30 Makanan Penyebab Alergi Gatal pada Kulit

Reaksi alergi bisa menjadi penyebab utama timbulnya rasa gatal pada kulit. Biasanya, kasus alergi gatal disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Ada segudang daftar makanan yang berkemungkinan menyebabkan alergi gatal dan ruam di kulit. Hati-hatilah terhadap alergi makanan dan berikut di bawah ini bisa dilihat apa saja makanan-makanan yang berpotensi besar menjadi penyebab alergi kulit.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)

1. Kepiting

Makanan yang berasal dari laut adalah yang rata-rata menjadi makanan penyebab alergi gatal. Bila Anda sudah ada riwayat penyakit alergi, sebaiknya menghindari makanan laut, termasuk kepiting ini. Gejala gatal-gatal tak hanya terjadi di permukaan kulit wajah, tangan atau kaki; bahkan mulut pun bisa gatal juga dan disertai mual, muntah, serta nyeri perut dan diare.

2. Susu Sapi

Alergi gatal juga bisa dialami oleh mereka yang alergi terhadap susu meski memang kita tahu betul bahwa khasiat susu sapi murni sangat bagus. Pada penderita gangguan kulit alias dermatitis, reaksi alergi ini akan begitu lambat dan biasanya terjadi pada bayi. Ketika sang buah hati mengalami mata merah disertai gatal di bagian mata dan hidung sesudah 20 jam minum susu, langsung periksakan ke dokter.

(Baca juga: makanan penyebab eksim)

3. Udang

Alergi udang bukanlah hal yang asing lagi karena kebanyakan orang bisa mengalami reaksi alergi satu ini. Kulit biasanya akan timbul ruam, mata kemudian menjadi merah dan munul gatal-gatal serta pembengkakan di bagian tubuh. Parahnya lagi, Anda harus mewaspadai gejala lain seperti batuk, bersin sampai sesak nafas yang artinya harus segera diberikan penanganan tepat.

4. Kerang

Jenis makanan ini juga banyak digemari, tapi tak semua orang yang mengonsumsinya bakal aman-aman saja. Ada beberapa macam kerang yang bisa menjadi pemicu munculnya reaksi alergi di permukaan kulit, contohnya rasa gatal yang disertai dengan ruam kemerahan. Jika tak ditangani dengan betul, bisa jadi efeknya berlanjut memicu penyakit eksim yang pada umumnya terjadi pada jari-jari kaki.

5. Telur Ayam

Sepintas memang telur ayam ini tampak biasa dan banyak orang yang memakannya baik-baik saja. Namun sebenarnya, ada beberapa orang yang juga menderita alergi telur di mana biasanya dialami oleh orang-orang yang termasuk sensitif. Tak hanya gatal dan ruam di kulit, bisul atau jerawat juga bisa terjadi dan lebih jauh lagi, penyakit eksim pun dapat ditimbulkan oleh makanan sederhana ini.

(Baca juga: cara penanganan alergi obat)

6. Laron

Meski masih termasuk di dalam jenis serangga, ada sebagian orang yang menggemari jenis makanan ini. Laron memang lezat bagi yang memang menyukainya dan diketahui pula mengandung kadar protein tinggi. Itulah mengapa alergi bisa terjadi, yakni dari protein yang terlalu tinggi dari dalam tubuh serangga ini. Jadi, bila sudah ada riwayat alergi jangan coba-coba memakannya, apalagi secara berlebihan.

7. Ikan Tuna

Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan alergi gatal-gatal di permukaan kulit bagi yang memang punya sensitivitas tinggi atau riwayat alergi sebelumnya. Ikan tuna memang banyak diunggulkan karena kadar omega-3 yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Namun jangan salah, alergen kuat juga bisa berasal dari omega-3 tersebut.


8. Ikan Salmon

Jika ingin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 tinggi, jelas salah satu yang paling dianjurkan adalah ikan salmon. Ikan laut tersebut memang disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk perkembangan dan kesehatan otak serta tubuh. Tapi karena omega-3 bisa menjadi sumber penyebab reaksi alergi, jadi bagi yang memang sudah ada penyakit alergi sebaiknya tidak mengonsumsi ikan salmon berlebihan.

(Baca juga: obat alergi gatal)

9. Tepung Terigu

Ada juga beberapa orang yang menderita alergi gluten dan tepung terigu ini merupakan gluten karena gluten ada di dalam tepung terigu. Ketika gluten kadarnya terlalu tinggi, protein yang berada di dalam tepung terigu otomatis juga tinggi. Intoleransi gluten biasanya adalah masalah yang kemudian menimbulkan gatal-gatal ketika seseorang mengonsumsinya.

Tak hanya gatal, jelas ruam kemerahan pada kulit serta mata berair adalah gejala-gejalanya. Lebih buruk lagi, reaksi alergi akibat intoleransi gluten bisa memicu pilek, batuk dan juga diare. Tak hanya karena mengonsumsinya saja, misalkan Anda menghirup gluten, gejala pun bisa saja Anda alami.

10. Kacang Tanah

Satu lagi makanan yang bisa memicu adanya alergi gatal, yaitu kacang tanah. Kelihatannya aman, namun kacang tanah pun dapat menjadi alergen dan diketahui bakal lebih mudah menyebabkan reaksi alergi muncul ketika Anda mengonsumsi setelah memanggangnya. Bila tetap ingin menikmatinya, sebaiknya hindari pengolahan dengan memanggangnya, tapi pilih cara merebus saja.

(Baca juga: cara mengatasi alergi dingin)


11. Kacang Pohon

Tak hanya kacang tanah rupanya, kacang pohon pun juga bisa memicu alergi gatal pada kulit. Tampaknya memang banyak jenis kacang yang bakal berbahaya bila dikonsumsi karena menimbulkan reaksi alergi. Pada umumnya, yang menderita alergi gatal akibat makan kacang pohon adalah anak-anak.

Meski demikian, bukan lantas berarti bahwa orang dewasa tak ada yang dapat terserang alergi gatal karena kacang pohon. Tetap ada beberapa orang dewasa yang pernah mengalami alergi gatal karena jenis makanan ini, tapi tak begitu banyak. Waspadailah kacang pohon dan kacang tanah, meski ada beberapa jenis kacang lain yang juga memberikan efek sama.

12. Gandum

Alergi gatal juga bisa dipicu akibat makan gandum. Orang dewasalah yang pada umumnya mengalami reaksi alergi gatal karena makan gandum. Ini karena di dalam gandum ada kandungan besar gluten yang bisa berbahaya bagi penderita celiac alias penderita alergi gandum. Untuk menghindari reaksi alergi dan memperburuk kondisi ini, diharapkan untuk melaksanakan diet bebas gandum.

(Baca juga: ciri-ciri alergi – makanan penyebab alergi kulit)

Makanan Lainnya Pemicu Alergi Gatal

Selain dari yang sudah disebutkan, ada pula makanan-makanan lainnya yang patut untuk Anda waspadai kalau-kalau menyebabkan alergi gatal. Di bawah ini merupakan daftar yang bisa Anda simak dan pertimbangkan sebelum memutuskan berdiet.

  1. Jeruk
  2. Tomat
  3. Lemon
  4. Anggur
  5. Stroberi
  6. Kembang kol
  7. Labu
  8. Bawang merah
  9. Kentang
  10. Bawang putih
  11. Wortel
  12. Kacang Brasil
  13. Kacang kedelai
  14. Almond
  15. Kacang kenari atau walnut
  16. Kemiri
  17. Kacang macadamia
  18. Kemiri

(Baca juga: obat alergi debu – obat alergi dingin)

Itulah sejumlah makanan penyebab alergi gatal yang memang tidak selalu membahayakan, tapi wajib untuk diwaspadai. Bagi Anda yang memang sudah memiliki riwayat kesehatan alergi, sebaiknya membatasi atau menjauhi sama sekali makanan-makanan yang merupakan alergen. Bila sudah telanjur gatal, carilah obat gatal tradisional lebih dulu untuk mengatasinya; tapi bila tak mempan, segera ke dokter kulit, apalagi kalau gejala sudah memburuk.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 17:53 Oleh :
Kategori : Alergi