Sponsors Link

10 Makanan Penyebab Amandel Bengkak

Sponsors Link

Amandel merupakan bagian tubuh manusia yang dekat dengan tenggorokan. Selama amandel ini tidak membesar dan membengkak sebenarnya amandel tidak akan berpengaruh terhadap kualitas dan kesehatan hidup manusia. Yang menjadi masalah kini adalah jika amandel itu menjadi membesar kemudian membengkak. Dokter spesialis anak pun mengatakan bahwa amandel merupakan organ yang berisi sistem imun. Jika amandel itu dibedah dan dioperasi anak akan kehilangan sistem imunnya. Anak akan mudah terkena penyakit sebab sistem kekebalan tubuhnya dihilangkan. Tugas kita saat ini adalah untuk menjaga besar amandel tetap berukuran kecil dan tidak membesar bahkan membengkak. Jika amandel membengkak akan menjadi radang amandel. Radang amandel sangat menyakitkan dimana penderitanya bisa menjadi kesulitan untuk menelan, sakit untuk menelan, perih di bagian tenggorokan dan masih banyak lagi lainnya. Agar tidak terkena radang amandel sebaiknya kita menghindari makanan penyebab amandel bengkak, berikut ini adalah daftar makanan penyebab amandel bengkak :

ads
  1. Makanan Pedas

Memang masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang pedas. Sayangnya makanan yang pedas tersebut merupakan sumber dari berbagai macam masalah penyakit. Selain bisa menyebabkan sakit perut, maag, usus buntu dan juga asam lambung. Makanan pedas dipercaya bisa bisa menyebabkan seseorang terkena amandel. Orang yang mengalami refluks asam rentan untuk terkena penyakit amandel. Tidak hanya itu saja makanan pedas bisa memicu peradangan amandel. Jika sudah memicu peradangan, amandel tersebut bisa membengkak, meradang dan bahkan juga sakit. Alangkah baiknya kita bijak dalam mengkonsumsi makanan pedas. Boleh boleh saja mengkonsumsi makanan pedas, akan tetapi sebaiknya tidak berlebihan dan secukupnya saja.

Baca : Bahaya makanan pedasBahaya makanan pedas untuk ibu hamil

  1. Makanan Kaleng

Mengkonsumsi makanan yang diawetkan dengan cara dikalengkan tidak bagus untuk kesehatan. Alasannya adalah makanan yang dikalengkan termasuk dalam makanan cepat saji dan juga makanan yang instan. Makanan tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan ini bisa menyebabkan penyakit jantung, penyakit stroke dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan pengawet yang ada di dalam makanan kaleng itu bisa menyebakan amandel menjadi meradang. Tidak hanaya terbatas pada makanan yang dikalengkan saja, namun buah buahan yang dikalengkan pun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering. Selain bisa menyebabkan diabetes, buah buahan yang dikalengkan akan menyebabkan amandel meradang.

Baca : Penyebab diabetesMakanan untuk penderita diabetes

  1. Makanan Panas

Memang kebanyakan ornag suka mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang panas. Alasannya adalah makanan dan minuman yang panas itu akan lebih enak dikonsumsi disaat telah dingin. Namun tahukah anda jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang bisa terjadi adalah tenggorokan akan meradang bahkan amandel juga bisa membengkak. Oleh sebab itu anda harus menghindari makanan yang masih panas dan juga minuman yang panas. Tunggulah sampai makanan dan minuman itu berubah menjadi hangat atau dingin.

Baca : Penyebab tenggorokan gatalPenyebab radang tenggorokan

Sponsors Link

  1. Gorengan

Salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi kesehatan adalah makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng selain bisa menyebabkan obesitas juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi itu merupakan biang masalah bagi berbagai macam penyakit misalnya saja adalah penyakit jantung, stroke dan juga penyempitan pembuluh darah. Gorengan tidak hanya sebatas makanan yang disebut dengan gorengan saja namun gorengan ini merupakan semua makanan yang diproses dengan cara digoreng seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan miinyak pada gorengan tersebut dipercaya mampu memicu peradangan pada amandel.

Baca: Efek samping makanana yang di gorengBahaya makanan yang digoreng

  1. Kekurangan Vitamin C

Medis ada yang mengatakan jika amandel merupakan salah satu organ tubuh yyang berisi dengan sistem imun. Amandel tersebut bisa membengkak jika orang yang memiliki amandel tidak mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang mengandung vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C dan juga berbagai macam vitamin lainnya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Fungsi vitamin C sendiri digunakan untuk meningkatkan sistem imun. Agar amandel tidak meradang dan juga membengkak seaiknya kita mencukupi kebutuhan akan vitamin C dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi termasuk buah dan sayur yang menganung vitamin C tersebut.

Baca : Efek samping suntik vitamin CPenyakit akibat kekurangan vitamin C

  1. Makanan yang Asin

Orang yang sedang mengalami radang amandel tidaak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan yang asin. Tidak hanya itu saja, orang yang mengkonsumsi makanan yang khusus untuk penderita amandel tidak boleh diberikan garam meskipun hanya sedikit. Barulah saat radang amandel itu kempes atau menyusut, garam boleh diberikan lagi meski dalam porsi yang sedikit. Garam yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan hipertensi dan berbagai macm keluhan lainnya.

Baca : Bahaya konsumsi garam berlebihan

  1. Penyedap Makanan

Saat ini banyak sekali merk penyedap makanan yang dipasarkan di Indonesia. Namun tahukah anda jika penyedap makanan tersebut tidak bagus untuk kesehatan. Memang penyedap makanan bisa membuat rasa makanan menjaid lebih gurih. Namun apa jadinya jika penyedap makanan itu dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya oleh manusia. Anak kecil yang sering mengkonsumsi camilan dengan penyedap rasa yang berlebihan aka membuat nafsu makan anak menjadi menurun. Tidak hanya itu saja, anak bisa menjadi kesulitan berfikir jika dia terlalu banyak mengkonsumsi camilan atau makanan dengan penyedap makanan. Penyedap makanan pun bisa menyebabkan amandel menjadi bengkak dan meradang. Saat eseorang menderita radang amandel dia tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan dengan penyedap makanan.

Baca : Cara meningkatkan nafsu makan

  1. Makanan yang Asam

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang asam. Makanan yang asam bisa menyegarkan tubuh. Banyak orang suka mengkonsumsi makanan asam seperti rujak dan juga empek empek. Namun tahukah anda jika makanan yang aam tersebut tidak bagus untuk kesehatan amandel anda. Rasa asam pada makanan tersebut akan menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Rasa gatal yang ada di tenggorokan bisa menjalar ke bagian amandel. Amande yang gatal pun akan menjadi meradang jika tidak segera diatasi. Konsumsilah makanan yang asam secukupnya saja, jangan berlebihan.

Baca : Perbedaan sakit maag dan asam lambung

Sponsors Link

  1. Makanan dan Minuman Dingin

Salah satu makanan penyebab amandel yang diyakini sampai saat ini adalah makanan ataupun minuman yang dingin. Makanan dan minuman yang dingin tersebut adalah makanan maupun minuman yang disimpan di dalam lemari es sehingga suhu berubah menjadi dingin. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Orang yang suka dengan makana maupun minuman yang dingin akan mengalami penbengkakan kelenjar amandel. Alasannya adalah rasa dingin pada makanan dan minuman yang dikonsumsi itu bisa memicu pembengkakan di kelenjar amandel. Boleh saja mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dingin namun sesekali saja. Mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang dingin itu selain menyebabkan amandel membengkak juga bisa menyebabkan gangguan pencenaan. Sehabis mengkonsumsi makanan pun tidak diperbolehkan untuk langsung mengkonsumsi minuman dingin, namun disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang hangat.

Baca : Bahaya es teh manisBahaya teh basi

  1. Makanan Kurang Higienis

Salah satu makanan yang bisa menyebabkan amandel membengkak adalah makanan yang kurah sehat dan kurang bersih. Makanan itu sudah banyak dihinggapi lalat atau kuman penyakit. Tidak hanya itu saja, makanan yang kurang hiegiensi juga bisa disebabkan oleh pengolahan yang kurang bersih misalnya saja adalah diolah menggunakan tempat yang kurang bersih dan juga air yang kurang bersih. Semua kuman dan bakteri itu bisa menyebabkan amandel menjaid membengkak. Tidak hanya itu saja, makanan yang kurang bersih itu juga menjadi penyebab penyakit lainnya misalnya saja adalah sakit perut dan juga diare. Oleh sebab itu jangan dibiasakan diri kita jajan sembarangan. Akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang diolah dengan tangan kita sendiri, hal itu dikarenakan dengan mengolah makanan sendiri kta bisa tahu seberapa bersih makanan yang kita makan.

Baca : Bakteri penyebab diarePenyebab diare

Itulah makanan penyebab amandel bengkak yang harus dihindari. Semua penyakit itu berasal dari pola makan dan pola hidup tidak sehat. Oleh sebab itu sebaiknya mulai sekarang kita berhati hati dalam mengkonsumsi makanan dan menerapkan hidup sehat. Semakin sehat, semakin berkualitas hidup yang kita jalani.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 22nd, October 2016 / 15:35 Oleh :
Kategori : Amandel