Sponsors Link

Makanan yang Mengandung Koenzim Q10 dan Fungsinya

Sponsors Link

Memiliki fisik yang sehat adalah keinginan setiap orang. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita memerlukan upaya-upaya baik dari yang sederhana sampai pada hal-hal yang detail dan memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kali ini kita akan membahas mengenai makanan yang mengandung koenzim Q10. (Baca Juga: Penyakit Akibat Kekurangan Enzim Amilase , Manfaat Akupuntur Pelangsingan)

ads

Apa yang dimaksud dengan koenzim Q10?

Dikutip dari onegreenplanet.org, koenzim Q10 atau disebut juga sebagai CoQ10 atau ubiquinone adalah zat yang dibuat di dalam tubuh manusia dan berfungsi seperti antioksidan. Koenzim ini diproduksi di dalam area sel mitokondria. Secara umum, fungsi dari koenzim Q10 adalah dapat membantu produksi energi, menguatkan sistem imun, dan menangkal radikal bebas. Kekurangan koenzim Q10 dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan nyeri dada. Orang yang memiliki penyakit tertentu seperti kanker, kelainan genetik, atau diabetes memerlukan suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan akan koenzim Q10. Koenzim Q10 bisa didapat dari beberapa jenis makanan. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ginjal , Metode Diagnosis Diabetes Tipe 1)

Makanan yang Mengandung Koenzim Q10

  • Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang kedelai.
  • Biji-bijian seperti wijen dan gandum.
  • Sayuran dengan warna hijau seperti brokoli, kembang kol, parsley, dan bayam.
  • Daging sapi
  • Daging unggas
  • Telur
  • Jeroan seperti hati, ginjal, dan jantung
  • Ikan sardine, mackereI, salmon, dan tuna
  • Minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, minyak kedelai, dan minyak kelapa
  • Buah-buahan seperti anggur, alpukat, blackcurrant, strawberry, jeruk, pisang, dan apel

(Baca Juga: Bahaya Kacang Tanah , Bahaya Konsumsi Daging Merah)

Fungsi Koenzim Q10 bagi Tubuh

  1. Menjaga kesehatan jantung

Secara lebih spesifik, koenzim Q10 membantu mencegah risiko gagal jantung, angina (kram jantung), aritmia (detak jantung tidak teratur), tekanan darah tinggi, kardiomiopati (kerusakan otot jantung), dan gangguan jantung lainnya. Koenzim Q10 juga membantu dalam pemulihan setelah operasi jantung. (Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Melatih Kesehatan Jantung)

  1. Melawan kanker

Penelitian menunjukkan bahwa seorang penderita penyakit kanker memiliki kadar Koenzim Q10 yang lebih rendah daripada orang yang sehat. Maka dari itu, mereka membutuhkan bahan makanan yang mengandung sumber koenzim Q10 untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Koenzim Q10 dapat membunuh sel-sel kanker sehingga makanan yang menjadi sumber koenzim ini sangat baik untuk dikonsumsi. (Baca Juga: Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan Hingga Kanker , Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir)

Sponsors Link

  1. Produksi energi

Koenzim Q10 membantu sel-sel tubuh memproduksi energi yang berguna untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Energi dalam tubuh manusia yang dihasilkan dengan bantuan koenzim Q10 diperkirakan sekira 95%. (Baca Juga: Efek Bahaya Minuman Energi Sangat Mematikan)

  1. Sebagai antioksidan

Koenzim Q10 memiliki kemampuan dalam menetralisir radikal bebas. Radikal bebas bisa didapat dari polusi, kosmetik, kegiatan sehari-hari, serta makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bahaya radikal bebas adalah dapat menyebabkan penuaan dini. Koenzim Q10 membantu tubuh terbebas dari racun serta bahan-bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. (Baca Juga: Bahaya Bahan Kimia , Obat Gatal Biduran)

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Beberapa penelitian yang melibatkan koenzim Q10 memperlihatkan hasil bahwa koenzim ini dapat membantu dalam peningkatan kognitif manusia. Tidak hanya memberi energi secara fisik, koenzim ini juga ternyata memberi pengaruh pada kemampuan otak. Koenzim Q10 efektif membantu untuk mendapatkan konsentrasi dan daya ingat yang baik. (Baca Juga: Gejala Infeksi Otak  , Tips Mudah Menjaga Kesehatan Otak)

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Bagi pemiliki tekanan darah tinggi, koenzim Q10 membantu menurunkan tekanan darah sehingga menjadi stabil. Satu hal yang menggembirakan, koenzim ini membantu menurunkan tekanan darah dengan tanpa mendatangkan efek samping. (Baca Juga: Tanda tanda Darah Tinggi , Obat Tradisional Darah Tinggi)

  1. Membantu kerja organ tubuh

Konsentrasi tertinggi koenzim Q10 ditemukan dalam beberapa organ vital manusia yang paling banyak memerlukan energi untuk menjalankan fungsinya, seperti hati, jantung, dan ginjal. Selain itu, koenzim Q10 juga membantu proses pencernaan.

Sponsors Link

  1. Menambah kesuburan

Koenzim Q10 memiliki kemampuan dalam memperbaiki kualitas sperma.

  1. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh dapat dipengaruhi oleh adanya koenzim Q10. Dikombinasikan dengan vitamin B6, koenzim Q10 dapat memengaruhi aktivitas sel imun. Bagi penderita penyakit HIV/AIDS dan hepatitis B, koenzim Q10 sangat membantu dalam menjaga kondisi tubuh agar tidak semakin memburuk akibat penyakit yang diderita. (Baca Juga: Kelainan Autoimun , Penyebab Hepatitis B)

Itulah bahasan mengenai makanan yang mengandung koenzim Q10 dan manfaatnya bagi tubuh kita. Ternyata koenzim Q10 sangat berjasa dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika anda memutuskan untuk mendapatkan koenzim Q10 dari makanan, pastikan pengolahan makanan tersebut dengan cara yang sehat. Tapi adakah cara lain yang lebih praktis untuk dapat selalu mencukupi kebutuhan koenzim Q10 ini? Bagi anda yang menginginkan metode praktis, anda bisa memenuhi kebutuhan koenzim Q10 dengan mengonsumsi kapsul koenzim Q10 yang dapat dibeli di pasaran. Kapsul ini berbentuk seperti kapsul minyak ikan. (Baca Juga: Bahaya Minyak Goreng , Bahaya Makan Ikan Lele )

Ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan mengenai koenzim Q10 ini. Jika anda memiliki penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai dosis konsumsi koenzim Q10 yang pas untuk tubuh anda. Hal ini untuk memastikan anda mendapatkan koenzim Q10 dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Sekian artikel kali ini. Semoga memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi anda!

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 08th, January 2017 / 09:31 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat