Sponsors Link

8 Bahaya Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bahaya minum air garam ternyata dapat pula berakibat fatal. Meskipun kandungan garam juga sangat berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita, membantu memelihara kesehatan otot serta sistem persyarafan kita. Namun ternyata jika dikonsumsi tanpa takaran tepat justru akan mengakibatkan pada potensi penyakit berbahaya di bawah ini. Mari langsung simak saja ya:

ads

Masalah Kardiovaskular

1. Sakit jantung

Meminum air garam jika di lakukan dengan ukuran berlebihan dan secara berkepanjangan akan mengakibatkan ragam permasalahan kesehatan utamanya yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Di urutan pertama yakni akan muncul gangguan penyakit jantung yang diakibatkan oleh berlipatnya kinerja jantung dalam memompa darah. Kehadiran jumlah kandungan garam berlebih di dalam tubuh secara otomatis memicu mengundang lebih banyak cairan dalam pembuluh darah untuk bisa mengangkut senyawa garam tersebut dengan lancar tanpa hambatan. Cairan bertambah dalam pembuluh darah tersebut berfungsi sebagai pengencer senyawa garam. Dengan volume cairan berlipat dalam pembuluh darah maka jantung akan diforsir untuk bekerja ganda dan hal ini tak menutup kemungkinan dapat berpotensi menjadi penyebab timbulnya permasalahan kesehatan. Tak terkecuali juga ancaman terjadinya serangan jantung menjadi semakin meningkat.

Topik lainnya terkait sakit jantung: Gejala Jantung Tidak Sehat Gejala Jantung Bermasalah Terapi Gagal Jantung

2. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Masih merambat tak jauh dari ancaman penyakit jantung. Keberadaan kadar berlebih dalam tubuh kita juga dapat mengakibatkan timbulnya gejala hipertensi ataupun tekanan darah yang meningkat naik lebih tinggi. Hal ini tentunya tak terlepas dari volume pembuluh darah meningkat yang dibarengi dengan meningkatnya pula kinerja pompa jantung terhadap aliran darah. Maka terjadilah suatu tekanan dorong dimulai dari pusat jantung menuju ke sepanjang pembuluh darah kita. Sehingga keluhan tekanan tinggi pun tak mungkin dapat terelakkan lagi.

Topik lainnya terkait hipertensi atau tekanan darah tinggi: Obat Tradisional Darah Tinggi Sayuran Berbahaya untuk Darah Tinggi Obat Hipertensi

3. Serangan stroke

Potensi bahaya kesehatan yang lainnya yakni terkait dengan serangan stroke ataupun pecah pembuluh darah bagian kepala. Dan resiko yang mengancam mulai dari kelumpuhan ringan sampai juga bisa mengakibatkan hal fatal seperti kematian jika tidak mendapat penanganan yang tepat dan segera. Kembali lagi pada kerja jantung yang terbebani serta tekanan darah yang meningkat dengan kondisi pembuluh darah yang penuh beban berlebih. Hal ini semakin lama akan membuat pembuluh darah senantiasa dalam kondisi lebih tegang bahkan mengalami kekakuan yang berbahaya. Hingga pada suatu titik tertentu jika terjadi pecah pembuluh darah utama yang terletak dekat otak maka serangan stroke pun akan menjadi suatu keniscayaan.

Topik lainnya terkait serangan stroke: Obat Herbal Stroke Ringan Makanan Penyebab Stroke Terapi Stroke Ringan

4. Gangguan ginjal

Tak berbeda jauh dengan kinerja jantung yang mengalami peningkatan. Ginjal pun sebagai organ saring darah akan bekerja lebih berat juga. Kandungan senyawa garam yang berlebih akan mulai memunculkan beragam keluhan sakit ginjal. Hal ini melipatgandakan beban penyaringan darah dalam ginjal. Dan bahkan dalam jangka panjang jika terjadi endapan senyawa garam bisa mengakibatkan kristal hingga batu ginjal yang berpotensi merusak kinerja organ ginjal sehingga tidak dapat lagi bekerja optimal sebagaimana biasanya. Bahkan jika semakin parah gagal ginjal pun bisa mengintai dan dengan kondisi ginjal yang rusak bisa saja operasi pengangkatan ginjal akan dijadikan opsi penyelamatan pasien.

Topik lainnya terkait gangguan ginjal: Cara Mengobati Batu Ginjal Perbedaan Sakit Pinggang dan Ginjal Obat Herbal Batu Ginjal

Sponsors Link

5. Kanker pencernaan

Hal ini memang diutamakan pada kandungan makanan yang memiliki kadar aram cenderung tinggi. Menurut penelitian kedokteran kebiasaan mengkonsumsi kudapan kaya akan kandungan bumbu garam justru akan meningkatkan munculnya potensi timbulnya bibit kanker khusunya pada daerah saluran cerna kita.

6. Osteoporosis

Jika bicara tentang kesehatan dan kekuatan tulang pastilah tak akan terpisah dengan jenis mineral yang satu ini yakni kalsium. Namun sayangnya jika kita mengkonsumsi kandungan garam berlebih yang mana kaya akan sodium hal ini akan merangsang kita untuk berkemih menjadi lebih sering. Dan negatifnya proses berkemih yang terlalu sering juga berpotensi untuk membuang kalsium dari tubuh kita melalui zat sisa urin. Jika hal ini terus berlangsung maka nutrisi untuk tulang kita pun tidak akan terpenuhi secara optimal. Sehingga dampak berkelanjutannya yakni kita akan mudah terserang keluhan rapuh tulang ataupun sering disebut dengan osteoporosis.

7. Odema atau kebengkakan

Gejala lain yang juga bisa nampak akibat kadar kandungan garam berlebih dalam tubuh kita adalah mulai munculnya kebengkakan di beberapa bagian tubuh kita. Bengkak abnormal tersebut terjadi lantaran menumpuknya cairan tak seimbang dalam tubuh kita. Beberapa anggota tubuh yang biasa paling sering terserang bengkak yakni pada area kaki, lengan, tangan dan seterusnya. Cairan tubuh yang meningkat ini sejujurnya adalah langkah dari sitem tubuh untuk mengimbangi pengenceran senyawa kandungan garam berlebih dalam tubuh demi memudahkan mobilitas pengangkutannya dalam tubuh kita. Jika anda mengalami keluhan bengkak pada bagian tubuh anda jangan segan untuk mulai melakukan diet pengurangan asupan kudapan dengan menggunakan bumbu garam apalagi dengan takaran berlebih ya. Diet ini diharapkan mampu menyeimbangkan kembali kandungan cairan dalam tubuh sehingga gejala bengkak pun dapat berangsur menghilang.

Sponsors Link

8. Ancaman dehidrasi

Meminum air garam dalam jumlah tinggi juga buruk bagi sistem hidrasi tubuh kita. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Dan seperti yang telah berulang dibahas sejak awal bahwa intake garam yang meningkat kadarnya di dalam tubuh sangatlah berpengaruh pada kondisi keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Lebih banyak garam artinya lebih banyak air yang kita perlukan untuk mengimbangi penetralisirannya. Jika asupan garam kita berlebih sedangkan asupan cairan kita rendah maka ancaman dehidrasi dapat mengintai kita sewaktu-waktu. Hal ini bisa sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh kita maka hendaklah kita memang tidak berlebihan dalam mengasup jenis penambah rasa yang satu ini ya.

Beberapa gejala dehidrasi yang membahayakan kesehatan tubuh:

  1. Kondisi mulut senantiasa terasa kering dan cenderung selalu merasa kehausan.
  2. Bisa juga disertai dengan masalah pada lidah termasuk tak menutup kemungkinan munculnya kebengkakan.
  3. Cenderung sering mengalami jantung berdebar maupun rendahnya tingkat waspada terhadap kondisi yang rentan dengan kekagetan.
  4. Pada tingkat parah dapat mempengaruhi kinerja sistem otak dan gejala kebingungan juga bisa dirasakan karena tidak maksimalnya tingkat konsentrasi.
  5. Penurunan kadar keringat atau bahkan tak dapat berkeringat lantaran kondisi tubuh yang cenderung lebih ‘kering’ daripada biasanya.
  6. Porsi berkemih yang cenderung semakin menurun dan tidak lancar.
  7. Muncul keluhan pusing yang disertai pula dengan kondisi penderita dalam keadaan lemah lunglai.

Topik lainnya terkait ancaman dehidrasi: Akibat Dehidrasi Gejala Dehidrasi Bahaya Dehidrasi

Itulah beberapa daftar dari bahaya minum air garam. Konsumsi garam dalam kudapan yang kita makan juga ada baiknya kita jaga agar tidak berlebihan ya. Pada dasarnya kandungan sodium dan klorida dalam garam yang tidak berlebihan juga berguna bagi tubuh kita jadi coba saja untuk menyeimbangkan asupan nutrisi kita demi mendapat manfaat yang optimal dan juga aman. Semoga bermanfaat untuk wawasan kita sehingga kita bisa lebih baik lagi dalam berwaspada demi menjaga kesehatan yang menjadi investasi masa depan kita ya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 02:59 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya