10 Obat Alergi Debu Alami

Bagi penderita alergi debu, sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya karena ada banyak obat alergi debu sederhana dan alami yang bisa Anda andalkan. Sangat sulit untuk menghindari debu karena di manapun kita berada, debu pasti selalu ada, hanya saja banyak atau tidak. Saat karpet di rumah Anda kotor, begitu juga sofa maupun tempat tidur berdebu, ini akan mudah menimbulkan reaksi alergi.

Untuk menghilangkan efek reaksi alergi debu, ada sejumlah bahan-bahan alami yang bisa Anda coba pergunakan dengan baik sebagai solusi terbaik. Bahkan bahan-bahan obat tradisional untuk alergi debu ini termasuk gampang untuk dijumpai dan disiapkan antara lain adalah sebagai berikut:

(Baca juga: penyebab alergi kulit – penyebab hidung berair)

1. Bawang Putih

Sebagai antibiotik alami, bawang putih merupakan bahan yang tepat dijadikan obat berbagai macam penyakit, termasuk juga kondisi alergi debu. Meski ada efek samping bawang putih, sifat antivirusnya juga merupakan keunggulan yang akan membuat Anda makin percaya dengan bumbu dapur satu ini. Bahkan cara penggunaannya pun tergolong sangat sederhana.

Terlepas dari bahaya bawang putih mentah, justru yang dalam keadaan mentah atau belum dimasak adalah yang paling baik untuk mengobati alergi debu. Efektivitasnya jelas lebih tinggi, jadi Anda bisa langsung mengonsumsinya sekitar 3-4 siung dengan langsung dimakan atau dikunyah-kunyah. Atau, campurkan bawang putih mentah tersebut bersama madu murni dan konsumsilah setiap hari untuk mengatasi maupun mencegah alergi debu.

2. Jahe

Efektivitas jahe tak hanya bisa digunakan sebagai obat batuk alami saja, namun juga sebagai obat alergi debu yang ampuh. Membawa sifat antihistamin dan dekongestan, Anda juga perlu mengetahui serta mewaspadai adanya efek samping jahe. Selama pemakaian benar, Anda tak perlu mengkhawatirkan tentang hal efek samping.

Anda hanya perlu menyiapkan setengah iris jahe saja untuk Anda bisa tambahkan pada teh yang sudah Anda buat terlebih dulu. Alternatifnya, Anda juga bisa memakannya langsung dengan ditambah madu murni supaya rasanya cukup manis. Jahe ini tak hanya mampu mengatasi alergi debu, tapi juga mencegahnya dengan baik.

(Baca juga: ciri-ciri alergi)

3. Teh Hijau

Selain baik dijadikan obat tradisional darah tinggi, teh hijau adalah bahan terbaik juga untuk mengatasi alergi debu. Cukup dengan menyediakan sekantung teh hijau, Anda dapat mencelupkannya ke air mendidih, lalu seduh. Teh hijau ini dapat meredakan bersin-bersin bila Anda merasakan gejala tersebut saat terkena debu.

Selain itu, peradangan yang terjadi di saluran pernapasan juga akan teratasi dengan baik. Ketika kantung teh sudah Anda ambil kembali, silakan secara perlahan oles-oleskan ke kulit Anda yang beruam dan kemerahan. Cara ini juga bakal secara ampuh mengurangi pembengkakan pada kulit serta ruam dan rasa gatalnya. Minum juga teh hijau ini sehari 2 kali setiap hari.

4. Madu Murni

Sudah tak perlu heran lagi mengapa madu murni bisa dijadikan obat yang ampuh bagi alergi. Carilah cara membedakan madu asli dan palsu karena Anda jelas membutuhkan madu yang asli untuk memperoleh khasiatnya yang maksimal. Untuk menghilangkan gejala alergi debu, silakan meminum madu murni sesendok teh saja.

Bahkan kondisi Anda yang bersihn-bersin juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu; bahkan efeknya dapat dirasakan hanya beberapa menit setelah meminumnya. Atau, cara lainnya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam madu untuk dioles ke bagian kemerahan dan ruam di kulit Anda, baik itu pada area kaki, tangan atau lainnya.

Madu juga adalah bahan yang tepat bagi Anda yang ingin mencegah supaya ruam tidak meninggalkan bekas pada permukaan kulit. Asalkan madu yang Anda pakai adalah madu murni, Anda bisa mengatasi juga pembengkakan yang terjadi akibat inflamasi dari alergi debu. Madu yang terbaik adalah madu pilihan dan Anda bisa memakainya setiap hari hingga gejala mereda.

(Baca juga: penyebab sering bersin)

5. Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi alergi debu, cuka sari apel merupakan bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan dalam mengurangi gejala hidung berair dan bersin-bersin. Selain mampu menjadi solusi tradisional bagi penderita tekanan darah tinggi, cuka sari apel ini juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan.

Sistem limfatik pada tubuh akan dibersihkan oleh bahan ini sehingga reaksi alergi yang berlebihan dan sangat mengganggu bisa Anda kontrol dengan mudah. Sediakan cuka sari apel organik sesendok teh saja untuk Anda campur bersama dengan segelas air. Minumlah solusi ini sehari 3 kali, dan tonik ini pasti dapat mencegah untuk serangan alergi berikutnya.

6. Wasabi

Obat alami berikutnya adalah wasabi di mana wasabi ini merupakan hidangan yang biasanya dihidangkan untuk melengkapi makanan khas Jepang, sushi. Kalau di Indonesia, wasabi ini seperti sambal, hanya saja bedanya adalah wasabi tak dibuat dari cabai, tapi dibuat dari sejenis sayur akar lobak.

Jenis sayur akar lobak tersebut perlu diparut terlebih dulu sehingga rasa pedasnya bisa keluar dan inilah yang menjadi bahan utama wasabi. Selain itu, wasabi ini warnanya selalu hijau dengan tekstur halus seperti pasta. Sekali memakannya, wasabi ini akan langsung melegakan hidung akibat rasa pedasnya yang begitu kuat.

Dalam mengobati serangan alergi, wasabi ini mempunyai alil isothiocyanate, yakni senyawa perangsang aliran lendir. Dalam mengendalikan bersin, silakan Anda mencelupkan sendok ke wasabi, kemudian Anda dapat menjilatinya. Bila ingin menangani gejala alergi, silakan Anda parut lobak, lalu telah sekitar ¼ sendok teh, ini akan sangat efektif dalam mengurangi dan menurunkan potensi gejala.

(Baca juga: bahaya tungau)

7. Teh Peppermint

Obat lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah teh peppermint di mana obat ini sangat baik untuk mengatasi serangan alergi. Sifat anti-inflamasi serta antibakterinya yang alami akan membantu meringankan dan menyembuhkan gejala alergi debu. Bahkan dekongestan pun juga dibawa oleh teh peppermint sehingga makin maksimal hasil yang nanti diberikan.

Cukup dengan mengambil segenggam daun peppermint kering, Anda bisa memasukkannya ke dalam segelas air untuk kemudian Anda rebus bersama daunnya di dalamnya. Tinggalkan dulu setelah direbus sekitar 10 menit, lalu saring dan dinginkan sebelum Anda bisa meminum tehnya. Minumlah rutin agar hasilnya pun maksimal dalam meredakan reaksi alergi dan mencegahnya untuk kambuh.

8. Uap

Obat lainnya yang dianggap paling baik juga dalam meredakan gejala alergi debu adalah uap. Siapkan 250 ml air di dalam sebuah mangkuk atau baskom dan pastikan air tersebut sudah Anda rebus sebelumnya. Tentu akan kelihatan oleh mata Anda bahwa uapnya naik, hiruplah uap tersebut, sama seperti ketika Anda flu.

Ketika hidung tersumbat akibat pilek, orang akan mencari cara untuk melegakannya dan salah satunya adalah dengan uap. Cara kerjanya terbilang sama dan Anda bisa menahan posisi menghirup uap tersebut sekitar beberapa menit sebelum menghirup kembali udara segar. Saat air sudah menghangat atau dingin, kain bersih bisa Anda celupkan ke dalamnya untuk ditahan pada bagian sinus.

(Baca juga: alergi telur)


9. Minyak Samin

Istilah lain bagi minyak samin ini adalah ghee dan bahan satu ini juga termasuk ampuh dalam mengatasi alergi debu yang menyiksa. Bersin-bersin terus-menerus dan keras-keras akan sangat mengganggu, baik bagi diri Anda sendiri maupun orang yang ada di sekitar Anda.

Untuk meredakan intensitas bersin, pakailah ¼ sendok teh minyak samin ini dan hisaplah. Rongga hidung otomatis akan menjadi lebih hangat dengan bantuan obat ini tanpa Anda harus khawatir akan efek samping berbahaya. Karena rongga hidung mulai terasa hangat, otomatis bersin pun menjadi berkurang.

Atau, Anda juga bisa menggunakan minyak samin dengan cara mencelupkan kapas pada minyak ini dan mulai oleskan ke bagian kulit beruam. Minyak ini tak hanya akan memudarkan ruam kemerahan tersebut, tapi juga gatal-gatal serta pembengkakan akibat reaksi alergi tubuh. Jika Anda bisa dengan mudah mendapatkan minyak samin ini, tak ada salahnya untuk mencoba.

10. Quercetin

Quercetin merupakan flavonoid yang mampu mengendalikan serangan alergi debu dengan baik. Dan untuk menemukan flavonoid, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis sayur dan buah-buahan, seperti halnya brokoli, jeruk, bawang, anggur merah, serta apel dan tomat. Kita semua tahu bahwa buah-buah tersebut pun penuh kandungan nutrisi yang mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Reaksi alergi akan dapat diatasi secara sederhana dan cepat hanya dengan mengonsumsi tomat maupun apel. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan histamin saat mengeluarkan reaksi terhadap alergen dan akhirnya reaksi tersebut keluar dalam bentuk gatal, bengkak, ruam merah pada kulit, inflamasi dan bersin-bersin.

Untuk mengatasinya, quercetin adalah salah satu obat alami terbaik karena mampu menjadi agen antihistamin alami di mana peradangan dapat berkurang dan gejala lainnya akibat reaksi alergi bisa berkurang juga. Maka selalu sedia buah dan sayur-sayuran tersebut di rumah untuk dikonsumsi setiap saat atau setiap hari supaya daya tahan tubuh meningkat lalu otomatis alergi debu cepat membaik.

(Baca juga: bahaya debu pada makanan – penyebab biduran)

Demikianlah daftar obat alergu debu alami yang bisa Anda coba konsumsi dan juga lakukan di rumah. Obat-obat tersebut sangat sederhana dan Anda bisa membuktikan sendiri efektifitas dari setiap obat tersebut. Apabila tak begitu mempan, silakan hubungi dokter ketika gejala makin memburuk.

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 06:28 Oleh :
Kategori : Alergi