21 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan fisik dalam menangkal berbagai jenis kuman, bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh menurun, maka secara otomatis tubuh akan rentan terserang berbagai penyakit. Untuk mengatasi masalah ini, akan sangat baik jika selalu mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi supaya daya tahan tubuh bisa selalu terjaga dengan baik. Berikut ini adalah beberapa makanan penambah daya tahan tubuh yang lemah secara alami yang sangat baik untuk dikonsumsi.

1. Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti kandungan vitamin C yang tinggi. Sebagai buah yang mengandung Vitamin C tinggi, jelas lemon ini sangat baik untuk membasmi berbagai virus dan juga bakteri. Mengkonsumsi buah lemon secara rutin akan menambah daya tahan tubuh dengan cepat sekaligus meningkatkan penyembuhan di saat sakit.

Bukan hanya itu, bahkan lemon merupakan jenis buah yang mampu mengatasi masalah penyakit maag. Penderita asam lambung jelas bisa mengandalkan pula buah lemon untuk menyembuhkan gangguan pencernaan seperti maag yang sakit atau asam pada lambung yang naik.

2. Bawang Putih

Dalam bawang putih mengandung zat antioksidan dan alicin yang sangat baik untuk meningkatkan daya tubuh. Manfaat bawang putih akan semakin terasa jika dikonsumsi secara mentah yang juga berguna untuk produksi sel darah putih, menyembuhkan flu dan juga demam.

Namun tetap ada baiknya untuk selalu mewaspadai efek samping bawang putih ketika menggunakannya. Bahkan ada pula bahaya bawang putih mentah yang berpotensi terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi maupun juga secara jangka panjang.

Artikel terkait:

3. Dark Chocolate

Coklat yang bersifat menenangkan juga menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan daya tubuh sebab mengandung antioksidan konsentrat. Konsumsi coklat hitam atau coklat pahit yang rendah kadar gulanya. Tidak hanya berguna untuk menigkatkan daya tahan tubuh, coklat hitam juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, memperbaiki pembuluh darah rusak dan juga mengatasi kolesterol.

4. Bayam

Kandungan folat tinggi yang terdapat dalam bayam sangat baik untuk pencegahan kerusakan DNA dan juga pembuluh darah. Ini juga akan berdampak baik untuk kekebalan tubuh sehingga lebih meningkat. Bayam juga mengandung vitamin C serta antioksidan tinggi yang sangat baik untuk memproduksi sel baru di dalam tubuh.

5. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau yakni brokoli mempunyai zat kimia alami untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan kandungan vitamin C, vitamin A serta glutathione juga akan melindungi tubuh dari segala kerusakan sel.

6. Semangka

Glutahione serta antioksidan tinggi pada buah semangka sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C-nya juga sudah cukup melindungi tubuh dari radikal bebas, sedangkan antioksidan yang terdapat di dalam buah semangka ini adalah karotenoid yang sangat baik dalam menambah daya tahan tubuh.

Artikel terkait:

7. Ikan

Berbagai jenis ikan terutama ikan salmon, mackerel dan juga tuna memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi dan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga tubuh agar selalu tampil bugar. Ikan sangat baik dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu sehingga kandungan penting di dalam ikan juga dapat anda manfaatkan untuk melindungi tubuh dari kerusakan oleh infeksi.

8. Jahe

Jahe sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu ramuan tradisional penghangat tubuh. Jahe juga dikenal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meneralisir racun yang ada pada tubuh. Jika dilihat secara umum, jahe memiliki sifat untuk membersihkan berbagai organ tubuh seperti paru-paru dan juga pernafasan. Hanya saja, sama seperti halnya konsumsi bawang putih, ada juga efek samping jahe yang perlu untuk diketahui sekaligus diwaspadai agar konsumsi dilakukan secara lebih benar.


9. Madu

Berbagai manfaat memang bisa ditemukan pada madu murni. Beberapa manfaat yang paling besar pada madu diantaranya adalah antiseptik, antibioatik dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, madu bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, alergi dan menjaga kesehatan kulit.

Artikel terkait:

10. Jamur Tiram

Jamur tiram yang memiliki warna putih ini kaya akan vitamin D yang bisa melindungi tubuh dari kanker prostat, menurunkan tekanan darah dan juga menjaga kesehatan jantung. Sementara kandungan vitamin C, vitamin A dan vitamin B kompleksnya akan meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi kerusakan sel pada kulit serta menghambat penuaan dini.

11. Kacang Tanah

Kacang tanah berkhasiat untuk menangkal radikal bebas sebab mengandung omega 3, zinc dan juga vitamin E tinggi. Kandungan lain yang terdapat pada kacang tanah adalah fosfor, vitamin B, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin K , zat besi, protein, kalsium, kolin dan lestin yang sangat baik dalam meningkatkan daya tubuh manusia.

12. Berbagai Buah Berry

Jenis buah berry seperti raspberry, blackberry, strawberry dan blueberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan berguna untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta menambah daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

13. Yoghurt

Yoghurt atau juga dikenal dengan nama susu asam ini merupakan olahan susu yang sudah difermentasikan dan memiliki kandungan lactobacillus tinggi untuk menambah daya tahan tubuh, melawan berbagai sel kanker dan juga infeksi. Sedangkan probiotik atau strain pada yoghurt sangat baik untuk menjaga usus dari berbagai kuman penyakit.

Artikel terkait:


14. Berbagai Jenis Gandum

Oat, barley dan beberapa jenis gandum memiliki kandungan serat potensial bernama beta glucan serta antioksidan. Ini bermanfaat sebagai antimikroba dan dengan mengkonsumsi berbagai jenis gandum utuh maka akan meningkatkan imunitas atau daya tahan di dalam tubuh terhadap berbagai penyakit.

15. Telur

Makanan baik untuk penambah daya tahan tubuh lainnya adalah telur. Di dalam telur mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B Kompleks dan vitamin D yang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

16. Ubi Jalar

Kandungan beta karoten dan vitamin A tinggi pada ubi jalar yang memiliki rasa manis alami ini sangat baik untuk produksi jaringan konektif yang menghubungkan semua jaringan di dalam tubuh. Saat mengkonsumsi ubi jalar, sebaiknya jangan kupas kulitnya, sebab nutrisi penting untuk daya tahan tubuh justru terdapat pada kulit ubi jalar.

Artikel terkait:

17. Alpukat

Beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin C dna juga vitamin B1 dalam alpukat sangat baik untuk membersihkan usus. Sedangkan beta karoten dalam alpukat akan melawan berbagai radikal bebas yang membuat sistem imun tubuh semakin meningkat.

18. Minyak Kelapa

Di dalam minyak kelapa mempunyai asam lauric yang akan berubah menjadi monolaurin yang merupakan komponen serupa di dalam Air Susu Ibu dalam meningkatkan daya tahan bayi. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah kelapa secara rutin sangat dianjurkan agar daya tahan tubuh bisa semakin meningkat.

19. Kubis atau Kol

Untuk penderita maag, kubis atau kol memang sebaiknya dihindari sebab bisa menghasilkan gas di dalam lambung. Akan tetapi, kandungan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri di dalam tubuh ini memiliki peranan penting untuk menguatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Artikel terkait:

20. Paprika Merah

Vitamin C yang tinggi dalam paprika merah tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, akan tetapi juga sangat penting untuk melawan berbagai bakteri serta virus yang menyerang tubuh. Dalam 1 ons paprika mengandung vitamin C 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk.

21. Jeruk

Jeruk biasa pun mengandung vitamin C segudang sehingga memang Anda lebih baik mengonsumsi jeruk biasa apabila misalnya agak kesulitan untuk memperoleh buah lemon. Anda dapat mengonsumsi buah ini setiap hari untuk menambah daya tahan tubuh yang juga artinya mencegah tubuh terserang penyakit.

Dengan rajin mengkonsumsi makanan penambah daya tahan tubuh yang mengandung nutrisi baik, maka secara otomatis daya tahan tubuh kita akan semakin meningkat. Selain itu, perhatikan cara pengolahan berbagai makanan tersebut dan lebih baik menghindari menggoreng saat proses memasak supaya berbagai kandungan gizi tidak terbuang percuma.

, , ,
Post Date: Wednesday 31st, May 2017 / 05:56 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat