Sponsors Link

29 Makanan yang Membakar Lemak secara Efektif

ads

Berolahraga atau pergi ke gym mungkin menjadi salah satu cara efektif dalam proses pembakaran lemak. Namun kita perlu tahu bahwa olahraga juga perlu diimbangi dengan konsumsi makanan yang membakar lemak. Untuk mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal, keduanya perlu diseimbangkan.

Supaya berat tubuh lebih terkendali dan perut serta bagian tubuh lain tak mudah menjadi besar, konsumsilah makanan yang tepat. Memilih makanan yang benar memang tak gampang, justru itulah kita akan mengetahuinya di sini. Di bawah ini adalah daftar makanan pembakar lemak yang pasti efektif dan silakan dibuktikan sendiri.

(Baca juga: cara diet yang benar dan yang salah)

1. Ubi Jalar

Agar lemak berlebihan di dalam tubuh dapat dicegah dan dibakar dengan sempurna, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ubi jalar. Sebelum nasi menjadi makanan pokok orang se-Indonesia, ubi jalarlah yang lebih dimanfaatkan pada zaman dulu. Ubi jalar malah dijadikan makanan pokok yang pada akhirnya malah memberikan sistem kekebalan yang luar biasa.

Orang-orang dulu yang mengonsumsi ubi jalar terbukti tak mudah terkena penyakit. Orang zaman sekarang yang lebih cocok makan nasi perlu tahu bahwa ada lemak tinggi di dalam nasi. Itulah mengapa ketika berdiet, nasi selalu perlu diganti dengan ubi jalar. Efek kenyang yang diberikan oleh ubi jalar pun lebih tahan lama ketimbang nasi putih.

(Baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat)

2. Ikan Salmon

Untuk mendeskripsikan ikan salmon, kita dapat menggunakan kata bernutrisi dan juga lezat. Di dalam jenis ikan ini hanya ada lemak-lemak baik dan protein tinggi beserta kandungan lainnya yang penting bagi tubuh. Dalam penurunan berat badan, ikan salmon sangat baik karena mampu melunturkan lemak yang tertimbun di perut kita.

Selain itu, bagi yang ingin membentuk tubuh agar lebih menarik dan indah, ikan salmon mampu mendukung pembentukan otot. Terkandung omega-3 yang cukup tinggi, ikan ini salah satu ikan terbaik yang bersifat anti-inflamasi. Bahkan mengonsumsi ikan salmon bakal mencegah penyimpanan dan penumpukan lemak. Daripada memilih ikan salmon ternak, beli dan konsumsilah salmon yang ditangkap secara liar.

3. Jamur

Jamur selain menjadi bahan utama sebuah masakan, kita juga dapat menjumpainya dalam bentuk cemilan. Selain menyehatkan tulang karena seleniumnya yang tinggi, sistem daya tahan tubuh manusia juga dapat ditingkatkan. Kanker prostat pun dapat dicegah oleh jamur, bahkan kadar kolesterol tinggi dalam darah pun mampu diturunkan.

Jamur menjadi salah satu makanan pembakar lemak dan secara efektif juga menjadi penurun berat badan. Ini dikarenakan adanya banyak nutrisi di dalamnya, seperti vitamin, mineral, serta antioksidan. Jamur tiram adalah jenis jamur yang kiranya bisa lebih dipertimbangkan. Karena selain membantu membakar lemak, kesehatan tubuh akan dijaga secara lebih baik oleh bahan makanan ini.

(Baca juga: makanan yang dilarang saat diet)

4. Pisang

Buah satu ini sepertinya selalu ada memang di daftar makanan diet. Pada tips diet sehat, buah dan sayur selalu masuk ke dalam menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Pisang ini termasuk buah yang penting untuk membuat lemak terbakar lebih efektif.

Ini karena ada enzim di dalam pisang yang akan membuat proses pencernaan lebih cepat. Penurunan berat badan pun otomatis lebih lancar. Buah pisang ini dapat menjadi menu sarapan, begitu juga pencuci mulut ketika sudah makan.

5. Semangka

Membakar lemak sebenarnya tak sulit, karena semangka pun merupakan buah yang dapat kita andalkan. Karena kadar air di dalam semangka sangat besar, berikut juga asam amino, vitamin C serta vitamin A-nya, jadi pembakaran lemak bisa efektif. Mengonsumsi semangka bakal membantu proses pengurangan lemak, terutama yang mengganggu di area pinggang. Akan lebih efektif kalau dikonsumsi setiap hari.

(Baca juga: makanan untuk diet cepat dan sehat dengan kalori rendah)

Sponsors Link

6. Cabe Merah

Membakar lemak di bagian perut bisa dilakukan dengan cara makan pedas. Cabe merah adalah bahan yang akan membantu kita menurunkan lemak. Bagi para pecinta cabe dan makanan pedas, beruntunglah karena dengan mengonsumsinya setiap hari akan ada hasil maksimal. Cukup mengherankan memang kalau cabe merah justru digunakan sebagai pembakar lemak. Karena biasanya kita tahu bahwa cabe merah ini malah digunakan sebagai peningkat selera makan.

Kebiasaan orang Asia dan Barat mungkin agak berbeda, tapi tetap saja boleh dicoba. Kalau orang Barat saja dapat secara efektif membakar lemak dengan cabe, orang Asia seperti kita tentu seharusnya bisa. Ini dikarenakan ada capcaisin di dalam cabe yang memicu timbulnya rasa pedas. Kemudian ini bakal membuat selera makan menurun, sehingga cadangan lemak pun juga akan hilang bertahap.

7. Anggur

Kelihatannya anggur bukanlah buah yang bisa mengenyangkan dan bahkan tampaknya tak berbuat banyak untuk pembakaran lemak. Namun jangan salah, karena anggur malah bisa membuat pencernaan lebih lambat sehingga akan membuat kita merasa kenyang. Bila ingin lebih afdol, minumlah jus anggur supaya lemak ekstra yang menumpuk dapat berkurang. Dalam 10 hari mengonsumsi jus anggur terbukti mampu mengurangi 10 pound, jadi pasti tidak akan menyesal.

(Baca juga: diet air putih)

8. Apel

Sumber serat baik salah satunya bisa didapat dari buah apel. Buah yang menjauhkan kita dari dokter ini memang menyehatkan dan selalu ada di dalam menu diet. Alasan mengapa apel termasuk dalam makanan pembakar lemak adalah karena memberikan efek kenyang lebih lama. Makanan untuk diet cepat dan sehat bisa kita peroleh dari apel.

Bagi yang bermasalah dengan perut buncit akibat lemak bertumpuk-tumpuk, memakan buah apel akan menghasilkan perut datar. Apel sendiri ada hubungannya erat dengan proses diet dan pengurangan berat badan. Jadi, memakannya setiap hari 2-3 buah sehari akan dapat mengendalikan bobot tubuh.

9. Teh Hijau

Tak salah lagi, kebiasaan masyarakat kita adalah minum teh baik di pagi maupun sore hari. Namun untuk membakar lemak dan menurunkan bobot tubuh, lebih baik tidak meminum teh sembarangan. Teh hijau lebih disarankan di sini karena tak hanya bersifat antioksidan.

Teh hijau merupakan jenis teh yang akan mendukung pola hidup dan makan sehat. Teh yang banyak dinikmati oleh orang Jepang ini diyakini mampu melunturkan lemak. Maka tak ada salahnya mulai sekarang mengganti teh biasa dengan teh hijau. Nikmatilah teh ini pada pagi dan sore hari; asalkan tak punya sakit maag, pasti aman untuk tubuh.

(Baca juga: kalkulator berat badan ideal)

10. Telur

Vitamin B12 diketahui terkandung di dalam telur dan inilah yang sebenarnya tubuh kita perlukan. Lemak yang ada dalam tubuh perlu dimetabolisasikan dan telah ditemukan faktanya oleh para peneliti dari Louisiana State University bahwa telur berguna untuk itu. Mengonsumsi telur setiap pagi untuk sarapan akan membantu penurunan berat tubuh secara lebih efektif.

Memang sarapan dengan telur itu kebiasaan orang Barat, tapi tak salah kalau kita mencobanya. Daripada makan nasi, memakan telur yang dikukus atau direbus akan lebih berguna dalam membakar lemak. Asalkan tidak menggorengnya dengan banyak minyak, telur sangat aman dan membantu dalam diet kita.

11. Pepaya

Buah super lainnya yang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar makanan pembakar lemak adalah pepaya. Tak banyak memang orang yang suka dengan buah segar dan manis ini, tapi bagi yang menyukainya, makan saja setiap hari. Penurunan berat badan akan sangat terbantu oleh buah ini.

Pepaya adalah buah yang tepat untuk dijadikan cemilan saat lapar karena memakan beberapa potong saja kita bakal cepat kenyang. Kadar lemak dalam pepaya ini sangat rendah, jadi pasti baik untuk diet kita. Lemak pun akan berkurang dengan lebih cepat ketika kita memakan buah ini secara rutin selama diet.

(Baca juga: cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami)

12. Beras Merah

Pembakaran lemak terjadi secara lebih efektif dengan mengonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih. Pilihlah beras merah karena kadar lemaknya lebih rendah daripada beras putih. Tak hanya kadar lemak yang bisa diturunkan oleh beras merah ini, tapi kadar gula tinggi pun juga dapat menurun.

Kegemukan dapat dipicu salah satunya oleh nasi putih, apalagi kalau sering makan nasi dengan porsi banyak. Bila memang ingin mulai diet sehat, beras merah adalah tepat untuk dijadikan pilihan. Nasi dari beras merah lebih baik dari nasi dari beras putih karena kadar lemak tak terlalu tinggi sehingga diet pasti dijamin bakal sukses.

13. Dada Ayam

Daging ayam sangat bagus untuk diet, tapi tidak dengan kulitnya. Justru bagian kulitnyalah yang paling banyak mengandung lemak. Para pelaku diet biasanya akan memilih dada ayam tanpa kulit karena memang kandungan lemaknya rendah dan proteinnya tinggi. Supaya lebih bermanfaat, pilihlah rempah yang juga bagus untuk tubuh.

Tak hanya pembakaran lemak yang dapat terjadi bila kita mengonsumsi dada ayam bersama dengan latihan kekuatan tubuh. Pembentukan otot tubuh menjadi lebih mudah dengan melakukan keduanya. Bahkan proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih cepat dan dicegah dari kelambatan. Karena dada ayam lebih bernutrisi, masukkan ke dalam daftar menu diet sekarang juga.

(Baca juga: penyebab berat badan turus drastis)

14. Minyak Kelapa

Satu lagi jenis minyak berguna bagi pembakaran lemak yang bisa dijadikan alternatif dari minyak zaitun. Minyak kelapa pada satu sendok makan penuh bakal memberikan tubuh kita lemak sebanyak 14 gram di mana 12 gramnya merupakan lemak jenuh. Menurut para peneliti, lemak jenuh tersebut justru merupakan asam laurat yang menguntungkan.

Lemak tersebut malah dianggap sebagai fatty acid rantai medium yang sehat di mana memang proses mencernanya juga lebih mudah. Percaya atau tidak, mereka yang mengonsumsi minyak kelapa telah diteliti memiliki bentuk pinggang lebih ramping. Tentunya ini membuktikan bahwa minyak kelapa bisa melawan lemak di perut dan mempercepat metabolisme.

15. Tomat

Sayur sekaligus buah ini juga sangat bagus dalam membakar lemak karena memang kandungannya mampu menghancurkan lemak. Perut yang rata mungkin adalah dambaan setiap wanita, dan tomat merupakan salah satu makanan yang bisa mengabulkannya. Kandungan air serta natrium pada tomat bakal secara efektif membuat perut lebih terasa kenyang. Mengemil tomat juga pas untuk diet asalkan tidak memiliki penyakit lambung.

(Baca juga: cara menambah berat badan)

16. Alpukat

Banyak orang yang salah paham terhadap buah alpukat karena buah ini dianggap memiliki banyak lemak dan membuat berat badan naik. Perlu diketahui bahwa alpukat mengandung asam amino lesitin dan juga bersifat antibakterial sehingga sangat bagus. Pembakaran lemak di perut akan terjadi dan alpukat ini akan menggantikan lemak jahat dengan lemak baik. Asal pengolahannya tepat, alpukat sangat berguna dalam mengendalikan berat badan dan menjaga kesehatan.

17. Minyak Zaitun

Dalam diet dan pola hidup sehat, minyak zaitun selalu ada pada daftar menu. Minyak zaitun merupakan substitusi tepat bagi minyak goreng yang lebih banyak lemak. Setiap kita tetap membutuhkan lemak dan minyak zaitun mampu memenuhinya tanpa berlebihan.

Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dalam diet kita bakal mampu mengontrol rasa lapar. Memasak dengan menggunakan minyak ini akan jauh lebih menguntungkan. Tak perlu takut kadar kolesterol meninggi karena kadarnya akan terkendali sambil rasa lapar terpuaskan dengan baik.

(Baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

18. Oatmeal

Makanan satu ini memang lebih sering diidentikkan dengan para penderita jenis-jenis penyakit jantung. Memang betul bahwa oatmeal ini memiliki kandungan baik yang sehat dan bermanfaat buat jantung. Tapi oatmeal pun juga sangat bagus ketika dikonsumsi oleh para pelaku program diet sehat.

Sarapan diet yang tepat bisa dimulai dengan mengonsumsi oatmeal. Sambil diberi buah beri-berian segar, tentu makin nikmat saja oatmeal ini. Tak hanya untuk sarapan, bagi yang ingin mengemil di sore hari, membuat oatmeal lagi tak ada salahnya. Rasa kenyang lebih lama dan lemak pun akan luntur karena kadar seratnya begitu tinggi. Pilih yang tanpa rasa dan buktikan keefektifannya.

19. Selai Kacang

sponsored links

Mungkin banyak dari kita tak mengira bahwa selai kacang adalah makanan yang ramah untuk diet menurunkan berat badan. Dalam membakar atau melunturkan lemak, selai kacang memiliki kandungan niacin. Kandungan inilah yang bakal menjaga supaya sistem saluran pencernaan kita tetap pada jalurnya sehingga tak menimbulkan kembung atau penimbunan lemak.

Sebagian orang akan menduga bahwa selai kacang bakal begitu penuh lemak, terutama karena ini produk olahan. Asalkan porsinya tak begitu berlebihan, sebetulnya selai kacang tak mengandung lemak tinggi. Untuk menjaga asupan lemak dari selai kacang tetap stabil, pilih untuk mengonsumsi tidka lebih dari 2 sendok makan selai per harinya.

(Baca juga: penyebab obesitas)

20. Buah Pir

Hampir sama dengan buah apel, hanya pir lebih banyak mengandung air sehingga juga bisa diandalkan. Melunturkan lemak bukan hal mustahil bila mengonsumsi buah pir sesering biasanya kita mengonsumsi cemilan tak sehat. Di dalam buah pir pun ada serat dan pektin tinggi sehingga pas buat dijadikan cemilan sehat.

21. Jeruk

Bicara soal buah jeruk, tentu agak sedikit tak terduga bahwa buah ini memiliki kemampuan mendukung penurunan berat badan apalagi membakar lemak. Yang ada di benak setiap orang ketika mendengar kata buah jeruk adalah vitamin C dan peningkatan sistem imun. Padahal jeruk juga berguna dalam penurunan bobot tubuh kita.

Alasan mengapa jeruk perlu dipertimbangkan dan dikonsumsi adalah karena buah ini tak mengandung kadar gula tinggi. Jeruk pun termasuk kaya akan serat sehingga bagus untuk menormalkan kadar gula darah. Selain itu, yang terpenting di sini adalah jeruk merupakan buah yang kadar kalorinya rendah. Itulah mengapa buah ini bagus sebagai makanan diet.

(Baca juga: cara cepat gemuk dan sehat)

22. Asparagus

Makanan pembakar lemak lainnya adalah asparagus. Asparagus juga bisa dianggap sebagai makanan sehat untuk diet ketika ingin memiliki tubuh indah. Sebagai diuretik alami, asparagus ini memiliki kemampuan dalam mengusir dan membuang segala kelebihan cairan dari tubuh. Asparagus juga dikenal sebagai makanan untuk mendukung proses detoksifikasi sehingga racun-racun dapat dikeluarkan.

Bukan hanya akan melunturkan lemak, asparagus pun menjadi sebuah makanan sumber probiotik. Tubuh membutuhkan bakteri baik, maka asparagus adalah makanan super paling tepat untuk diet. Saking banyaknya mineral dan vitamin, para pelaku diet akan menemukan bahwa dietnya akan jauh lebih mudah. Asparagus memiliki rasa yang nikmat dan tak perlu sulit-sulit dalam mengolahnyal jadikan sup dan nikmatilah.

23. Bayam

Identik dengan tokoh kartun berotot kekar, yakni Popeye, bayam mungkin dikenal sebagai makanan pembentuk otot. Kaya akan serat, rendah akan karbohidrat dan kalori, membuat bayam sangat pas untuk dijadikan menu diet. Pembakaran lemak akan dapat dengan mudah tercapai. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari Swedia.

Wanita yang mengonsumsi bayam dalam 3 bulan berturut-turut, rupanya mampu turun berat badannya dan melawan rasa lapar dengan baik. Baik dimasak matang atau dikonsumsi sebagai salad, bayam selalu dapat dinikmati dalam berbagai cara. Bahkan bayam yang dibekukan pun khasiatnya tetap sama seperti bayam segar karena tak mengandung kalori tinggi.

(Baca juga: badan gemuk jadi kurus)

24. Brokoli

Paling tidak disukai anak-anak, tapi brokoli ternyata memang menyehatkan. Selain menyediakan mineral dan vitamin esensial bagi tubuh kita supaya bekerja secara maksimal, lemak pun bakal dibakar. Pelunturan lemak oleh brokoli dapat dibuktikan karena memang brokoli adalah sayur dengan kalori rendah.

Sayur ini akan menjaga perut kita tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Kandungan seratnyalah yang membuat kita dapat bertahan dalam diet. Ketika mengolahnya, tambahkan rempah-rempah secukupnya atau lada sehingga masakan brokoli menjadi lebih nikmat. Tapi masukkan sup brokoli keju ke dalam makanan pantangan karena ini tak akan mendukung diet kita.

25. Blueberry

Dari buah beri-berian, blueberry adalah yang paling disarankan untuk dikonsumsi bila ingin melunturkan lemak. Menurunkan berat badan dengan mengonsumsi blueberry setiap hari merupakan pilihan bijak. Pengurangan lemak dan bobot tubuh dapat didukung oleh blueberry karena antioksidan polifenolnya memang tergolong tinggi kadarnya.

Kandungan penting tersebutlah yang akan membantu pembakaran lemak dan mencegah lemak menimbun di dalam tubuh. Blueberry dapat menjadi teman baik saat menikmati oatmeal juga sebagai penambah rasa oatmeal. Tapi blueberry pun juga segar dan tak kalah enak ketika dikonsumsi secara langsung. Saat lapar, sedialah blueberry sebagai cemilan yang pasti asyik dan bermanfaat.

(Baca juga: kurang olahraga)

26. Mentimun

Mentimun tak salah bila dimasukkan ke dalam daftar makanan yang membakar lemak meski kelihatannya bukan. Jenis sayuran satu ini berkalori rendah dan pada dasarnya menyehatkan. Bersifat antioksidan, jenis sayuran ini juga akan berperan sebagai anti inflamasi. Berkandungan tinggi akan magnesium dan vitamin C, ini akan mampu meningkatkan energi tubuh kita.

27. Kacang-kacangan

Belum lengkap rasanya bila kacang-kacangan belum masuk ke dalam daftar diet. Hampir di setiap diet selalu menyarankan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat dan menghambat penimbunan lemak. Contohnya ambil saja kacang almond dan kacang kenari. Dengan mengonsumsi keduanya, perut kita akan terasa kenyang dan baik-baik saja selama beberapa jam kemudian.

Apabila tak suka memakan kacang secara langsung, ada baiknya untuk mencoba cara konsumsi lain. Iris dan remukkan kacang-kacang tersebut untuk kemudian ditaburkan ke makanan atau masakan yang akan dikonsumsi. Lebih amannya lagi, lemak baik di dalam kacang-kacang tersebut akan menjaga supaya tubuh kita tak kelebihan lemak jahat.

(Baca juga: bahaya minum teh campur susu)

28. Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu yang kandungan lemaknya rendah selalu pas dan baik untuk para pelaku diet. Bila khawatir mengonsumsi susu dan produk olahannya bakal membuat gemuk, cari yang rendah lemak. Meski sedang diet, kita tetap memerlukan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti halnya kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Pemenuhan kalsium merupakan salah satu langkah untuk melunturkan lemak. Bahkan dengan mengonsumsi kalsium, ini akan otomatis mencegah dari penumpukan serta pembentukan lemak. Akan lebih baik lagi kalau kita bisa memilih dan mengonsumsi produk susu yang bebas lemak, tapi mungkin agak lebih sulit.

29. Biji-bijian

Untuk membakar atau mengatasi lemak, biji-bijian adalah pilihan tepat juga. Lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita bakal dapat dilunturkan oleh kandungan tinggi serat dan protein. Otomatis pencernaan kita akan semakin lancar dan inilah yang memicu tubuh dapat mengendalikan beratnya.

(Baca juga: khasiat susu sapi murni)

Demikianlah daftar makanan yang membakar lemak untuk kita konsumsi selama diet. Penurunan berat badan bukan lagi hal mustahil jika kita mengonsumsi segala makanan tersebut secara rutin. Asalkan diimbangi dengan cukup tidur dan olahraga, lunturnya lemak pasti makin maksimal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 29th, June 2016 / 03:08 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat