Sponsors Link

32 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Menjadi Jenius

Sponsors Link

Masa pertumbuhan anak dari bayi sangat mempengaruhi perkembangan otaknya. Kemampuan otak anak harus dioptimalkan orang tua sebaik mungkin sedari dini. Perkembangan otak yang baik akan membantu anak memiliki memori otak dan keterampilan yang baik pula. Namun, jika perkembangan otak anak yang kurang baik, maka seorang anak akan memiliki daya pikir yang lemah sehingga ia akan kesulitan dalam menghafal sesuatu.

ads

Nutrisi dan gizi yang cukup dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak. Kandungan nutrisi idealnya terkandung di dalam setiap makanan. Akan tetapi, ada beberapa makanan tertentu yang memiliki fungsi khusus, yaitu untuk meningkatkan kecerdasan anak. Berikut beberapa makanan untuk kecerdasan otak yang dijuluki sebagai “Brain Food”. Makanan-makanan ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

(baca juga: makanan dan minuman yang berbahaya untuk otak – gejala infeksi otak)

1. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik. Menurut penelitian, orang dengan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak akan mendapatkan hasil memuaskan saat menjalani uji kemampuan dan juga berpikiran lebih tajam. Kandungan yodium pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, dan menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.

Seorang peneliti, dr. Maria Aberg, berpendapat bahwa asupan lemak omega-3 bermanfaat untuk menjaga kelenturan otak. Menurutnya, kelenturan otak terkait erat dengan kemampuan otak mengorganisasi hubungan antarsel di dalamnya serta dapat memengaruhi tingkat inteligensi, tingkah laku emosional dan sosial pada seseorang.

2. Sayuran Berwarna

Ada sejumlah jenis sayur berwarna yang kiranya bisa langsung dipertimbangkan oleh Anda dalam tujuan mencerdaskan otak si kecil, seperti:

  • Wortel
  • Bayam
  • Ubi jalar merah
  • Brokoli
  • Tomat
  • Labu
  • Kubis merah

Sayur-sayuran tersebut diketahui sangat kaya nutrisi dan antioksidan yang dapat membuat sel-sel otak menjadi sehat. Kita dan terutama anak-anak dianjurkan mengonsumsi variasi sayuran. Namun, pada kenyataannya anak-anak tidak suka mengonsumsi sayuran sehingga orang tua dapat membuat berbagai olahan cemilan dari bahan sayuran.

(Baca juga: makanan yang baik untuk otak – tips mudah menjaga kesehatan otak)

3. Telur

Sudah sejak lama telur dikenal sebagai sumber protein yang mudah didapat dan terjangkau bagi semua kalangan. Walaupun pada kenyataannya telur adalah makanan yang mengandung kolesterol, bagian kuning telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk membantu perkembangan daya ingat atau memori.

4. Gandum Murni

Saat tubuh memerlukan energi yang cukup untuk bekerja optimal, otak pun juga demikian. Energi yang diperolah dari karbohidrat akan dialirkan oleh darah menuju otak dalam bentuk glukosa. Sumber karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lambat dan energi kita akan terjaga sepanjang hari. Gandum utuh akan membantu kita mengontrol kadar glukosa karena memiliki indeks glikemik rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa energi akan meningkatkan kekuatan otak. Cueto dan Chinen berhasil menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang selalu sarapan mampu meraih nilai yang lebih tinggi dalam mengerjakan tes memori dan penyelesaian masalah.

5. Oat

Jenis sereal popular di kalangan anak-anak ini merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Energi yang sangat diperlukan anak-anak untuk mengawali kegiatan di pagi hari mampu disediakan oleh oat. Otak juga akan dipenuhi kebutuhannya oleh serat pada oat. Kandungan lain seperti kalium, seng, vitamin E dan vitamin B juga akan menjaga tubuh dan otak berfungsi optimal.

(Baca juga: makanan untuk otak anak – akibat kekurangan cairan otak)

6. Cokelat

Cokelat merupan makanan favorit anak-anak. Cokelat hitam memiliki manfaat yang lebih baik dan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak yang mengonsumsinya. Flavonoid yang terdapat pada cokelat hitam juga berkhasiat menurunkan resiko demensia dan penurunan kognitif pada usia lanjut.

Sponsors Link

Selain itu, cokelat hitam atau lebih dikenal dengan dark chocolate mampu meningkatkan suasana hati, meningkatkan memori dan fokus, mengurangi stres serta melindungi otak dari kerusakan. Produksi hormon endorphin juga akan meningkat seiring banyaknya konsumsi cokelat hitam. Endorfin berkaitan dengan reseptor opiat di otak yang akan membuat Anda bahagia serta mengurangi rasa sakit dan stres.

7. Buah Berry

Makanan untuk kecerdasan otak juga dapat berasal dari buah berry, seperti:

  • Stroberi
  • Blackberry
  • Raspberry
  • Blueberry

Buah berry mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Nutrisi tersebut memiliki peran untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Asam lemak omega-3 juga terdapat pada biji dari buah berry.

(Baca juga: jenis penyakit yang menyerang otak – akibat kepala terbentur)

8. Kacang-kacangan

Banyak energi yang diberikan dari kacang-kacangan, seperti karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak karena asupan makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Asam lemak omega-3 lebih banyak terkandung pada kacang pinto dan kacang merah dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

9. Susu dan Yogurt

Vitamin B dan protein yang tinggi banyak terkandung pada makanan-makanan dari produk susu. Makanan untuk kecerdasan otak ini mengandung dua jenis nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter. Selain itu, susu dan yogurt juga dapat menjaga perut kenyang lebih lama karena mengandung karbohidrat dan protein serta menjadi sumber energi dan otak.

10. Daging Sapi tanpa Lemak

Salah satu sumber makanan untuk kecerdasan otak adalah daging sapi tanpa lemak. Zat besi banyak terkandung pada daging sapi tanpa lemak. Mineral esensial ini penting untuk membantu anak tetap berkonsentrasi dan tetap memiliki energi ketika beraktivitas di luar rumah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral esensial lain seperti seng yang dapat membantu anak menjaga daya ingat.

(Baca juga: penyebab otak mengecil – cara mengencerkan otak agar pintar)

Sponsors Link

Makanan Lain untuk Kecerdasan Otak Terbaik

Sudah disebutkan sebelumnya apa-apa saja makanan-makanan yang baik untuk kecerdasan otak. Bermacam-macam nutrisi ini juga membantu meningkatkan kekuatan otak serta menjaga tubuh diserang berbagai penyakit. Selain itu, masih ada pula sejumlah makanan lainnya yang patut untuk diketahui dan dimasukkan ke dalam daftar menu harian sang buah hati.

  1. Bawang putih
  2. Kangkung
  3. Selai kacang
  4. Kunyit
  5. Minyak ikan
  6. Almond
  7. Biji bunga matahari
  8. Terung
  9. Teh hijau
  10. Alpukat
  11. Biji labu

(Baca juga: pencegahan tumor otakkesehatan sistem saraf otak)

Itulah daftar makanan untuk kecerdasan otak yang paling bisa menjadi acuan Anda dalam menyediakan makanan sehari-hari bagi putra-putri Anda yang masih dalam masa pertumbuhan. Pilihlah makanan yang benar-benar baik untuk kecerdasan otak anak supaya si kecil makin pintar seiring dengan perkembangan fisik dan mentalnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 18:02 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat