Manfaat Kacang Hijau bagi Penderita Kista

Ada berbagai macam pemicu munculnya kista pada perempuan. Bisa jadi karena genetis ataupun susunan hormonal yang kurang imbang ataupun juga pengaruh dari gaya hidup keseharian yang kurang sehat. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang penyakit kista dengan kacang hijau. Jenis makanan kacang hijau boleh saja dikonsumsi oleh para penderita penyakit kista. Apalagi dengan beragam kandungan manfaat di dalamnya yang begitu dibutuhkan oleh tubuh kita. (Baca : Madu untuk penderita kistaKopi bagi penderita kista )

Berikut ini adalah manfaat kacang hijau bagi penderita kista :

  1. Dapat Diterima oleh Jaringan Kista

Kandungan serta pada kacang hijau sangatlah ampuh demi menjaga kesehatan organ pencernaaan. Yang mana hal ini akan memberi asupan sehat bagi menu makanan penderita kista yang memiliki beragam sensitifitas pada beberapa jenis makanan tertentu. Makana  yang tidak bisa diterim oleh jaringan kista bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Baca : Cara menjaga kesehatan lambungCara menjaga kesehatan lambung dan ususCara mengatasi nyeri haid

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Sedangkan beragam kandungan vitamin di dalam kacang hijau sangatlah berfungsi bagus demi menunjang kesehatan tubuh. Vitamin B dan C yang berada di dalamnya sangat bagus dalam berperan meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan berbagai infeksi dan radikal bebas sehingga tubuh penderita akan semakin kuat dalam proses pemulihan dari penyakit kista yang diderita.

Baca juga : Cara meningkatkan antibodi pada anak – Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin CKelebihan dan kekurangan vitamin B1

Makanan Pantangan Penderita Kista

Berikut ini merupakan beberapa daftar makanan yang umumnya harus dihindari para penderita kista demi kesembuhan yang semakin cepat dan menyeluruh secara total. Mari langsung saja disimak berikut ini ya:

  • Kedelai

Para penderita hendaklah meminimalisir konsumsi kacang kedelai terlebih dahulu demi masa pemulihan dan kesembuhan yang semakin maksimal. Hal ini tentulah dikarenakan oleh kandungan yang terdapat di dalam kacang kedelai itu sendiri. Di dalam kacang kedelai terdapat senyawa kandungan yang bernama fitoestrogen yang mana jika dikonsumsi maka akan berdampak pada peningkatan beberapa paket hormon estrogen dan xenoestrogen yang sangat tidak bagus dampaknya pada kondisi tubuh penderita kista.

Pada umumnya keberadaan kista abnormal dalam tubuh akan semakin diperparah kondisinya jika terjadi kekacauan sistem hormon estrogen dalam tubuh. Maka dari itu hendaklah segala makanan yang berpotensi pada pengusikan keseimbangan hormon wanita yang satu ini harus dihindarkan terlebih dahulu dari daftar menu konsumsi.

(Baca juga : Akibat kelebihan estrogenMakanan yang mengandung estrogen)

  • Bahan Kimia

Dewasa ini ada begitu banyak jenis kudapan beredar pada masyarakat dengan kandungan bahan kimia beragam. Namun tak hanya dari segi bahan saja. Wadah yang kita gunakan dalam menyajikan makanan pun bisa jadi pemicu masuknya bahan kimia bahaya ke dalam tubuh kita. Utamanya pada penderita kista sangat dianjurkan untuk sangat selektif terhadap berbagai bahan kimia yang berpotensi menyerang pertahanan tubuh dalam kondisi pemulihan. Perhatikan pula penyajian makanan bagi para penderita jangan sampai mengolah makanan dengan wadah plastik pada temperatur panas tinggi dalam oven misalnya. Karena bahan kimia dari awadah dapat tersalur ke dalam makanan yang jika dikonsumsi utamanya pada masa pemulihan dari kista maka akan sangat buruk dampaknya bagi kesehatan tubuh dalam kondisi rawan tersebut.


(Baca  juga : Bahaya formalin pada ikan asinBahaya junk foodEfek samping mie instan)

  • Minuman dan Makanan Kemasan

Ada beragam alasan mengapa penderita kista haruslah menghindari minuman dalam kemasan terlebih pada kemasan plastik. Selain karena kandungan bahan kimia bisa jadi pengawet maupun pewarna dan pemanis yang terkandung di dalamnya. Hal lain yang tak kalah bahaya juga kandungan kimia dalam bakal wadah plastik yang jika mengontaminasi isi minuman dan dikonsumsi oleh penderita maka hal ini dapat membahayakan kondisi tubuh pasien dalam masa pemulihannya.

(Baca juga : Bahaya minuman bersodaBahaya makan nasi dengan mie instanBahaya makan mie instan)

  • Makanan Olahan Kompleks

Para penderita kista hendaklah sebisa mungkin menghindari dahulu berbagai jenis makanan yang diolah secara rumit dan menghasilkan jenis makanan yang lebih berat dan keras untuk dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh. Seperti misalnya berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng atau juga melewati proses pembakaran haruslah menjadi pantangan terlebih dahulu. Akan sangat pas jika para penderita kista memakan jenis makanan sederhana nan sehat dan terhindar dari proses masak yang berlebihan.

Jenis makanan yang direbus ataupun di-tim tanpa harus dimasak dengan banyak cara adalah makanan yang paling layak dijadikan konsumsi oleh pasien penderita kista. Karena hal ini sangatlah baik demi proses pemulihan yang semakin cepat tanpa harus tercocok dengan anekan jenis makanan yang kurang menyokong proses pemulihan atau bahkan dapat memperburuk kondisi pasien seperti makanan sarat akan minyak ataupun makanan bakaran yang identik dengan isu karsinogenik sehingga tak baik bagi tubuh pula saat dikonsumsi.

(Baca : Bahaya mengkonsumsi gorenganLemak trans dalam makananContoh lemak jenuh pada makanan)


  • Sayuran Tauge

Meski tauge dikenal sebagai makanan untuk kesuburan namun sayangnya para penderita kista disarankan untuk menghindari konsumsi sayuran tauge dikarenakan jenis sayuran yang satu ini mengandung senyawa pemicu pembentuk kista. Jadi jika pasien tidak menghindari konsumsi jenis sayuran satu ini maka akan sangat dikhawatirkan kondisi kista akan semakin parah dan kesembuhan yang diusahakan akan semakin mengalami keterpurukan. Sebaiknya sisi segi makanan haruslah benar-benar diperhatikan secara seksama demi hasil yang lebih maksimal.(Baca : Cara meningkatkan hormon progesteron )

  • Sawi Putih dan Kangkung

Kedua jenis sayuran ini meski kaya serat juga dihindarkan dari menu konsumsi pasien penderita kista. Karena senyawa kandungan dalam sawi putih dan kangkung keduanya sama-sama dapat mengganggu efektifitas kinerja zat obat yang sedang dikonsumsi pasien demi menyegerakan kesembuhannya. Baik itu obat herbal maupun obat medis kedua sayuran ini berefek buruk mengenai daya kerja jenis obat-obatan keduanya tersebut. Jadi demi tingkat kemanjuran pengobatan maka kedua jenis sayuran layaknya sawi putih dan kangkung memang hendaklah harus dihindari terlebih dahulu.

(Baca juga : Makanan yang mengandung serat tinggiAkibat kurang serat )

Itulah beberapa daftar jenis makanan pantangan penderita kista dan yang pastinya kacang hijau sah saja dikonsumsi para penderita kista agar mendapatkan kekebalan tubuh dalam masa pemulihan dari penyakit kistanya. Demikian semoga bermanfaat dan tetap pedui untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 17:37 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat