Sponsors Link

25 Makanan Untuk Darah Tinggi Super Ampuh dan Aman

ads

Penyakit tekanan darah tinggi memang penyakit yang sangat menakutkan. Ini termasuk  penyakit yang bisa memberikan beberapa komplikasi lain seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes. Penyakit ini banyak menyerang orang lanjut usia dan juga orang yang terbiasa memiliki tekanan tinggi dalam berbagai aktivitas. Selain itu penyakit tekanan darah tinggi juga banyak menyerang pada orang dewasa yang memiliki kebiasaan makan yang buruk.

Untuk menghindari berbagai resiko akibat penyakit tekanan darah tinggi,maka Anda bisa mengendalikan dengan makanan. Makanan tertentu mengandung nutrisi yang akan membuat sistem tekanan darah menjadi stabil. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk darah tinggi yang aman di konsumsi.

  1. Kacang Putih

Kacang putih bisa menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Kacang putih mengandung jumlah serat yang sangat tinggi sehingga bisa mengurangi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Serat juga bisa membantu pencernaan menjadi lebih baik sehingga sistem metabolisme bisa berjalan dengan baik. Kandungan asam folat dalam kacang putih dan tidak mengandung lemak bisa membuat kadar homosistein dalam darah menurun. Selain itu kacang ini sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga membuat aliran darah menjadi lebih baik. Kacang putih juga sangat sehat untuk jantung sehingga bisa melindungi tubuh.

  1. Yogurt

Makanan untuk darah tinggi dan asam urat paling ampuh adalah yogurt. Yogurt juga bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat penting untuk penderita tekanan darah tinggi. Namun sangat disarankan untuk memilih jenis yogurt yang tidak mengandung lemak. Bahan utama yogurt adalah susu yang mengandung kalsium, zat besi dan mineral lain yang sangat banyak. Mineral ini akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Kalsium dan zat besi membantu pembuluh darah menjadi lebih santai. Jadi yogurt bisa menjadi pengganti minuman susu.

  1. Kiwi

Kiwi adalah buah kecil dengan rasa yang sangat menyegarkan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah kiwi. Dalam satu buah kiwi yang kecil mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Selain itu juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Buah kiwi mengandung vitamin C yang bisa menjadi sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas. Bahkan kiwi bisa menyerang radikal bebas yang menyebabkan masalah untuk pembuluh darah. Kandungan polifenol yang sangat tinggi dalam buah kiwi bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Kiwi juga bisa mengurangi resiko pembekuan darah yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi sangat berbahaya.

  1. Persik

Persik adalah buah yang manis dan menyegarkan. ini buah yang sangat bagus dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung nutrisi yang sangat lengkap untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti mineral seng, magnesium, vitamin B, dan tidak mengandung lemak. Kandungan senyawa fenolik dalam buah persik bisa membuat peradangan pada sistem pembuluh darah juga berkurang. Selain itu buah ini tidak mengandung kolesterol sehingga bisa menurunkan level kolesterol buruk dalam tubuh Anda. Jadi dengan makan buah persik Anda bisa mendapatkan manfaat berupa tekanan darah yang stabil dan sistem kesehatan jantung yang lebih baik.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang murah dan penuh dengan manfaat. Pisang mengandung berbagai jenis nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, folat, niasin, dan berbagai jenis mineral lain seperti mangan, magnesium, tembaga dan mangan. Pisang akan membantu menurunkan berat badan bagi penderita tekanan darah tinggi yang disertai dengan komplikasi obesitas. Selain itu pisang mengandung kalium yang bisa memberikan perlindungan untuk jantung. Bahkan pisang bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi yang disebabkan karena aliran darah tidak lancar dan penyempitan pembuluh darah. Jadi pisang bisa dikonsumsi tiap hari untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

  1. Kubis

Kubis adalah sayuran yang sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Kubis mengandung vitamin C yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan untuk sistem pembuluh darah. Kubis juga mengandung kalium yang bisa melindungi penyakit tekanan darah tinggi agar stabil dan tidak terkena penyempitan pembuluh darah. Bahkan kalium secara otomatis juga akan memberikan perlindungan untuk jantung dan membantu aliran darah menjadi lebih lancar. Jadi kubis akan melindungi penderita penyakit tekanan darah tinggi dari stroke atau serangan jantung.

  1. Mentimun

Mentimun adalah sayuran segar, warna hijau pada kulitnya dan mengandung banyak air. Sejak dahulu mentimun bisa menjadi makanan yang sehat untuk penderita tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena mentimun mengandung kadar magnesium, serat dan kalium dalam jumlah yang tinggi. Mineral ini membantu mengatasi tekanan darah dan membuat tekanan darah tinggi kembali ke angka yang normal. Serat juga bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dan melindungi tubuh dari penumpukan lemak yang berlebihan. Bagi penderita tekanan darah tinggi yang juga terkena diabetes maka mentimun akan membantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang sangat menyehatkan. Sayuran ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat penting seperti vitamin C, vitamin K, folat, kalium, mangan, magnesium, vitamin B6, fosfor dan senyawa glukosinates. Brokoli akan membantu tubuh mengeluarkan semua racun yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk tekanan darah tinggi. Brokoli mengandung kromium dan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 dalam brokoli juga bisa membantu jantung Anda tetap sehat.

  1. Parika

Paprika bisa menjadi sayuran yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Paprika mengandung vitamin C yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Bahkan kandungan fitonutrisi dan karotenoid dalam paprika juga bisa membuat tekanan darah tinggi bisa dikendalikan dengan mengurangi semua efek peradangan. Paprika bisa menjadi makanan yang lezat dan Anda bisa mencampurnya untuk salad atau hidangan makanan yang lain.

  1. Ubi

Ubi adalah makanan manis yang sangat menyehatkan. Kandungan bahan pemanis alami dalam ubi sangat menyehatkan tubuh untuk penderita diabetes. Ubi mengandung beberapan nutrisi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seperti zat besi, mangan, fosfor, vitamin C dan vitamin B. kentang juga mengandung beta karoten yang bisa mencegah efek peradangan pada tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena peradangan pada sistem pembuluh darah juga bisa diatasi dengan baik. Jadi penderita darah tinggi bisa mengkonsumsi ubi sebagai pengganti nasi atau makanan padat lain.

  1. Bayam

Makanan untuk darah tinggi lainnya adalah bayam. Bayam adalah sayuran super untuk semua penderita tekanan darah tinggi. Bayam mengandung jenis mineral yang sangat penting untuk mencegah darah tinggi seperti mangan, seng, magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium. Bayam mengandung juga mengandung tiamin dan riboflavin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bayam juga mengandung kalium yang sangat tinggi. Hal ini membuat bayam bisa membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan kandungan folat dalam bayam bisa membantu pembuluh darah tidak terlalu kencang dan lebih santai. Jadi bayam akan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Kandungan mineral bayam juga membantu menjaga fungsi sistem syaraf dan otak.

Sponsors Link
  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari bisa menjadi sumber makanan yang sangat baik untuk melindungi sistem tekanan darah dan kondisi kesehatan jantung. Biji bunga matahari mengandung beberapa jenis mineral yang sangat penting seperti tembaga, mangan, magnesium, zat besi, dan selenium. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin seperti vitamin B6, vitamin E dan thiamin. Mineral ini akan membantu sistem peredaran darah menjadi lebih lancar dan menghilangkan tekanan karena penyempitan pembuluh darah. Vitamin E juga membantu peredaran darah berjalan normal sehingga bisa melindungi dari penyakit tekanan darah tinggi. Manfaat lainnya adalah biji bunga matahari bisa memberikan perlindungan tubuh dari kanker dan kerusakan sel yang tidak normal.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat lezat dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Alpukat mengandung asam lemak omega 3 yang bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Selain itu alpukat juga memiliki nutrisi seperti magnesium, fosfor, mangan, tembaga, zat besi dan seng. Kandungan vitamin lengkap juga ditemukan pada alpukat seperti vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin K dan vitamin E. Alpukat mengandung kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah stabil dengan membuat sistem pembuluh darah bekerja dengan baik. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol.

  1. Kentang

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi maka Anda harus sering makan kentang. Kentang mengandung nutrisi yang sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh seperti vitamin dan mineral. Kentang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi. Selain itu kentang juga mengandung mineral kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem pembuluh darah agar stabil. Kentang mengandung vitamin C yang bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan menjaga organ tubuh dari berbagai jenis peradangan. Kentang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena bisa membuat Anda tidak mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak. Kentang akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol sehingga menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil.

  1. Kedelai

Kedelai adalah sumber makanan yang sangat baik untuk tubuh. Kedelai mengandung beberapa sumber nutrisi seperti vitamim, mineral dan zat senyawa kimia alami lainnya. Kedelai penuh dengan nilai vitamin seperti vitamin K, vitamin B6, vitamin E, tiamin, folat dan riboflavin. Selain itu kedelai juga mengandung mineral seperti mangan, fosfor, kalium, magnesium, tembaga, selenium dan kalsium. Kandungan protein dalam kedelai bisa mendukung sistem  metabolisme agar bisa berjalan dengan baik. Selain itu kedelai juga bisa membuat tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Kandungan mineral seperti tembaga, magnesium dan zat besi akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan aliran oksigen untuk semua bagian tubuh juga terpenuhi.

  1. Buah Bit

Buah bit mengandung berbagai jenis mineral yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Buah bit mengandung mineral kalium, mangan dan tembaga yang bisa memberikan efek yang lancar untuk sistem peredaran darah. Hal ini akan membuat sistem pembuluh darah menjadi lebih santai dan lebar sehingga menghilangkan tekanan pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Bahkan buah bit juga akan memberikan perlindungan untuk jantung dan mencegah stroke. Buah bit juga akan memberikan perlindungan semua organ dan sistem pembuluh darah agar tidak terkena efek dari peradangan. Bagi Anda yang menderita gula darah maka bisa menggunakan buat bit untuk menurunkan tingkat gula darah.

  1. Strowberi

Stroberi merupakan buah yang cantik, manis dan sangat menyegarkan. Buah ini bisa dikonsumsi oleh siapa karena bisa memberikan manfaat yang sangat besar. Kandungan buah stroberi sangat kaya dengan mineral seperti magnesium, fosfor, natrium, kalsium, mangan, tembaga dan kalium. Ini adalah mineral yang sangat baik untuk memelihara sistem peredaran darah , menghilangkan ketegangan untuk pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi sangat stabil. Kalium juga membantu tubuh mendapatkan kadar oksigen sesuai dengan kebutuhan sehingga sangat efektif untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah stroberi juga bisa membantu melindungi tubuh terutama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar lebih baik.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang benar-benjar sangat menyehatkan. Jeruk mengandung beberapa sumber mineral seperti zat besi, tembaga, magnesium, fosfor dan sulfur. Jeruk juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan mineral lain. Bahkan kandungan kalori jeruk yang ringan bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Mengapa penderita tekanan darah tinggi harus sering makan jeruk? Jeruk membantu tubuh Anda mendapatkan sirkulasi darah yang baik dan lancar. Ketika tubuh Anda mendapatkan pasukan darah dan oksigen yang baik maka sistem pembuluh darah juga lebih sehat. Jadi penderita darah tinggi bisa makan jeruk secara rutin. Jeruk juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih baik.

  1. Brussel Sprout

Brussel sprout merupakan salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam kelompok kubis kecil. Brussel sprout mengandung beberapa jenis vitamin yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B dan juga karotenoid. Vitamin K yang ditemukan dalam sayuran brussel sprout memang sangat baik karena bisa mengendalikan sistem pembekuan darah. Bahkan vitamin K ini sangat baik untuk mengatasi terbentuknya penyempitan pembuluh darah akibat penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan serat dalam brussel sprout membantu tubuh bisa mendapatkan sistem pencernaan yang baik sehingga bisa membantu mengurangi penumpukan kolesterol.

  1. Tomat

Tomat menjadi jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk penderita penyakit tekanan darah tinggi. Tomat mengandung sumber mineral dan vitamin yang sangat lengkap. Dalam satu buah butir tomat yang kecil mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, thiamin dan folat. Selain itu dalam tomat juga mengandung beberapa jenis mineral seperti magnesium, fosfor, tembaga, kalium, mangan dan seng. Tomat mengandung senyawa likopen yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Tomat sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena bisa menurunkan level kolesterol buruk dan menjaga jantung tetap sehat. Bahkan tomat juga bisa membantu sistem pembuluh darah agar tidak terkena lemak yang berlebihan.

sponsored links
  1. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang semakin populer. Ini sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Kale sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena mengandung serat alami yang sangat kaya. Serat alami akan membantu menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Bahkan kale juga bisa melindungi dari stroke akibat tekanan darah tinggi. Selain itu kale mengandung sulfur yang bisa membantu tubuh mengeluarkan semua racun dari dalam jantung, hati dan pembuluh darah. Kale tidak akan menambah berat badna karena mengandung kalori dalam jumlah yang lebih ringan. Dan kale adalah sayuran super untuk mencegah kanker karena mengandung sulfur alami.

  1. Sawi Hijau

Sawi hijau juga termasuk jenis sayuran yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Sawi mengandung berbagai nutrisi yang sangat lengkap seperti serat, protein, karbohidrat, zat besi, kalium, magnesium, natrium dan seng. Tentu saja sawi juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, riboflavin, thiamin, niasin, asam folat dan vitamin E. Sawi hijau bisa memberikan perlindungan untuk sistem pembuluh darah agar tidak terkena peradangan. Peradangan merupakan salah satu dampak dari penyakit tekanan darah tinggi. Sawi juga bisa membantu menurunkan kolesterol yang sangat baik untuk penderita darah tinggi yang juga mengalami obesitas. Kolesterol sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan resiko stroke.

  1. Anggur

Anggur merupakan  buah yang tidak hanya lezat tapi juga penuh dengan manfaat yang sangat luar biasa. Anggur bisa membantu tubuh dalam mengendalikan sejumlah penyakit yang kronis seperti ginjal, tekanan darah tinggi, kanker, dan katarak. anggur mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang sangat lengkap antara lain vitamin C, vitamin B6, folat, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, selenium, magnesium dan kalium. Kalium sangat penting untuk membantu jantung memiliki detak jantung yang sehat sehingga bisa mengendalikan peredaran darah dalam tubuh. Anggur juga bisa membantu tubuh untuk melawan efek kolesterol yang berlebihan karena mengandung resveratrol. Jadi jika Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi maka anggur adalah buah yang menyehatkan.

  1. Belimbing

Belimbing dikenal sebagai buah yang banyak air dan serat. Buah ini memang dipercaya bisa mengendalikan penyakit tekanan darah tinggi. Buah belimbing mengandung serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh. Selain itu serat akan menjaga usus tetap sehat dan jauh dari ancaman kanker usus. Kandungan vitamin C dalam buah belimbing juga membantu tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kandungan kalium dalam buah belimbing bisa membantu tubuh memiliki jantung yang sehat dan memberikan pengaruh secara langsung untuk sistem pembuluh darah.

  1. Almond

Almond adalah makanan yang sehat yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Almond bisa diberikan kepada anak-anak maupun orang dewasa. Almond merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk tubuh Anda. Pertama almond bisa meningkatkan kadar HDL yang rendah menjadi tinggi dan melawan semua efek dari LDL. Selain itu almond akan membantu tubuh memiliki sistem pembuluh darah yang sehat. Almond juga akan mendukung sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat karena mengandung bvitamin E yang  bisa melawan radikal bebas. Jadi almond bisa sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini juga mendapatkan dukungan dari kandungan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Aturan Dasar Diet untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

  1. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang berlemak, karena makanan berlemak mengandung kolesterol yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko stroke.
  2. Hindari kebiasaan minum alkohol karena alkohol akan masuk ke dalam sistem pembuluh darah. Ketika terjadi penumpukan racun dalam pembuluh darah maka bisa menyebabkan kondisi tekanan darah semakin memburuk (bahaya alkohol).
  3. Hindari terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena kafein akan memblokir saluran pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan sistem pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik (baca : bahaya kafein).
  4. Hindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam. Garam bisa menyebabkan kondisi tekanan darah tinggi menjadi lebih buruk karena memblokir situs peredaran darah ke seluruh tubuh.
  5. Perbanyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung mineral seperti kalium, magnesium, seng, fosfor, dan zat besi.

Baca juga : Pantangan darah tinggi – Bahaya darah tinggi – Cara mengatasi darah tinggi – Penyebab darah tinggi – Ciri ciri darah tinggi – Makanan penurun darah tinggi – Makanan penyebab darah tinggi

Bagi penderita tekanan darah tinggi masih bisa menjalani berbagai aktifitas yang normal. Konsumsi makanan sehari-hari yang sehat dan baik untuk penderita tekanan darah tinggi akan melindungi dari stroke, jantung dan komplikasi penyakit lain.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 27th, November 2015 / 12:53 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat