Sponsors Link

17 Obat Alergi Dingin Alami Paling Mujarab

ads

Siapapun dapat mengalami alergi dingin atau urtikaria dingin di mana akan muncul bilur atau ruam kemerahan dan gatal pada permukaan kulit sebagai reaksi terhadap suhu dingin. Setiap orang dapat mengalami gejala alergi dingin yang tak sama, berikut juga tingkat keparahan yang berbeda-beda. Berikut di bawah ini merupakan contoh gejala umum alergi dingin yang wajib Anda tahu serta waspadai.

  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Hidung berair, tersumbat, dan terus-terusan bersin seperti ketika flu.
  • Tangan akan membengkak ketika ada kontak dengan benda dingin.
  • Bilur pada kulit akan terasa sangat gatal.
  • Bibir serta tenggorokan dapat terasa bengkak ketika makan atau minum yang dingin-dingin.
  • Gejala akan semakin serius ketika kulit berubah menghangat.

Bahkan ada juga yang merasakan kesulitan bernapas karena lidah serta tenggorokan sudah mulai membengkak, diikuti dengan jatung berdebar-debar, kehilangan kesadaran, menurunnya tekanan darah, serta pembengkakan pada lengan dan torso. Untuk Anda yang tengah mencari obat alergi dingin terbaik, di bawah ini ada sejumlah rekomendasi yang bisa disimak dan dicoba di rumah.

(Baca juga: cara menghilangkan alergi)

1. Bawang Putih

Dalam segala kondisi, tampaknya bawang putih sangat mujarab dijadikan solusi bagi setiap penderita alergi dingin meski ada efek samping bawang putih yang perlu Anda tahu juga. Apabila sudah merasakan kedingingan dan misal juga sampai bersin-bersin, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dalam bentuk apapun. Anda bisa mengirisnya kecil-kecil lalu menelannya langsung seperti ketika minum obat biasa, atau menambahkannya ke makanan yang Anda santap.

2. Minyak Jarak

Minyak jarak adalah salah satu bahan yang juga bisa dijadikan obat oleh penderita alergi dingin. Bila bersin-bersin dan hidung mulai berair, Anda bisa langsung mengoleskan minyak jarak di bagian tengah kepala Anda. Percaya atau tidak, minyak ini akan secara ampuh meredakan gejala alergi tersebut.

(Baca juga: penyebab alergi kulit)

3. Bawang Merah

Quercetin adalah kandungan yang terdapat di dalam bawang merah dan sudah sangat terbukti akan kemampuannya dalam mengurangi histamin yang tubuh produksi. Dengan demikian, bawang merah ini terbukti baik juga untuk menurunkan risiko gejala alergi dingin. Kandungan antihistamin alaminya akan menghambat inflamasi untuk berkembang dan bisa membantu Anda bernapas lebih lega bila sudah terjadi sesak nafas.

  • Pengolahan yang dianjurkan adalah Anda bisa menyediakan bawang merah 1 siung, air 4 cangkir serta madu murni organik. Bawang merah perlu dipotong dan iris tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam air. Tinggalkan selama setengah hari atau 8-12 ja, sebelum akhirnya diminum rutin setiap hari 1-2 kali. Anda bisa menyimpan air bawang merah di dalam kulkas hanya sampai 4 hari saja dan bila ingin, tambahkan madu secukupnya sebelum mengonsumsi agar rasanya jauh lebih enak.

4. Air Kelapa Muda

Mungkin banyak yang belum tahu juga bahwa air kelapa muda dapat mengatasi alergi, khususnya alergi dingin. Karena ada sifat pembersih racun, air kelapa muda yang Anda minum akan dapat membersihkan segala toksin di dalam tubuh dan mengeluarkannya. Ketika racun sudah keluar, ini otomatis menurunkan risiko gejala alergi dingin pada tubuh.

(Baca juga: cara mengatasi alergi obat)

sponsored links

5. Berjemur

Untuk mengatasi masalah alergi dingin, tampaknya memang penderita juga perlu berjemur sebagai obat ampuh dan alaminya. Asupan sinar matahari akan memberikan tubuh vitamin D lebih di mana juga baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Berjemur juga akan membantu supaya suhu tubuh terjaga tetap stabil dan menjadikan tubuh lebih kuat karena juga teras lebih hangat.

6. Uap Panas

Seperti layaknya ketika Anda sakit flu, hidung berair maupun tersumbat tentunya sangat mengganggu. Hal ini biasanya juga terjadi pada penderita alergi dingin, bahkan yang lebih parah lagi bisa sampai sesak napas. Maka sebagai obatnya, Anda dapat coba menghirup uap panas dari air panas yang Anda siapkan pada sebuah baskom. Dengan melakukan ini, suhu tubuh juga bakal dapat kembali stabil dan Anda tidak akan gampang terkena alergi dingin lagi.

(Baca juga: obat gatal-gatal)

7. Kayu Manis

Demi mengatasi gejala alergi dingin, Anda bisa juga menggunakan kayu manis; akan lebih praktis bila Anda mencoba menggunakan yang sudah dalam bentuk bubuk. Anda dapat mencampurkannya langsung bersama dengan madu murni sebanyak 1 sendok teh untuk meringangkan gejala sekaligus mengembalikan suhu tubuh yang terlalu dingin.

8. Jahe

Alergi dingin akan pergi jauh-jauh ketika Anda mengandalkan jahe sebagai obat utama. Walau efek samping jahe memang cukup mengkhawatirkan, asalkan jumlah takaran yang dikonsumsi tidak berlebihan maka sebenarnya tidak akan berbahaya sama sekali untuk tubuh. Jahe adalah rempah yang tak hanya bagus sebagai obat alergi makanan, tapi untuk alergi dingin pun sangat efektif.

  • Sediakan jahe 1 rimpang saja, lalu Anda kupas dan taruhlah pada sebuah mangkuk. Tuang air panas ke dalam mangkuk tersebut untuk menyeduh jahe selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan madu bila ingin menambahkan pemanis yang aman dan alami. Silakan Anda minum secara rutin sampai reaksi alergi tak lagi mengganggu Anda.

(Baca juga: penyebab tubuh tidak tahan dingin)

9. Madu

Madu asli dan murni sangat tinggi khasiatnya bagi tubuh manusia, bahkan juga mampu mengatasi masalah alergi dingin sekalipun. Silakan mencari cara membedakan madu asli dan palsu apabila Anda merasa kesulitan untuk memperoleh madu yang benar-benar organik dan murni. Sebaiknya pun madu tidaklah Anda masak karena khasiatnya dapat hilang dan menjadi kurang bermanfaat ketika Anda mengonsumsinya.

  • Untuk menggunakannya, Anda bisa mengonsumsi madu murni 1-2 sendok makan setiap hari. Atau, lebih baik lagi bila Anda meminumnya 3 kali dalam sehari supaya khasiatnya lebih dirasakan. Ingat bahwa madu juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak masalah bila Anda mengonsumsi secara sering dan rutin. Gejala alergi dapat memudar apabila daya tahan tubuh sudah kembali dan tubuh lebih kuat.

10. Cuka Sari Apel

Bila kita semua mengenal cuka sari apel sebagai sebuah bahan alami yang dapat menurunkan gejala kolesterol, kenyataannya jenis cuka ini pun mampu menjadi obat alergi. Khusus untuk alergi dingin dan juga alergi makanan, cuka sari apel dapat meringankan segala gejalanya.

  • Bila kulit mulai beruam, untuk mengobatinya Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan sedikit air sebelum diterapkan ke permukaan kulit.
  • Cara lainnya, Anda bisa coba mencampurkan cuka sari apel secukupnya ke air yang akan Anda pakai untuk mandi. Mandi dengan air cuka sari apel diketahui efektif dalam menghilangkan ruam akibat alergi.

(Baca juga: menggigil tapi tidak demam)

11. Oatmeal

Sangat terkenal sebagai makanan bagi penderita penyakit jantung, oatmeal tak hanya bisa dijadikan menu sarapan untuk kesehatan Anda. Oatmeal juga dapat dijadikan pasta dan dijadikan sebagai obat alergi, terutama alergi dingin yang menimbulkan ruam kemerahan dan rasa gatal di kulit.

  • Campurkan sesendok makan oatmeal dengan secangkir air, lalu didihkan sejenak sebelum akhirnya Anda angkat. Tunggu supaya oatmeal lebih dingin sekitar 30 menit. Saring lebih dulu sebelum pasta oatmeal ini bisa diaplikasikan ke ruam merah pada kulit.
  • Cara alternatif yang juga bisa Anda pakai adalah dnegan mencampurkan oatmeal ke air mandi Anda seperti cuka sari apel tadi. Efektivitasnya akan jauh lebih besar bila Anda mandi dengan air oatmeal, tapi ketahui juga bahaya oatmeal instant sebelum menggunakan.

12. Jeruk Nipis

Kalau pada umumnya jeruk nipis kerap dimanfaatkan sebagai obat batuk, kali ini Anda bisa menggunakannya dengan tujuan menyembuhkan gejala alergi dingin. Selama perawatan di rumah, Anda bisa mencoba jeruk nipis untuk dikonsumsi asalkan tak memiliki alergi pada buah jeruk atau riwayat asam lambung.

  • Sederhana sekali, Anda hanya cukup mengambil air perasan jeruk nipis ke segelas air hangat. Setelah dicampur sampai rata, Anda dapat meminumnya setiap hari. Untuk merasakan khasiatnya, biasanya memang harus diminum selama beberapa bulan. Tapi asalkan dikonsumsi rutin, efektivitasnya cukup tinggi.

13. Wasabi

Anda pasti sudah tahu apa itu wasabi, namun bagi yang belum terlalu familiar, wasabi ini adalah sambalnya khas Jepang. Rasa pedasnya cukup mengejutkan untuk yang baru pertama kali mencoba karena dapat sampai ke hidung. Ketika Anda menikmati sushi, wasabi akan selalu turut menemani, tapi rupanya wasabi bisa juga digunakan untuk mengobati alergi dingin.

Karena pedasnya yang dapat terhirup hingga ke hidung, wasabi adalah solusi tepat untuk mengurangi gejala alergi dingin yang membuat hidung Anda sering tersumbat. Artinya, dengan wasabi Anda mampu membuat hidung kembali lega dan pernapasan dapat kembali normal. Ini semua berkat adanya senyawa allyl isothiocyanate pada wasabi yang juga akan menghilangkan kelebihan lendir pada hidung saat terasa begitu berair.

(Baca juga: cara mencegah alergi dingin)

Sponsors Link

14. Teh Hijau

Sepertinya sudah banyak sekali orang yang tahu bahwa teh hijau menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Karena kandungan antihistamin alaminya sangat aktif, maka penderita alergi dingin dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin.

  • Setiap harinya Anda bisa meminum 1-2 cangkir supaya bisa menghilangkan gejala-gejala mengganggu dari alergi dingin.
  • Anda juga bisa mencoba menambahkan madu secukupnya bila Anda ingin teh hijau ada sedikit rasa manis yang alami tanpa gula. Namun, pastikan bahwa madu yang Anda pakai adalah madu murni supaya khasiat yang diterima dan dirasakan pun jauh lebih maksimal.

15. Teh Peppermint

Ada banyak jenis teh yang memang sangat berguna untuk kesehatan, salah satunya adalah teh peppermint. Selain dari teh hijau, Anda juga dapat menggunakan teh peppermint sebagai obat bagi kondisi alergi dingin Anda. Teh ini dianjurkan untuk diminum setiap hari ketika cuaca sedang dingin dan reaksi alergi mulai keluar.

Terkadang pada beberapa kasus, penderita alergi dingin akan mengalami sinus serta batuk-batuk, jadi tak ada salahnya mencoba obat teh peppermint ini untuk menyembuhkan. Selain bisa mengobati, tentunya teh peppermint ini dapat menjadi penghangat tubuh alami di kala cuaca dingin. Bahkan ketika hidung berair dan penuh lendir pun bakal mampu diatasi oleh teh satu ini.

(Baca juga: obat alergi gatal)

16. Teh Kamomil

Masih ada lagi jenis teh yang juga dapat mengobati masalah alergi dingin, yaitu teh kamomil. Teh ini dapat menjadi penenang di kala pikiran sedang stres dan suasana hati sedang kacau, atau bahkan digunakan sebagai cara mengobati alergi udang. Teh ini pun mampu menghangatkan tubuh saat cuaca sangat dingin.

Gejala alergi yang muncul karena suhu dingin dapat Anda redakan dengan meminumnya secara rutin setiap hari 2 cangkir per hari. Apabila ingin melakukan pencegahan, Anda juga bisa menambahkan madu. Berkandungan antihistamin alami seperti teh hijau, Anda dapat mencoba dan merasakan sendiri manfaatnya ketika reaksi alergi datang.

17. Minyak Almond

Bagi Anda yang merasakan ketidaknyamanan pada hidung dan pernapasan dikarenakan berair atau tersumbat akibat alergi dingin, minyak almond dapat menjadi obatnya. Teteskan saja beberapa kali ke lubang hidung supaya pernapasan kembali normal. Bahkan suhu tubuh yang ikut dingin mengikuti cuaca dan udara sekitar akan lebih terasa membaik karena minyak ini.

(Baca juga: cara mengatasi alergi dingin)

Bila Anda mencari obat alergi dingin yang alami dan aman tapi memiliki efektivitas tinggi, sejumlah obat yang sudah direkomendasikan di atas dapat Anda pertimbangkan. Dengan efek samping yang lebih kecil, Anda dapat menggunakan metode pengobatan tersebut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 17th, September 2016 / 13:59 Oleh :
Kategori : Alergi