Sponsors Link

14 Ciri ciri Anemia Akut Paling Berbahaya

Sponsors Link

Anemia merupakan salah satu penyakit yang sudah sangat familiar dalam kehidupan kita. Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya darah di dalam tubuh baik darah merah ataupun darah putih.  anemia ada dua jenis yaitu anemia akut dan anemia ringan. Anemia ringan tidak terlalu berbahaya bagi kita, namun anemia akut sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh kita bahkan anime yang akut dapat menyebabkan ke arah kematian.

ads

Anemia akut adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat menghasilkan sel-sel darah yang cukup lama sehingga menyebabkan organ-organ tubuh lainnya merasakan gangguan gangguan kesehatan. Ketika tubuh tidak dapat menghasilkan sel-sel darah dalam kurun waktu yang lama maka akan mengganggu dan menurunkan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tubuh kita akan mengalami berbagai macam gangguan gangguan lainnya. Terjadinya anemia menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dan juga oksigen dengan baik hal tersebut akan membahayakan organ tubuh lainnya.

baca juga : gejala anemiaanemia aplastik

Penyebab anemia

Penyebab anemia ringan ataupun penyebab anemia akut adalah tubuh tidak dapat menghasilkan sel darah. Sehingga tubuh yang tidak dapat menghasilkan sel darah dengan baik akan mengakibatkan terjadinya anemia anemia ringan maupun anemia akut. Penyebab anemia ringan adalah ketika tubuh tidak dapat menghasilkan sel darah dalam kurun waktu yang tidak lama. Sedangkan anemia akut adalah ketika tubuh tidak dapat menghasilkan sel darah dalam kurun waktu yang lama. Adapun ciri-ciri Ketika seseorang terkena anemia akut adalah sebagai berikut

 ciri ciri anemia akut

1. kelelahan yang berlebih

Merasa cepat lelah akan sering dirasakan oleh penderita anemia Hal ini disebabkan karena anemia akan mengurangi asupan darah dan merusak sel-sel darah pada tubuh yang di mana sel darah tersebut membantu proses tumbuhnya metabolisme tubuh. Jadi seseorang yang terkena penyakit anemia akut akan sering merasa kelelahan yang berlebih bahkan sampai seseorang menjadi pingsan.

baca juga : kelelahan ototgejala mata lelah

2. Perut terasa nyeri

Meskipun perut nyeri menjadi terbagi ciri-ciri dari banyak penyakit namun perut nyeri juga menjadi ciri-ciri dari penyakit anemia akut, untuk itu ketika anda mengalami nyeri perut secara berlebihan dan terus menerus segera periksakan ke dokter untuk memastikan Penyakit apa yang sedang anda Derita.

3. Sesak nafas

Ciri-ciri seseorang terkena anemia akut adalah sesak nafas, sesak nafas ini terjadi karena darah tidak dapat mengalir secara normal yang mengakibatkan seluruh bagian tubuh menjadi abnormal. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita terutama pada pernafasan sehingga menjadikan seseorang sesak nafas.

baca juga : gejala sesak nafaspenyebab sesak nafas

4. Terasa nyeri dan pegal pada leher

Leher merupakan penampang pada bagian kepala. Leher yang tidak digerak gerakan atau berdiam selama beberapa waktu akan menjadikan leher terasa nyeri. Untuk itu maka gerakan leher dan kepala ketika sedang beraktivitas atau lakukan peregangan sebentar saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa nyeri pada leher.

Sponsors Link

5. Wajah menjadi pucat

Ciri-ciri yang umum Ketika seseorang terkena anemia adalah wajah menjadi pucat Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah.

6. Ujung jari menjadi pucat

Sama halnya seperti wajah menjadi pucat, ujung jari menjadi pucat juga merupakan salah satu ciri-ciri ketika seseorang terkena anemia.

7. Kelopak mata menjadi pucat

Kelompok mata menjadi pucat juga merupakan salah satu ciri seseorang terkena anemia, jadi untuk mengetahui apakah seseorang terkena anemia atau tidak Kita dapat melihat dari kelopak matanya. Segera periksakan ke dokter jika anda mengalami ciri-ciri Seperti hal yang di atas.

ads

8. Denyut jantung tidak teratur

anemia dapat menyebabkan penyakit penyakit lainnya salah satunya penyakit jantung. Seseorang yang terkena anemia akan mengalami denyut jantung yang tidak teratur. Namun hal ini dapat diatasi dengan cara melakukan olahraga dan melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat melatih kesehatan jantung dan jantung dapat bekerja dengan normal kembali. Beberapa hal yang tidak normal dari detak jantung salah satunya seperti detak jantung kurang dari 60 per menit dan detak jantung cepat. hal ini tentu menyebabkan detak jantung terganggu sehingga detak jantung menjadi tidak teratur

9. Kekebalan tubuh menjadi turun

Seseorang yang menderita anemia akan mengalami kekebalan tubuh yang menurun, Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah. Anemia akan menyerang sel darah merah yang mengakibatkan sel darah merah tidak dapat memfungsikan fungsinya dengan baik.

10. Rambut rontok

rambut rontok tidak hanya terjadi pada seseorang yang terkena leukimia kanker ataupun rumor namun rambut rontok juga dapat terjadi pada seseorang yang menderita anemia. Karena ketika seseorang  enderita anemia ada bebeapa hormon yang terganggu sehingga menyebabkan rambut rontok.

11. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan ciri-ciri dari penyakit umum lainnya. Namun sakit kepala juga merupakan salah satu ciri ciri seseorang terkena penyakit anemia akut. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan sakit kepala.

12. Terasa mual

Cara sambungan aman menjadi ciri-ciri berbagai penyakit, terasa mual juga merupakan ciri-ciri dari seseorang terkena penyakit anemia akut. Untuk itu Ketika anda merasa lelah yang berlebih dan tidak kunjung sembuh maka segera periksakan lah ke dokter untuk memastikan Apakah hal tersebut merupakan ciri-ciri anemia akut atau bukan.

13. Insomnia

Seseorang yang menderita anemia biasanya juga akan mengalami kesulitan saat tidur, kesemutan saat di bumi ini terjadi karena sel-sel tubuh yang lainnya tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan gangguan gangguan lainnya pada tubuh. Penyekit insomia pada dasarnya dapat disembuhkan, anda dapat memanfaatkan terapi susah tidur agar dapat mengatasi insomia. (baca juga : ciri-ciri insomia)

14. Sering pingsan

Seseorang yang terkena anemia akut akan menjadi mudah pingsan, Hal ini disebabkan karena kurangnya produksi sel darah pada tubuh sehingga tubuh akan merasa lemas dan mudah pingsan.

Itulah beberapa ciri-ciri anemia akut yang wajib Anda ketahui, Ketika anda mengalami ciri-ciri Seperti hal yang diatas maka segera periksakan lah ke dokter untuk memastikan apakah ciri-ciri yang kita rasakan merupakan gejala dari penyakit anemia akut atau bukan. Karena anemia akut yang tidak segera diobati akan menjadi fatal dan dapat menyebabkan kematian.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 25th, July 2017 / 02:41 Oleh :
Kategori : Anemia