Sponsors Link

9 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Tubuh

Sponsors Link

Apakah anda penikmat kopi? Apakah anda mengkonsumsi kopi cukup banyak setiap harinya. Jika iya, maka anda perlu mempertimbangkan efek yang ditimbulkan kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak manfaat namun juga sisi buruknya memiliki efek. Mari kita bahas dalam uraian artikel ini.

ads

Apakah kafein itu?

Kafein merupakan bahan kimia yang ditemukan dalam kopi selain itu juga ditemukan pada minuman sejenis seperti teh dan cola dan produk lainnya. Kafein paling sering digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan  secara mental, selain itu juga memiliki banyak kegunaan lainnya.

Tentunya kita mengenal manfat umum setelah menikmati secangkir kopi, diantaranya adalah dapat menahan kantuk. Selain untuk menjaga dari kantuk, kopi sangat diandalkan banyak orang untuk meningkatkan energi agar tetap terjaga, meringankan dari rasa kelelahan, juga meningkatkan konsentrasi dan fokus untuk bekerja, terutama saat lembur.

Bagaimana cara kerja kafein dalam kopi ?

Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat (SSP), jantung, otot, dan pusat-pusat yang mengontrol tekanan darah. Sehingga kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Kafein juga dapat meningkatkan aliran urin.


Penggunaan Umum Kafein

Kafein dalam obat biasanya digunakan sebagai kombinasi dengan obat penghilang rasa sakit (seperti aspirin dan acetaminophen) dan bahan kimia yang disebut ergotamine untuk mengobati sakit kepala. Kombinasi inilah yang digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit untuk sakit kepala biasa dan juga dapat berfungsi sebagai obat pencegah dan mengobati sakit kepala setelah anestesi epidural.

Beberapa orang menggunakan kafein juga untuk asma, penyakit kandung empedu, attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), sesak napas pada bayi baru lahir, dan tekanan darah rendah. Kafein juga digunakan untuk menurunkan berat badan dan juga diabetes tipe 2. Dosis yang sangat tinggi digunakan, dalam kombinasi dengan efedrin, sebagai alternatif untuk stimulasi (stimulan).

Kafein adalah salah satu stimulan yang paling umum digunakan di kalangan atlet. Menggunakan kafein, dalam batas-batas, diperbolehkan oleh National Collegiate Athletic Association (NCAA). Namun jika terlalu banyak misalnya setelah diperiksa kafein yang terkandung dalam konsentrasi urin lebih dari 15 mcg/mL maka hal ini dilarang. Hal ini jika seseorang meminum 8 cangkir kopi untuk mencapai konsentrasi urin ini.


Manfaat Kafein yang Lain

Dalam bentuk krim, kafein yang dioleskan pada kulit dapat mengurangi kemerahan dan gatal pada dermatitis. Penyedia layanan kesehatan kadang-kadang memberikan kafein secara intravena untuk penyebab sakit kepala setelah anestesi epidural. Masalah pernapasan pada bayi baru lahir dan untuk meningkatkan aliran urin.

Dalam makanan, kafein digunakan sebagai bahan dalam minuman ringan, minuman energi, dan minuman lainnya. Orang dengan gangguan suara, misalnya penyanyi, dan profesional suara lainnya sering disarankan untuk tidak menggunakan kafein.

Namun, sampai saat ini, rekomendasi ini didasarkan hanya pada desas-desus. Sekarang penelitian tentang kafein mulai banyak dikembangkan, hal ini menunjukkan bahwa kafein sebenarnya dapat membahayakan kualitas suara. Tapi studi lebih lanjut terkait hal ini diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan awal tadi.


Berapa banyak takaran kopi yang dikategorikan terlalu banyak ?

Ada takaran dimana jika meminum kopi terlalu banyak berarti telah mengkonsumsi kopi diatas batas aman. Batas tersebut adalah diatas 400 miligram (mg) kopi sehari. Selama masih kurang dari takaran tersebut maka masih aman untuk orang dewasa. Jumlah 400 mg tersebut kira-kira adalah dalam empat cangkir kopi yang diseduh. Namun kadar kafein 400 mg ini juga terkandung didalam 10 kaleng cola atau dua botol minuman energi.

Tentunya meskipun diperbolehkan bagi manusia dewasa, namun tidaklah baik jika dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, pembatasan yang diizinkan untuk usia remaja tidak boleh lebih dari 100 mg kafein perhari. Jika penggunaan kafein lebih dari 500 sampai 600 mg sehari, maka beberapa hal dapat menyebabkan efek samping seperti dibawah ini :

Sponsors Link

  • Insomnia
  • Gugup
  • Kegelisahan
  • Sifat lekas marah
  • Sakit perut
  • Detak jantung cepat
  • Tremor pada otot

Ada orang-orang yang  lebih sensitif terhadap kafein dibanding yang lain. Jika orang-orang tersebut rentan terhadap efek kafein, maka hanya dengan sejumlah kecil saja misalnya satu cangkir kopi atau teh akan dapat mendorong efek yang tidak diinginkan, misalnya seperti ada rasa kegelisahan dan masalah tidur.

Selain itu efek juga terjadi terhadap orang yang jarang mengkonsumsinya. Orang yang tidak teratur minum kafein akan cenderung lebih sensitif terhadap efek negatifnya. Faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi diantaranya massa tubuh, usia, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan kecemasan. Penelitian juga menunjukkan bahwa laki-laki mungkin lebih rentan terhadap efek terhadap kafein daripada wanita.

Berikut ini sejumlah efek akibat terlalu banyak minum kopi :

1. Tidak cukup tidur

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malamnya. Namun kafein dapat mengganggu kebutuhan untuk tidur ini. Kehilangan waktu tidur secara kronis seperti dikarenakan pekerjaan, perjalanan, stres atau sama halnya karena terlalu banyak kafein sehingga secara kumulatif waktu untuk tidur berkurang, maka hal ini akan menambah juga mengganggu kewaspadaan di siang hari dan menganggu kinerja.

Menggunakan kafein untuk menutupi kurang tidur akan menyebabkan siklus yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, mungkin seseorang minum minuman berkafein karena memiliki kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari. Tapi ternyata kafein menyebabkan pendeknya waktu untuk tidur dimalam hari.

2. Berinteraksi dengan obat atau suplemen

Obat-obat tertentu dan suplemen herbal dapat berinteraksi dengan kafein dari kopi. Berikut adalah beberapa contoh yang terjadi :

  • AntibiotikJenis antibiotik diantaranya seperti Ciprofloxacin (Cipro) dan Norfloksasin (Noroxin), merupakan jenis obat antibakteri, dapat meningkatkan panjang waktu kafein untu tetap berada di dalam tubuh dan memperkuat efek yang tidak diinginkan tersebut.
  • Teofilin-Teofilin (Theo-24, Elixophyllin) adalah obat yang dapat membuka saluran udara bronchial (paru-paru) dengan relaksasi otot-otot sekitarnya (bronchodilator). Hal ini cenderung memiliki beberapa efek kafein. Dengan demikian, mengambil dengan makanan dan minuman berkafein dapat meningkatkan konsentrasi teofilin dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah dan jantung berdebar debar.
  • Echinacea-suplemen ini merupakan suplemen herbal, yang kadang-kadang digunakan untuk mencegah pilek atau infeksi lainnya, dapat meningkatkan konsentrasi kafein dalam darah.

Sebelum mengkonsumsi obat bertanyalah dengan dokter atau apoteker apakah kafein dapat mempengaruhi obat yang sedang dikonsumsi.

3. Membatasi kebiasaan kafein dari kopi yang diseduh

Walaupun anda baru mengetahi efek negatif dari meminum kopi, namun anda perlu berhati-hati saat mulai berusaha menghentikannya. Penurunan mendadak dalam kafein akan dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, lekas marah dan gugup. Untungnya, gejala ini akan ringan dan sembuh setelah beberapa hari.

Tips untuk mengubah kebiasaan kafein dengan cara bertahap, cobalah tips ini :

  • Mulai memperhatikan berapa banyak kafein yang didpatkan dari makanan dan minuman. Mungkin lebih dari yang dipikirkan. Baca label dengan hati-hati.
  • Melakukannya secara bertahap. Misalnya, minum satu kaleng lebih sedikit soda atau minum secangkir kecil kopi setiap hari. Atau menghindari minum minuman berkafein di akhir hari. Ini akan membantu tubuh terbiasa dengan tingkat kafein yang lebih rendah dan mengurangi efek yang dramatis.
  • Mempersingkat waktu untuk minum.
  • Periksa kemasan. Beberapa penghilang rasa sakit juga mengandung kafein, sebanyak 130 mg kafein dalam satu dosis. Carilah yang bebas kafein untuk penghilang rasa sakit sebagai gantinya.

4. Efek samping terhadap asam klorida

Minum kopi saat perut kosong misalnya diawal hari saat pagi hari akan merangsang produksi asam klorida. Ini bisa menjadi masalah karena HCl hanya harus diproduksi untuk mencerna makanan. Jika tubuh harus membuat HCl lebih sering untuk menanggapi satu cangkir kopi biasa, makan kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam cukup untuk memproduksi HCl untuk mencerna makanan yang besar.

Makanan yang mengandung protein dalam pencernaan dapat dipengaruhi oleh kurangnya asam klorida yang ada didalam makanan saat di perut dan protein bisa lewat ke dalam usus kecil. Protein yang tercerna dikaitkan dalam berbagai masalah kesehatan, dari kembung dan gas, diverticulitis dan bahkan kanker usus besar.

ads

Bahkan, efek tidak dapat mencerna makanan dengan benar karena asam klorida yang rendah dalam lambung bisa menyebabkan puluhan masalah kesehatan lainnya. Beberapa ahli mengatakan hampir semua penyakit dimulai di usus. Mengingat ini, kita dapat melihat mengapa hal ini penting untuk membatasi apa pun yang mengganggu fungsi pencernaan dengan tepat.

5. Menyebabkan bisul lambung dan masalah keasaman

Banyak senyawa dalam kopi seperti kafein dan berbagai asam yang ditemukan dalam biji kopi dapat mengiritasi perut dan lapisan usus kecil. Ini dikenal menjadi masalah bagi mereka yang menderita maag, gastritis, penyakit dan Crohn. Dokter umumnya menyarankan pasien dengan kondisi ini untuk menghindari kopi sama sekali. Bisul pada lambung sendiri diyakini disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Namun, efek asam kopi yang ada di perut dapat berkontribusi menyebabkan lapisan perut melemah. Minum kopi juga dapat mengiritasi lapisan usus kecil, berpotensi menyebabkan kejang perut, kram dan masalah eliminasi, sering bergantian antara sembelit dan diare. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom iritasi usus besar dan semakin banyak orang yang didiagnosa dengan itu dalam beberapa tahun terakhir.

6. Menyebabkan perut mulas

Mulas dapat disebabkan oleh bahaya minum kopi, hal ini karena cara tersebut melemaskan sfingter esofagus bagian bawah. Otot kecil ini harus tetap tertutup rapat setelah sudah makan untuk mencegah isi perut keluar kembali melewati kerongkongan dan membakar lapisan halus dengan asam klorida. Kafein dikenal untuk mengendurkan sfingter esofagus sehingga tak hanya kopi, cola dan kafein yang tinggi pada bahaya minuman energi juga dapat memberikan berkontribusi untuk mulas.

Bahkan tanpa kafein secara teratur dapat menyebabkan masalah sakit maag bagi sebagian orang dan banyak peneliti berpikir senyawa lain dalam kopi juga dapat berkontribusi untuk masalah ini. Minum kopi dapat merangsang gerak peristaltik, dalam memproses dalam saluran pencernaan yang membuat mulas. Beberapa orang menggunakan hal ini dengan sengaja sebagai pencahar.

Dengan merangsang gerak peristaltik, kopi juga tampaknya meningkatkan pengosongan lambung, dimana isi perut dengan cepat masuk ke usus kecil, sering sebelum makanan tercerna dengan baik. Dalam keadaan ini makanan hanya dicerna sebagian, itu membuat lebih sulit ketika kebutuhan nutrisi diserap dari makanan. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan iritasi dan peradangan di dalam saluran pencernaan. Sekali lagi, kopi tanpa kafein juga telah terbukti dapat berfungsi sebagai pencahar dan dapat membuat pengosongan lambung.

7. Mengganggu penyerapan mineral dan ginjal

Peminum kopi berat mungkin mengalami kesulitan dalam mendapatkan mineral yang cukup dalam diet. Bahkan jika mereka makan makanan yang kaya mineral atau mengambil suplemen. Hal ini disebabkan kopi mempengaruhi penyerapan makanan yang mengandung zat besi. Khususnya kemampuan ginjal untuk mempertahankan kalsium, seng, magnesium dan mineral penting lainnya.

Sementara semua mineral ini sangat penting untuk kesehatan yang baik, setiap gangguan penyerapan magnesium cukup mengkhawatirkan. Sehingga diperlukan untuk menjaga keteraturan usus.

8. Kandungan Acrylamide pada kopi

Acrylamide berpotensi karsinogenik (penyebab kanker), hal ini disebabkan substansi yang terbentuk ketika biji kopi dipanggang pada suhu tinggi. Semakin gelap panggangannya, semakin tinggi tingkat akrilamida terbentuk. Bahkan, kopi telah terbukti menjadi salah satu sumber utama bahan kimia berbahaya ini dalam diet di Amerika.

9. Stres dan ketegangan

Minum banyak kopi akan menyebabkan pelepasan stres hormon kortisol, epinefrin dan norepinefrin. Bahan kimia ini dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan ketegangan tingkat tubuh. Kita sering merasakan kita harus minum kopi untuk mendapat energi.

Kafein dalam kopi juga diketahui mengganggu metabolisme GABA. Gamma aminobutyric acid adalah neurotransmitter yang terlibat dalam mengatur tingkat suasana hati dan stres. Hal ini juga harus memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan. Mood dan sistem pencernaan saling terkait. Ketika minum banyak kopi, tingkat kafein yang tinggi di dalamnya dapat berpengaruh secara negatif.

Demikian uraian tentang efek kebanyakan minum kopi, semoga beramanfaat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 16th, November 2015 / 09:01 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya