Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Bahaya Ampas Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

ads

Bahaya ampas kopi merupakan efek buruk secara bertahap dari seseorang yang mempunyai gaya hidup dan kebiasaan mengkonsumsi minuman tersebut bersama ampasnya. Kopi merupakan minuman nikmat bagi pria dan wanita hampir diseluruh dunia.karena memiliki aroma khas dan mempunyai cita rasa yang selalu membuat siapapun ingin kembali menikmati diberbagai kesempatan, tetapi jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

Inilah kandungan kimia yang ada pada minuman kopi

  • Cafein dan senyawa triglycerid
  • Senyawa Ethyphenol dan quinic acid
  • Senyawa Dicaffeoylquinic acid dan Dimethyl disulfide
  • Senyawa Acetylmethil carbinol dan niacin
  • Senyawa trigonelline dan putrescin

Manfaat kopi Terbukti dapat segera memulihkan stamina beberapa saat setelah tubuh kelelahan dari aktifitas kerja sehari hari. Namnun bagaimana jika diminum secara sembarangan tanpa aturan? sudah saatnya masyarakat tahu tentang bahaya atau efek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh

Inilah bahaya ampas kopi yang perlu diketahui jika dikonsumsi secara berlebihan :

1. Penyakit jantung

Ampas kopi mengandung zat triglycerid yang dapat menyebabkan gangguan serius pada jaringan jantung, Termasuk lemah jantung, gagal jantung atau serangan jantung mendadak. Baca juga : penyebab penyakit jantung pada manusia yang mematikan

2.Gangguan tulang

Kopi yang dikonsumsi bersama ampas setiap hari dan secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitaan dalam penyerapan kalsium yang ada pada makanan yang telah dicerna oleh pencernaan. Hal ini dapat mengganggu perlindungan terhadap kepadatan tulang dimasa tua.

3. Memicu stres

Ampas kopi yang mengendap didalam jaringan kelenjar adrenalin dapat mengganggu produksi hormon yang dapat memicu munculnya depresi atau stres yang berlebihan sehingga seseorang tidak mampu mengendalikan kecemasannya.

Baca juga : Penyebab stres berkepanjangan

4. Merusak dinding lambung

Ampas kopi yang dikonsumsi bersamaan ketika minum kopi dapat mengakibatkan rusaknya lapisan dinding lambung yang menyebabkan luka, Iritasi dan peradangan yaang nantinya dapat menimbulkan gangguan kinerja pencernaan.

5. Terserang sembelit

Ampas kopi yang berlebihan dapat membuat seseorang terserang kesulitan buang air besar dengan normal, Karena ampas kopi mampu menghambat penyerapan air disaluran pembuangan dan tidak melumasi feses yang sudah siap untuk menuju pembuangan. Akibatnya feses mengalami pengerasan dan seseorang akhirnya terserang sembelit yang membuat nyeri dibagian perut dan anus.

Sponsors Link

Baca juga : Cara mengatasi sembelit yang efektif

6. Menyebabkan diare

Pada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan minum kopi bersama amapasnya dapat menyebabkan menderita diare. Ampas kopi mampu menimbulkan tekanan dan dorongan feses terlalu cepat untuk dikeluarkan melalui saluran pembuangan tanpa mengalami proses pengerasan lagi.

7. Menyebabkan janin rusak

Bagi ibu hamil dilarang minum kopi secara berlebihan apalagi dengan ampasnya. Karena kafein dan senyawa lain yang ada pada ampas kopi dapat merusak jaringan tubuh bayi yang belum sempurna terbentuk dan menyebabkan janin mudah hancur atau mengalami keguguran.

8. Mengganggu kesuburan pria dan wanita

Kopi yang diminum dengan ampasnya secara berlebihan mampu menghambat kesuburan pria dan wanita sehingga mempersulit mereka mendapatkan keturunan dalam waktu yang relatif cepat. jika ingin melaksanakan program hamil sebaiknya sepasang suami istri tidak mengkonsumsi kopi bersama ampasnya dan tidak setiap hari.

Baca juga : makanan untuk kesuburan bagi pria dan wanita

9. Rentan terserang insomnia

Kopi yang dikonsumsi bersama ampasnya setiap hari dalam kadar yang berlebihan (lebih dari 3 gelas perhari) dapat mengakibatkan seseorang kesulitan tidur dan rentan terserang insomnia. (Baca juga : penyebab insomnia)

10. Kerusakan ginjal

Ampas kopi dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang menyebabkan kinerja ginjal menjadi menurun kemampuanya dalam mengendalikan cairan tubuh.

Tips Menghindari Bahaya Akibat Ampas Kopi

1. Bahaya ampas kopi tidak akan berdampak jika diimbangi dengan minum air putih setidaknya 7 liter perhari dan konsisten mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 3 gelas perhari. Cairan tubuh yang memadai mampu mengendalikan ampas kopi yang telah masuk dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari pengendapan dan pengkristalan ampas kopi pasa saluran pencernaan, Aliran darah dan pembuluh arteri.

Sponsors Link

2. Untuk menghindari bahaya ampas kopi lebih baik minum kopi setelah makan. minum kopi setelah makan juga dapat mencegah peningkatan gula darah bagi orang orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut (genetik).

3. Jika ingin lebih aman konsumsilah kopi dengan disaring ampasnya lalu berilah penambahan susu atau air jahe sehingga kopi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh tanpa harus khawatir lagi akan menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit jantung.

4. Mengkonsumsi kopi bersama ampasnya tidak akan berdampak buruk jika kopi hanya diminum sebanyak satu cangkir perharinya dan diimbangi dengan buah buahan yang memiliki kemampuan mengendalikan senyawa yang ada pada kopi agar segera dilarutkan dan didorong menuju saluran pembuangan, Misalnya buah mangga, buah Naga, Strawberry, Kiwi dan buah Manggis.

5. Tidak mengkonsumsi kopi 1/2 jam sebelum berangkat tidur malam, Agar efek cafein tidak mengganggu saraf saraf disekitar kepala yang kemungkinan dapat mengganggu kualitas tidur atau mengakibatkan seseorang terkena insomnia ringan.

Bahaya Minum kopi karena ampas mengakibatkan efek buruk pada orang dewasa dan juga anak anak. Didalam kopi terdapat senyawa yang mampu mengakibatkan ketergantungan atau kecanduan sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk meninggalkan minuman tersebut. Minuman kopi jika dikonsumsi anak anak dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi dalam belajar dan menurunkan kualitas kecerdasan, Itu adalah salah satu akibat kebanyakan minum kopi untuk kesehatan. jika anak anak usia dini sudah mengkonsumsi kopi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 04th, June 2016 / 03:29 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya