Sponsors Link

15 Bahaya Minuman Kaleng Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Bahaya minuman kaleng seringkali diabaikan oleh masyarakat karena mereka menyukai cita rasanya yang manis dan mampu menghilangkan dahaga serta efek menenangkan. Minuman kaleng merupakan dampak buruk yang diakibatkan karena seseorang mengkonsumsi secara tidak moderat (wajar) dan kurangnya perhatian terhadap higienis atau tidaknya kaleng dalam kemasan.

ads

Bahaya minuman kaleng
Minumlah minuman kaleng sekedarnya dan tidak melebihi 2 kaleng perhari termasuk minuman bersoda Minuman berbahan dasar susu, Buah buahan dan lain lain, Agar terhindar dari bahaya minuman kaleng yang menyebabkan munculnya keluhan penyakit , Diantaranya:

1. Terkena Leptospirosis
Berhati hatilah ketika minum minuman kaleng , Cucilah kaleng sebelum anda meminumnya. Jika kaleng telah terinfeksi oleh urin tikus yang tanpa disadari telah melekat dan mengering dibibir kaleng tempat kita meminumnya maka bisa dipastikan bahaya minuman kaleng tak dapat dihindari karena kaleng telah terkontiminasi dengan bakteri leptospira yang ada didalam urin tikus yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran dan kematian.

2. Diabetes
Bahaya minuman kaleng yang paling sering terjadi adalah karena minuman kaleng mengandung kadar glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi yang menyebabkan seseorang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah yaitu penyakit diabetes jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan setiap hari.

3. Tekanan darah tinggi/Gangguan insulin
Bahya minuman kaleng juga bisa disebabkan karena tingginya zat gula yang ada pada minuman kaleng yang terbukti dapat mengganggu kadar insulin dalam tubuh yang nantinya bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.

4. Gangguan jantung
Bahaya minuman kaleng yang jika dikonsumsi lebih darai 10 kaleng setiap hari dan jangka panajang maka dapat mengganggu fungsi jantung yang menyebabkan jantung terasa panas dan terbakar dan Denyut jantung menjadi tidak teratur .

5. Obesitas
Tingginya kadar glukosa dan fruktosa mampu menghambat proses penbakaran lemak didalam tubuh sehingga penumpukan lemak mudah terbentuk dibeberapa bagian tubuh. Minuman kaleng cenderung mengakibatkan kecanduan dan menyebabkan seseorang jadi tidak menyukai air putih. Kondisi tersebut dapat meningkatkan bahaya minuman kaleng berupa bobot tubuh naik secara signifikan dan mempermudah obesitas untuk terbentuk.

Sponsors Link

6. Penumpukan kolesterol /stroke
Zat yang ada pada minuman kaleng dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam seluruh jaringan tubuh dan menurunkan tingkat kolesterol baik atau HDL sehingga penumpuka kolesterol tak dapat dihindari. Kerugian yang akan didapat adalah berupoa kelaianan kolesterol dan menyebabkan serangan stroke ringan maupun berat.

7. Gagal ginjal
Ginjal yang dimasuki cairan yang mengandung karbonasi dan kadar glukosa serta fruktosa tinggi dapat mengalami kemunduran dalam kinerjanya yaitu menyaring racun dalam tubuh dan kehilangan fungsi ketika mengatur kadar cairan dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan gagal ginjal. (Baca juga : Cara mengobati gagal jantung)

8. Penyakit liver hati
Organ hati mudah teriritasi dan mengalami peradangan jika jumlah gas dan glukosa yang masuk dalam kapasitas yang terlalu banyak . Hati akan mengalami ketidakmampuan secara bertahap dalam mempertahankan kestabilan metabolisme tubuh. (Baca juga : Bahaya penyakit liver hati)

9. Refluks gastro-esofagus
Minuman kaleng yang mengandung gas yang dikonsumsi seperti minum air putih dapat menyebabkan kebocoran lambung yang meningkatkan asam lambung yang bercampur gas lalu menyebar naik kekerongkongan dan menyebabkan sensasi panas dan terbakar di saluran tenggorokan. Kondisi ini dapat menyebabkan kerongkongan iritasi, Tersedak, Sariawan dan batuk batuk.

