36 Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi Lebih Kuat

Tulang dan sendi merupakan bagian penting pada tubuh kita di mana ketika rasa nyeri sendi terjadi, maka ketika bergerak pun akan menjadi sangat sakit. Ketika tulang dan sendi sakit dalam kondisi yang benar-benar parah, maka penderitanya bisa-bisa sulit untuk bergerak sama sekali. Supaya mencegah atau bahkan mengatasi sakit pada tulang dan sendi, Anda perlu memerhatikan makanan sehat untuk tulang dan sendi berikut ini.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

1. Susu

Tak diragukan lagi jelas bahwa susu merupakan pendukung kesehatan tulang karena kandungan kalsium yang paling tinggi. Namun bukan hanya mampu mendukung kesehatan tulang, bagian sendi tubuh kita juga membutuhkan asupan baik dari susu tersebut.

Karena ada beberapa orang yang mengalami intoleransi laktosa, maka susu sapi perlu untuk diganti dengan susu almond atau susu kedelai. Kedua jenis susu tersebut bisa menjadi alternatif bagi yang kesulitan untuk mencerna susu sapi karena di dalamnya pun terkandung kalsium tinggi. Konsumsilah susu sebanyak 1-2 gelas setiap harinya untuk mencegah gangguan tulang dan sendi.

2. Kale

Sendi bakal rapuh ketika tulang mulai lebih dulu mengalami kerapuhan dan oleh sebab itulah, makanan yang mengandung kalsium tinggi perlu menjadi pilihan untuk dikonsumsi sehari-hari. Kale adalah makanan yang sehat untuk sendi serta tulang karena di dalamnya kaya akan kalsium.

Tak hanya kalsium, kale pun diketahui menjadi salah satu makanan yang mengandung tembaga sehingga akan membantu pembentukan kolagen serta ligamen. Mangan di dalam kale juga termasuk besar kadarnya sehingga jika dikonsumsi akan membantu pertumbuhan serta perbaikan jaringan tubuh.

3. Apel

Buah satu ini adalah buah yang bernutrisi tinggi sehingga ketika dikonsumsi secara rutin maka akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Quercetin yang merupakan kandungan antioksidan membantu pembentukan kolagen. Bahkan kandungan tersebut jugalah yang akan embuat kerusakan jaringan apda tubuh bisa dicegah dengan baik. Ingat bahwa kolagen sangat vital untuk sendi dan untuk mendapatkan kandungan quercetin lebih banyak, maka makanlah buah apel sekulitnya.

(Baca juga: buah yang mengandung kalsium tinggi)

4. Pepaya

Buah yang kita kenal sebagai buah yang menjadi solusi sembelit ini merupakan buah sehat untuk tulang dan sendi. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini mampu mengatasi masalah persendian. Tak hanya vitamin C, kandungan betakaroten di dalam buah ini juga akan menjaga kesehatan persendian sehingga tak gampang terserang kondisi buruk.

5. Almond

Jenis kacang satu ini banyak dikonsumsi sebagai cemilan yang menyehatkan karena memang kandungan antioksidan dan vitamin E-nya sangat baik untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Untuk perlindungan membran luar pada sel persendian, Anda juga bisa menjauhkannya dari kerusakan dengan mengonsumsi almond secangkir setiap hari.

6. Salmon

Untuk kesehatan tulang dan sendi, ikan salmon yang diketahui kaya akan kadar omega-3 ini bisa dikonsumsi. Sendi biasanya sakit karena peradangan, maka dengan mengonsumsi salmon yang kaya akan vitamin D serta omega-3 ini, risiko peradangan akan berkurang. Jaringan persendian di dalam tubuh akan senantiasa terlindung dengan baik berkat kandungan-kandungan nutrisi tersebut.

(Baca juga: kelainan tulang belakang)

7. Ikan Makarel

Sama halnya dengan salmon, ikan makarel kaya akan vitamin D plus omega-3 sehingga memang mampu mencegah segala bentuk peradangan pada sendi dan tulang. Ikan makarel dapat dikonsumsi secara bergantian dengan ikan salmon sehingga Anda tak bosan lagi. Karena kandungan omega 3-nya tinggi, otomatis otak juga akan selalu terjaga kesehatan fungsinya.

8. Ikan Tuna

Tuna merupakan sebuah jenis ikan yang sama menyehatkannya dengan salmon maupun makarel. Jika Anda tak ingin bosan mengonsumsi ikan yang itu-itu saja, konsumsilah ikan tuna, makarel dan salmon secara bergantian. Kaya akan vitamin D sekaligus omega-3, tentu ikan tuna ini akan meningkatkan kesehatan tulang, sendi, hingga otak Anda.


9. Yogurt

Salah satu produk olahan susu ini juga kaya akan kalsium serta vitamin D di mana pastinya bisa dikonsumsi sering untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Hanya saja, pilihlah yogurt yang bebas lemak atau rendah lemak supaya aman dalam memenuhi kebutuhan kalsium tubuh secara harian.

(Baca juga: penyebab lordosis)

10. Ikan Sarden

Untuk tulang dan juga sendi agar selalu sehat, ikan sarden juga bisa Anda konsumsi karena kandungan tinggi vitamin D dan kalsiumnya. Makanan ini memang tergolong makanan kemasan karena tersedia dalam bentuk kaleng dan termasuk makanan instan, tapi masih bisa Anda olah sesuai selera dan dapatkan manfaatnya.

11. Keju

Produk olahan susu satu ini jelas juga menjadi makanan yang tak boleh dilewatkan kalau ingin menyehatkan tulang dan sendi. Keju rendah lemak akan lebih baik untuk dikonsumsi apabila Anda takut dengan risiko obesitas dan penyakit kolesterol tinggi. Kaya akan kalsium , ada sekitar 30 persen kalsium harian yang bakal terpenuhi oleh 1,5 ons keju cheddar.

12. Telur

Makanan yang mengandung protein tinggi ini juga memiliki kandungan tinggi akan vitamin D. Dan untuk mengutamakan kesehatan tulang serta sendi, Anda bisa memilih mengonsumsi bagian putih atau kuningnya saja. Hal tersebut adalah untuk membuat kalori yang didapat tidak terlau banyak, namun kuning telur adalah bagian dengan vitamin D paling banyak.

(Baca juga: penyembuhan patah tulang)

13. Sereal

Makanan sehat ini memang terkenal bagus untuk tulang dengan kandungan vitamin D sebanyak 25 persen di dalamnya. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sebagai menu sarapan setiap hari dan dapatkan nutrisi penuhnya agar melindungi tulang dan sendi dari segala bentuk gangguan kesehatan.

14. Sawi Hijau

Sayuran berdaun hijau selalu baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan tulang dan sendi. Untuk mengonsumsi sawi hijau, Anda bisa menyediakan sebanyak 1 cangkir dan kemudian memasaknya. Kebutuhan kalsium harian Anda akan terpenuhi dengan baik hingga 25 persen dengan secangkir sawi tersebut, maka masukkan ke dalam menu harian Anda.


15. Edamame

Jenis kedelai Asia satu ini berkandungan kalsium tinggi sehingga mampu menyehatkan tulang dan baik pula untuk sendi. Penggunaan atau konsumsi edamame yang disarankan secara harian adalah 4 ons karena di dalamnya sudah mengandung kalsium sebanyak 197 mg. Edamame beku atau segar bisa dengan mudah Anda dapatkan, jadi konsumsilah rutin.

(Baca juga: cara mengatasi tulang belakang sakit)

Makanan Sehat Lainnya untuk Tulang dan Sendi

Masih ada serangkaian makanan sehat lain yang bisa dikonsumsi secara harian untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan tulang maupun sendi, seperti misalnya:

  • Hati ayam
  • Daging sapi merah
  • Brokoli
  • Bayam
  • Tomat
  • Jambu biji
  • Kiwi
  • Stroberi
  • Jeruk
  • Kentang
  • Minyak ikan
  • Kerang
  • Daging ayam
  • Gandum
  • Pisang
  • Alpukat
  • Tahu
  • Kangkung
  • Tempe
  • Seledri
  • Bok choy

(Baca juga: obat herbal nyeri sendi)

Itulah makanan-makanan sehat untuk tulang dan sendi yang dapat dimasukkan ke dalam daftar menu Anda sehari-hari. Supaya sendi sehat senantiasa dan ternutrisi dengan baik, mulailah mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin dan bergantian.

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, March 2017 / 09:12 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat