13 Makanan Penurun Gula Darah Paling Ampuh

Makanan penurun gula darah merupakan makanan yang memiliki kemampuan mengurangi jumlah gula dalam tubuh agar tidak berkembang menjadi diabetes akut.
Gula darah sangat dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar penting bagi kinerja otak, sistem Saraf dan jaringan tubuh yang dihasilkan dari protein, Karbohidrat dan Lemak. (Baca Juga: Makanan yang Rendah KarbohidratPerbedaan Asam Lemak Jenuh dan Tak Jenuh)

Penyebab Naiknya Kadar Gula Darah

Munculnya peningkatn kadar gula dalam tubuh seringkali disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan sehari hari yang tidak sehat, Diantaranya :

  • Kebiasaan merokok
  • Kurang tidur /begadang
  • Tidak sarapan pada pagi hari
  • Malas berolahraga
  • Makanan berlemak/junkfood
  • Minum kopi berlebihan
  • Pemanis buatan termasuk pada minuman bersoda
  • Dehidrasi berat
  • Karena siklus haid tidak teratur
  • Adanya infeksi didalam tubuh misalnya kandung kemih
  • Obat obatan umum jenis obat penurun kolesterol, tekanan darah dan untuk pengobatan penyakit asma
  • Faktor keturunan, Dimana kondisi ini meningkatkan resiko 6 kali lebih cepat terserang peningkatan gula darah jika tidak menjaga pola makan dengan baik (Baca Juga: Terapi Air Putih , Akibat kelebihan air Putih dalam Tubuh)

Solusi Makanan Penurun Gula Darah

Makanan penurun gula darah sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari dengan aturan yang diberlakukan ahli gizi atau dokter terkait, Diantaranya:

1. pare

Pare adalah salah satu makanan penurun gula darah yangb terkenal memiliki rasa pahit yang khas, Namun rasa pahit pada pare dapat menurunkan jumlah gula darah berlebih dan mencegah munculnya penyakit diabetes pada orang orang yang baru terserang gejala awal diabetes.

Baca Juga:

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan penurun gula darah yang telah puluhan tahun terbukti memiliki kemampuan klinis dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah serta membuat kadar gula tetap dalam kondisi stabil ketika anda mengkonsumsinya setiap hari secara rutinyang ditambahkan pada makanan yang akan anda konsumsi.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah dan mengendalikan pengeluaran insulin serta mengatur glukosa dalam tubuh sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah dari waktu kewaktu. Bayam adalah makanan penurun gula darah yang aman digunakan setiap hari dengan jumlah yang tidak terbatas tetapi harus dihabiskan dalaam satu hari dan jangan menghangatkan bayam karena alasan apapun karena zat besinya yang tinggi dapat berubah menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga:

4. Alpukat

Alpukat adalah buah bernutisi tinggi yang dapt dijadikan sebagai makanan penurun gula darah karena terkenal memiliki asam lemak tak jenuh yang mampu mengatur dan mengendalikan kadar gula dalaam darah agar tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

5. Kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium, Serat yang tinggi , Protein dan Zat kromium yang mampu menurunkan kadar gula yang sedang mengalami peningkatan. Jadikan kacang almond untuk teman nasi sehari hari dan aman sebagai makanan penurun gula darh terbaik bagi Remaja, Dewasa dan orangtua.

Baca Juga:

6. Kacang kedelai

Kedelai adalah makanan penurun gula darah yang brrcita rasa lezat dan mengandung serat tinggi serta protein nabati yang dapat menurunkan ekskresi urin pada penderita diabetes mellitus sehingga mempercepat penurunan kadar gula dalaam darah

7. Apel

Makanan penurun gula darah paling mudah didapat dimana mana adalah buah apel. Apel mengandung zat pektin yang dapat menurunkan kadar insullin dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah agar tidak mengalami kenaikan. Mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga:

8. Jeruk bali

Jeruk bali mengandung asam folat, Kalsium , Fosfor dan beberapa vitamin serta senyawa naringenin yang terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitivitas terhadap insulin sehingga dapat menurunkan kadar insulin dengan cepat dalam jaringan darah. Jeruk bali layak masuk sebagai makanan penurun gula darah yang efektif mengatasi lonjakan kadar gula bagi remaja dan dewasa.

9. Buah kiwi

Buah kiwi adalah jenis buah buahan yang masuk kategori sebagai makanan penurun gula darah yang ampuh mengatasi penyakit kencing manis, hal ini karena kiwi mengandung zat inositol atau B8 dan vitamin C yang jika bergabung keduanya menajdi kekuatan yang ampuh dalam mengendalikan insullin karena manfaat utamanya adalah mengatur difusi glukosa yag tinggi kedalam sel sehingga menurunkan kadar gula yang meleawti aliran darah dan pembuluh arteri disemua jaringan tubuh.

baca juga:

10. Gandum

Gandum memilki serat alami yang utuh dan mampu menurunkan kadar gula darah yang sedang naik. Makanlah gandum tanpa atau dengan penambahan bahan makanan lain seperti ikan , Sayuran brokoli atau cabai yang dibuat menjadi sambal. Gandum dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah yang baik bagi penderita gejala diabetes yang diaplikasikan untuk asupoan harian.

11. Telur

Tahukah anda jika sebutir telur dapat digunakan sebagai makanan penurun gula darah? Telur merupakan makanan kaya protein yang dapat menekan rasa lapar sehingga berdampak baik pada penurunan kadar glukosa dalam tubuh. Telur dapat dikonsumsi hanya 2 butir saja setiap hari mengingat didalamnya terdapaat kaandungan kolesterol yang cukup tinggi.

baca juga:

12. Cokelat

Sebatang cokelat setiap hari mampu memaksimalkan kinerja insulin dan menstabilkan kadar gula darah dan merangsang sensitivitas tubuh terhadap insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah dapat segera diturunkan secara alami. Jadikan cokelat sebagai makanan penurun gula darah yang wajib anda miliki tetapi mengkonsumsinya tetap saja tidak boleh berlebihan.

13. Ketan hitam

Mengkonsumsi ketan hitam ternyata baik bagi kestabilan kadaar gula darah dan bermanfaat untuk menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Ketan hitam dapat dikukus seperti layaknya anda memasak nasi lalu makanlah bersama ikan, Dimana daging ikan memiliki zat omega 3 yang dapat menurunkan kadar gula dalaam tubuh dan otomatis membantu meningkatkan keberhasilan ketan hitam sebagai makanan penurun gula darah yang ampuh pada penderita diabetes dan obesitas. (Baca Juga: diabetes tipe 1 , diabetes tipe 2)

Solusi Minuman Penurunan Gula Darah

Solusi minuman yang dapat mendukung keberhasilan penurunan kadar gula dalam darah adalah minuman yang dapat dikonsumsi setelah anda selesai atau sedang makan makanan yang dianjurkan untuk penurunan kadar gula darah.

1. Kayu manis

Sebatang kayu manis mengandung senyawa Methylhidroxy chalcone pelimer yang dapat menkopy efek insulin dalam darah dan bekerja secara sinergis yang dinammis bersama insulin dalam sel yang menyebabkan penurunan kadar gula darah secara bertahap tetapi pasti dan akurat.
Sebatang kayu manis dapat dicelupkan dalam satu geals air matang yang hangat lalu diaduk untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara rutin.

Baca Juga:

2. Gingseng

Gingseng dapat direbus dan disaring airnya untuk kemudian bisa dikonsumsi 2 kali sehari secara teratur guna meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap lonjakan insullin yang menjadi penyebab gula darah yang meningkat pada penderita gejala diabetes dan dapat juga untuk menurunkan kadar gula darah padaa penderita diabetes tipe 2.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya akan senyawa Falvanol, Alkaloid, polifenol, Mineral lengkap, Protein , Asam amino dan vitamin. dIman semua nutrisi tersebut dapat merangsang kepekaan tubuh terhadap peningkatan insullin dan menurunkan kadar gula darah yang sedang atau telah naik. (Baca Juga: Efek Samping Ampas Teh , Efek Samping Teh Basi)


Solusi Tumbuhan Tradisional

Tips cara mengatasi peningkatan kadar gula darah dengan tanaman herbal alami

  • Sambiloto, Brotowali dan daun kumis kucing

Ambilah segenggam daun sambiloto, Brotowali dan daun kumis kucing lalu cucilah sampai bersih. Ketiga bahan herbal tersebut dapat direbus dalam satu panci dan gunakan takaran air 5 gelas , Biarkan sampai mendidih dan menyisakan air menjadi 3 gelas. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari satu jam setelah selesai makan.

Baca Juga:

  • Buah mahkota dewa

Abilah 7 atau 8 buah mahkota dewa yang telah tua , Cucilah lalu irislah menjadi beberapa bagian . Kemudian rebuslah dengan menggunakan takaran air 200 cc. BIarkan mendidih lalu dunginkan dan saringlah airnya. Minumlah ramuan tradisional ini 2 kali sehari.

  • Buah mengkudu

Mengkonsumsi jus mengkudu satu kali sehari secara rutin dapat menjaga kadar gula drah tetap normal dan mampu menurunkan kadar gula secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2 apabila di imbangi dengan pantangan makanan tertentu atas anjuran dokter yang terkait.

baca juga:

Pencegahan

Tips cara menghindari lonjakan kadar gula dalam darah dengan mudah

  • Hindari pemakaian gula kecuali gula jagung, Gula aren dan gula batu untuk membuat minuman, Kue atau makanan sehari hari guna mencegah penumpukan gula didalam darah. (Baca juga: gejala kekurangan gula)
  • Hindari makan mie instan bersama dengan nasi karena nasi mengandung kadar gula yang cukup tinggi dan akan semakin tinggi jika bergabung dengan karbohidrat dan zat gula yang ada pada mie instant
  • Jangan membiasakan diri langsung tidur setelah makan, Karena makanan tidak akan bisa diubah menjadi energi jika tubuh dala keadaan stagnant (tidur), Kondisi ini menyebabakn penumpukan zat gula dalam darah. (Baca Juga:  cara menjaga kadar gula darah agar normal)
  • Kurangi atau tinggalkan minuman bersoda atau minuam kotak yang mengandung gula buatan karena beresiko meningkatkan kadar insullin dan mengkristalkan zat gula yang mengalir pada aliran darah. (Baca Juga:  cara meningkatkadan kadar gula darah)
  • Berolahraga dapat mengubah kadar gula dalam tubuh menjadi energi dan menyebabkan aliran darah semakin lancar sehingga tidak terjadi penumpukan gula dalam darah yang terbukti sebagai penyebab munculnya gejal diabetes. (Baca Juga:  obat tradisional diabetes)
  • Gantilah nasi putih dengan (beras) nasi merah yang memiliki kemampuan menstabilkan kadar gula dalam darah karena beras merah memiliki kadar gula yag sangat rendah bahkan rendah kalori sehingga relatif aman digunakan untuk sehari hari
  • Perbanyak minum air putih dan kurangi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Jika kondisi menuntut anda memang harus minum kopi, Maka anda harus menggunakan gula biasa pada takaran yang kecil atau lebih baik gunakan gula jagung. (Baca juga: cara mencegah tipes)
  • Tidurlah setidaknya 7 sampai 8 jam sehari agar kondisi gula darah senantiasa berada pada titik normal. Kurang tidur menyebabkan aliran darah terhambat, dan menyebabkan nafsu untuk makan yang manis manis dan berlemak justru lebih meningkat. Hal inilah yang menyebabkan gula darah cepat naik pada orang orang yang suka begadang.
  • Mengkonsumsi obat obatan tertentu beresiko menghambat pemecahan jumlah gula yang berlebih pada tubuh sehingga dapat menyebabkan penggumpalan gula pada aliran darah yang memicu naiknya gula drah secara tiba tiba. Berkonsultasilah padaa ahli gizi dan dokter agar terhindar dari naiknya gula didalam darah anda. (Baca Juga:  cara mudah mencegah diabetes sejak dini)

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, March 2017 / 07:21 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat