Sponsors Link

8 Bahaya Kopi Sachet yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Mengkonsumsi kopi tentu saja sudah banyak dilakukan masyarakat dan rata-rata seseorang meminum kopi sebelum melakukan aktivias di pagi hari. Beberapa orang percaya bahwa kopi mampu memberikan rasa lebih baik daripada jenis minuman yang lain. Perkembangan dari kopi juga bisa dilihat bahwa penikmat kopi tidak hanya orang dewasa saja tetapi banyak juga kaum muda.(Baca Juga: Bahaya Ampas Kopi , Efek Terlalu Banyak Minum Kopi)

ads

Sebenarnya ada beberapa manfaat dari kopi ini mulai dari mencegah terjadinya kanker, mencegah penyakit jantung, menghilangkan rasa kantuk, menghilangkan rasa stress, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Racika kopi kini juga semakin bervariasi mulai dari dipadu dengan susu maupun bahan lainnya. Sayangnya,banyak orang lebih tertarik ke minuman kopi instan atau kopi sachet yang dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.(Baca Juga: Tanda Sakit Jantung , Gejala Awal Penyakit Jantung)

Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa bahaya kopi sachet mampu mengancam kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Beberapa pakar kesehatan juga mengungkapkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi kopi instan jauh lebih berbahaya karena kita tidak tahu kandungan apa saja di dalamnya dan sudah berapa lama kopi tersebut. (Baca Juga: Bahaya Teh Basi , Bahaya Minum Teh setelah Makan)

Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi kopi, ada beberapa efek samping dari kopi sachet yang mungkin sangat diperlukan guna mencegah dampaknya.

Bahaya Mengkonsumsi Kopi Sachet

  1. Memperbesar Peluang Terjadi Diabetes

Mengkonsumsi kopi instan secara teratur bahkan terlalu sering bisa membuat peluang terjadinya penyakit diabetes semakin besar. Kebanyakan kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang tidak baik dikonsumsi secara berkala. (Baac Juga: Kopi Bagi Penderita Diabetes , Gejala Penyakit Gula)

Jika terpaksa mengkonsumsi kopi sachet maka sebaiknya imbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

  1. Memperbesar Terjadinya Penyakit Jantung

Karena peminat dari jenis kopi sachet saat ini merambah ke usia muda maka bisa menyebabkan peluang penyakit jantung jauh lebih besar. Kandungan kafein berlebih dalam tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh terlalu tinggi. (Baca Juga: Gejala Jantung Tidak Sehat ,  Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner)

sponsored links
  1. Meningkatkan Terjadinya Hipertensi

Terlalu banyak mengkonsumsi kopi instan yang mengandung krimmer bisa meningkatkan peluang terjadinya penyakit hipertensi. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Ternyata kandungan krimmer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh dan sangat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. (Baca Juga: Tanda tanda Darah Tinggi , Efek Terlalu Banyak Minum Kopi)

Maka dari itu jika Anda penyuka kopi krimmer segera kurangi atau berhenti mengkonsumsi krimmer.

  1. Meningkatkan Kolesterol Jahat

Pemicu dari naiknya kolesterol jahat dalam tubuh adalah terlalu banyak mengkonsumsi kopi sachet. Lagi-lagi kandungan krimmer dalam kopi membuat kolesterol tubuh susah dicerna dalam tubuh sehingga membuat kandungan kolesterol semakin tinggi. (Baca Juga: Daftar Makanan Rendah Kolesterol Jahat , Manfaat Kopi bagi Penderita Liver)

  1. Memicu Kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi sachet bisa menyebabkan penyakit kanker ternyata ada satu kandungan dimana jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kanker yakni gula dan minyak nabati. (Baca Juga: Bahaya Kopi bagi Penderita Asam Urat)

Jika kedua kandungan tersebut di ekstraksi menjadi satu menggunakan bahan kimia tertentu maka sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jangan melihat bungkus dan murahnya saja, tetapi Anda harus bisa memperhatikan efek bagi kesehatan nantinya.

  1. Menyebabkan Insomnia

Selain masalah kesehatan, dari efek mengkonsumsi kopi sachet secara berlebih adalah bisa menyebabkan susah tidur atau insomnia. Banyak orang bertujuan tidak mudah ngantuk jika konsumsi kopi, tetapi jika terlalu banyak maka bisa mengakibatkan insomnia. Jika tidak diatasi dengan cepat maka bisa mengganggu metabolism tubuh.(Baca Juga: Bahaya Kopi Bagi Penderita Maag , Bahaya Kopi bagi Penderita Anemia)

  1. Meningkatkan Adrenalin

Banyak orang merasakan lebih bersemangat setelah minum kopi, padahal efek tersebut sungguh tidak baik bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Meningkatnya adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras, jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi. (Baca Juga: Amankah Kopi bagi Penderita Ginjal Kronis)

  1. Denyut Jantung Tidak Beraturan

Sebelum ke tahap penyakit jantung, efek samping dari konsumsi kopi berlebih adalah membuat denyut jantung tidak beraturan. Hal tersebut sangat tidak baik karena kapan saja bisa menimbulkan resiko gagal jantung. (Baca Juga: Cara Menyembuhkan Jantung Bengkak  , Bahaya Kopi bagi Penderita Kista)

Tentu saja setelah melihat berbagai efek samping dari meminum kopi terlalu sering, maka Anda pasti mencari tahu bagaimana cara menghilangkan efek samping yang sudah terlanjur ada di dalam tubuh. Namun, Anda masih bisa menghindari bahaya dari kopi sachet dengan melakukan beberapa tips dalam konsumsi kopi secara sehat.

Tips Minum Kopi Secara Sehat

  1. Perhatikan Dosis Minum

Dalam bungkus kopi sachet tentu sudah diperlihatkan bagaimana cara meminumnya dan berapa dosis dalam mengkonsumsinya. Namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi 300mg caffeine atau setidaknya 1 hingga 3 gelas kopi perhati tidak memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. (Baca Juga: Amankah Kopi Bagi Penderita Penyakit Liver)

  1. Perhatikan Tanda Bahaya

Meski minum kopi bisa membuat kita merasa nyaman, tetapi jangan lupa bahwa bahaya dari kopi bisa muncul kapan saja. Perhatikan tanda atau sinyal dimana tubuh memberikan isyarat untuk tidak minum kopi dengan rasa bosan atau jenuh. Jika terlanjur tidak bisa berhenti kenali tanda-tanda bahaya mulai dari jantung berdebar, insomnia, gelisah, perubahan mood yang sulit diprediksi, dan sakit kepala. Jika Anda sudah mengalami gejala di atas maka sebaiknya hentikan mengkonsumsi kopi sachet. (Baca Juga: Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia)

  1. Kenali Respon Tubuh

Tidak semua orang cocok mengkonsumsi kopi, terkadang tubuh memberikan reaksi jika ada minuman asing masuk seperti kopi. Biasanya respon dari tubuh setelah minum kopi adalah sulit tidur, namun pada beberapa orang malah sebaliknya dimana mereka sangat mudah untuk tidur. Ada lagi satu reaksi tubuh ketika mengkonsumsi kopi yakni mual atau muntah. Jika terjadi demikian berarti sistem pencernaan Anda sedang terngaggu atau tidak menerima jenis minuman seperti kopi.

Sponsors Link

  1. Kenali Kandungan Caffeine

Berbagai produk kopi ber caffeine tentu memiliki standar masing-masing, maka dari itu sebagai konsumen harus lebih detail lagi dalam mengetahui dosis dari kandungan caffeine tersebut. Jangan sampai kopi sachet yang Anda konsumsi mengandung caffeine lebih dari batas standar. (Baca Juga: Bahaya Fat Burner)

Selain dari kopi, ada beberapa produk lain yang mengandung caffeine diantaranya obat sakit kepala, coklat, permen kopi, the, dan softdirnk. Jadi Anda harus lebih teliti sebelum mengkonsumsi kopi sachet.

  1. Imbangi Dengan Air Putih

Jika Anda memiliki hobi minum kopi setiap hari maka sebaiknya imbangi dengan konsumsi air putih. Fungsi dari air putih disini adalah untuk menetralisir kandungan racun dalam kopi yang tidak dapat dicerna tubuh. Memang masih belum banyak orang mengetahui manfaat dari air putih, tetapi sebagai langkah pencegahan sebaiknya tambahkan dengan konsumsi air putih. (Baca Juga: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih , Efek Kekurangan Air Putih)

Itulah beberapa dampak atau bahaya dari kopi sachet sekaligus cara mengkonsumsinya secara sehat. Mungkin belum terpikirkan oleh Anda bahwa kopi memiliki dampak buruk bagi tubuh. Memang dari beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi bagi beberapa orang khususnya orang yang mengalami obesitas akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik, sebaliknya bagi orang yang tidak mengalami obesitas bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. (Baca Juga: Obat Tradisional Kolesterol , Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol)

Setelah melihat ulasan di atas mungkin Anda berpikir bahwa minum kopi setiap hari mampu meningkatkan stamina dan bermanfaat bagi kesehatan, di satu sisi kopi bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan bahkan memunculkan penyakit kronis. Dari situlah kita bisa memilah apa saja manfaat dari kopi dan efek buruknya bagi kesehatan. (Baca Juga: Bahaya Kopi Bagi Penderita StrokeMinum Kopi bagi Penderita Hepatitis, Bolehkah)

Kini Anda sebagai konsumen harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi sachet yang secara keseluruhan belum kita ketahui kandungan zat di dalamnya. Sudah banyak bukti dari efek buruk mengkonsumsi kopi, kini kita harus lebih waspada dan teliti kembali sebelum mengkonsumsi kopi. Semua efek samping akan bisa kita hindari jika Anda benar-benar mengkonsumsinya dengan cara sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 08th, January 2017 / 03:49 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya