Sponsors Link

20 Bahaya Minum Jamu Bagi Kesehatan

ads

Bahaya minuman jamu merupakan dampak kurang baik dari minuman yang terbuat dari bahan herbal tetapi telah mendapat campuran bahan kimia tertentu. Minuman jamu merupakan minuman yang dapat meningkatkan dan mempertahankan bagi kesehatan tubuh namun selama minuman tersebut adalah murni terbuat dari bahan bahan tradisional tidak akan mengandung efek asamping apapun.

Bahan bahan herbal yang dibuat menjadi jamu tradisional
• Kunyit
• Jahe
• Temulawak
• Temugiring
• Langkuas
• Bangle, Kencur dan lain lain

Bahan bahan kimia obat berbahaya
Maraknya jamu tradisional yang telah ditambahkan dengan bahan kimia berbahaya sering menyebabkan keluhan yang sangat merugikan kesehatan tubuh , Hal tersebut karena ulah yang dilakukan oleh para pedagang nakal.
• Zat Sildenafil sitrat
• Fenibutason
• Asam metenamat
• Predison
• Sibutramine
• Metampirion
• Paracetamol
• Dexamethasobne dan Ctm

Efek samping

Bahaya Minum jamu yang perlu diketahui untuk pria maupun wanita

1.Gagal ginjal akut
Jamu yang terbuat dari bahan herbal jika telah ditambahkan bahan kimia obat jenis Fenibutason dalam kadar yang tinggi maka khasiat jamu akan memiliki resiko untuk menjadi racun karena dapat merusak organ ginjal secara perlahan lahan yang akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal. Ginjal akan terus menerus bekerja keras untuk menyaring racun atau zat kimia fenibutason yang ada pada jamu agar tidak membahayakan jaringan tubuh lain. Akibatnya ginjal akan menderita tekanan dan kelelahan. (Baca juga : Gejala gagal ginjal akut dan kronis)

2. Kerusakan hati
Hati memiliki kemampuan memproduksi insulin dalam tubuh, Membersihkan darah dan memproduksi protein serta cairan empedu, Namun fungsinya akan melambat dan terhambat ketika hati mendapat asupan zat kimia obat jenis Metampiron dari jamu tradisional. Bahaya minuman jamun yang mengandung zat kimia tersebut akan berakumulasi dengan cairan tubuh dan darah termasuk darah pada jaringan hati yang kemudian memicu kerusakan hati.

3. Infeksi lambung
Jamu tradisional seharusnya bermanfaat bagi peningkatan kesehatan tubuh namun ketika jamu ditambahkan dengan zat kimia obat jenis asam metenamat atau fenibutason maka bahaya minuman jamu akan muncul berupa keluhan kesehatan pada organ lambung. Asam metenamat dan fenibutason dapat meningkatkan asam lambung secara mendadak, Seseorang terkena diare dan lebih berbahaya lagi karena bisa menyebabkan infeksi pada dinding lambung. (Baca juga : Obat infeksi lambung)

sponsored links

4. Pendarahan usus
Bahaya minuman jamu dapat juga dikarenakan seseorang mengkonsumsi jamu yang didalamnya mengandung bahan bahan kimia berbahaya secara bersamaan misalnya zat asam metanamat, Sildenafil sutrat dan metampiron dalam jangka panjang , Maka akan menyebabkan pendarahan usus dan memicu munculnya infeksi dan peradangan akut

5. Sakit kepala
zat sildenafil sitrat dalam kadar yang tinggi akan memiliki konsentrasi tinggi pula dan mengiritasi saraf saraf serta menghambat laju jalan aliran darah ke kepala sehingga menyebabkan sakit kepala. Bahaya minuman jamu tersebut sebaiknya segera ditinggalkan dan mulailah untuk membuat racikan jamu sendiri yang bebas dari zat kimia apapun. (Baca juga : Obat sakit kepala)

6.Tulang keropos
Berhati hatilah jika ingin mengkonsumsi jamu yang meng-atasnamakan bahan bahan herbal alami, Karena badan pengawas obat dan makanan atau BPOM Ri telah banyak menyita jamu tradisional ilegal yang didalamnya mengandung zat kimia berbahaya jenis prenison yang dalam jangka penggunaan dapat membuat kepadatan tulang semakin berkurang dan terserang pengeroposan atau osteoporosis. Bahaya minuman jamu berupa munculnya penyakit 0steoporosis adalah salah satu jenis penyakit yang sering diakibatkan oleh pengkonsumsian jamu tradisional yang telah terkontiminasi zat kimia obat selama bertahun tahun.

7. Gangguan ritme jantung
Bahan bahan kimia obat yang ada dalam jamu termasuk paracetamol dalam dosis sembarangan cenderung melukai jaringan jantung dan menyebabkan gangguan ritme jantung yang dapat menghentikan denyutnya, Ini memiucu munculnya penurunan fungsi jantung. Jantung. mudah teritasi dan meradang ketika bahan kimia obat masuk dalam pembuluh darah arteri. (Baca juga : Penyebab gangguan Ritme jantung)

8. Gangguan organ janin
Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi jamu tanpa anjuran dokter yang terlkait dan tidak mengetahui jika jamu yang diminumnya mengandung bahan kimia berbahaya sepewrti Sildenafil sitrat, Sibutramine, Asam metanamat atau yang lain dapat menyeababkan organ tubuh bayi terkena sensasi panas dan terbakar sehingga melukai organ pentingnya. Bahaya minuman jamu yang mudah terjadi pada ibu hamil berupa bayi lahir prematur atau cacat. Zat kimia pada jamu dapat masuk dengan cepat melalui plasenta.

9. Pelebaran pembuluh darah wajah
Beberapa zat kimia obat yang dicampur dengna bahan herbal dapat membuat reaksi penolakan didalam darah dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah diseputar wajah. Bahayaa minuman jamu yang mudah terlihat adalah wajah akan berubah atau nampak membengkak dan membesar.

10.Sembelit
Perlu diketahui bahwa bahaya minuman jamu akibat adanya zat kimia pada jamu dapat pula menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk buang air besar secara normal. Zat kimia pada jamu dapat mengikat dan menyerap cairan tubuh serta air disaluran kandung kemih serta mengeringakan feses yang seharusnya segera dibuang atau siap dikeluarkan. (Baca juga : Cara mengatasi Sembelit)

11.Kematian
Obat kuat jamu tradisional yang mengandung zat sildenafil sitrat yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang oleh opria maka akan menyebabkan tubuh tidak mampu mempercepat denyut jantung, melebarkan saraf saraf tubuh dengan cepat sehingga bahaya minuman jamu tersebut dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia setelah melakukan hubungan sexual.

12. Kerontokan rambut
Seseorang yang mempunyai alergi terhadap bahan kimia jenis tertentu yang ada pada jamu misalnya sibutramine atau prednison atau yang lainnya dapat mengalami gangguan pada minyak alami yang ada dipermukaan kulit kepala sehimgga rambut mudah terjadi kerontokan raambut. Bahaya minuman jamu yang dapat terjadi karena zat kimia obat adalah kerusakan kolagen dan zat kimia mampu menyerap minyak alami yang tugasnya sebenarnya untuk menstabilkan ph kulit kepala, Memperkuat batang rambut serta melumasi akar rambut agar tetap kuat lama kelamaan menjadi melemah, Akibatnya kerontokan rambut tidak bisa dihindari.

13.Kram perut , Nyeri dada dan mual
Kram perut yang dikuti dengan rasa nyeri luarbiasa pada dada serta serangan mual mual mendadak yang menyebabkan seseorang dapat kehilangan kesadaran dan pingsan bisa terjadi sesaat setelah seseorang mengkonsumsi jamu yang didalamnya terdapat zat kimia jenis sibrutamine.

14.Ejakulasi dini dan gangguan testis
Mengkonsumsi jamu kuat atau jamu penggemuk badan yang mengandung zat dexamenthasone dapat menyebabkan rasa kantuk bahkan seorang pria mengalami ejakulasi dini dan gangguan testis.

Sponsors Link

15.Meningkatkan tekanan darah
Apapun zat kimia obat yang ditambahkan pada jamu tradisonal yang dikonsumsi orang tua atau lansia dalam jangka panjang dapat memicu munculnya bahaya minuman jamu berupa peningkatan tekanana darah . Seseorabg yang telah memiliki penyakit darah tinggi dan mengkonsumsi jamu yang mengandung bahan kimia obta dalam jangka panjang akan menderita serangan stroke ringan hingga berat lalu muncul kelumpuhan beberapa anggota tubuhnya.

16.Pertumbuhan bulu menjadi Lebih aktif
Pada sebagian orang mengalami hipersensitive terhadap komponen zat kimia obat tertentu yang ada pada jamu. Hipersensitive yang dimaksud adalah munculnya ruam ruam merah, Mulut menjadi kering lalu diiringi dengan aktifitas abnormal dari perubahan hormon tubuh berupa pertumbuhan bulu bulu pada tubuh menjadi lebih aktif dan cepat. Kondisi ini bisa dialami oleh kaum wanita pula.

17. Kehilangan nafsu makan
Bahaya minum jamu yang mengandung bahan kimia jenis dexamethasone dan Ctm yang ditambahkan lagi dengan zat kimia lain dengan paracetamol misalnya dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makannya dan menderita penurunan berat badan sekaligus menyebabkan berkuraangnya imunitas tubuh.

18. Radang hidung (Rinitis)
Sildenafil sitrat dalam jumlah besar pada jamu tradisional dan dikonsumsi setiap hari dapat memicu kelainan pada saluran atau rongga hidung. Sidenafil dapaat mengiritasi dinding rongga hidung dan berpotensi membuat sebuah peradangan .

19. Gangguan penglihatan
Jamu yang ditambahkan berbagai macam obat kimia obat tanpa aturan dan dosis yang benar dapat menimbulkan kelainan pada penglihatan. Kualitas penglihataan akan semakin berkurang seiring seringnya seseorang atau kebiasaan mengkonsumsi jamu tradisional yaang mengandung bahan kimia obat.

20.Gangguan pendengaran
Zat kimia obat jenis metampiron pada jamu herbal dapat menyebabkan seseorang terkena gangguan pendengaraan berupa menurunnya kualitas mendengar dan telinga terasa sakit karena sering berdenging. Bahaya minuman jamu akibat kandungan zat kimia metampiron didalamnya akan mudah masuk dalam saluran getah bening bawah telinga lalu menuju saraf saraf dan aliraan darah searah dengan rongga telinga. Metampiron secara bertahap akan mengiritasi saluran dan batang telinga bagian dalam mengarah ke gendang telinga.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 07:23 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya