Sponsors Link

38 Makanan Sehat Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Sponsors Link

Makanan sehat untuk kulit wajah dan tubuh tentunya dapat menunjang kecantikan. Setiap wanita ingin tampil cantik setiap saat, baik itu kulitnya, rambutnya maupun wajahnya. Sayangnya tidak semua wanita bisa mendapatkan kulit sesuai dengan dambaan tersebut. Banyak wanita yang mengeluhkan kulitnya bermasalah. Masalah kulit tersebut bisa menghalangi wanita untuk mendapatkan kecantikan dan kesehatan kulit yang diinginkannya. Kulit cantik itu tidak harus putih namun kulit cantik harus bersih. Menjaga kulit agar tetap sehat sama saja menjaga kecantikan kulit sebab jika kulit kotor bisa terlihat kusam dan gelap. Jangan pernah mencoba cara instan untuk mendapatkan kulit yang cantik sebab cara instan bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan kulit sehat.

ads

Salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan kulit adalah dengan cara memakan makanan yang bisa menyehatkan dan mempercantik kulit. Wanita tidak sadar jika di sekitarnya banyak sekali makanan yang bermanfaat untuk menyehatkan kulitnya. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit wanita :

Makanan Sehat Untuk Kulit Kategori Buah

Makanan sehat untuk kulit yang paling mudah ditemukan adalah kategori buah buahan, anda dapat menikmatinya sekaligus untuk kulit yang cantik.

1. Buah Anggur

Makanan yang bisa digunakan untuk menyehatkan kulit paling dominan dipegang oleh buah sebab di dalam buah banyak sekali terdapat vitamin, mineral dan berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Salah satu buah yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit adalah buah anggur. Buah anggur dipercaya bisa menyehatkan kulit sebab di dalamnya mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan tinggi pada buah anggur bisa digunakan untuk melembabkan kulit, melindungi dari radikal bebas dan juga menghindari penuaan dini. Tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, biji anggur juga memiliki manfaat untuk mengurangi infeksi kulit karena macam-macam penyakit kulit.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat selama ini telah dipercaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wanita. Buah alpukat juga bermanfaat dalam kehamilan wanita. Alpukat merupakan buah yang mengandung vitamin E, vitamin C dan lemak baik bagi tubuh. Vitamin E pada buah alpukat bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembab, sehat dan juga cerah. Vitamin C pada alpukat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga menghindarkan dari kulit kering. Kulit kering bisa mudah keriput dan mudah bersisik.

3. Bit

Buah bit merupakan makanan yang mengandung zat besi, buah ini sering dijadikan buah penambah sel darah merah di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah bit, kulit akan terasa segar sebab terhindar dari anemia. Buah bit kaya akan kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin E dan juga kalium. Semua vitamin dan nutrisi pada buah bit bisa menjaga kelembaban kulit dan mencerahkan kulit.

4. Kelompok Buah Beri

Kelompok buah beri dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit dan kelembaban kulit. Hal itu dikarenakan beri merupakan buah yang mengandung vitamin C dosis tinggi. Kelompok buah beri juga kaya akan antioksidan. Antioksidan tersebut bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, menyebabkan kanker kulit dan membuat kulit menjadi kusam. Dengan mengkonsumsi buah beri wanita bisa mendapatkan kulit lembab, kulit yang  sehat dan bersinar. Berikut ini berbagai macam buah yang tergolong dalam keluarga beri :

  • Blueberry
  • Strawberry
  • Aca berry
  • Blackberry

5. Buah Apel

Buah apel merupakan makanan yang mengandung antioksidan. Atioksidan pada buah apel juga termasuk dosis tinggi. Apel bisa menghindarkan wanita dari penuaan dini, kulit kering dan keriput.

6. Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah sehat yang murah dan mudah dijumpai. Di dalam pepaya terdapat enzim papain dan serat yang bermanfaat dalam pencernaan. Pepaya juga mengandung berta karoten, beta karoten tersebut bermanfaat untuk membersihkan kulit seingga kulit akan terlihat sehat dan cerah.

7. Kelapa

Kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan wajah dan kulit. Kelapa bisa mengatasi jamur kulit dan jerawat dikarenakan kandungan mikroba yang ada di dalamnya. Kelapa juga bisa melawan bakteri berbahaya yang merugikan untuk kulit.

8. Tomat

Tomat merupakan sayuran dan bumbu dapur yang mengandung banyak manfaat. Di dalam sayuran tomat mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menyehatkan mata. Tomat juga mengandung likopen dimana likopen tersebut bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

9. Buah Delima

Buah-buahan memegang peranan penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu buah yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit adalah buah delima. Saat ini ekstra buah delima banyak digunakan sebagai minuman untuk kesehatan dan kecantikan. Buah delima kaya akan antioksidan, yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

10. Melon

Melon memiliki rasa segar sebab mengandung banyak air. Buah melon bisa menyehatkan kulit sebab, kandungan airnya yang tinggi bisa menghindarkan wanita dari dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat kulit kering dan mudah keriput. Melon juga kaya akan antioksidan sehingga, bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas tersebut bisa merusak jaringan kulit sehingga kulit akan terlihat kusam, tidak bercahaya dan resiko kanker kulit pun bisa terjadi.

11. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin C pada jeruk bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga wanita tidak akan mudah terkena penyakit. Vitamin C untuk kesehatan kulit bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan.

12. Semangka

Buah semangka kaya akan air sehingga bisa menghindarkan wanita dari dehidrasi.  Dehidrasi bisa membuat kulit kering dan keriput. Tidak hanya itu saja buah semangka juga kaya akan vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Biji semangka kaya akan selenium, zinc, lemak baik dan juga vitamin E. Makanan yang mengandung vitamin E selama ini dipercaya bisa menyehatkan kulit, membuat kulit lembab dan bersinar cerah. Selenium, zinc dan juga lemak baik di dalam biji semangka bermanfaat untuk memerangi penuaan dini.

Makanan Sehat Untuk Kulit kategori Sayuran

1. Sayur Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang terkenal. Hal itu dikarenakan manfaat dan khasiat dari sayur tersebut. Di dalam brokoli terdapat kandungan antioksidan tinggi, buah yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E dan vitamin K. Semua vitamin dan nutrisi yang ada pada brokoli berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap cerah dan bercahaya. Agar mendapatkan khasiat penuh dari brokoli ini, cara memasaknya pun harus benar. Cara memasak brokoli yang tepat adalah sebagai berikut ini :

  • Dikukus selama 5 menit dengan air yang mendidih
  • Direbus dengan air yang mendidih selama 3 menit
  • Usahakan brokoli tetap renyah selama dimakan
  • Jangan digoreng, sebab lemak di dalam minyak jenuh mengandung kalori yang tinggi sehingga, membuat seseorang bisa terkena kolesterol tinggi

2. Biji Labu

Biji labu merupakan biji yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Di dalam biji labu mengandung selenium yang bermanfaat dalam menghilangkan atau mencegah jerawat dan melembabkan kulit. Kekurangan selenium di dalam tubuh bisa menyebabkan kulit mudah berjerawat dan menyebabkan kulit bersisik.

Sponsors Link

3. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sejenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Di dalam kacang almond terdapat vitamin E, selenium dan juga seng. Makanan yang mengandung vitamin E berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit, kecantikan kulit dan membuat kulit tetap cerah. Kandungan seng dan selenium di dalam kacang almond bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit dari jerawat. Mengkonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya bisa membuat kulit tetap sehat, cerah dan juga bercahaya.

Cara memasak kacang almond hanya perlu disangan atau digoreng tanpa minyak dan tidak perlu banyak garam. Garam yang berlebih dan minyak goreng dengan lemak jenuh justru bisa membahayakan kesehatan salah satunya menyebabkan hipertensi dan stroke.

4. Kuaci

Kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari memiliki antioksidan tinggi. Antioksidan itu bisa menangkal dari penyakit kanker dan bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat kulit rusak dan telrihat kusam. Radikal bebas juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kulit berbahaya seperti kanker kulit.

5. Kacang Brazil

Meski di Indonesia kacang ini jarang ditemui, namun khasiat dari kacang ini tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan kulit. Kacang brazil merupakan camilan yang sempurna bagi wanita, selain tidak menyebabkan gemuk kacang ini memiliki banyak kebutuhan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Di dalam kacang brazil terdapat tembaga, kalium, zat besi dan juga vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik. Saat ini juga banyak kapsul yang mengandung vitamin E dijual di pasar obat Indonesia.

Kacang brazil memiliki banyak zat besi sehingga bisa menghindarkan wanita dari anemia. Orang yang terserang anemia akan memiliki kulit yang tidak sehat sebab kulit akan terlihat pucat.

6. Beras Merah

Beras merah merupakan beras yang bermanfaat bagi kesehatan, hal itu dikarenakan beras merah rendah glukosa. Beras merah cocok dikonsumsi ketika diet. Di dalam beras merah merupakan makanan yang mengandung magnesium, protein, vitamin B kompleks dan antioksidan tinggi. Kandungan di dalam beras merah tersebut bisa menjaga kehalusan kulit dan menghilangkan noda yang ada di permukaan kulit.

7. Bawang Putih

Ketika memasak makanan, wanita yang ingin mendapatkan kulit sehat harus memasukkan bawang putih ke dalam masakannya. Hal itu dikarenakan di dalam bawang putih terdapat zat allicin. Zat itu berfungsi untuk melawan bakteri dan virus yang ingin masuk ke dalam tubuh. Bawang putih untuk kecantikan dan kesehatan kulit bisa digunakan sebagai anti jerawat, bisul dan menghilangkan masalah kulit yang berkaitan dengan bakteri dan virus. (Baca juga : efek samping bawang putih)

8. Bayam

Bayam merupakan sayuran sehat untuk menyehatkan kulit. Bayam mengandung vitamin A, beta karoten, zat besi dan juga kaya akan antioksidan. Bayam jika dikonsumsi setiap hari bisa menghindarkan dari gejala anemia, menghaluskan wajah dan juga menghilangkan masalah jerawat di kulit.

9. Pak Choy

Pak choy merupakan sayuran hijau yang bermanfaat untuk mengatasi anemia. Sama halnya dengan bayam, pak choy kaya akan beta karoten, vitamin A, zat besi dan kaya akan antioksidan. Mengkonsumsi pak choy setiap hari bisa menghindari kulit pucat akibat bahaya anemia. Pakchoy juga bisa mengatasi jerawat yang menyerang wanita.

10. Kangkung

Kangkung memiliki kandungan zat besi, beta karoten dan juga vitamin A yang tinggi. Mengkonsumsi kangkung secara teratur bisa bermanfaat untuk menghindari kulit pucat karena anemia.

11. Ubi

Ubi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sangat kaya.  Semua orang mengenal ubi karena mudah dijumpai. Selain murah, cita rasa ubi juga sangat enak. Ubi didominasi dengan rasa yang manis serta tektur dagingnya yang lembut. Meski harganya terjangkau, kita tidak boleh meremehkan khasiat dari ubi ini. Ubi kaya akan beta karoten, vitamin A dan juga vitamin B. Vitamin-vitamin pada ubi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta menjaga kelembaban kulit. Cerah yang dihasilkan oleh ubi terlihat lebih alami dibandingkan dengan cream pemutih berbahan kimia.

12. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.  Wortel daridulu dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi yang baik.  Di dalam wortel terdapat nutrisi seperti makanan yang mengandung vitamin A, magnesium, beta karoten, antioksidan dan jvitamin C. Vitamin C pada wortel bisa mencegah kulit dari kekeringan. Antioksidan pada wortel bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menangkal berbagai macam masalah kulit akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan khasiatnya, wanita bisa menjadikan wortel sebagai jus.

13. Mentimun

Mentimun selama ini dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Mentimun memiliki kandungan siliki dan juga mineral. Berikut ini manfaat timun bagi kesehatan kulit :

  • Mengatasi kulit kusam akibat kulit yang berminyak
  • Timun bisa mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah
  • Membuat wajah terlihat awet muda
  • Mengurangi radang kulit akibat jerawat

14. Paprika Merah

Parika merah mengandung beta karoten dan juga kaya akan vitamin C. Manfaat mengkonsumsi paprika merah adalah membantu pembentukan kolagen di kulit sehingga bisa mencegah pengeriputan dan penuaan dini. Kolagen di kulit tersebut juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

15. Bawang Bombay

Makanan sehat bagi kulit lainnya adalah bawang bombay. Di dalam bawang bombay banyak mengandung zat flavonoids, antioksidan dan juga diallyl sulfide. Mengkonsumsi bawang bombay bermanfaat untuk mencegah bahaya dari radikal bebas misalnya saja kanker kulit, melindungi DNA kulit, menghilangkan peradangan kulit akibat jerawat dan juga alergi.

16. Salad Sayur dengan Minyak Zaitun

ads

Membuat salad sayur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan ditetesi dengan dua sendok minyak zaitun murni bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Hal itu dikarenakan nutrisi pada sayur bercampur dengan kandungan asam oleat pada minyak zaitun murni. Manfaatnya untuk kulit adalah menjaga kekencangan kulit, mencegah kulit dari peradangan dan juga melembabkan kulit.

17. Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat. Selain sebagai sumber energi kentang mengandung mineral natrium dan juga kadar alkalin yang tinggi. Fungsi lain dari kentang adalah memperbaiki fungsi hati dimana fungsi hati itu bermanfaat agar kulit tetap lentur dan tetap elastis.

18. Kacang Kenari

Kandungan omega-3 tidak hanya ditemui pada daging dan ikan. Kandungan omega-3 tinggi ditemukan pada kacang kenari. Kandungan omega-3 pada biji kenari bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda.

19. Kacang Hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kacang hijau kaya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan itu bisa menangkal masalah kulit akibat radikal bebas.

Makanan Sehat Untuk Kulit Kategori Makanan Olahan

1. Tahu

Tahu merupakan produk olahan kacang kedelai yang kaya akan antioksidan, makanan yang mengandung kalsium, mangan, lemak nabati dan juga kaya akan protein. Kandungan nutrisi pada tahu bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

2. Makanan Dari Ekstra Teh Hijau

Kini teh hijau banyak dijadikan sebagai makanan dan juga minuman. Mengkonsumsi makanan dari ekstra the hijau akan menyehatkan kulit sebab, di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan. Antioksidan tersebut bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas yang bisa merusak kulit.

3. Serelia

Serelia kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, protein dan juga kaya dengan serat. Untuk kesehatan serelia bermanfaat sebagai makanan penurun kolesterol di dalam tubuh dan menyehatkan jantung. Jika tubuh sehat maka kulit yang sehat pun bisa wanita dapatkan.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang kaya akan mineral, kalsium dan juga kalium. Kandungan pada yoghurt bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit dan merawat kulit agar tetap sehat karena kandungan yang ada di dalamnya.

Makanan Sehat Untuk Kulit Kategori Protein Hewani

1. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk ikan yang mahal, namun harga tersebut sebanding dengan khasiat yang akan didapatkan dari ikan salmon tersebut. Salmon adalah makanan sehat yang baik dikonsumsi sebab kaya akan omega-3, DHA dan makanan yang mengandung asam folat. Protein pada salmon juga termasuk tinggi. Makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit tubuh. Kolagen tersebut untuk kulit wajah bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Magnesium dan juga vitamin B12 pada tubuh bermanfaat sebagai penenang syaraf sehingga bisa mengendalikan hormon pemicu timbulnya jerawat.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Selain kaya akan protein telur juga mengandung kolin, vitamin B12, biotin, vitamin E dan juga vitamin D. Vitamin E pada telur bermanfaat untuk menghasilkan kulit yang sehat, cerah dan juga bersinar.  Kandungan biotin dan juga vitamin B12 pada telur bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit.

3. Daging Merah

Daging merah kaya akan zat besi. Zat besi pada daging merah bisa bermanfaat untuk menghindari penyebab anemia. Anemia yang diderita wanita bisa menyebabkan kulit menjadi pucat dan tidak bercahaya. Kulit yang sehat bukanlah kulit yang pucat namun kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dan bercahaya.

Cara Agar Memiliki Kulit Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik perlu melakukan usaha-usaha agar kulit yang sehat dan cantik bisa segera didapatkan. Berikut ini adalah cara agar memiliki kulit yang sehat dan cantik :


Mengimbangi Minum Banyak Air Putih

Minum air putih sangat dianjurkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.  Kekurangan air putih bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Percuma saja wanita banyak mengkonsumsi makanan yang bisa menyehatkan kulit namun tidak diimbangi dengan mengkonsumsi cukup air putih.  Berikut ini manfaat air putih yang perlu diketahui :

  • Air bisa digunakan untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi air putih bisa melancarkan okisgen dan aliran darah di dalam tubuh. Akibatnya kulit pun akan menjadi lembab dan sehat.
  • Meningkatkan elastistitas sebab kondisi kulit yang lembab. Berbeda dengan kulit yang kering, kulit yang kering bisa menyebabkan seseorang memiliki kulit yang mudah keriput karena elastisitasnya berkurang.
  • Air putih bisa mencegah penuaan dini dan mencegah pengeriputan di garis-garis halus mata.
  • Melenturkan kulit.


Menjaga Stress

Wanita yang sering mengkonsumsi makanan sehat untuk kecantikan kulit namun tidak bisa mengelola stress yang dimilikinya akan memiliki kulit yang tidak sehat. Banyak penelitian yang dilakukan menemukan fakta bahwa stress bisa merusak kulit wanita.  Ketika wanita stress, wanita akan memproduksi hormon bernama kortisol dimana hormon itu bisa bermanfaat untuk menekan stress yang menyerang wanita.  Hormon itu memberikan isyarat kepada kelenjar sebasea agar mengeluarkan lebih banyak minyak.

Minyak pada kulit tersebut memunculkan berbagai masalah kulit. Masalah yang akan sering dialami oleh wanita yang memiliki banyak minyak di kulitnya adalah kulit kusam, berjerawat dan juga memiliki banyak komedo.


Makan Gorengan

Percuma saja wanita yang mendambakan kulit sehat namun hobi memakan makanan yang tinggi kalori. Makanan yang tinggi kalori tersebut adalah makanan yang digoreng. Makanan yang banyak digoreng akan memberikan pengaruh buruk terhadap kulit wanita. Terlalu mengkonsumsi banyak lemak jenuh bisa membuat kulit menjadi berminyak. Jika sudah berminyak akibatnya adalah akan timbul berbagai macam masalah pada kulit diantaranya adalah kusam, kulit yang berjerawat, komedo dan masih banyak lagi lainnya. (Baca juga : bahaya mengkonsumsi gorengan)


Menghindari Rokok

Ketika mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit sebaiknya wanita menghindari gaya hidup tidak sehat. Salah satu pola hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan kulit bermasalah adalah rokok. Saat merokok, wanita akan memasukkan asap ke dalam tubuhnya. Asap tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit salah satunya adalah menyebabkan pengeriputan dan penuaan dini.


Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 14th, November 2015 / 04:06 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat