Sponsors Link

8 Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid – Wanita dan Kesehatan

Sponsors Link

Bahaya minum kopi pada saat haid bagi wanita ternyata dapat berdampak cukup mematikan hingga membahayakan kesehatan. Saat ini tren minum kopi menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan semua orang termasuk wanita. Minum kopi di sebuah kafe menjadi salah satu bagian pergaulan. Kopi adalah minuman yang mengandung kafein dan sekarang bisa dihidangkan dalam berbagai kombinasi bahan seperti gula, susu dan krim. Kopi banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan dipercaya bisa menahan rasa kantuk. Karena itu minum kopi sering dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa membuat tubuh merasa lebih mampu untuk bekerja.

ads

Tapi, wanita dewasa yang mengalami periode menstruasi merasa ragu untuk minum kopi saat periode itu datang. Ada beberapa dampak bahaya yang dipercaya disebabkan karena minum kopi saat menstruasi. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa dialami oleh wanita yang minum kopi saat menstruasi.

  1. Resiko Kanker Payudara

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Joseph Mercola, wanita yang suka minum kopi pada saat sedang menstruasi lebih banyak memiliki kesempatan terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa menyebabkan kadar estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal ini sering ditandai dengan kondisi badan yang tidak nyaman dan perasaan emosi yang tidak stabil. Selain itu minuman bersoda dan berpengawet juga bisa meningkatkan resiko yang sama.

  1. Resiko Kanker Endometrium

Kanker endometrium juga bisa mengancam wanita yang sering minum kopi selama masa periode menstruasi. Kafein yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kadar estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh. Akibatnya maka terjadi penebalan lapisan dinding rahim. Sel telur yang memecah karena tidak dibuahi dan sudah menempel pada dinding rahim tidak bisa lepas seutuhnya. Kemudian sel yang telah rusak ini akan terus menempel dan bisa menjadi sel kanker dalam beberapa waktu.

  1. Gejala PMS yang Buruk

Semua wanita yang akan masuk ke tahap periode menstruasi biasanya mengalami PMS atau pra menstruasi sindrom.

Sponsors Link

Kondisi ini menyebabkan tubuh wanita menjadi tidak nyaman dengan beberapa gejala seperti sakit kepala, denyut jantung yang lebih cepat, kram, sakit perut, sakit pinggang, perut kembung, diare, emosi yang tidak stabil, mudah marah dan tubuh yang sangat lelah. Wanita yang terus minum kopi akan memiliki gejala yang lebih buruk. Bahkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Ketika wanita minum kopi saat menstruasi maka juga bisa mengalami resiko tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu siklus peredaran darah dalam pembuluh darah. Bahaya Kafein juga akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah sementara proses detoksifikasi juga berjalan sangat lambat. Jadi efek ini akan membuat seorang wanita merasa lebih cemas, mudah marah dan suasana hati yang tidak nyaman.

  1. Gangguan Denyut Jantung

Wanita yang terus minum kafein selama menstruasi juga bisa mengalami gangguan denyut jantung yang lebih cepat. Kondisi ini disebabkan karena kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat beberapa hormon meningkat seperti kortisol, epinefrin dan norepinefrin. Ini adalah hormon yang mengendalikan rasa stres dalam tubuh dan bisa meningkatkan denyut jantung. Kemudian hormon ini akan menekan sistem kekebalan tubuh yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.

  1. Kram Perut

Rasa sakit yang parah pada bagian bawah perut memang sangat wajar ketika sedang menstruasi. Kram menjadi rasa yang paling tidak menyenangkan. Namun ketika wanita tetap minum kopi selama menstruasi maka bisa menyebabkan rasa sakit perut karena kram yang lebih buruk. Hal ini disebabkan karena kafein bisa membuat efek diuretik yang menyebabkan produksi urin meningkat drastis. Bahkan jika tidak minum cukup air putih maka bisa menyebabkan dehidrasi. Kram perut juga sering menyebabkan diare karena kafein meningkatkan kerja usus dan membuat usus menjadi sangat sensitif.

  1. Resiko Sindrom Fibrokistik Payudara
Sponsors Link

Wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya memiliki payudara yang lebih kenyal dan padat. Kondisi ini bahkan terjadi sebelum masuk ke masa menstruasi.  Payudara yang lebih padat disebabkan karena ada benjolan yang terbentuk pada payudara yang sebenarnya berisi cairan. Ini adalah benjolan yang bukan termasuk sebagai kanker dan biasanya akan melembut saat menstruasi selesai. Namun ternyata efek kafein bisa meningkatkan jumlah benjolan yang berisi cairan dan garam sehingga nyeri payudara bisa menjadi lebih buruk.

  1. Menstruasi Sangat Pendek

Wanita yang minum kopi selama menstruasi bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi lebih pendek. Kondisi ini disebabkan karena kafein bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah yang bisa membuat aliran darah kea rah uterus menjadi tidak lancar. Kemudian kondisi ini akan membuat volume darah selama menstruasi berkurang banyak. Efek jangka panjangnya adalah wanita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur dan bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Jadi Lebih baik jika seorang wanita tidak minum kopi selama menstruasi. Minum air putih dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral lebih baik untuk tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 10th, November 2015 / 15:37 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya