Sponsors Link

19 Obat Herbal Alergi Kulit Terampuh

Sponsors Link

Alergi kulit bisa terjadi pada siapa saja, dan ini dapat menjadi tanda adanya reaksi yang ditimbulkan terhadap suatu hal, seperti misalnya polutan, makanan tertentu, atau paparan zat kimia tertentu. Alergi kulit biasanya akan menimbulkan kemerahan pada permukaan kulit yang diikuti dengan bentol-bentol maupun rasa gatal-gatal. Obat herbal alergi kulit apakah yang kiranya layak untuk dicoba?

ads

(Baca juga: cara penanganan alergi obat)

1. Tanah Liat

Agak terdengar aneh dan tak biasa memang menggunakan tanah liat sebagai obat alergi gatal. Pada umumnya, tanah liat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit alami. Karena bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit, maka tak ada salahnya untuk mencoba obat tradisional satu ini.

  • Caranya: Sediakan tanah liat secukupnya yang bisa Anda campurkan dengan air sebanyak yang Anda butuhkan juga. Campur hingga rata dan membentuk pasta atau teksturnya cukup kental seperti selai kacang. Setelah jadi, Anda perlu bisa mengolskan lumpur buatan sendiri ini ke area tubuh yang terserang alergi kulit.
  • Alternatif: Bila Anda tak ingin mengoles langsung ke bagian yang gatal dan beruam karena alergi kulit, Anda bisa menyiapkan kain kasa terlebih dulu atau kain tipis bersih untuk tempat pengolesan tanah liat. Setelah itu, barulah Anda bisa menutup area yang ingin diobati dengan menutupkannya di bagian tersebut. Balutlah dengan sempurna, lalu diamkan beberapa saat sebelum nantinya bisa dibilas.

2. Leunca

Sebagai obat herbal, leunca ini juga bisa diandalkan oleh penderita alergi kulit karena efeknya yang ampuh dan alami. Hanya dengan mencampurkan leunca ini ke dalam masakan Anda, santapan yang Anda nikmati dapat menyembuhkan alergi kulit secara luar biasa. Atau jadikan obat luar dengan menumbuknya halus, lalu oles ke area kulit yang beruam serta gatal.

3. Cuka Sari Apel

Sudah tak diragukan lagi, cuka sari apel merupakan salah satu obat alergi dingin alami yang paling afdol. Asalkan Anda menggunakan versi organik dan mentahnya, cuka sari apel ini memiliki segudang manfaat yang Anda tak boleh lewatkan. Untuk kulit beruam dan gatal akibat alergi, justru cuka sari apel inilah penenang yang tepat.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya bersama dengan kapas bersih. Celupkan kapas ini ke dalam larutan cuka sari apel tersebut, lalu kapasnya bisa Anda usapkan ke area yang terkena alergi kulit. Biarkan selama beberapa menit kapas tersebut menempel di sana. Ini akan sangat efektif bila Anda menggunakannya beberapa kali dalam sehari.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)

4. Lidah Buaya

Sudah bukan hal baru yang perlu kita dengar bersama bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar. Sifat anti-inflamasi, antijamur dan antibakterinya adalah yang bisa Anda andalkan dalam menyembuhkan masalah kulit akibat alergi.

  • Caranya: Ambil ekstrak gelnya yang masih segar secukupnya saja, pakailah dengan cara mengoleskan ke bagian yang terkena alergi tersebut. Tinggalkan selama 20 menit kurang lebihnya lalu bersihkan dengan air sesudah itu. Melakukan metode pengobatan ini sehari 3 kali setiap hari dijamin akan memberikan hasil kesembuhan maksimal.

5. Temu Hitam

Alergi kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan temu hitam dengan cara menghaluskannya lebih dulu bersama dengan tambahan bumbu dapur lain, yakni kunyit. Hasil temu hitam dan kunyit yang sudah halus bisa digunakan sebagai obat luar yang dibalurkan ke area yang penuh ruam dan gatal. Sehari 3 kali adalah waktu pengobatan yang dianjurkan supaya Anda memperoleh hasil optimal.

6. Minyak Zaitun

Seperti yang kita tahu, minyak zaitun adalah sumber vitamin E dan antioksidan yang cukup besar. Oleh karena itulah banyak wanita yang kemudian melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami ini. Bahkan sudah cukup banyak yang memakai lidah buaya sebagai pelembab kulit.

  • Caranya: Untuk mengobati alergi kulit, silakan Anda ambil beberapa tetes saja minyak zaitun ini untuk dikombinasikan bersama sedikit madu murni. Campuran inilah yang bisa Anda oles ke area beruam dan gatal di kulit beberapa kali sehari.

7. Oatmeal

Sebagai menu sarapan para penderita penyakit jantung supaya kesehatan jantung bisa lebih terjaga. Peradangan dan iritasi kulit akibat alergi dapat dicegah menjadi lebih buruk dengan pengobatan yang berasal dari bahan satu ini.

  • Caranya: Siapkan oatmeal secukupnya, lalu untuk menghaluskannya bisa Anda coba blender dan secangkir oatmeal yang sudah lumat ini dapat Anda tambahkan ke air hangat yang biasa Anda gunakan untuk mandi. Rendam bagian tubuh yang gatal dan penuh ruam ke dalam air oatmeal ini selama 15-20 menit saja, dan lakukan setiap hari.

(Baca juga: ciri-ciri alergi)

8. Thyme

Sifat anestesi serta anti-inflamasi di dalam thyme cukup besar dan bisa dijumpai pada kandungan timolnya. Alasan mengapa thyme ini bagus untuk masalah alergi kulit adalah karena memang kandungan baiknya tadi sangat bisa mengurangi risiko peradangan akibat terlalu sering menggaruk.

  • Caranya: Sediakan daun thyme kering 1 sendok makan yang bisa diseduh bersama dengan air mendidih sebanyak 2 cangkir saja. Tutup setelah diseduh untuk menunggunya dingin. Saringlah sebelum Anda memakainya untuk dioles ke bagian yang terkena alergi kulit.
ads

9. Petai Cina

Tumbuhan yang mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda ini rupanya dapat dijadikan sebagai obat alergi kulit yang cukup ampuh. Ini karena memang petai cina memang sangat baik dalam mengobati kulit kering ditambah gatal-gatal akibat alergi.

  • Caranya: Sediakan petai cina 60 gram saja bersama daun sirih sebanyak 10 lembar. Setelah dicuci, keduanya dapat Anda rebus dengan 600 ml air. Sesudah mendidih, tunggulah hingga agak lebih dingin, barulah Anda pakai ramuan ini dengan mengoleskannya ke kulit beruam dan gatal-gatal Anda.

10. Lemon

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon adalah buah yang mampu mencerahkan kulit secara alami, lemon ini juga sangat kaya akan sifat anti-inflamasi, anestesi dan antiseptik sehingga mampu mencegah peradangan pada kulit akibat alergi.

  • Caranya: Dapatkan ekstrak jus lemon dari 1 atau 2 buah lemon segar, lalu jusnya inilah yang Anda bisa langsung usapkan ke area yang gatal dan merah karena alergi. Gunakan kapas bila ingin lebih gampang dan tunggu beberapa waktu untuk membiarkannya kering. Pakai air hangat untuk membasuhnya nanti. Pengobatan ini lebih efektif bila Anda melakukannya rutin setiap hari 2 kali.

(Baca juga: obat alergi makanan)

11. Daun Kemangi

Satu lagi obat tradisional atau obat herbal yang ampuh mengatasi masalah alergi kulit dan gejalanya. Daun kemangi sangat bagus dalam menghilangkan gatal-gatal. Berkat adanya kadar tinggi akan minyak esensial, anestesi topikal serta eugenol, daun ini sangat aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit.

  • Caranya: Sediakan sesendok makan daun kemangi kering bersama dengan air mendidih sebanyak 2 cangkir. Seduhlah daun kemangi kering tadi, lalu tunggu beberapa menit untuk mendingingkannya. Aplikasikan semuanya ini ke area yang terkena alergi menggunakan kapas atau kain bersih. Bila larutan masih sisa karena tak semuanya terpakai, boleh Anda simpan untuk pemakaian berikutnya.
  • Alternatif: Cara lainnya menggunakan daun kemangi ini adalah dengan mengambil beberapa lembar daun ini lalu melumatkannya hingga sedikit lebih halus. Balurkanlah ke bagian kulit yang kemerahan serta gatal-gatal dan tunggu kering. Pakai air hangat untuk membilas bila sudah mengering di kulit Anda. Lakukan saja sesering mungkin akan pengobatan ini agar alergi kulit cepat sembuh.

12. Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah obat herbal yang juga bisa Anda pertimbangkan dan bahkan gunakan ketika alergi kulit menyerang. Ini karena minyak peppermint kaya akan sifat analgesik, anti-inflamasi serta antiseptik. Sifat penenang alami juga ada di dalamnya sehingga akan meredakan rasa gatal dan kemerahan.

  • Caranya: Air mandi Anda yang dalam keadaan hangat bisa Anda tambahkan dengan beberapa tetes minyak peppermint. Sederhana saja, Anda tinggal merendam bagian tubuh yang terkena gatal-gatal selama kira-kira 30 menit saja. Setelah itu jangan lupa mengeringkannya dan gunakan pelembab atau body lotion seperti biasanya. Sekali sehari adalah aturan pengobatan menggunakan minyak peppermint ini supaya hasilnya sempurna.

(Baca juga: efek alergi obat)

13. Kamomil

Bahan bermanfaat lainnya yang dijamin alami dan aman bagi kulit dan mampu secara efektif mengatasi masalah alergi kulit adalah kamomil. Kandungan anti-iritasi dan anti-inflamasinya snagat tinggi ditambah pula sifat antiviral, antijamur dan antibakteri yang bisa mengusir segala jenis bakteri maupun virus pengganggu kesehatan kulit.

  • Caranya: Buatlah teh kamomil, lalu sebuah handuk atau kain bersih bisa Anda celupkan ke dalamnya. Gunakan kain atau handuk tersebut untuk dikompreskan atau ditempelkan ke area yang terserang alergi kulit. Kompres selama 10-15 menit di mana Anda bisa melakukannya sehari 2-3 kali selama beberapa hari sampai kondisi membaik.