10. Kegagalan penyerapan kalsium
Bahaya minuman kaleng disebabkan karena kandungan Asam folat tinggi yang ada pada minuman kaleng , Karena asam folat yang terlalu banyak didalam tubuh mampu menghilangkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dan menyebabkan munculnya gejala penyakit osteoporosis termasuk cepatnya tulang mengalami cepatnya proses pengeroposan.

11. Sakit perut
Anak anak yang menyukai minuman kaleng berkarbonasi sering mengalami sakit perut yang disebabkan karena mengkonsumsinya dibarengi dengan makanan yang pedas atau yang banyak mengandung lemak trans seperti gorengan. Secara murni minuman berkarbonasi tidak akan berbahaya bagi kesehatan ketika diminum secara wajar namun jika dibarengi makan makanan yang pedas dan mengandung lemak jenuh maka tingkat bahaya minuman kaleng yang muncul akan menjadi lebih besar yaitu menyebabkan tekanan pada otot perut.

12. Pencernaan terganggu
Sistem pencernaan memiliki enzim yang mempunyai masing masing fungsi . Enzim pencernaan bisa mengalami iritasi dan mempengaruhi fungsi pencernaan menjadi lebih lambat dalam mencerna. Tubuh akan terasa tidak nyaman ketika kondisi enzim mengalami gangguan.

13. Munculnya sel kanker
Mengkonsumsi minuman kaleng seama bertahun tahundan tidak diimbangi dengan air putih yang memadai maka dapat menyebabkan sel tubuh rusak dan secara bertahap mengalami perubahan didalam DNA , Keadaaan ini bisa memicu munculnya sel kanker. Bahaya minuman kaleng berupa munculnya kanker terbukti dialami orang orang yang kecanduan minuman bersoda selama puluhan tahun hingga tidak menyadari jika sel kanker telah tumbuh bebas didalam tubuh mereka.

Sponsors Link

14. Tubuh mudah dehidrasi
Terlalu banyak minum minuman kalengan entah itu yang mengandung karbonasi, minuman berbahan dasar buah atau susu tetap memiliki dampak buruk yang sama ketika diminum secara berlebihan. Tubuh akan mengalami kekeringan atau dehidrasi berat dan segera membutuhkan asupan air putih yang cukup agar tubuh tidak cepat mengalami kelelahan. (Baca juga : Bahaya dehidrasi)

15. Bayi lahir cacat
Pada ibu hamil yang menggemari minuman kaleng selama masa kehamilannya sebaiknya jangan berlebihan. Perbanyaklah minuman yang notabenya adalah aman dan kaya manfaat bagi kesehatan janin dan ibunya, Misalnya jus buah dan sayuran atau susu murni tanpa gula. Bahaya minuman kaleng pada Ibu hamil lebih sering terjadi karena mereka tidak bisa mengendalikan kebiasaannya minum minuman kaleng selama hamil maka ketika masa persalinan tinba bayinya akan mengalami gangguan organ tubuh yang menyebabkan bayi lahir cacat.

Hubungan anak anak dan bahaya minuman kaleng
• Penting sekali pengarahan dan memberikan informasi yang valid dan bukti logis bagi anak anak usia dini untuk mengetahui dampak buruk yang diakibatkan jika mengkonsumsi minuman kaleng secara berlebihan setiap hari dan berlangsung selama bertahun tahun. Mengetahui lebih dini tentang bahaya minuman kaleng dapat mencegah anak anak diusia dewasanya nanti menjadi lebih mandiri dan lebih memahami bahwa minuman kaleng lebih banyak kerugiannya bagi kesehatan tubuh daripada keuntunganya ketika dikonsumsi secara sembarangan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 23rd, September 2016 / 03:46 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya