Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Bahaya Minum Air Mentah Terus-Menerus Bagi Kesehatan

ads

Manusia merupakan makhluk hidup yang hampir seluruh tubuhnya terdiri atas cairan. Maka dari itu kebutuhan manusia akan cairan, yang diperoleh dari air pun tak terhindarkan dan tidak bisa tergantikan setiap harinya. Namun demikian, persoalan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh terkadang terkendala masalah edukasi terhadap masyarakat tentang jenis air apa saja yang bisa diminum

bahaya minum air mentahBanyak orang yang meremehkan kondisi air yang mereka minum, padahal memiliki banyak sekali pengaruh buruk yang sangta berbahaya terutama bagi kesehatan tubuh. Contohnya saat meminum air mentah yang memiliki banyak dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena air mentah masih terkontaminasi oleh bakteri-bakteri berbahaya. Terlebih lagi, kita tidak mengetahui darimana asal air mentah yang kita konsumsi, apakah dari sungai yang tercemar ataukah dari hasil tampungan air hujan.

Berikut ini adalah beberapa bahaya minum air mentah yang dapat ditimbulkan :

1. Penyakit Tifus

Salah satu resiko yang paling mengancam ketika mengkonsumsi air mentah adalah munculnya penyakit tifus. Penyebab tifus pada manusia sebenarnya hanya satu, yakni sebuah bakteri yang bernama bakteri salmonella denfan naman latin Salmonella Typi. Bakteri ini hingga saat ini merupakan satu-satunya jenis bakteri yang menimbulkan tifus, yang mudah ditemui terutama di tempat yang tidak steril dan kotor.

Bakteri ini sangat mudah ditemui pada air mentah, tertutama pada :

  • Air sungai
  • Air tanah
  • Air danau
  • Tampungan air hujan

Selain itu, bahaya minum air mentah juga dari kondisi penyimpanan air yang tidak steril. Hal ini akan meningkatkan resiko terjangkitnya seseorang dengan penyakit ini.

2. Diare

Diare adalah kondisi dimana feses menjadi lembek dan encer. Biasanya frekuensi pembuangan feses menjadi lebih sering, yaitu lebih dari 3 kali dalam sehari atau 24 jam. Biasanya sebelum mengalami diare, penderitanya mengkonsumsi jenis makanan yang kurang cocok dengan kondisi lambungnya. Infeksi dari bakteri penyebab diare ini juga ditemukan pada kondisi air mentah.

Diare merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan baik. Kurang lebih 2.6 juta orang meninggal karena penyakit diare setiap tahunnya. Biasanya, gejala diare dapat terjadi sebagai berikut :

  • Buang air besar terus menerus
  • Rasa mulas yang sering terjadi.
  • Rasa sakit dan perih pada bagian perut atau lambung
  • Kondisi feses yang encer dan lembek
  • Perut terasa kembung

3. Hepatitis

Sponsors Link

Hepatitis merupakan jenis penyakit kronis yang menyeranga fungsi organ hati atau hepar. Penderita hepatitis biasanya sering diistilahkan juga dengan sebutan sakit kuning. Penderitanya juga sangat berisiko tinggi akan terjadinya kematian. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan munculnya hepatitis adalah kondisi bakteri dan kuman yang terkandung pada air mentah akan masuk ke dalam tubuh. Bahaya minum air mentah ini, karena bakteri akan masuk ke dalam tubuh karena dihantarkan melalui cairan.

4. Sakit perut

Sebelum merasakan gejala diare, biasanya anda hanya akan menderita sakit perut biasa. Sakit perut yang anda rasakan ini, sama seperti penyebab lainnya, yaitu bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh, karena mengkonsumsi air mentah. Bakteri dan kuman yang belum terbunuh akan masuk ke dalam organ pencernaan dan menimbulkan infeksi dan luka pada bagian lambung, sehingga menimbulkan sakit perut, yang dapat berujung pada diare dan disentri. Bahkan juga penyebab penyakit menular yang berbahaya.

5. Cacingan

Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang terkandung di dalam air mentah yang anda konsumsi. Salah satu kandungan berbahaya yang ada di dalam air mentah, terutama yang berasal dari sungai, danau dan penampungan air tanah (hujan) adalah adanya kandungan telur cacing. Telur cacing yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh ketika mengkonsumsi air mentah akan bersarang di dalam tubuh, dan mengakibatkan anda mengalami cacingan, ketika telur itu menetas.

Selain itu ada beberapa jenis cacing yang sifatnya parasite, dan akan mengegerogoti kondisi tubuh anda dari dalam.

6. Muntah dan mual

Bakteri Giardia Lambilla yang terkandung dalam air mentah merupakan salah satu bakteri yang bertanggung jawab akan mual dan muntah yang muncul pada bahaya minum air mentah. Bakteri ini ada dan terkandung dalam air mentah yang ditemukan di beberapa sungai dan danau, sehingga anda harus berhati-hati dan wajib memasak air tersebut sebelum dikonsumsi.

7. Kanker Kandung Kemih

Beralih ke air yang didistribusikan oleh perusahaan air minum, seperti PDAM. Jangan kira air mentah yang didistribusikan oleh PDAM adalah jenis air yang aman untuk langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu.

Sponsors Link

Selain memiliki kandungan bekteri yang mungkin berbahaya bagi tubuh, air minum PDAM memiliki kandungan klorin yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kanker kandung kemih apabila dikonsumsi secara mentah secara terus menerus.

8. Kanker usus

Kandungan klorin pada air yang didistribusikan PDAM akan menimbulkan jenis kanker lainnya apabila dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Hal ini akan menyebabkan munculnya kanker usus besar, yang sangat berbahaya dan mengganggu pencernaan tubuh.

9. Kelainan pada bayi ketika lahir

Bagi yang sedang mengandung, jangan pernah mencoba-coba untuk mengkonsumsi air mentah yang mengandung klorin. Klorin ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda dan juga kesehatan janin, dan akan menyebabkan beberapa kelainan pada bayi ketika lahir nanti. Berikut ini adalah beberapa kelainan dari bayi yang mungkin akan terjadi ketika anda mengkonsumsi air mentah pada saat mengandung :

  • Kelainan otak
  • Kelainan syaraf tulang belakang
  • Berat badan yang rendah
  • Bayi Prematur
  • Keguguran

Air Matang yang Baik diminum

Pada dasarnya, air yang layak untuk diminum adalah air yang sudah melalui proses pematangan terlebih dahulu, yang dilakukan dengan cara mendidihkan air hingga mencapai suhu 100 derajat celcius untuk membunuh kuman – kuman yang ada. Bahkan, air yang disuplai dari perusahaan air pun tetap wajib dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Itulah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan ketika mengkonsumsi air mentah. Sejernih-jernihnya air, biasakanlah untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, terutama air tanah dan air dari PDAM, hingga matang di suhu 100 derajat celcius.

Baca juga :

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 08th, May 2015 / 08:39 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya