Sponsors Link

21 Makanan yang Rendah Purin dan Tips untuk Penderita Asam Urat

ads

Purin merupakan zat yang natural dan sebenarnya ada pada sel tubuh kita, begitu juga pada hewan dan tumbuhan. Purin yang berasal dari makanan, bila kita konsumsi maka bakal masuk ke dalam tubuh di mana proses metabolisme menjadikannya asam urat. Proses terbentuknya asam urat memang sehat dan alami, namun ketika berlebihan maka hasilnya malah mengganggu kesehatan.

Asam urat sebetulnya bersifat antioksidan dan perannya adalah sebagai pelindung lapisan pembuluh darah. Pada kebanyakan kasus, terjadi gangguan fungsi ginjal sehingga asam urat bakal menjadi berlebih di dalam tubuh. Maka radang sendi dan serangan gout pun tak terelakkan di mana ini diakibatkan oleh adanya asam urat tinggi.

Saat pembentukan kristal asam urat terjadi dan akhirnya terjadi penumpukan di bagian sendi, ini akan memicu pengikisan jaringan lunak. Pada akhirnya, gejala radang sendi pun terpicu sehingga mengakibatkan asam urat. Supaya menghindari rasa sakit akibat asam urat ini, sebaiknya kita mulai menyeleksi makanan yang rendah purin.

(Baca juga: bahaya asam urat tinggi bagi tubuh)

1. Kacang Tanah

Bila ingin mengonsumsi makanan rendah akan purin, salah satu yang dapat dipilih adalah kacang tanah. Kacang jenis ini sangat bagus untuk para ibu hamil dan bahkan bermanfaat untuk menurunkan risiko depresi. Selain mengontrol berat badan dan mengurangi potensi jenis-jenis penyakit jantung, kacang tanah rendah purin bakal mencegah kanker usus besar dan batu empedu.

(Baca juga: kopi bagi penderita asam urat)

2. Wortel

Wortel adalah makanan sehat penuh vitamin dan mineral. Tentu mengonsumsinya tak hanya akan mencegah kita dari asam urat. Wortel pun mampu menjadi mendetoksifikasi tubuh secara alami  serta menurunkan potensi stroke maupun kanker. Untuk kesehatan kulit pun juga dapat dimanfaatkan.

3. Jagung

Kaya akan kalori, jagung merupakan salah satu makanan pokok di negara kita. Sifat antioksidannya serta kandungan mineral dan vitamin adalah yang paling baik untuk tubuh. Rendah purin, jagung rupanya mengandung vitamin A cukup tinggi dan mampu diandalkan sebagai pengontrol darah tinggi dan diabetes. Khasiatnya dalam melindungi jantung serta mengurangi risiko anemia juga terpercaya.

(Baca juga: gejala asam urat tinggi)

4. Apel

Tak salah kalau apel ini merupakan buah sehat yang siapapun bisa konsumsi. Karena mengandung rendah purin, tentu apel adalah makanan tepat untuk mencegah asam urat. Yang sudah telanjur mengalami radang sendi pun dapat diatasi dengan mengonsumsi apel setiap hari. Buah sehat ini merupakan cemilan yang akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar.

5. Pisang

Berkandungan folat, magnesium serta kalium yang cukup tinggi, rupanya pisang pun rendah akan purin. Pisang bagus untuk dimasukkan ke dalam menu diet rendah purin, terutama bagi para penderita asam urat. Selain itu, potensi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, asma dan kanker juga mampu diturunkan dengan mengonsumsinya.

Sponsors Link

(Baca juga: makanan untuk menurunkan asam urat)

6. Melon

Buah berkandungan kaya akan air ini tak hanya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rendahnya kandungan purin bakal sangat berguna bagi para penderita gejala asam urat dan radang sendi. Melon pun dapat menjadi menu diet yang pas karena kandungan tinggi airnya akan memberikan efek kenyang lebih lama pada perut.

7. Jeruk

Buah lainnya yang tak begitu banyak purin terkandung di dalamnya berikut memiliki kadar vitamin C tinggi adalah jeruk. Selain bagus untuk diet bagi para penderita asam urat, yang ingin menurunkan berat badan dapat menikmati buah ini. Buah ini dijamin aman bagi yang menderita radang sendi, tapi tidak untuk yang memiliki penyakit maag.

(Baca juga: kadar asam urat normal)

8. Asparagus

Jenis sayuran ini berkandungan purin rendah sehingga bagus bagi yang ingin melakukan diet rendah purin. Kandungan folat dan vitamin K pun juga berlimpah di dalamnya sehingga bagus untuk tubuh. Bersifat antioksidan dan anti inflamasi, asparagus sering dianggap sebagai diuretik alami.

9. Keju Cheddar

Bagi pecinta keju, kabar baiknya kadar purin di dalam keju cheddar termasuk rendah. Jadi bagi yang punya radang sendi maupun gejala asam urat, bisa tetap menikmati keju cheddar ini. Kaya akan laktosa, mineral, protein serta vitamin, keju cheddar ini bisa tetap menjadi bahan untuk melengkapi sarapan kita.

(Baca juga: madu untuk penderita asam urat)

10. Kentang

Termasuk dalam jenis sayuran, kentang memiliki kandungan mineral penting, seperti kalsium, fosfor, serta zat besi. Bahkan di dalam makanan rendah purin ini juga tinggi akan lemak nabati dan protein serta karbohidrat. Memasukkan kentang ke dalam menu sehari-hari akan membantu pemulihan radang sendi atau asam urat kita.

11. Lobak

Tak perlu khawatir lagi akan kerusakan fungsi ginjal karena lobak yang purinnya berkadar rendah ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain untuk asam urat dan penyakit ginjal, lobak pun baik untuk mengatasi penyakit hati, kanker dan wasir. Melakukan diet rendah purin sebaiknya tidak melewatkan konsumsi lobak untuk sehari-hari.

(Baca juga: penyebab asam urat)

12. Selada

Satu lagi sayur yang termasuk berpurin rendah, yakni selada. Bila kebanyakan sayuran mengandung purin tinggi, selada ini dapat menjadi pilihan makanan untuk diet rendah purin. Selain mendetoksifikasi tubuh, daun selada akan mampu meningkatkan serta mengendalikan sistem imun tubuh. Seperti halnya apel, selada dapat dijadikan cemilan saat diet.

13. Jamur

sponsored links

Mengandung banyak kalium serta karbohidrat, jamur rupanya tak memiliki kadar purin tinggi. Maka ini dapat menjadi alasan bagi para penderita asam urat untuk mengonsumsi jamur. Walau terkenal bagus untuk kesehatan, bukan lantas berarti setiap jenis jamur itu baik karena sebagian pun dikenal beracun. Apabila memang tidak tahu jenis-jenis jamur yang baik, belilah dari sumber yang terpercaya agar aman dikonsumsi.

(Baca juga: kadar asam urat)

14. Buncis

Jenis kacang dan sayuran satu ini betul-betul berguna bagi penderita asam urat dan radang sendi. Untuk menurunkan kadar purin tinggi dalam tubuh, batasi makanan dengan mengonsumsi makanan berpurin rendah. Sayur buncis pun dikenal baik untuk tulang, gangguan pencernaan, sirkulasi darah, jantung, serta gula darah tinggi.

15. Buah Ceri

Ceri yang merah dan segar merupakan jenis buah yang kandungan purinnya rendah tapi bersifat antioksidan tinggi. Anthocyanin, mineral, vitamin C dan vitamin A-nya pun cukup tinggi kadarnya sehingga pasti baik untuk tubuh. Untuk mengurangi radang sendi dan nyerinya, buah ini sangat bagus untuk diandalkan.

(Baca juga: brokoli untuk penderita asam urat)

16. Kubis

Karena rendah akan purin, kubis dapat menjadi salah satu makanan pencegah asam urat serta penurun risiko radang sendi. Kandungan lain pada kubis antara lain adalah asam folat, ripoflavin, kalium, zat besi, vitamin B kompleks, serta vitamin A. Selama diet rendah purin metabolisme tubuh akan terjaga prosesnya agar tetap baik.

17. Yogurt

Selain keju cheddar, para penderita asam urat maupun yang masih gejalanya bisa mencoba mengonsumsi yogurt. Produk susu yang aman dan berpurin rendah lainnya adalah yogurt. Dengan konsumsi yogurt, pada diet rendah purin yang dilakukan, kita akan tetap memperoleh cukup kalsium. Pilihlah yogurt yang rendah lemak atau bebas lemak sekalian.

(Baca juga: bayam bagi penderita asam urat)

18. Susu

Susu memang didapati memiliki kandungan purin rendah, tapi ini bukan berarti bahwa semua susu bisa dinikmati. Kadar lemak tinggi pada susu malah bisa memperparah hipertensi maupun asam urat. Jadi sebaiknya sama seperti ketika memilih yogurt, pilihlah yang bebas lemak atau setidaknya rendah lemak supaya aman.

19. Kacang Brazil

Jenis kacang lainnya selain kacang tanah yang berpurin rendah adalah kacang Brazil. Lemak di dalamnya pun terbilang sehat karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Kolesterol tinggi dan jahat pun bisa diturunkan dan dikendalikan dengan mengonsumsi kacang ini. Asal tak berlebihan dalam mengonsumsinya, kacang ini akan menyediakan banyak manfaat.

(Baca juga: makanan penyebab asam urat)

20. Hazelnut

Masih ada satu lagi jenis makanan yang dikenal rendah purin, yakni hazelnut yang ternyata menjadi salah satu sumber protein. Baik untuk kesehatan otot, jenis kacang ini pun berperan baik dalam menurunkan risiko kanker berikut juga jantung. Bagi yang ingin menjalankan diet, hazelnut ini wajib untuk tidak ketinggalan diselipkan ke dalam daftar menu.

21. Pasta dari Telur

Satu lagi makanan yang dikenal mengandung rendah purin, yakni pasta. Bukan sembarang pasta, pasta yang terbuat dari telur bakal lebih aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Untuk yang ingin melakukan diet rendah purin, jelas pasta dari telur boleh dimasukkan ke dalam daftar menu.

(Baca juga: makanan penyebab rematik)

Tips untuk yang Menderita Asam Urat

Walau baru gejala atau justru sudah mengalami asam urat, sangat perlu untuk memerhatikan apa yang dikonsumsi. Berikut di bawah ini adalah sejumlah tips yang kiranya bakal berguna membantu para penderita asam urat.

  • Jauhi makanan yang mengandung zat purin tinggi, dan jeroan adalah yang paling utama. Batasi juga untuk mengonsumsi melinjo, kacang mete, lentil, ikan, dan makanan hewani lainnya.
  • Demi mencegah gejala asam urat, aspirin adalah obat tertentu yang bisa menolong. Aspirin ini adalah jenis obat yang dapat dimanfaatkan sehingga asam urat dapat dipertahankan oleh ginjal kita.
  • Minumlah banyak-banyak cairan, akan lebih baik kalau sehari bisa mengonsumsi 2 liter air putih. Namun mengimbanginya dengan mengonsumsi jus buah pun tak masalah. Asalkan jus tersebut terbuat dari buah yang rendah purin, maka hasilnya pasti baik untuk tubuh. Selain itu air putih sangat efektif dalam menurunkan kadar purin tinggi.

(Baca juga: pantangan asam urat)

Pada intinya, sebenarnya bukan masalah kita mengonsumsi makanan rendah purin atau tidak. Walau rendah purin tapi dikonsumsi secara berlebihan pun akhirnya bakal terjadi peningkatan kadar purin pada tubuh. Yang benar adalah mengonsumsi segala makanan secara tak berlebihan dan pada porsi yang benar.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 29th, June 2016 / 07:59 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat