Sponsors Link

5 Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari Bagi Tubuh

Sponsors Link

Mengapa Orang Indonesia Gemar Mengkonsumsi Es ?

ads
  • Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Suhu yang panas seringkali membuat orang-orang Indonesia gemar mengkonsumsi minuman dingin, salah satunya dengan mencampur berbagai minuman dengan es batu.
  • Setiap kali sesudah makan, minuman dingin merupakan hidangan wajib yang harus ada. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, mengkonsumsi minuman dingin dianggap sebagai solusi meredakan rasa pedas di mulut. (Baca juga : bahaya makanan pedas)
  • Suhu panas yang hampir setiap saat menyelimuti udara Indonesia, juga kegemaran mengkonsumsi makanan-makanan pedas, membuat orang Indonesia sangat gemar mengkonsumsi minuman dengan campuran es batu. Bahkan ada sebagian orang yang gemar mengunyah es batu.

Mengkonsumsi es batu, baik dengan mencampurkannya pada minuman tertentu atau langsung mengunyahnya, ternyata memiliki beberapa dampat buruk bagi kesehatan kita. Apalagi jika mengkonsumsi es batu setiap hari, bukan tidak mungkin resiko kesehatan dapat timbul lebih cepat dari yang kita duga. Berikut ini diantaranya :

1. Mengganggu metabolisme

Bahaya makan es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi es secara berlebih dapat membekukan lemah yang ada dalam aliran darah. Akibatnya, aliran darah terganggu, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu. (Baca juga : bahaya lemak perut)

2. Dapat membuat perut buncit

Mengkonsumsi es terutama setelah makan dapat membuat usus dalam perut kita menyempit. Menyempitnya usus tersebut dapat menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit. (Baca juga : cara mengecilkan perut buncit)

3. Meminum atau makan es batu bisa membuat pusing

Sponsors Link

Hal ini bisa terjadi ketika cuaca sangat panas atau sehabis olahraga kita langsung mengkonsumsi es. Hal tersebut dapat terjadi karena setelah kita berolahraga terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh, juga otot dalam tubuh dalam kondisi tegang. Ketika kita mengkonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena antara suhu tubuh dan suhu es tidak selaras. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung. Akibatnya proses pemompaan darah terganggu sehingga kepala menjadi sering pusing.

4. Merusak Gigi

Mengonsumsi es batu dengan cara dikunyah dapat merusak gigi. Mengunyah es batu berpotensi merusak email gigi dan berbuntut pada rusaknya gigi. Kerusakan tersebut terjadi ketika gigi berusaha untuk memecahkan substansi yang keras. Akibatnya, gigi yang digunakan untuk mengunyah akan lebih cepat rusak. (Baca juga : cara menjaga kesehatan gigi)

5. Mengandung bakteri berbahaya

Es batu yang mengandung bakteri berbahaya adalah es batu yang terbuat mengandung bahaya minum air mentah. Beberapa pedagang minuman dingin sering menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah untuk campuran minuman yang mereka jual. Jika meminum minuman yang tercampur dengan es batu dari air mentah, bukan tidak mungkin berbagai penyakit akan masuk ke dalam tubuh. Air mentah mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan diare.

Cara Tepat Mengonsumsi Es Batu

Agar kita terhindar dari berbagai bahaya yang menyertai saat mengkonsumsi es batu, maka ada baiknya anda menyimak berbagai saran untuk mengkonsumsi es batu sebagai berikut :

Sponsors Link

  • Jangan mengkonsumsi es batu setiap hari, apalagi saat cuaca terlalu panas atau setelah berolahraga. Konsumsilah minuman dingin atau es batu sekali dalam dua hari atau tiga hari. Juga jangan mengkonsumsi es batu setelah berolahraga agar tubuh tetap fit.
  • Konsumsilah es batu dengan mencampurkannya pada minuman. Untuk meminimalisir kerusakan gigi akibat es batu, maka konsumsilah es batu dengan mencampurkannya pada minuman. Bagi Anda yang terbiasa dan suka mengunyah es batu, maka kurangilah kebiasaan itu mulai sekarang jika Anda peduli pada kesehatan gigi Anda.
  • Pastikan es batu terbuat dari air matang. Jika Anda merasa ragu bahwa minuman dingin yang Anda beli menggunakan es batu dari air mentah, maka ada baiknya Anda tidak membeli minuman dingin di luar rumah. Atau jika ingin lebih aman, buatlah sendiri es batu untuk dikonsumsi, jadi Anda yakin 100% bahwa es batu tersebut higienis dan aman dari ancaman bakteri jahat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 26th, January 2016 / 05:00 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya