52 Makanan untuk Meningkatkan HB Paling Ampuh

Hemoglobin merupakan salah satu jenis protein yang sangat vital perannya bagi tubuh manusia. Hemoglobin bertugas mengedarkan Oksigen dan sumber nutrisi lainnya ke seluruh bagian tubuh melalui aliran darah. Ya, Hb atau Hemoglobin sangat terikat dengan sel darah dalam tubuh kita. Sel darah yang memiliki kadar hemoglobin rendah pada akhirnya akan mengakibatkan kondisi yang disebut Anemia.

Anemia diartikan sebagai kondisi saat kadar Hb dalam darah rendah dan tidak adanya asupan oksigen dalam sel darah tersebut. Keadaan ini dapat berakibat buruk pada tubuh jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa gejala Anemia antara lain seperti letih, pusing, pucat, mata berkunang, dan cepat lelah. Jika kondisi tersebut tidak disadari dalam jangka waktu kurang dari sehari, biasanya akan berlanjut pada mual dan muntah disertai dengan demam hingga diare. Oleh karena itu, sangat penting kiranya menjaga kadar Hemoglobin dalam darah tetap stabil.

(baca juga: Penyebab Kaki bengkak Sebelah Kanan, Erosi Gigi)

Hemoglobin yang rendah dapat disebabkan oleh ketidakteraturan pola hidup dan pola makan seseorang. Kadar Hemoglobin yang rendah daat disiasati dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Zat besi adalah elemen yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Namun, tindakan mengonsumsi suplemen zat besi juga harus disesuaikan takarannya melalui petunjuk dokter, karena jika kelebihan mengonsumsinya akan menimbulkan efek samping  lainnya.

Dengan demikian, alangkah baiknya jika anemia etrsebut dicegah sejak awal dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang dapat meningkatkan Hb dalam darah. Berikut ini adalah daftar beberapa jenis makanan yang mengandung semua elemen untuk membentuk Hemoglobin secara alami.

Baca Artikel Terkait:

1. Daging

Daging adalah makanan wajib bagi masyarakat Indonesia. Banyak jenis daging yang dapat ditemukan di pasar tradisional. Daging merupakan makanan yang menjadi sumber Hb tinggi. Kandungan B12 dalam daging merah dapat bermanfaat untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh. Daging merah dapat diperoleh dari hewan berkaki empat seperti:

  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Daging kerbau
  • Daging babi

Akan tetapi, disarankan memilih daging merah yang berasal dari sapi karena tidak mengandung lemak terlalu banyak.

2. Buah-buahan

Sudah rahasia umum bahwa buah memang merupakan sumber nutrisi yang kaya akan kandungan zat besi. Beberapa buah yang mengandung zat besi tinggi diantaranya adalah:

  • Pisang
  • Semangka
  • Apel
  • Jeruk
  • Alpukat

Mengonsumsi buah-buahan tersebut juga baik bagi kesehatan secara umum karena kandungan antioksidan dan vitaminnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga mengandung zat besi dalam kadar yang sedang. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar Hemoglobin dalam darah. Jenis kacang seperti di bawah ini adalah yang paling tinggi zat besinya:

  • Kacang pinto
  • Buncis
  • Kacang panjang

(baca juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak pada Baju, Makanan Penurun Kreatinin)

4. Bayam

Bayam sudah tidak diragukan lagi manfaatnya sebagai penambah zat besi bagi tubuh anda. Baik bayam hijau maupun bayam merah sama-sama mengandung zat besi. Hanya saja kandungan zat beai dalam bayam merah diyakini lebih tinggi 2 kali lipat dibanding bayam hijau. Dengan demikian, konsumsi bayam merah dapat membantu meningkatkan kadar Hb dalam darah dengan tempo yang cepat.

5. Rempah-Rempah

Anda mungkin belum banyak yang tahu bahwa beberapa jenis rempah yang tersimpan di dapur ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penambah Hemoglobin dalam darah. Kandungan zat besi yang dimilikinya dapat membantu peningkatan Hb secara cepat asalkan dimasak tidak dalam masakan atau air yang mendidih. Jenis rempah yang dapat dimanfaatkan untuk pembentukan Hb adalah:

  • Jinten
  • Ketumbar
  • Kemangi
  • Jahe
  • Kayu manis
  • Kunyit

6. Susu

Segala macam produk yang terbuat dari susu. Baik yang dikentalkan, dicairkan, maupun difermentasikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah. Keju, yoghurt, dadih (air susu yang dikentalkan) adalah sumber Hb yang dapat digunakan saat terserang anemia.

7. Telur

Sumber zat besi yang utama dapat diperoleh dari kuning telur. Kuning telur merupakan makanan yang kaya protein serta zar besi dan omega 3 yang membantu pembentukan Hb dalam darah lebih cepat.

Artikel Terkait: Cara Mencegah Kurap di Kepala, Penyebab Mata Berdarah


8. Seafood

Makanan sumber Hemoglobin yang tinggi dapat diperoleh juga dari makanan laut.

  • Daging tuna
  • Salmon
  • Tiram
  • Kerang

Seluruh makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung zat besi tinggi sehingga sangat dianjurkan bagi yang Hb-nya rendah.

(baca juga: Cara Memperkuat Otot Tangan, Gejala Gangguan Mental)

9. Biji-Bijian

Beras, ketan, roti gandum, adalah sumber zat besi yang juga dapat dikonsumsi. Secara keseluruhan segala jenis biji-bijian mengandung zat besi yang baik bagi tubuh termasuk olahan dari biji tersebut seperti tepung gandum, tepung jagung, tepung ketan dan sejenisnya.

10. Cokelat

Makanan yang banyak memiliki penggemar ini juga merupakan sumber Hemoglobin terbaik. 65%  kakao yang menjadi bahan baku pembuatan dark chocolate adalah sumber zat besi tinggi untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah.

11. Buah Kering

Jenis buah yang dikeringkan ternyata juga mengandung zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Kadar Hemoglobin dalam darah anda dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi buah kering seperti:

  • Kismis
  • Kurma
  • Biji aprikot

(baca juga: Obat Kurap di Selangkangan, Menu Sehat untuk Anak Kurang Gizi)

12. Hati Ayam

Hati ayam juga populer disebut sebagai makanan tinggi zat besi. Selain mineral dan protein dalam hati ayam ternyata makanan ini juga mampu meningkatkan kadar Hb dalam darah seketika setelah beberapa saat dikonsumsi. Dalam 100 gram hati ayam diperkirakan mengandung 9 mg zat besi.

(baca: Makanan untuk Kecerdasan Otak , Gejala Kekurangan Asam Lambung)

13. Dada Ayam

Selain hati ayam, ternyata daging dada ayam juga mengandung zat besi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Daging unggas memang merupakan sumber zat besi tinggi terutama dibagian dada yang diperkirakan mengandung 1 mg zat besi pada 100 gram daging yang dikonsumsi.

14. Tahu

Tahu sudah menjadi makanan wajib di meja makan masyarakat Indonesia tentunya. Ya, tahu yang terbuat dari sari kedelai ini diyakini mampu menghasilkan sekitar 5 mg zat besi setiap 100 gram tahu yang dikonsumsi.

Baca juga:

15. Kentang

Selain kandungan vitamin C, kentang juga mengandung zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan pembentukan Hemoglobin. Magnesium dalam kentang juga bermanfaat untuk menunjang peningkatan kadar Hb dalam darah penderita anemia akut.


16. Delima

Buah delima termasuk satu diantara jenis buah yang dipercaya sejak dulu sebagai buah dengan kandungan zat besi tinggi. Delima biasanya disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi penderita anemia karena kandungan kalsium, magnesium serta zat besinya yang mampu memulihkan penderita anemia dengan cepat.

17. Berry-Berryan

Jenis buah berry yang saat ini sedang ramai digemari juga merupakan sumber zat besi paling baik.

  • Stroberi
  • Blueberry
  • Anggur

Beberapa jenis berry lainnya pun dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bagi penderita anemia karena kandungan vitamin dan antioksidannya juga mampu memulihkan kondisi penderita yang lemah.

18. Asparagus

Asparagus adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan pada makanan tertentu untuk menambah aroma khas rempah. Tidak semua orang menyukai asparagus karena rasanya yang agak sepat, namun asparagus bisa menjadi bahan alami untuk membentuk Hb dalam darah karena kandungan zat besi yang dimilikinya sangat tinggi.

19. Almond

Jenis kacang yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Jadi dapat dengan mudah diberikan pada penderita anemia. Almond mengandung vitamin, protein, mineral, dan zat besi yang sangat berguna untuk pembentukan Hemoglobin dalam darah.

20. Herbal Kering

Beberapa tanaman herbal yang dikeringkan dapat menjadi sumber zat besi terbaik untuk mengurangi risiko anemia.

  • Seledri
  • Peterseli
  • Paprika bubuk
  • Oregano
  • Daun salam

Artikel Terkait: Cara Mengobati Luka Bernanah, Terapi Sakit Jiwa

Hemoglobin atau Hb juga membutuhkan peran vitamin C untuk menyerap nutrisi lain bagi tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin C akan sangat membantu kinerja pembentukan Hemoglobin lebih cepat. Dengan pembentukan Hb yang cepat, maka Oksigen dapat diedarkan ke seluruh tubuh, sebaliknya Karbondioksida dapat dibawa menuju paru-paru. Lancarnya metabolisme tubuh dengan kadar Hb yang stabil akan membuat tubuh dalam kondisi yang selalu prima, jadi pastikan konsumsi makanan-makanan tersebut ketika Hb mulai terdeteksi rendah.

, , , ,
Post Date: Monday 27th, March 2017 / 16:35 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat