah meningkat. Ada sekitar 1 mg zat besi per 300 gram daging merah dan sebaiknya penderita anemia mengonsumsi seminggu 2-3 kali dengan cara memasaknya sampai matang.

12. Madu

Untuk mengatasi masalah anemia, madu murni bisa dijadikan solusi karena per 100 gramnya terkandung 0.41 mg zat besi. Di dalam madu juga ada tembaga, mangan, magnesium dan juga selenium sehingga baik untuk kesehatan. Konsumsilah setiap hari paling tidak 2-3 kali dan bisa juga dicampur air serta air perasan lemon.

(Baca juga: cara mengatasi anemia)

13. Roti Gandum

Ketika gejala anemia menyerang, roti gandum adalah makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap pagi sebagai menu sarapan. Campurlah dengan selai kacang dan manfaatnya bakal lebih terasa. Ini karena gandum sendiri sangat dipercaya mengandung zat besi tinggi yang dapat menjadi pelawan anemia super efektif.

14. Bayam

Jenis sayuran ini adalah pelawan anemia yang sangat efektif karena berkandungan vitamin E, vitamin A, vitamin C, kalsium dan vitamin B9. Zat besi di dalamnya berikut beta karoten dan serat juga tinggi sehingga dapat memulihkan kondisi anemia yang tengah dialami. Bayam rebus adalah yang bisa Anda konsumsi sehari paling tidak 2 kali.

15. Beras Merah

Karena terkandung zat besi tinggi berikut juga zinc, kalsium, magnesium, selenium, kalium, mangan dan fosfor, beras merah bisa membantu meningkatkan kesehatan penderita anemia. Selain itu juga masih ada kandungan vitamin K, vitamin B6, tiamin, folat dan niasin yang sangat mendukung penyerapan zat besi serta lemak sehat ke dalam tubuh.

(Baca juga: cara mengatasi kekurangan darah)

16. Kembang Kol

Kandungan vitamin E, riboflavin, niasin, vitamin K, vitamin C dan tiaminnya sangat tinggi di dalam kembang kol. Dalam mendukung penyerapan zat besi, makanan ini begitu baik dan menyehatkan sehingga dapat menolong penderita anemia supaya lebih berenergi. Konsumsilah setiap hari supaya merasakan khasiatnya.

17. Brokoli

Untuk menangani anemia, brokoli juga adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C untuk membantu proses terserapnya zat besi ke dalam tubuh. Mengonsumsi brokoli yang mengandung fosfor, serat, folat, vitamin A, vitamin K, dan triptofan akan membantu supaya tubuh Anda dapat mengatasi anemia.

18. Tomat

Di dalam tomat ada kandungan vitamin C serta likopen tinggi yang diketahui dapat membantu proses penyerapan zat besi secara lebih cepat. Mengonsumsinya sehari 2 kali 1-2 buah akan membantu supaya anemia dapat lebih baik. Bila tak suka mengonsumsinya langsung, konsumsilah jus tomat yang bisa juga ditambah dengan jambu merah serta wortel.

(Baca juga: obat anemia aplastik)

19. Delima

Makanan sehat lainnya yang baik untuk anemia adalah delima karena kandungannya yang tinggi akan zat besi dan vitamin C. Dalam mengurangi risiko gejala anemia dan juga melancarkan aliran darah, buah ini sangat bermanfaat. Makanlah delima setiap hari untuk bisa memperoleh khasiat paling baiknya; bisa juga dibuat minuman jus.

20. Buah Bit Merah

Untuk yang menderita anemia, buah bit merah merupakan salah satu yang paling baik untuk dikonsumsi. Ini karena di dalam buah satu ini terkandung zat besi cukup tinggi sehingga sangat efektif dalam mengembalikan produksi sel-sel darah merah. Dalam mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan buah bit dengan salad buah atau jus jambu.

21. Kurma

Buah dengan rasa manis ini dapat menjadi penambah tenaga bagi yang menderita anemia. Kandungan mineral, vitamin, serta zat gula alaminya akan membantu menutrisi tubuh. Kurma pun menjadi makanan sehat yang bisa mengatasi masalah tubuh yang lesu dan lemah sehingga sangat disarankan untuk sering dikonsumsi.

(Baca juga: tanda-tanda kurang darah)


22. Pir

Bagi para penderita anemia, kandungan kalium, tembaga, mangan, serta magnesium yang tinggi di dalam buah pir dapat membantu produksi sel darah merah lebih banyak. Hal ini otomatis menjadikan tubuh jauh lebih baik. Kandungan lainnya yang diketahui ada pada buah pir adalah kalium serta tembaga yang bisa membantu peningkatan HB.

23. Aprikot

Buah lainnya yang juga bagus untuk para penderita anemia adalah aprikot karena kandungan tinggi akan niasin, vitamin C, E, A dan K. Aprikot merupakan buah yang juga berkandungan tembaga serta zat besi sehingga kadar HB yang rendah pada penderita anemia dapat ditingkatkan. Makanlah aprikot serutin mungkin hingga tubuh lebih baik.

24. Apel

Tak ketinggalan, ada pula buah apel yang siap membantu supaya Anda jauh lebih sehat dan terjauh dari penyakit apapun. Kandungan vitamin K, B6, C dan riboflavin di dalam buah ini begitu tinggi diikuti juga dengan zat besi. Kadar HB di dalam tubuh juga dapat meningkat berkat memakan apel setiap hari.

25. Buah Persik

Bagi penderita anemia, penting diketahui bahwa per 100 gram buah persik, ada terkandung zat besi sebanyak 5.9 mg. Tak hanya itu, vitamin C di dalamnya juga sangat tinggi sehingga mengonsumsinya adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Bila tak dapat menjumpai yang masih segar, buah yang telah melalui pengolahan dalam kaleng serta versi buah keringnya juga bisa dikonsumsi.

(Baca juga: dampak kekurangan dan kelebihan eritrosit)

Makanan Sehat Lainnya untuk Penderita Anemia

Selain yang sudah disebutkan pada daftar tersebut, masih ada sejumlah makanan sehat yang sebaiknya penderita anemia tak lewatkan. Konsumsilah makanan-makanan di bawah ini agar tubuh kembali segar dan bugar:

  1. Pisang
  2. Kacang hijau.
  3. Buah plum.
  4. Kacang polong.
  5. Nanas
  6. Kacang merah.
  7. Kiwi
  8. Lobak
  9. Anggur
  10. Sawi
  11. Melon
  12. Ubi
  13. Buah naga.
  14. Kacang-kacangan
  15. Stroberi
  16. Daun katuk
  17. Pepaya
  18. Hati ayam.
  19. Raspberry
  20. Kangkung
  21. Semangka
  22. Daun singkong.
  23. Mangga
  24. Alpukat
  25. Jambu biji.

(Baca juga: ciri-ciri anemia)

Itulah daftar 50 makanan sehat untuk anemia yang bisa Anda pertimbangkan untuk konsumsi saat HB rendah. Konsumsilah rutin makanan-makanan tersebut dan sel darah yang semula pasokannya menipis akan dapat kembali penuh.

, , ,
Post Date: Sunday 01st, January 2017 / 11:57 Oleh :
Kategori : Anemia