14. Daun Neem

Sifat antibakteri dan juga antijamur di dalam daun neem atau margosa ini sangat tinggi begitu pula kandungan anti-iritasi, analgesik, anti-inflamasi serta antiviralnya. Itulah mengapa daun ini begitu direkomendasikan untuk Anda coba sebagai obat herbal solusi alergi kulit. Berbagai masalah infeksi, psoriasis, jerawat dan eksim juga bisa diatasi dengan obat ini.

  • Caranya: Siapkan segenggam daun neem yang kemudian bisa Anda seduh selama kurang lebih 20 menit. Setelah diseduh, saringlah solusi ini dan biarkan hingga dingin lebih dulu. Sediakan kapas bersih untuk dicelup ke larutan, dan kompreskan ke area yang terkena ruam dan gatal selama 10 menit saja. Lakukanlah sehari beberapa kali supaya maksimal hasilnya.

15. Ketumbar

Bumbu dapur satu ini bukan bumbu dapur biasa karena memang ketumbar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini tak terkecuali untuk para penderita alergi kulit yang mengalami gatal dan ruam pada kulit. Bersifat anti-inflamasi dan antiseptik yang cukup tinggi, ketumbar ini juga bisa dijadikan obat mata bintitan alami.

  • Caranya: Sediakan biji ketumbar sebanyak 1 sendok teh saja, lalu rebuslah bersama secangkir air. Air rebusan ini bisa Anda konsumsi secara rutin sehari sekali selama beberapa hari sampai alergi kulit mereda.
  • Alternatif: Atau, Anda juga bisa menyiapkan segelas jus ketumbar segar yang bisa Anda minum setiap hari hingga kulit tak lagi gatal dan kemeran pun hilang.

(Baca juga: cara mengobati alergi dingin)

Sponsors Link

16. Kunyit

Bahan dapur satu ini juga tak kalah efektif dari ketumbar serta bahan herbal lainnya. Bila Anda ingin menggunakannya sebagai solusi dari alergi kulit, pastikan Anda menyiapkan kunyit yang sudah tua. Bahan ini sangat pas dalam mengobati masalah gatal-gatal.

  • Caranya: Kunyit yang sudah disediakan bisa Anda cuci lebih dulu, barulah Anda tumbuk bersama dengan daun sambiloto beberapa lembar saja. Tumbuk sampai teksturnya halus dan ramuan sederhana inilah yang bisa Anda pakai dengan mengoles hasil tumbukan ke bagian tubuh Anda yang terasa gatal.

17. Jahe

Jahe selain bisa dijadikan obat batuk yang manjur, rempah satu ini pun memiliki manfaat besar bagi yang menderita alergi kulit. Karena penggunaan jahe ini sebagai obat dalam, Anda juga perlu memerhatikan takarannya demi menjauhi efek samping jahe bagi kesehatan.

  • Caranya: Untuk mengobati alergi kulit, Anda bisa menyiapkan 15 gram jahe yang Anda bisa tambahkan dengan cuka beras putih sebanyak 30 cc. Bila ingin menambah rasa manis, siapkan pula gula merah sesuai kebutuhan. Rebus seluruh bahan ini bersama air 400 cc hingga mendidih dan airnya menyusut hingga separuhnya. Saringlah air rebusan jahe, lalu minumlah serutin mungkin hingga kondisi membaik.

(Baca juga: cara mengobati alergi udang)

18. Daun Salam

Dalam mengatasi alergi kulit, Anda juga bisa menggunakan daun salam dan penggunaannya pun super mudah. Bersihkan dulu beberapa lembar daun salam yang Anda sudah sediakan, lalu tumbuk kasar sebelum dibalurkan merata di bagian kulit yang beruam dan terasa gatal. Alergi kulit akan memudar bila cara ini digunakan secara rutin alias setiap hari.

19. Calendula

Satu lagi ramuan obat herbal yang mampu menenangkan iritasi kulit karena alergi kulit. Kulit kering, masalah eksim, ruam serta bisul dapat teratasi secara efektif dengan calendula. Sifat antibakteri dan antivirus berikut juga antijamur, astringent dan anti-inflamasinya juga sangat ampuh.

  • Caranya: Untuk mengatasi masalah ruam kemerahan dan gatal pada kulit sebagai efek dari alergi kulit bisa juga Anda gunakan minyak calendula. Cukup oleskan saja minyak ini ke area yang terserang alergi kulit dan biarkan terserap sempurna selama beberapa jam. Melakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari setiap hari akan membantu Anda melihat hasil termaksimalnya.

(Baca juga: obat gatal-gatal)

Itulah daftar obat herbal alergi kulit terampuh yang dapat Anda coba ketika alergi kulit menyerang secara tiba-tiba. Jangan panik dan lihat satu per satu bahan-bahan alami tersebut, karena siapa tahu salah satunya bisa menjadi solusi terbaik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 15th, October 2016 / 18:45 Oleh :
Kategori : Alergi